Deskripsi Sikap Profil Pelajar Pancasila Sekolah SD (Fase A,B,C)

Kherysuryawan.id – Contoh deskripsi capaian sikap pada profil pelajar pancasila untuk sekolah jenjang SD yakni pada Fase A, Fase B dan Fase C.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat datang di website pendidikan yang selalu memberikan informasi terupdate. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan penjelasan seputar profil pelajara pancasila yang menjadi dasar bagi guru dalam melakukan penilaian sikap pada ke 6 dimensi yang ada pada profil pelajar pancasila.

 


Ada enam elemen dalam Profil Pelajar Pancasila, yaitu:

1.       Berakhlak Mulia,

2.       Berkebinekaan Global,

3.       Mandiri,

4.       Bergotong Royong,

5.       Bernalar Kritis, Dan

6.       Kreatif.

 

Nah sebagai seorang guru maka dalam melakukan penilaian sikap harus dapat melakukan pemantauan kepada setiap peserta didik dalam penerapan aspek profil pelajar pancasila. Nantinya penilaian sikap dapat di tuangkan sesuai dengan capaian sikap profil pelajar pancasila yang sudah di capaii oleh peserta didik.

 

Adapun penilaian sikap yang memuat aspek profil pelajar pancasila yaitu nantinya akan di inputkan kedalam aplikasi erapor. Di dalam aplikasi erapor telah disiapkan menu input capaian sikap peserta didik yang terdiri atas 6 dimensi. Adapun pengiasiannya yaitu dapat di lakukan oleh wali kelas dan diinput deskripsinya mulai dari semester 1 hingga semester 2.

Adapun mekanisme penginputan deskripsi sikap profil pelajar pancasila telah diatur dan dimuat dalam Panduan pembelajaran dan Asesmen (PPA). 

 

Berbicara mengenai deskripsi sikap profil pelajar pancasila, maka kita juga harus memahami tentang fase-fase di setiap tingkatan. Khusus untuk Fase A,B,C yaitu pada peserta didik jenjang SD, Fase D yaitu untuk peserta didik jenjang SMP dan Fase E yaitu untuk peserta didik jenjang SMA/SMK.

 

Nah, melalui kesempatan kali ini admin akan memberikan contoh deskripsi capaian sikap profil pelajar pancasila khususnya untuk jenjang SD yaitu yang masuk pada Fase A, Fase B dan fase c. Bagi anda yang saat ini mengajar di jenjang SD dan ingin melihat contoh deskripsi capian sikap profil pelajar pancasila untuk jenjang sekolah SD maka silahkan di lihat sajian di bawah ini :


CONTOH DESKRIPSI CAPAIAN SIKAP PROFIL PELAJAR PANCASILA JENJANG SD (FASE A, FASE B, FASE C)

Fase A

Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

v  Mampu Mengenali unsur-unsur utama agama/kepercayaan (ajaran, ritual keagamaan, kitab suci, dan orang suci/ utusan Tuhan YME)

v  Mampu Mengenali sifat-sifat utama Tuhan bahwa Ia Maha Esa dan Ia adalah Sang Pencipta yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang

v  Mampu Mengenali kebaikan dirinya sebagai cerminan sifat Tuhan

v  Terbiasa melaksanakan ibadah sesuai ajaran agama/kepercayaannya

v  Membiasakan bersikap jujur terhadap diri sendiri dan orang lain

v  Membiasakan berani menyampaikan kebenaran atau fakta

v  Memiliki rutinitas sederhana yang diatur secara mandiri dan dijalankan sehari-hari serta menjaga kesehatan dan keselamatan/keamanan diri dalam semua aktivitas kesehariannya

v  Mampu Mengenali hal-hal yang sama dan berbeda yang dimiliki diri dan temannya dalam berbagai hal, serta memberikan respon secara positif

v  Mampu Mengidentifikasi emosi, minat dan kebutuhan orang- orang terdekat dan meresponnya secara positif

v  Mampu Mengidentifikasi berbagai ciptaan Tuhan

v  Membiasakan bersyukur atas lingkungan alam sekitar dan berlatih untuk menjaganya

v  Mampu Mengidentifikasi hak dan tanggung jawabnya di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar serta kaitannya dengan keimanan kepada Tuhan YME

 

Berkebhinekaan global

v  Mampu Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ide-ide tentang dirinya dan beberapa macam kelompok di lingkungan sekitarnya

v  Mampu Mengidentifikasi dan mendeskripsikan praktik keseharian diri dan budayanya

v  Mampu Mendeskripsikan pengalaman dan pemahaman hidup bersama-sama dalam kemajemukan

v  Mampu Mengenali bahwa diri dan orang lain menggunakan kata, gambar, dan bahasa tubuh yang dapat memiliki makna yang berbeda di lingkungan sekitarnya

v  Mampu Mengekspresikan pandangannya terhadap topik yang umum dan mendengarkan sudut pandang orang lain yang berbeda dari dirinya dalam lingkungan keluarga dan sekolah

v  Mampu Mengidentifikasi perbedaan-perbedaan budaya yang konkrit di lingkungan sekitar

v  Mampu Menyebutkan apa yang telah dipelajari tentang orang lain dari interaksinya dengan kemajemukan budaya di lingkungan sekolah dan rumah

v  Mampu mengenali perbedaan tiap orang atau kelompok dan menganggapnya sebagai kewajaran

v  Mampu Menjalin pertemanan tanpa memandang perbedaan agama, suku, ras, jenis kelamin, dan perbedaan lainnya

v  Mampu Mengenal masalah- masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan di lingkungan sekitarnya

v  Mampu Mengidentifikasi pilihan- pilihan berdasarkan kebutuhan dirinya dan orang lain ketika membuat keputusan

v  Mampu Mengidentifikasi peran, hak dan kewajiban warga dalam masyarakat demokratis

 

Bergotong royong

v  Mampu Memahami informasi sederhana dari orang lain dan menyampaikan informasi sederhana kepada orang lain menggunakan kata- katanya sendiri

v  Mampu Melaksanakan aktivitas kelompok sesuai dengan kesepakatan bersama dengan bimbingan, dan saling mengingatkan adanya kesepakatan tersebut

v  Mampu Mengenali kebutuhan- kebutuhan diri sendiri yang memerlukan orang lain dalam pemenuhannya

v  Mampu Menerima dan melaksanakan tugas serta peran yang diberikan kelompok dalam sebuah kegiatan bersama

v  Mampu Mengenali berbagai reaksi orang lain di lingkungan sekitar dan penyebabnya

v  Peka dan mengapresiasi orang- orang di lingkungan sekitar, kemudian melakukan tindakan sederhana untuk mengungkapkannya

v  MampuMemberi dan menerima hal yang dianggap berharga dan penting kepada/dari orang-orang di lingkungan sekitar

 

Mandiri

v  Mampu Melakukan refleksi untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta prestasi dirinya

v  Mampu Mengidentifikasi dan menggambarkan kemampuan, prestasi, dan ketertarikannya secara subjektif

v  Mampu Mengidentifikasi perbedaan emosi yang dirasakannya dan situasi- situasi yang menyebabkan- nya; serta mengekspresi- kan secara wajar

v  Berani mencoba dan adaptif menghadapi situasi baru serta bertahan mengerjakan tugas-tugas yang disepakati hingga tuntas

v  Melaksanakan kegiatan belajar di kelas dan menyelesaikan tugas-tugas dalam waktu yang telah disepakati

v  Berinisiatif untuk mengerjakan tugas-tugas rutin secara mandiri dibawah pengawasan dan dukungan orang dewasa

v  Mampu Menetapkan target belajar dan merencanakan waktu dan tindakan belajar yang akan dilakukannya

 

Bernalar kritis

v  Mampu Mengidentifikasi dan mengolah informasi dan gagasan

v  Mampu Mengajukan pertanyaan untuk menjawab keingintahuannya dan untuk mengidentifikasi suatu permasalahan mengenai dirinya dan lingkungan sekitarnya

v  Mampu Melakukan penalaran konkrit dan memberikan alasan dalam menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan

v  Mampu Menyampaikan apa yang sedang dipikirkan secara terperinci

 

Kreatif

v  Mampu Menggabungkan beberapa gagasan menjadi ide atau gagasan imajinatif yang bermakna untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya

v  Mampu Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan

v  Mampu Mengidentifikasi gagasan-gagasan kreatif untuk menghadapi situasi dan permasalahan

 

Fase B

Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

v  Mengenali unsur- unsur utama agama/kepercayaan (simbol-simbol keagamaan dan sejarah agama/ kepercayaan)

v  Memahami sifat-sifat Tuhan utama lainnya dan mengaitkan sifat-sifat tersebut dengan konsep dirinya dan ciptaan- Nya

v  Terbiasa melaksanakan ibadah wajib sesuai tuntunan agama/kepercayaan nya

v  Membiasakan melakukan refleksi tentang pentingnya bersikap jujur dan berani menyampaikan kebenaran atau fakta

v  Mulai membiasakan diri untuk disiplin, rapi, membersihkan dan merawat tubuh, menjaga tingkah laku dan perkataan dalam semua aktivitas kesehariannya

v  Terbiasa mengidentifikasi hal- hal yang sama dan berbeda yang dimiliki diri dan temannya dalam berbagai hal serta memberikan respon secara positif

v  Terbiasa memberikan apresiasi di lingkungan sekolah dan masyarakat

v  Memahami keterhubungan antara satu ciptaan dengan ciptaan Tuhan yang lainnya

v  Terbiasa memahami tindakan-tindakan yang ramah dan tidak ramah lingkungan serta membiasakan diri untuk berperilaku ramah lingkungan

v  Mengidentifikasi hak dan tanggung jawab orang-orang di sekitarnya serta kaitannya dengan keimanan kepada Tuhan YME

 

Berkebhinekaan global

v  Mampu Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ide-ide tentang dirinya dan berbagai macam kelompok di lingkungan sekitarnya

v  Mampu Mengidentifikasi cara orang lain berperilaku dan berkomunikasi dengannya

v  Memahami bahwa kemajemukan dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang baru

v  Mampu Mengidentifikasi dan membandingkan praktik keseharian diri dan budayanya dengan orang lain di tempat dan waktu/era yang berbeda

v  Mampu Mengekspresikan pandangannya terhadap topik yang umum dan dapat mengidentifikasi sudut pandang orang lain

v  Mampu Mendengarkan dan membayangkan sudut pandang orang lain yang berbeda dari dirinya pada situasi di ranah sekolah, keluarga, dan lingkungan sekitar

v  Mampu Mendeskripsikan penggunaan kata, tulisan dan bahasa tubuh yang memiliki makna yang berbeda di lingkungan sekitarnya dan dalam suatu budaya tertentu

v  Mampu Menyebutkan apa yang telah dipelajari tentang orang lain dari interaksinya dengan kemajemukan budaya di lingkungan sekitar

v  Mampu Mengenali bahwa perbedaan budaya mempengaruhi pemahaman antarindividu

v  Mampu Mengkonfirmasi dan mengklarifikasi stereotip dan prasangka yang dimilikinya tentang orang atau kelompokdi sekitarnya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik

v  Memahami konsep hak dan kewajiban, serta implikasinya terhadap perilakunya

v  Mengidentifikasi cara berkontribusi terhadap lingkungan sekolah, rumah dan lingkungan sekitarnya yang inklusif, adil dan berkelanjutan

v  Berpartisipasi menentukan beberapa pilihan untuk keperluan bersama berdasarkan kriteria sederhana

 

Bergotong royong

v  Menyadari bahwa dirinya memiliki peran yang berbeda dengan orang lain/temannya, serta mengetahui konsekuensi perannya terhadap ketercapaian tujuan

v  Memahami informasi yang disampaikan (ungkapan pikiran, perasaan, dan keprihatinan) orang lain dan menyampaikan informasi secara akurat menggunakan berbagai simbol dan media

v  Menampilkan tindakan yang sesuai dengan harapan dan tujuan kelompok

v  Menyadari bahwa setiap orang membutuhkan orang lain dalam memenuhi kebutuhannya dan perlunya saling membantu

v  Memahami berbagai alasan orang lain menampilkan respon tertentu

v  Peka dan mengapresiasi orang-orang di lingkungan sekitar, kemudian melakukan tindakan untuk menjaga keselarasan dalam berelasi dengan orang lain

v  Memberi dan menerima hal yang dianggap penting dan berharga kepada/dari orang-orang di lingkungan sekitar baik yang dikenal maupun tidak dikenal

 

 

Mandiri

v  Mampu Mengidentifikasi kemampuan, prestasi, dan ketertarikannya serta tantangan yang dihadapi berdasarkan kejadian-kejadian yang dialaminya dalam kehidupan sehari-hari

v  Melakukan refleksi untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, dan prestasi dirinya, serta situasi yang dapat mendukung dan menghambat pembelajaran dan pengembangan dirinya

v  Mampu Menjelaskan pentingnya memiliki tujuan dan berkomitmen dalam mencapainya serta mengeksplorasi langkah-langkah yang sesuai untuk mencapainya

v  Mengetahui adanya pengaruh orang lain, situasi, dan peristiwa yang terjadi terhadap emosi yang dirasakannya

v  Berupaya untuk mengekspresikan emosi secara tepat dengan mempertimbangkan perasaan dan kebutuhan orang lain disekitarnya

v  Mempertimbangkan, memilih dan mengadopsi berbagai strategi dan mengidentifikasi sumber bantuan yang diperlukan serta berinisiatif menjalankannya untuk mendapatkan hasil belajar yang diinginkan

v  Mampu Menjelaskan pentingnya mengatur diri secara mandiri dan mulai menjalankan kegiatan dan tugas yang telah sepakati secara mandiri

v  Tetap bertahan mengerjakan tugas ketika dihadapkan dengan tantangan dan berusaha menyesuaikan strateginya ketika upaya sebelumnya tidak berhasil

 

Bernalar Kritis

v  Mengajukan pertanyaan untuk mengidentifikasi suatu permasalahan dan mengkonfirmasi pemahaman terhadap suatu permasalahan mengenai dirinya dan lingkungan sekitarnya

v  Mengumpulkan, mengklasifikasikan, membandingkan dan memilih informasi dan gagasan dari berbagai sumber

v  Menjelaskan alasan yang relevan dalam penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan

v  Menyampaikan apa yang sedang dipikirkan dan menjelaskan alasan dari hal yang dipikirkan

 

Kreatif

v  Mampu Memunculkan gagasan imajinatif baru yang bermakna dari beberapa gagasan yang berbeda sebagai ekspresi pikiran dan/atau perasaannya

v  Mampu Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya sesuai dengan minat dan kesukaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan

v  Mampu Membandingkan gagasan-gagasan kreatif untuk menghadapi situasi dan permasalahan

 

Fase C

Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

v  Memahami berbagai kualitas atau sifat-sifat Tuhan yang diutarakan dalam kitab suci agama masing-masing dan menghubungkan kualitas- kualitas positif Tuhan dengan sikap pribadinya, serta meyakini firman Tuhan sebagai kebenaran

v  Memahami unsur-unsur utama agama/kepercayaan, dan mengenali peran agama/kepercayaan dalam kehidupan serta memahami ajaran moral agama

v  Melaksanakan ibadah secara rutin sesuai dengan tuntunan agama/kepercayaan, berdoa mandiri, merayakan, dan memahami makna hari- hari besarnya

v  Berani dan konsisten menyampaikan kebenaran atau fakta serta memahami konsekuensi- konsekuensinya untuk diri sendiri

v  Memperhatikan kesehatan jasmani, mental, dan rohani dengan melakukan aktivitas fisik, sosial, dan ibadah

v  Mengidentifikasi kesamaan dengan orang lain sebagai perekat hubungan sosial dan mewujudkannya dalam aktivitas kelompok. Mulai mengenal berbagai kemungkinan interpretasi dan cara pandang yang berbeda ketika dihadapkan dengan dilemma

v  Mulai memandang sesuatu dari perspektif orang lain serta mengidentifikasi kebaikan dan kelebihan orang sekitarnya

v  Memahami konsep harmoni dan mengidentifikasi adanya saling ketergantungan antara berbagai ciptaan Tuhan

v  Mewujudkan rasa syukur dengan terbiasa berperilaku ramah lingkungan dan memahami akibat perbuatan tidak ramah lingkungan dalam lingkup kecil maupun besar

v  Mengidentifikasi dan memahami peran, hak, dan kewajiban dasar sebagai warga negara serta kaitannya dengan keimanan kepada Tuhan YME dan secara sadar mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari

 

Berkebhinekaan global

v  Mengidentifikasi dan mendeskripsikan keragaman budaya di sekitarnya; serta menjelaskan peran budaya dan Bahasa dalam membentuk identitas dirinya

v  Mendeskripsikan dan membandingkan pengetahuan, kepercayaan, dan praktik dari berbagai kelompok budaya

v  Mengidentifikasi peluang dan tantangan yang muncul dari keragaman budaya di Indonesia

v  Memahami persamaan dan perbedaan cara komunikasi baik di dalam maupun antar kelompok budaya

v  Membandingkan beragam perspektif untuk memahami permasalahan sehari- hari. Membayangkan dan mendeskripsikan situasi komunitas yang berbeda dengan dirinya ke dalam situasi dirinya dalam konteks lokal dan regional

v  Menjelaskan apa yang telah dipelajari dari interaksi dan pengalaman dirinya dalam lingkungan yang beragam

v  Mengkonfirmasi dan mengklarifikasi stereotip dan prasangka yang dimilikinya tentang orang atau kelompok di sekitarnya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik serta mengidentifikasi pengaruhnya terhadap individu dan kelompok di lingkungan sekitarnya

v  Mencari titik temu nilai budaya yang beragam untuk menyelesaikan permasalahan bersama

v  Membandingkan beberapa tindakan dan praktik perbaikan lingkungan sekolah yang inklusif, adil, dan berkelanjutan, dengan mempertimbangkan dampaknya secara jangka panjang terhadap manusia, alam, dan masyarakat

v  Berpartisipasi dalam menentukan kriteria yang disepakati bersama untuk menentukan pilihan dan keputusan untuk kepentingan bersama

v  Memahami konsep hak dan kewajiban, serta implikasinya terhadap perilakunya. Menggunakan konsep ini untuk menjelaskan perilaku diri dan orang sekitarnya

 

Bergotong royong

v  Menunjukkan ekspektasi (harapan) positif kepada orang lain dalam rangka mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar (sekolah dan rumah)

v  Memahami informasi dari berbagai sumber dan menyampaikan pesan menggunakan berbagai simbol dan media secara efektif kepada orang lain untuk mencapai tujuan bersama

v  Menyadari bahwa meskipun setiap orang memiliki otonominya masing-masing, setiap orang membutuhkan orang lain dalam memenuhi kebutuhannya

v  Menyelaraskan tindakannya sesuai dengan perannya dan mempertimbangkan peran orang lain untuk mencapai tujuan bersama

v  Tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan menjaga keselarasan dalam berelasi dengan orang lain

v  Menerapkan pengetahuan mengenai berbagai reaksi orang lain dan penyebabnya dalam konteks keluarga, sekolah, serta pertemanan dengan sebaya

v  Memberi dan menerima hal yang dianggap penting dan berharga kepada/dari orang-orang di lingkungan luas/masyarakat baik yang dikenal maupun tidak dikenal.

 

Mandiri

v  Menggambarkan pengaruh kualitas dirinya terhadap pelaksanaan dan hasil belajar; serta mengidentifikasi kemampuan yang ingin dikembangkan dengan mempertimbangkan tantangan yang dihadapinya dan umpan balik dari orang dewasa

v  Melakukan refleksi untuk mengidentifikasi faktor-faktor di dalam maupun di luar dirinya yang dapat mendukung/mengham batnya dalam belajar dan mengembangkan diri; serta mengidentifikasi cara- cara untuk mengatasi kekurangannya

v  Menyusun, menyesuaikan, dan mengujicobakan berbagai strategi dan cara kerjanya untuk membantu dirinya dalam penyelesaian tugas yang menantang

v  Memahami perbedaan emosi yang dirasakan dan dampaknya terhadap proses belajar dan interaksinya dengan orang lain; serta mencoba cara-cara yang sesuai untuk mengelola emosi agar dapat menunjang aktivitas belajar dan interaksinya dengan orang lain.

v  Menilai faktor-faktor (kekuatan dan kelemahan) yang ada pada dirinya dalam upaya mencapai tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan dirinya serta mencoba berbagai strategi untuk mencapainya.

v  Memahami arti penting bekerja secara mandiri serta inisiatif untuk melakukannya dalam menunjang pembelajaran dan pengembangan dirinya

v  Mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan dalam mengelola diri dalam pelaksanaan aktivitas belajar dan pengembangan dirinya

 

Bernalar kritis

v  Mengumpulkan, mengklasifikasikan, membandingkan, dan memilih informasi dari berbagai sumber, serta memperjelas informasi dengan bimbingan orang dewasa

v  Mengajukan pertanyaan untuk membandingkan berbagai informasi dan untuk menambah pengetahuannya

v  Menjelaskan alasan yang relevan dan akurat dalam penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan

v  Memberikan alasan dari hal yang dipikirkan, serta menyadari kemungkinan adanya bias pada pemikirannya sendiri

 

 

Kreatif

v  Mengembangkan gagasan yang ia miliki untuk membuat kombinasi hal yang baru dan imajinatif untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya.

v  Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya sesuai dengan minat dan kesukaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta mengapresiasi dan mengkritik karya dan tindakan yang dihasilkan

v  Berupaya mencari solusi alternatif saat pendekatan yang diambil tidak berhasil berdasarkan identifikasi terhadap situasi


Demikianlah informasi mengenai contoh deskripsi sikap profil pelajar pancasila untuk sekolah jenjang SD yaitu pada fase A, B, C yang dapat admin bagikan di kesempatan kali ini. Semopga bisa bermanfaat dan dapat menjadi sebuah referensi bagi guru dan wali kelas yang akan melakukan penginputan capaian sikap profil pelajar pancasila di aplikasi erapor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel