Cara Cek Status Guru Yang Sudah Mengisi Survei Lingkungan belajar

Kherysuryawan.id – Cara cek status progress pengisian survei lingkungan belajar oleh guru dan kepala sekolah jenjang SD, SMP, SMA dan SMK Tahun 2021/2022.

Sahabat pendidikan, selamat berjumpa kembali pada postingan pendidikan yang mana pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi seputar asesmen nasional.

 

Kita ketahui Bersama bahwa asesmen nasional akan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan mulai dari sekolah SD, SMP, SMA dan SMK. Nah dalam pelaksanaan asesmen nasional tersebut ternyata yang akan menjadi peserta ialah bukan hanya siswa saja melainkan juga guru ikut menjadi peserta. Soal-soal yang akan dikerjakan oleh siswa tentunya akan berbeda dengan soal-soal yang akan di kerjakan oleh guru.

 

Untuk siswa maka soal asesmen nasional yang akan di kerjakan ialah soal bentuk literasi, numerasi, survei karakter, dan survei lingkungan belajar. Sedangkan guru akan mengerjakan soal seputar survei lingkungan belajar saja. Adapun yang akan menjadi peserta dalam pengerjaan survei lingkungan belajar ialah seluruh guru yang ada di satuan pendidikan yang menyelenggarakan asesmen nasional berserta dengan kepala sekolahnya.

 

Lantas bagaimana jika ada guruatau kepala sekolah yang mengajar atau bertugas lebih dari 1 sekolah ???

Apabila ada guru atau kepala sekolah yang melaksanakan tugas di lebih dari 1 sekolah maka ia wajib mengerjakan survei lingkungan belajar di setiap sekolah yang di tempatinya. Artinya jika ada guru yang mengajar di 2 sekolah maka ia pun harus mengerjakan survei lingkungan belajar di 2 sekolah tersebut.

 

Untuk bisa mengerjakan survei lingkungan belajar bagi guru dan kepala sekolah maka masing- masing guru dan kepala sekolah sudah harus memiliki kartu login yang nantinya akan digunakan sebagai petunjuk saat akan masuk ke laman survei lingkungan belajar. Selain itu masing-masing guru juga harus menyiapkan nomor NIK untuk digunakan sebagai identitas saat akan melakukan login ke laman survei lingkungan belajar.

 

Apabila setiap guru dan kepala sekolah sudah memiliki kartu login maka sudah dapat langsung melakukan login dan melakukan pengisian survei lingkungan belajar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Adapun jadwal pengisian survei lingkungan belajar maka akan di sesuaikan dengan jadwal pelaksanaan asesmen nasional yang akan diselenggarakan di sekolah masing-masing.


Lantas jika guru dan kepala sekolah telah mengisi survei lingkungan belajar dan ingin melakukan cek progress pengisian survei lingkungan belajar, bagaimanakah caranya ???


Melalui postingan ini kherysuryawan.id akan memberitahukan cara untuk mengetahui status guru yang sudah mengisi survei lingkungan belajar atau ingin melihat progress pengisian survei lingkungan belajar. Hal ini dapat dilakukan oleh operator dapodik sekolah sebab untuk melakukan cek status guru dalam mengerjakan survei lingkungan belajar maka membutuhkan username dan password yang digunakan oleh operator dapodik sekolah saat akan mengakses laman survei lingkungan belajar.

 

Baiklah berikut tahapan cara untuk cek status pengisian survei lingkungan belajar oleh guru dan kepala sekolah :

1.  pertama silahkan kunjungi alamat berikut ini : https://dashboardslb.kemdikbud.go.id/#/login

2.  selanjutnya silahkan klik “login SSO” (seperti tampak pada gambar di bawah ini )


3.  selanjutnya silahkan login menggunakan akun SDM sekolah, dengan cara masukkan “username dan password” lalu klik “LOGIN”


4.  selanjutnya silahkan masukkan NPSN sekolah pada kolom yang telah disiapkan kemudian silahkan klik “CARI NPSN”


5.  selanjutnya akan muncul nama nama guru dan kepala yang sudah dan belum melakukan pengisian survei lingkungan belajar. 


Sebagai contoh berikut ini tampilan status guru yang sudah mengerjakan dan belum mengerjakan survei lingkungan belajar



Adapun keterangan dari warna pada status pengisian survei lingkungan belajar tersebut ialah sebagai berikut :

  • Warna Biru artinya “Sudah selesai mengisi
  • Warna Kuning artinya “Sedang mengisi
  • Warna Putih artinya “Belum mengisi

Demikianlah informasi mengenai cara mudah untuk mengecek progres pengisian survei lingkungan belajar.  Dengan melakukan pengecekan status pengisian survei dengan cara yang telah kherysuryawan.id jelaskan diatas maka sekolah dapat mengetahui siapa-siapa saja guru dan kepala sekolah yang sudah dan belum melakukan pengisian survei lingkungan belajar.

Sekian dan semoga informasi ini dapat bermanfaat. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel