Surat Pemberitahuan Mengikuti ANBK Untuk Orang Tua/Wali Siswa

Kherysuryawan.id – Contoh format surat pemberitahuan keikutsertaan peserta didik dalam Asesmen Nasional (AN) untuk orang tua/wali peserta didik Format Word.

Sahabat Pendidikan, kita ketahui Bersama bahwa pelaksanaan asesmen nasional(AN) akan dimulai tahun ini dan kita tahu pula bahwa hingga saat ini pun Indonesia masih dalam masa pendemi.

 


Dimasa pendemi ini masih banyak sekolah yang menyelenggarakan proses belajar mengajar dengan menggunakan system system pembelajaran jarak jauh (PJJ) baik belajar secara daring maupun belajar secara luring. Hal tersebut di lakukan untuk menghindari terjadinya lonjakan akibat penyebaran covid-19. Adapun daerah yang berada pada zona hijau maka di beri keleluasaan untuk bisa belajar tatap muka di sekolah dengan catatan harus mentaati protocol kesehatan yang diantaranya ialah dengan memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

 

Berbicara mengenai AKM/ANBK maka sekolah yang akan mengikuti kegiatan Asesmen harus bersiap-siap untuk bisa mengikuti asesmen nasional sesuai dengan POS AN yang telah di keluarkan sebagai panduan bagi sekolah yang akan menyelenggarakan pelaksanaan asesmen nasional. Adapun sekolah yang akan ikut asesmen nantinya yaitu mulai dari sekolah jenjang SD, SMP, SMA/SMK.

 

Dimasa pendemi seperti sekarang ini proses pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka terbatas maka harus bisa mengurangi jumlah peserta didiknya saat akan melakukan aktiitas belajar di sekolah. Begitu juga dengan akan di lakukannya asesmen dimasa pendemi ini yang mana untuk bisa melakukan asesmen bagi setiap sekolah pada masa pendemi ini maka sekolah pun harus mentaati aturan yang telah di keluarkan yaitu dalam satu ruangan siswa hanya di perbolehkan untuk mengikuti asesmen dengan jumlah 15 orang di setiap sesi dengan tujuan untuk mengurangi kerumunan dan bisa mengikuti ujian asesmen dengan menjaga jarak.

 

Sebelum pelaksanaan AN dianggap perlu untuk menyampaikan informasi kepada bapak ibu selaku orang tua peserta didik agar mereka memahami tujuan dari dilaksanakannya Asesmen. AN adalah singkatan dari Asesmen Nasional yang merupakan pengganti UN yang pesertanya  adalah peserta didik yang duduk dibangku sekolah dari tingkat SD sampai SMA  untuk tingkat SD maka yang mengikuti AN adalah siswa kelas 5 ,untuk tingkat SMP adalah siswa kelas 8 dan untuk tingkat   SMA adalah siswa kelas 11 dengan catatan bagi siswa yang terpilih secara acak ,karena dalam pelaksanaan AN tidak semua siswa mengikuti pelaksanaan AN tersebut .

 

Berbicara mengenai pelaksanaan asesmen nasional ada hal penting yang harus di katahui oleh sekolah dalam memberikan izin bagi siswanya untuk mengikuti pelaksanaan asesmen nasional. Yang mana bagi sekolah yang akan menyelenggarakan asesmen nasional maka harus dapat membuat surat pemberitahuan keikutsertaan peserta didik dalam Asesmen Nasional (AN) untuk orang tua/wali peserta didik, dengan tujuan orang tua dapat memberikan izin kepada setiap anaknya guna mengikuti pelaksanaan asesmen nasional sesuai dengan jadwal yang telah di tetapkan.

 

Pada kesempatan kali ini kherysuryawan.id melalui postingan ini akan memberikan contoh format surat pemberitahuan keikutsertaan peserta didik dalam Asesmen Nasional (AN) untuk orang tua/wali peserta didik, bagi sekolah yang akan membuat surat pemberitahuan keikutsertaan peserta didik dalam Asesmen Nasional (AN) untuk orang tua/wali peserta didik dalam pelaksanaan AKM namun belum memiliki format contoh suratnya maka melalui artikel ini anda bisa mendapatkannya.

 

Baiklah berikut ini tampilan dari format surat pemberitahuan keikutsertaan peserta didik dalam Asesmen Nasional (AN) untuk orang tua/wali peserta didik.

 

Yth.Orang Tua / Wali siswa

Di Tempat

Dengan Hormat ,Sehubungan dengan pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) perlu kami sampaikan hal – hal sebagai berikut :

1. Putra / Putri Bapak /ibu terpilih secara acak untuk menjadi peserta AN.

2. AN bertujuan untuk memetakan mutu pendidikan ,memberi umpan balik kepada penyelenggara Pendidikan dan merancang tindak lanjut untuk perbaikan mutu sistem pendidikan.

3. Hasil AN tidak memiliki konsekuensi terhadap peserta didik yang menjadi peserta AN.

4. Hasil AN hanya akan menampilkan skor pada tingkat sekolah ,bukan skor individu peserta didik .

5. Peserta didik yang menjadi peserta AN tidak perlu melakukan atau latihan khusus yang bertujuan untuk meningkatkan hasil AN.

6. Sebagai peserta AN ,Putra /Putri Bapak / ibu diharap mengikuti gladi bersih dan pelaksanaan AN pada tanggal yang telah ditetapkan .

7. Pelaksanaan AN mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah .

8. Apabila putra /putri Bapak /ibu memiliki penyakit komordbid/penyerta atau tidak memiliki fasilitas untuk melakukan perjalanan secara aman kesekolah ,mohon agar menginformasikan kepada kami sebelum pelaksanaan AN.

                                                                                                                                                   

……… Agustus 20...

Kepala Sekolah

 

 

………………………………

NIP. ………………………..

 

Bagi anda bapak dan ibu guru yang sekiranya membutuhkan file format surat pemberitahuan keikutsertaan peserta didik dalam Asesmen Nasional (AN) untuk orang tua/wali peserta didik seperti pada tampilan diatas, maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :


  • Surat pemberitahuan keikutsertaan peserta didik dalam Asesmen Nasional (AN) untuk orang tua/wali peserta didik (DISINI)
  • Surat Izin Orang Tua Siswa Untuk Mengikuti AKM/ANBK (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai contoh format surat pemberitahuan keikutsertaan peserta didik dalam Asesmen Nasional (AN) untuk orang tua/wali peserta didik yang bisa saya bagikan melalui postingan ini. Bagi bapak dan ibu guru yang sekiranya membutuhkan maka bisa memanfaatkannya guna membuat surat tersebut untuk keperluan di sekolah masing-masing sehingga nantinya pelaksanaan asesmen nasional bisa berjalan dengan lancar sesuai harapan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel