Jurnal Penilaian Sikap Spritual & Sosial Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Download format jurnal penilaian sikap dalam pembelajaran di kurikulum merdeka untuk sekolah SD, SMP, SMA, SMK.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan yang selalu memberikan informasi menarik seputar dunia pendidikan. Pada postingan kali ini admin akan memberikan sebuah file yang sangat penting bagi seorang pendidik dalam melakukan aktivitas belajar mengajar di sekolah.

 


Sebagai seorang guru ada banyak tugas yang harus dikerjakan diantaranya ialah mengajar dan juga membuat perangkat pembelajaran dan administrasi guru lainnya. Semua itu merupakan tanggung jawab seorang guru dalam melaksanakan aktivitas selama di sekolah.

 

Saat ini sekolah telah menggunakan kurikukum baru yakni kurikulum merdeka. Meskipun demikian apa yang menjadi tugas seorang guru hampirlah sama dengan dikurikulum sebelumnya yakni membuat perangkat pembelajaran dan melakukan aktivitas mengajar.

 

Ada salah satu administrasi guru yang sangat penting untuk di lengkapi dalam kelengkapan administrasi pembelajaran yakni penilaian. Perlu di ketahui bahwa format penilaian menjadi sebuah dokumen yang sangat penting untuk di buat dan disiapkan oleh seorang guru. Penilaian akan menjadi dasar bagi seorang guru dalam menentukan keberhasilan siswanya dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah.

 

Dalam kurikulum 2013 maupun kurikulum merdeka jenis penilaian hampirlah sama penggunaannya bagi seorang guru dalam melakukakan penilaian pembelajaran. Agar guru dapat dengan mudah melakukan penilaian maka di perlukan sebuah format sehingga akan membantu guru dalam membuat penilaian secara mudah.

 

Ada beberapa jenis penilaian yang harus di buat oleh seorang guru diantaranya adalah penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Khusus pada penilaian sikap ada 2 jenis yang nantinya akan dinilai diantaranya yaitu penilaian sikap spiritual dan penilaian sikap social.

 

Pada artikel ini admin akan membahas tentang jurnal penilaian sikap yang menjadi salah satu penilaian yang sangat penting bagi seorang guru. Penilaian sikap akan menjadi salah satu penentu dalam kenaikan kelas ataupun kelulusan peserta didik. Format jurnal penilaian sikap yang akan admin bagikan disini dapat digunakan bagi sekolah SD, SMP, SMA maupun SMK.

 

Bagi anda bapak/ibu guru yang saat ini ingin melakukan penilaian sikap baik pada aspek spiritual maupun social namun belum mengetahui bagaimana caranya maka pada artikel ini bapak/ibu guru bisa melihat model jurnal penilaian sikap yang dapat digunakan oleh guru dalam melakukan penilaian sikap.

 

Admin kherysuryawan akan membagikan file jurnal penilaian sikap yang meliputi penilaian sikap spiritual dan penilaian sikap social. Pada file jurnal penilaian sikap ini didalamnya telah dilengkapi dengan butir sikap dan indicator dari masing-masing sikap baik pada sikap spiritual maupun pada sikap social.

 

Butir sikap pada penilaian sikap spiritual diantaranya yaitu :

1.       Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa

2.       Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

3.       Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

 

Butir sikap pada penilaian sikap sosial diantaranya yaitu :

1.       Jujur

2.       Disiplin

3.       Tanggung jawab

4.       Peduli

5.       Toleransi

6.       Gotong royong

7.       Santun atau sopan

8.       Percaya diri

9.       Rasa ingin tahu

10.   Kreatif

11.   Persatuan dan kesatuan

12.   Demokratis

13.   Rendah hati

 

Disetiap butir tersebut juga terdapat indicatornya dan anda bisa melihatnya secara lengkap pada file jurnal penilaian sikap yang akan admin bagikan pada postingan ini.

Selain itu di file jurnal penilaian sikap ini juga telah dilengkapi dengan format penilaiannya bagi siswa sehingga guru tinggal menginputkan nama siswa kemudiaan mengisi catatan perilaku dan butir soal serta tindak lanjut dari setiap sikap siswa yang akan dinilai.

 

Sebagai informasi pula bahwa file jurnal penilaian sikap siswa (penilaian spiritual dan social) yang akan admin bagikan pada postingan ini telah disiapkan dalam format word sehingga akan sangat mudah untuk di gunakan oleh guru dan juga setiap guru dapat melakukan pengeditan dengan mudah sesuai keinginan masing-masing. Intinya bahwa admin membagikan file jurnal penilaian sikap siswa (penilaian spiritual dan social) ini sebagai bentuk berbagi pada guru yang sedang membutuhkan format jurnal penilaian sikap untuk persiapan pembelajaran di sekolah.

 

Baiklah bagi bapak/ibu guru yang ingin memiliki file jurnal penilaian sikap siswa (penilaian spiritual dan social) maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Jurnal Penilaian Sikap Spritual & Sosial ( DISINI )


Demikianlah informasi mengenai jurnal penilaian sikap siswa (penilaian spiritual dan social) yang bisa admin bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa membantu aktivitas guru dalam melakukan penilaian maupun sebaga referensi bagi guru dalam mempersiapkan administrasi guru di sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel