Cara Login dan Mengisi Survey lingkungan Belajar Pada Asesmen

Kherysuryawan.id – Cara Login dan pengisian survey lingkungan belajar bagi kepala sekolah dan guru pada asesmen tahun 2021.

Sahabat pendidikan setelah pada postingan sebelumnya saya membagikan artikel mengenai jadwal pelaksanaan pengisian survey lingkungan belajar bagi guru dan kepala sekolah, maka pada postingan kali ini saya akan kembali memberikan pembahasan tentang bagaimana cara untuk melakukan login kedalam aplikasi survey lingkungan belajar bagi guru dan kepala sekolah.

 

Sebagai informasi awal bahwa yang nantinya akan bertugas sebagai peserta dalam pengisian survey lingkungan belajar pada kegiatan asesmen ialah guru dan kepala sekolah. Dalam proses pengisian survei lingkungan belajar guru dan kepala sekolah diharapkan bisa memberikan jawaban yang real atau jawaban yang jujur sesuai dengan kondisi dan keadaan yang ada di sekolah masing-masing.

 

Perlu di pahami juga bahwa nantinya guru dan kepala sekolah yang akan melakukan pengisian survei lingkungan belajar maka cara untuk mengisinya berbeda dengan cara yang harus di lakukan oleh siswa yang akan mengikuti asesmen. Pada saat pengisian survei lingkungan belajar maka guru dan siswa tidak menggunakan aplikasi asesmen yang digunakan oleh siswa melainkan nantinya guru dan kepala sekolah akan menggunakan aplikasi tersendiri yang akan digunakan saat akan melakukan pengisian survei lingkungan belajar.

 

Lantas apa tujuan dari pengisian survei lingkungan belajar ???

Survei Lingkungan Belajar bertujuan memotret berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan, sehingga hasil asesmen nasional secara komprehensif memberikan profil satuan pendidikan dari input-proses-output. Setiap respon yang bapak/ibu berikan diharapkan dapat mencerminkan kondisi satuan pendidikan sesungguhnya dan menjadi informasi reflektif. Oleh karena itu; kejujuran, keaktifan, serta kelengkapan dalam pengisian survei lingkungan belajar; menjadi kunci kualitas informasi yang akan diterima oleh satuan pendidikan.

 

Bagi guru dan kepala sekolah yang akan melakukan pengisian survei lingkungan belajar maka terlebih dahulu harus sudah memiliki kartu login untuk digunakan saat akan melakukan pengisian survei lingkungan belajar. Bagi guru dan kepala sekolah yang tidak tahu tentang bagaimana cara untuk bisa mendapatkan kartu login survei lingkungan belajar maka anda bisa memintanya kepada operator atau proktor yang menangani ANBK di sekolah anda masing-masing.

 

Nantinya proktorlah yang akan bertugas untuk memberikan atau mencetak kartu login survei lingkungan belajar bagi para guru dan kepala sekolah. Jika kartu login telah di pegang atau di miliki oleh masing-masing guru dan kepala sekolah maka langkah selanjtunya adalah harus mengetahui bagaimana cara untuk melakukan login dan pengisian survei lingkungan belajar.

 

Nah, melalui postingan ini kheryuryawan.id akan memberikan penjelasan tentang bagaimana sih cara untuk melakukan login dan melakukan pengisian survei lingkungan belajar bagi para guru dan para kepala sekolah di setiap satuan pendidikan. tentunya jika kita telah mengetahui cara login maka akan memudahkan kita untuk melakukan pengisian survei lingkungan belajar.

 

Baiklah berikut ini langkah-langkah untuk melakukan login dan pengisian survei lingkungan belajar :

1.  Guru dan kepala sekolah wajib telah memiliki atau memegang kartu login

2.  Pendidik dan kepala satuan Pendidikan melakukan login ke laman Survey Lingkungan Belajar melalui https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/

3.  Jika laman terbuka maka akan tampil seperti tampak pada gambar di bawah ini :



4.  Selanjutnya silahkan isikan data-data berikut ini :

-          NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional)

-          Token ( yang ada pada kartu login peserta)

-          NIK (Nomor Induk Kependudukan)

-          Tanggal lahir, bulan lahir dan tahun lahir

5.  Jika semua data telah terisi maka silahkan klik “LOGIN”

6.  Setelah berhasil login maka guru dan kepala sekolah dapat melakukan pengisian survei lingkungan belajar.

7.  Selesai.

 

Demikianlah cara mudah untuk melakukan login dan pengisian survei lingkungan belajar yang nantinya akan di lakukan oleh para guru dan kepala sekolah di setiap satuan pendidikan yang menyelenggarakan asesmen nasional. Dengan memahami penjelasan diatas maka nantinya ketika guru dan kepala sekolah akan melakukan pengisian survei lingkungan belajar maka dapat dengan mudah untuk melakukannya.

 

Sebagai informasi tambahan bahwa dalam pengisian survei lingkungan belajar oleh guru dan kepala sekolah maka nantinya akan ada 5 aspek yang akan diukur dalam pengisian survei lingkungan belajar.

Berikut ini 5 aspek tersebut ;

 

5 ASPEK YANG AKAN DIUKUR DALAM SURVEY LINGKUNGAN BELAJAR

1. Iklim keamanan sekolah, yaitu meliputi :

• Keamanan dan well being siswa

• Sikap dan keyakinan guru

• Kebijakan & program sekolah

 

2. Iklim kebhinekaan sekolah, yaitu meliputi :

• Praktik multicultural di kelas

• Sikap & keyakinan guru/kepsek

• Kebijakan & program sekolah

 

3. Indeks sosial ekonomi, yaitu meliputi :

• Pendidikan orang tua

• Profesi orang tua

• Fasilitas belajar di rumah

 

4. Kualitas pembelajaran, yaitu meliputi :

• Manajemen kelas

• Dukungan afektif

• Aktivasi kognitif

 

5. Pengembangan guru, yaitu meliputi :

• Refleksi dan perbaikan pembelajaran

• Dukungan untuk refleksi guru

 

Demikianlah informasi mengenai cara login dan pengisian survei lingkungan belajar bagi para guru dan kepala sekolah serta penjelasan lainnya seputar survei lingkungan belajar yang kherysuryawan.id dapat sampaikan melalui postingan ini, semoga informasi yang di berikan pada kesempatan ini bisa menjadi manfaat yang baik bagi guru dan kepala sekolah sebelum melakukan login dan pengisian survei lingkungan belajar.

Sekian dan Terimakasih, semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel