Kumpulan Soal yang Sering ditanyakan Tentang AN Tahun 2023

Kherysuryawan.id – Buku Kumpulan Soal yang sering ditanyakan tentang Asesmen Nasional Tahun 2023.

Halo sahabat pendidikan, apakah sekolah anda pernah mengikti pelaksanaan Asesmen Nasional(AN) ? Dalam perjalan mengikuti aasesmen nasional banyak hal yang telah di ketahui namun ternyata ada banyak hal juga yang masih belum diketahui sehingga memunculkan banyak pertanyaan seputar Asesmen Nasioanl.

 


Nah, melalui postingan ini admin kherysuryawan akan memberikan informasi seputar tanya jawab tentang Asesmen Nasional yang mana disini anda akan memperoleh banyak sekali informasi mengenai Asesmen Nasional. Siapa tau apa yang anda belum ketahui tentang Asesmen Nasional(AN) maka anda bisa mengetahuinya sekarang melalui artikel ini.

 

Disini admin akan membagikan buku dalam bentuk file yang berisikan tentang kumpulan tanya jawab seputar Asesmen Nasional(AN). Di dalam buku tanya jawab Asesmen Nasional ini ada begitu banyak informasi penting yang akan anda dapatkan seputar Asesmen Nasional(AN).

 

Sebelum admin membagikan kumpulan tanya jawab Asesmen Nasional dalam bentuk buku maka silahkan anda simak terlebih dahulu beberapa jenis tanya jawab dan penejelasannya di bawah ini :

 

1.       Apakah Asesmen Nasional menggantikan Ujian Nasional?

Asesmen Nasional tidak menggantikan peran Ujian Nasional dalam mengevaluasi prestasi atau hasil belajar peserta didik secara individual, namun memiliki peran yang sama dalam hal menjadi sumber informasi untuk pemetaan dan evaluasi mutu sistem pendidikan

 

2.       Mengapa perlu ada Asesmen Nasional?

Asesmen Nasional sebagai bentuk evaluasi sistem pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah pusat diperlukan dalam rangka memperoleh informasi yang akurat dan komprehensif untuk menghasilkan Profil Pendidikan yang merupakan laporan layanan pendidikan dasar dan menengah untuk peningkatan mutu layanan pendidikan dan penetapan Rapor Pendidikan.

 

Profil pendidikan tersebut terdiri dari:

1. Profil Satuan Pendidikan;

2. Profil Pendidikan Daerah; dan

3. Profil Pendidikan Nasional

Profil Pendidikan tersebut dapat membantu satuan pendidikan dan Pemerintah dalam mengidentifikasi indikator-indikator yang sudah baik maupun yang masih perlu ditingkatkan, kemudian melakukan refleksi untuk menentukan akar masalah, dan menyusun program serta strategi membenahi akar masalah tersebut untuk peningkatan mutu pendidikan.

 

3.       Apa tujuan dari Asesmen Nasional?

Asesmen nasional bertujuan untuk mengukur:

1. hasil belajar kognitif;

2. hasil belajar nonkognitif; dan

3. kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan.

Asesmen Nasional tidak bertujuan untuk mengukur hasil belajar individu peserta didik dan tidak untuk pemeringkatan antar satuan pendidikan/daerah.

 

4.       Mengapa yang menjadi sampel Adalah Peserta Didik kelas V, VIII, dan XI?

Pemilihan peserta didik kelas V, VIII, dan XI dimaksudkan bahwa peserta didik tersebut telah mengalami proses pembelajaran di satuan pendidikan masing-masing. Dari hasil Asesmen Nasional dan perbaikan mutu pembelajaran di satuan pendidikan, peserta didik diharapkan dapat merasakan dampak dari perbaikan tersebut.

 

5.       Mengapa Asesmen Nasional hanya diikuti oleh sebagian Peserta Didik?

Secara metodologi, pemilihan peserta Asesmen Nasional dipilih secara acak dan telah menggambarkan kualitas proses pembelajaran di masing-masing satuan pendidikan secara representative.

 

6.       Apakah sampel Asesmen Nasional bisa menggambarkan kondisi antara satuan pendidikan dengan jumlah peserta didik banyak dan sedikit?

Ya, karena hasil metodologi sampling yang diguna[1]kan Kementerian dalam menentukan pemilihan sampel acak Sekolah Dasar/Sederajat maksimal 30 peserta, Sekolah Menengah Pertama/Sederajat, Sekolah Menengah Kejuruan, Sekolah Menengah Atas/Sederajat maksimal 45 peserta sudah representatif menggambarkan kondisi satuan pendidikan yang dibuktikan dengan perbandingan hasil menggunakan skema populasi pada satuan pendidikan saat uji coba metode sampling.

 

7.       Apakah ketidakikutsertaan Peserta Didik dalam Asesmen Nasional mempengaruhi nilai hasil belajar Peserta Didik?

Tidak, karena nilai hasil belajar peserta didik tertuang pada Laporan Kemajuan Belajar yang didapat dari hasil penilaian formatif dan sumatif sepanjang periode pembelajaran, sehingga tidak dipengaruhi oleh keikutsertaan Asesmen Nasional. Asesmen Nasional dirancang untuk memantau dan mengevaluasi sistem pendidikan dasar dan menengah. Informasi yang diperoleh dari Asesmen Nasional digunakan untuk mendorong mutu pembelajaran serta evaluasi kinerja satuan pendidikan.

 

8.       Instrumen apa yang digunakan untuk mengukur aspek pada Asesmen Nasional?

Instrumen yang digunakan untuk mengukur aspek-aspek pada Asesmen Nasional, yaitu:

·         Hasil belajar kognitif diukur melalui instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

·         Hasil belajar non kognitif diukur melalui instrumen Survei Karakter.

·         Kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan diukur melalui Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar).

 

9.       Apa saja bentuk soal Asesmen Nasional?

Bentuk soal Asesmen Nasional terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian.

·         Pilihan Ganda adalah bentuk soal dengan hanya satu pilihan jawaban yang benar.

·         Pilihan Ganda Kompleks adalah bentuk soal dengan pilihan jawaban benar lebih dari satu.

·         Menjodohkan adalah bentuk soal dengan cara menjodohkan/mencocokan pasangan antara pertanyaan dengan jawaban.

·         Isian Singkat adalah bentuk soal yang harus diberikan jawaban secara singkat, dapat berupa kata, frasa, angka, bilangan, atau simbol.

·         Uraian adalah bentuk soal yang membutuhkan jawaban berupa keterangan atau penjelasan atas pertanyaan berdasarkan hasil perorganisasian pemahaman dan gagasan.

 

10.   Apa yang harus dilakukan satuan pendidikan apabila pada hari “H” pelaksanaan Asesmen Nasional terdapat peserta Asesmen Nasional yang sakit atau berhalangan hadir?

Apabila terdapat peserta Asesmen Nasional yang sakit/ berhalangan hadir pada hari pertama pelaksanaan Asesmen Nasional, maka peserta Asesmen Nasional tersebut dapat digantikan oleh peserta cadangan selambat-lambatnya 15 menit sebelum pelaksanaan sesi pertama.

 

Apabila kondisi tersebut terjadi pada hari pertama sesi kedua dan seterusnya, maka peserta cadangan tidak dapat menggantikan peserta utama yang sakit atau berhalangan hadir.

 

Itulah beberapa jenis pertanyaan seputar Asesmen Nasional yang telah dilengkapi dengan jawabannya, sebenarnya , masih ada banyak sekali pertanyaan lainnya dan juga lengkap dengan jawabannya dan untuk anda yang ingin melihat sekeluruhannya maka anda bisa membacanya pada Buku Kumpulan Soal yang sering ditanyakan tentang Asesmen Nasional.

 

Bagi anda yang membutuhkan Buku Kumpulan tanya jawab Soal yang sering ditanyakan tentang Asesmen Nasional, maka silahkan miliki Bukunya yang akan admin bagikan di bawah ini :

 

  • Buku Kumpulan Soal yang sering ditanyakan tentang Asesmen Nasional - (DISINI)


Demikianlah informasi seputar tanya jawab tentang Asesmen Nasional yang telah di tuangkan dalam Buku Kumpulan Soal yang sering ditanyakan tentang Asesmen Nasional. Semoga apa yang telah admin bagikan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda seputar Asesmen Nasional.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel