Deskripsi Sikap Profil Pelajar Pancasila Sekolah SMA/SMK (Fase E)

Kherysuryawan.id – Contoh deskripsi capaian sikap pada profil pelajar pancasila untuk sekolah jenjang SMA/SMK yakni pada Fase E.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat datang di website pendidikan yang selalu memberikan informasi terupdate. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan penjelasan seputar profil pelajara pancasila yang menjadi dasar bagi guru dalam melakukan penilaian sikap pada ke 6 dimensi yang ada pada profil pelajar pancasila.

 


Ada enam elemen dalam Profil Pelajar Pancasila, yaitu:

1.       Berakhlak Mulia,

2.       Berkebinekaan Global,

3.       Mandiri,

4.       Bergotong Royong,

5.       Bernalar Kritis, Dan

6.       Kreatif.

 

Nah sebagai seorang guru maka dalam melakukan penilaian sikap harus dapat melakukan pemantauan kepada setiap peserta didik dalam penerapan aspek profil pelajar pancasila. Nantinya penilaian sikap dapat di tuangkan sesuai dengan capaian sikap profil pelajar pancasila yang sudah di capaii oleh peserta didik.

 

Adapun penilaian sikap yang memuat aspek profil pelajar pancasila yaitu nantinya akan di inputkan kedalam aplikasi erapor. Di dalam aplikasi erapor telah disiapkan menu input capaian sikap peserta didik yang terdiri atas 6 dimensi. Adapun pengiasiannya yaitu dapat di lakukan oleh wali kelas dan diinput deskripsinya mulai dari semester 1 hingga semester 2.

Adapun mekanisme penginputan deskripsi sikap profil pelajar pancasila telah diatur dan dimuat dalam Panduan pembelajaran dan Asesmen (PPA). 

 

Berbicara mengenai deskripsi sikap profil pelajar pancasila, maka kita juga harus memahami tentang fase-fase di setiap tingkatan. Khusus untuk Fase A,B,C yaitu pada peserta didik jenjang SD, Fase D yaitu untuk peserta didik jenjang SMP dan Fase E yaitu untuk peserta didik jenjang SMA/SMK.

 

Nah, melalui kesempatan kali ini admin akan memberikan contoh deskripsi capaian sikap profil pelajar pancasila khususnya untuk jenjang SMA yaitu yang masuk pada Fase E. Bagi anda yang saat ini mengajar di jenjang SMA dan ingin melihat contoh deskripsi capian sikap profil pelajar pancasila untuk jenjang sekolah SMA maka silahkan di lihat sajian di bawah ini :


CONTOH DESKRIPSI CAPAIAN SIKAP PROFIL PELAJAR PANCASILA JENJANG SMA (FASE E)

Fase E

Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

v  Menerapkan pemahamannya tentang kualitas atau sifat-sifat Tuhan dalam ritual ibadahnya baik ibadah yang bersifat personal maupun sosial.

v  Memahami struktur organisasi, unsur-unsur utama agama /kepercayaan dalam konteks Indonesia, memahami kontribusi agama/kepercayaan terhadap peradaban dunia.

v  Melaksanakan ibadah secara rutin dan mandiri serta menyadari arti penting ibadah tersebut dan berpartisipasi aktif pada kegiatan keagamaan atau kepercayaan

v  Menyadari bahwa aturan agama dan sosial merupakan aturan yang baik dan menjadi bagian dari diri sehingga bisa menerapkannya secara bijak dan kontekstual

v  Melakukan aktivitas fisik, sosial, dan ibadah secara seimbang.

v  Mengidentifikasi hal yang menjadi permasalahan bersama, memberikan alternatif solusi untuk menjembatani perbedaan dengan mengutamakan kemanusiaan.

v  Memahami dan menghargai perasaan dan sudut pandang orang dan/atau kelompok lain.

v  Mengidentifikasi masalah lingkungan hidup di tempat ia tinggal dan melakukan langkah- langkah konkrit yang bisa dilakukan untuk menghindari kerusakan dan menjaga keharmonisan ekosistem yang ada di lingkungannya.

v  Mewujudkan rasa syukur dengan membangun kesadaran peduli lingkungan alam dengan menciptakan dan mengimplementasikan solusi dari permasalahan lingkungan yang ada.

v  Memperoleh hak dan melaksanakan kewajiban kewarganegaraan dan terbiasa mendahulukan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi sebagai wujud dari keimanannya kepada Tuhan YME.

 

Berkebhinekaan global

v  Menganalisis dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan, dan praktik keseharian dalam rentang waktu yang panjang dan konteks yang luas.

v  Menganalisis pengaruh keanggotaan kelompok lokal, regional, nasional, dan global terhadap pembentukan identitas, termasuk identitas dirinya. Mulai menginternalisasi identitas diri sebagai bagian dari budaya bangsa.

v  Memahami pentingnya saling menghormati dalam mempromosikan pertukaran budaya dan kolaborasi dalam dunia yang saling terhubung serta menunjukkannya dalam perilaku.

v  Menganalisis hubungan antara bahasa, pikiran, dan konteks untuk memahami dan meningkatkan komunikasi antar budaya yang berbeda-beda.

v  Menyajikan pandangan yang seimbang mengenai permasalahan yang dapat menimbulkan pertentangan pendapat. Memperlakukan orang lain dan budaya yang berbeda darinya dalam posisi setara dengan diri dan budayanya, serta bersedia memberikan pertolongan ketika orang lain berada dalam situasi sulit.

v  Mengkritik dan menolak stereotip serta prasangka tentang gambaran identitas kelompok dan suku bangsa serta berinisiatif mengajak orang lain untuk menolak stereotip dan prasangka.

v  Merefleksikan secara kritis dampak dari pengalaman hidup di lingkungan yang beragam terkait dengan perilaku, kepercayaan serta tindakannya terhadap orang lain.

v  Mengetahui tantangan dan keuntungan hidup dalam lingkungan dengan budaya yang beragam, serta memahami pentingnya kerukunan antar budaya dalam kehidupan bersama yang harmonis.

v  Memahami konsep hak dan kewajiban, serta implikasinya terhadap ekspresi dan perilakunya. Mulai mencari solusi untuk dilema terkait konsep hak dan kewajibannya.

v  Berinisiatif melakukan suatu tindakan berdasarkan identifikasi masalah untuk mempromosikan keadilan, keamanan ekonomi, menopang ekologi dan demokrasi sambil menghindari kerugian jangka panjang terhadap manusia, alam ataupun masyarakat.

v  Berpartisipasi menentukan pilihan dan keputusan untuk kepentingan bersama melalui proses bertukar pikiran secara cermat dan terbuka secara mandiri

 

Bergotong royong

v  Menyelaraskan dan menjaga tindakan diri dan anggota kelompok agar sesuai antara satu dengan lainnya serta menerima konsekuensi tindakannya dalam rangka mencapai tujuan bersama.

v  Membangun tim dan mengelola kerjasama untuk mencapai tujuan bersama sesuai dengan target yang sudah ditentukan.

v  Aktif menyimak untuk memahami dan menganalisis informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan keprihatinan yang disampaikan oleh orang lain dan kelompok menggunakan berbagai simbol dan media secara efektif, serta menggunakan berbagai strategi komunikasi untuk menyelesaikan masalah guna mencapai berbagai tujuan bersama.

v  Menyelaraskan kapasitas kelompok agar para anggota kelompok dapat saling membantu satu sama lain memenuhi kebutuhan mereka baik secara individual maupun kolektif.

v  Melakukan tindakan yang tepat agar orang lain merespon sesuai dengan yang diharapkan dalam rangka penyelesaian pekerjaan dan pencapaian tujuan.

v  Tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan berkontribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk menghasilkan keadaan yang lebih baik.

v  Mengupayakan memberi hal yang dianggap penting dan berharga kepada orang-orang yang membutuhkan di masyarakat yang lebih luas (negara, dunia).

 

Mandiri

v  Mengidentifikasi kekuatan dan tantangan-tantangan yang akan dihadapi pada konteks pembelajaran, sosial dan pekerjaan yang akan dipilihnya di masa depan.

v  Melakukan refleksi terhadap umpan balik dari teman, guru, dan orang dewasa lainnya, serta informasi-informasi karir yang akan dipilihnya untuk menganalisis karakteristik dan keterampilan yang dibutuhkan dalam menunjang atau menghambat karirnya di masa depan.

v  Melakukan tindakan-tindakan secara konsisten guna mencapai tujuan karir dan pengembangan dirinya di masa depan, serta berusaha mencari dan melakukan alternatif tindakan lain yang dapat dilakukan ketika menemui hambatan.

v  Mengendalikan dan menyesuaikan emosi yang dirasakannya secara tepat ketika menghadapi situasi yang menantang dan menekan pada konteks belajar, relasi, dan pekerjaan.

v  Mengevaluasi efektivitas strategi pembelajaran digunakannya, serta menetapkan tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri secara spesifik dan merancang strategi yang sesuai untuk menghadapi tantangan- tantangan yang akan dihadapi pada konteks pembelajaran, sosial dan pekerjaan yang akan dipilihnya di masa depan. Menentukan prioritas pribadi, berinisiatif mencari dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang spesifik sesuai tujuan di masa depan.

v  Menyesuaikan dan mulai menjalankan rencana dan strategi pengembangan dirinya dengan mempertimbangkan minat dan tuntutan pada konteks belajar maupun pekerjaan yang akan dijalaninya di masa depan, serta berusaha untuk mengatasi tantangan- tantangan yang ditemui.

 

Bernalar kritis

v  Secara kritis mengklarifikasi serta menganalisis gagasan dan informasi yang kompleks dan abstrak dari berbagai sumber. Memprioritaskan suatu gagasan yang paling relevan dari hasil klarifikasi dan analisis.

v  Mengajukan pertanyaan untuk menganalisis secara kritis permasalahan yang kompleks dan abstrak.

v  Menganalisis dan mengevaluasi penalaran yang digunakannya dalam menemukan dan mencari solusi serta mengambil keputusan.

v  Menjelaskan alasan untuk mendukung pemikirannya dan memikirkan pandangan yang mungkin berlawanan dengan pemikirannya dan mengubah pemikirannya jika diperlukan.

 

Kreatif

v  Menghasilkan gagasan yang beragam untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya, menilai gagasannya, serta memikirkan segala risikonya dengan mempertimbangkan banyak perspektif seperti etika dan nilai kemanusiaan ketika gagasannya direalisasikan.

v  Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan, serta mengevaluasinya dan mempertimbangkan dampak dan risikonya bagi diri dan lingkungannya dengan menggunakan berbagai perspektif.

v  Bereksperimen dengan berbagai pilihan secara kreatif untuk memodifikasi gagasan sesuai dengan perubahan situasi.

 

Demikianlah informasi mengenai contoh deskripsi sikap profil pelajar pancasila untuk sekolah jenjang SMA yaitu pada Fase E yang dapat admin bagikan di kesempatan kali ini. Semopga bisa bermanfaat dan dapat menjadi sebuah referensi bagi guru dan wali kelas yang akan melakukan penginputan capaian sikap profil pelajar pancasila di aplikasi erapor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel