Contoh Deskripsi Sikap Profil Pelajar Pancasila untuk eRapor SD,SMP,SMA,SMK

Kherysuryawan.id – Contoh deskripsi P3 erapor khususnya untuk melakukan input capaian sikap peserta didik yang mencerminkan profil pelajar pancasila (P3) yang nantinya dapat di inputkan kedalam aplikasi erapor baik pada aplikasi erapor kurikulum merdeka maupun pada aplikasi erapor kurikulum 2013 di sekolah jenjang SD, SMP, SMA, SMK.

Kita ketahui bersama bahwa saat ini khusus untuk penilaian sikap di aplikasi erapor maka harus mencerminkan profil pelajar pancasila (P3).

 


Profil pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi, yaitu:

1.       Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia,

2.       Mandiri,

3.       Bergotong-royong,

4.       Berkebinekaan global,

5.       Bernalar kritis, dan

6.       Kreatif.

 

Salah satu point terpenting dalam melakukan penilaian pada aplikasi erapor yaitu guru/wali kelas harus menginputkan deskripsi sikap yang peserta didik yang mencerminkan ke enam dimensi yang terdapat pada profil pelajar pancasila.

 

Lantas bagaimana cara untuk melakukan pengolahan nilai Sikap pada aplikasi erapor ???

Berikut ini penjelasannya :

Pengolahan nilai sikap berdasarkan enam dimensi profil pelajar Pancasila dilaporkan minimal sekali dalam satu tahun agar pendidik memiliki waktu yang cukup untuk mengidentifikasi secara menyeluruh.

 

Langkah-langkah pengolahan nilai sikap:

Sebelum melakukan pengolahan penilaian sikap maka Pendidik harus terlebih dahulu mempelajari tentang dimensi, elemen, dan subelemen profil pelajar Pancasila.

Untuk mendapatkan informasi/pengetahuan lengkap tentang dimensi, elemen, dan subelemen profil pelajar Pancasila maka silahkan dapatkan file lengkapnya di bawah ini :

👉  Dimensi,Elemen dan Subelemen Profil pelajar Pancasila

 

Setelah memahami tentang dimensi, elemen, dan subelemen profil pelajar Pancasila maka berikut ini langkah-langkah dalam melakukan pengolahan nilai sikap, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1.     Pendidik mengidentifikasi elemen yang paling menonjol dan paling perlu ditumbuhkan dari setiap dimensi. Namun apabila tidak teramati, pendidik dapat menetapkan pilihan “tidak teramati”

2.     Pendidik perlu terus mengamati dan mengubah catatan pada langkah 2 agar catatannya selalu relevan dengan perkembangan peserta didik.

3.     Pendidik memindahkan catatan elemen yang paling menonjol dan yang paling perlu bimbingan ke dalam rapor. Catatan elemen ini diambil dari tabel alur perkembangan dimensi yang ada dalam dokumen dimensi, elemen, dan subelemen profil pelajar Pancasila.

 

Bagi anda yang saat ini bertugas sebagai wali kelas di sekolah maka salah satu tugas yang harus anda lakukan dalam melakukan penilaian sikap yaitu menuliskan deskripsi capaian sikap yang mencerminkan ke 6 dimensi profil pelajar pancasila.

 

Berikut ini contoh deskripsi capaian sikap untuk peserta didik yang mencerminkan profil pelajar pancasila.

 

1.    BERIMAN, BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, DAN BERAKHLAK MULIA

·      Anto Terbiasa melaksanakan ibadah sesuai ajaran agama/kepercayaannya

·      Iis dapat Mengenali simbol-simbol keagamaannya secara baik

·      Putu dapat/sering mengikuti ritual keagaamannya dengan baik

·      Dewi dapat mengetahui dan memahami kitab sucinya dengan baik

·      Erna Mengenali sifat-sifat utama Tuhan bahwa Ia Maha Esa dan Ia adalah Sang Pencipta yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang dan mengenali kebaikan dirinya sebagai cerminan sifat Tuhan

·      Rido Membiasakan bersikap jujur terhadap diri sendiri dan orang lain dan berani menyampaikan kebenaran atau fakta

·      Didi Memiliki rutinitas sederhana yang diatur secara mandiri dan dijalankan sehari-hari serta menjaga kesehatan dan keselamatan/keamanan diri dalam semua aktivitas kesehariannya

·      Suci Mengenali hal-hal yang sama dan berbeda yang dimiliki diri dan temannya dalam berbagai hal, serta memberikan respon secara positif.

·      Serli dapat Mengidentifikasi emosi, minat dan kebutuhan orang- orang terdekatnya dan meresponnya secara positif.

·      Ari dapat Mengidentifikasi berbagai ciptaan Tuhan

·      Erin Membiasakan bersyukur atas lingkungan alam sekitar dan berlatih untuk menjaganya

·      Uus dapat Mengidentifikasi hak dan tanggung jawabnya di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar serta kaitannya dengan keimanan kepada Tuhan YME.

 

2.    BERKEBHINEKAAN GLOBAL

·       Dapat Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ide-ide tentang dirinya dan beberapa macam kelompok di lingkungan sekitarnya

·       Dapat Mengidentifikasi dan mendeskripsikan praktik keseharian diri dan budayanya

·       Dapat Mendeskripsikan pengalaman dan pemahaman hidup bersama-sama dalam kemajemukan.

·       Dapat Mengenali bahwa diri dan orang lain menggunakan kata, gambar, dan bahasa tubuh yang dapat memiliki makna yang berbeda di lingkungan sekitarnya

·       Dapat Mengekspresikan pandangannya terhadap topik yang umum dan mendengarkan sudut pandang orang lain yang berbeda dari dirinya dalam lingkungan keluarga dan sekolah

·       Dapat Mengidentifikasi perbedaan-perbedaan budaya yang konkrit di lingkungan sekitar

·       Dapat Menyebutkan apa yang telah dipelajari tentang orang lain dari interaksinya dengan kemajemukan budaya di lingkungan sekolah dan rumah

·       Dapat mengenali perbedaan tiap orang atau kelompok dan menganggapnya sebagai kewajaran

·       Dapat Menjalin pertemanan tanpa memandang perbedaan agama, suku, ras, jenis kelamin, dan perbedaan lainnya, dan mengenal masalah- masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan di lingkungan sekitarnya

·       Dapat Mengidentifikasi pilihan- pilihan berdasarkan kebutuhan dirinya dan orang lain ketika membuat keputusan

·       Dapat Mengidentifikasi peran, hak dan kewajiban warga dalam masyarakat demokratis

 

3.       BERGOTONG ROYONG

·         Mampu Memahami informasi sederhana dari orang lain dan menyampaikan informasi sederhana kepada orang lain menggunakan kata- katanya sendiri.

·         Mampu Melaksanakan aktivitas kelompok sesuai dengan kesepakatan bersama dengan bimbingan, dan saling mengingatkan adanya kesepakatan tersebut.

·         Mampu Mengenali kebutuhan- kebutuhan diri sendiri yang memerlukan orang lain dalam pemenuhannya.

·         Mampu Menerima dan melaksanakan tugas serta peran yang diberikan kelompok dalam sebuah kegiatan bersama.

·         Mampu Mengenali berbagai reaksi orang lain di lingkungan sekitar dan penyebabnya.

·         Peka dan mengapresiasi orang- orang di lingkungan sekitar, kemudian melakukan tindakan sederhana untuk mengungkapkannya.

·         Mampu Memberi dan menerima hal yang dianggap berharga dan penting kepada/dari orang-orang di lingkungan sekitar.

·         Mampu Melakukan refleksi untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta prestasi dirinya.

·         Mampu Mengidentifikasi dan menggambarkan kemampuan, prestasi, dan ketertarikannya secara subjektif

 

4.       MANDIRI

·         Mampu Mengidentifikasi perbedaan emosi yang dirasakannya dan situasi- situasi yang menyebabkan- nya; serta mengekspresi- kan secara wajar

·         Berani mencoba dan adaptif menghadapi situasi baru serta bertahan mengerjakan tugas-tugas yang disepakati hingga tuntas

·         Dapat Melaksanakan kegiatan belajar di kelas dan menyelesaikan tugas-tugas dalam waktu yang telah disepakati.

·         Berinisiatif untuk mengerjakan tugas-tugas rutin secara mandiri dibawah pengawasan dan dukungan orang dewasa

·         Mampu Menetapkan target belajar dan merencanakan waktu dan tindakan belajar yang akan dilakukannya.

 

5.       BERNALAR KRITIS

·         Berani Mengajukan pertanyaan untuk menjawab keingintahuannya dan untuk mengidentifikasi suatu permasalahan mengenai dirinya dan lingkungan sekitarnya.

·         Mampu Melakukan penalaran konkrit dan memberikan alasan dalam menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan

·         Mampu Menyampaikan apa yang sedang dipikirkan secara terperinci

 

6.       KREATIF

·         Mampu Menggabungkan beberapa gagasan menjadi ide atau gagasan imajinatif yang bermakna untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya.

·         Mampu Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan

·         Mampu Mengidentifikasi gagasan-gagasan kreatif untuk menghadapi situasi dan permasalahan.

 

BERIKUT INI DESKRIPSI SIKAP CAPAIAN PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK SEMUA FASE JENJANG SD, SMP, SMA/SMK

👉 Deskripsi Sikap P3 Fase A,B,C (Jenjang SD) - Lengkap 

👉 Deskripsi Sikap P3 Fase D (Jenjang SMP) - Lengkap

👉 Deskripsi Sikap P3 Fase E (Jenjang SMA/SMK) - Lengkap


Demikianlah beberapa contoh deskripsi capaian sikap profil pelajar pancasila yang di muat kedalam 6 dimensi yakni Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan global, Bergotong royong, Mandiri, Bernalar kritis dan kreatif. Semoga contoh deskripsi diatas dapat membantu bapak/ibu guru /wali kelas yang akan melakukan penginputan deskripsi sikap di erapor kurikulum merdeka maupun yang masih menggunakan kurikulum 2013.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel