Daftar Nama Penerima PIP Bulan April Tahun 2024

Kherysuryawan.id – Cara Cek Daftar Nama Siswa penerima Bantuan PIP semua Tahap Tahun 2024.

Sahabat Kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan informasi mengenai daftar nama penerima bantuan program Indonesia pintar (PIP) untuk seluruh tahap tahun 2024. Bagi anda yang ingin mengetahui daftar nama penerima bantuan PIP tahun 2024 maka melalui kesempatan ini admin akan menjelaskan caranya kepada anda.

 

Siapa sih yang tidak mau mendapatkan bantuan PIP?

Semua orang pasti menginginkan untuk bisa mendapatkan bantuan apabila bantuan tersebut memang adalah haknya namun perlu di pahami bahwa khusus untuk bantuan PIP tidak semua siswa bisa mendapatkannya sebab ada persyaratan yang harus di penuhi untuk bisa mendapatkan bantuan PIP salah satunya ialah harus memiliki kartu Indonesia pintar (KIP).

 

Bagi siswa yang tidak memiliki KIP maka bisa menggunakan KKS atau KPS sebagai pengganti KIP yang juga memiliki fungsi yang sama untuk bisa menjadi dasar dalam menerimakan bantuan PIP. Sedangkan bagi siswa yang tidak memiliki jenis kartu KIP, KKS, KPS maka bisa menggunakan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan dan selanjutnya menyerahkannya kepada pihak sekolah untuk bisa diusulkan sebagai penerima bantuan PIP melalui aplikasi dapodik.

 

Sebagai informasi bahwa penerima bantuan PIP akan di berikan secara bertahap, oleh sebab itu untuk melakukan cek daftar penerima bantuan PIP maka pihak sekolah harus bisa mengecek secara rutin agar bisa mengetahui siapa-siapa lagi siswa yang namanya keluar sebagai calon penerima bantuan program Indonesia pintar (PIP).

 

Dapat dipastikan bahwa di tahun 2024 ini pemerintah kembali memberikan bantuan PIP kepada para peserta didik penerima KIP. adapun yang akan menerimakan PIP yaitu mereka yang masuk dalam tahap DTKS (data terpadu kesejahteraan sosial).


Di tahun 2024 ini sudah ada beberapa tahap yang keluar sebagai penerima bantuan PIP yaitu tahap 4 hingga tahap 20. Untuk informasi yang terbaru bahwa saat ini juga telah keluar daftar nama penerima bantuan PIP pada tahap 4 hingga tahap 20 tersebut sehingga untuk melakukan cek siswa penerima PIP tahun 2024 maka sekolah dapat mengeceknya secara online.


Perlu di ketahui bahwa untuk melakukan cek daftar penerima bantuan PIP maka dapat mengakses ke laman sipintar. Operator dapodik sekolah saat ini juga memiliki akses untuk bisa mengecek nama-nama penerima bantuan PIP, sebab untuk login ke laman sipintar maka nantinya akan menggunakan akun operator dapodik sekolah. 

 

Bnaiklah berikut ini langkah-langkah untuik bisa melakukan cek daftar penerima bantuan PIP tahun 2022. :

1.   Silahkan kunjungi laman sipintar melalui alamat berikut : https://pip.kemdikbud.go.id/session

2.   Pilih login sebagai sekolah



3.   Klik "login SSO Dapodik"

4.   Masukkan username dan password menggunakan akun dapodik



5.   Setelah itu klik "Masuk"

6.   Setelah berhasil masuk, silahkan klik menu "Siswa SK Pemberian" (seperti tampak pada gambar di bawah ini)





7.   Selanjutnya silahkan pilih tahun 2024, pada kolom pilihan Tahap silahkan pilih semua dan pada kolom pilihan status pencairan juga pilih semua (seperti gambar di bawah ini)


8.   Selanjutnya silahkan klik "Search" untuk melihat nama-nama penerima PIP atau klik "Download" agar seluruh data penerima PIP tahun 2024 dapat di lihat sesuai dengan tahap yang telah keluar.

9. selesai.

 

Untuk jumlah uang yang akan di terima oleh siswa penerima bantuan PIP berbeda-beda sesuai jenjang sekolahnya masing-masing. Intinya bahwa untuk jenjang SD uang PIP yang akan di terima yaitu sebesar Rp 450 ribu per tahun, untuk jenjang SMP uang PIP yang akan di terima yaitu  sebesar Rp 750 ribu pertahun sedangkan untuk jenjang SMA dan SMK uang PIP yang akan di terima di tahun 2024 ini adalah Rp 1.800.000 pertahun.

 

Nantinya uang dari hasil bantuan PIP tersebut dapat digunakan sebagai sarana untuk membeli kebutuhan sekolah, seperti baju seragam sekolah, sepatu sekolah, tas sekolah, alat tulis sekolah maupun untuk keperluan lainnya yang masih berhubungan dengan kebutuhan sekolah. Dengan adanya bantuan PIP maka diharapkan dapat membantu siswa yang kurang mampu dan juga bisa menghindari terjadinya putus sekolah.

 

Demikianlah informasi mengenai cara untuk melihat dan mengecek daftar nama siswa penerima bantuan PIP terbaru tahun 2024. Semoga informasi ini bisa membantu pihak sekolah ataupun siswa sebagai pemberitahuan bahwa nama-nama penerima bantuan PIP tahun 2024 sudah bisa di ketahui.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel