Deskripsi Sikap Profil Pelajar Pancasila Sekolah SMP (Fase D)

Kherysuryawan.id – Contoh deskripsi capaian sikap pada profil pelajar pancasila untuk sekolah jenjang SMP yakni pada Fase D.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat datang di website pendidikan yang selalu memberikan informasi terupdate. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan penjelasan seputar profil pelajara pancasila yang menjadi dasar bagi guru dalam melakukan penilaian sikap pada ke 6 dimensi yang ada pada profil pelajar pancasila.

 


Ada enam elemen dalam Profil Pelajar Pancasila, yaitu:

1.       Berakhlak Mulia,

2.       Berkebinekaan Global,

3.       Mandiri,

4.       Bergotong Royong,

5.       Bernalar Kritis, Dan

6.       Kreatif.

 

Nah sebagai seorang guru maka dalam melakukan penilaian sikap harus dapat melakukan pemantauan kepada setiap peserta didik dalam penerapan aspek profil pelajar pancasila. Nantinya penilaian sikap dapat di tuangkan sesuai dengan capaian sikap profil pelajar pancasila yang sudah di capaii oleh peserta didik.

 

Adapun penilaian sikap yang memuat aspek profil pelajar pancasila yaitu nantinya akan di inputkan kedalam aplikasi erapor. Di dalam aplikasi erapor telah disiapkan menu input capaian sikap peserta didik yang terdiri atas 6 dimensi. Adapun pengiasiannya yaitu dapat di lakukan oleh wali kelas dan diinput deskripsinya mulai dari semester 1 hingga semester 2.

Adapun mekanisme penginputan deskripsi sikap profil pelajar pancasila telah diatur dan dimuat dalam Panduan pembelajaran dan Asesmen (PPA). 

 

Berbicara mengenai deskripsi sikap profil pelajar pancasila, maka kita juga harus memahami tentang fase-fase di setiap tingkatan. Khusus untuk Fase A,B,C yaitu pada peserta didik jenjang SD, Fase D yaitu untuk peserta didik jenjang SMP dan Fase E yaitu untuk peserta didik jenjang SMA/SMK.

 

Nah, melalui kesempatan kali ini admin akan memberikan contoh deskripsi capaian sikap profil pelajar pancasila khususnya untuk jenjang SMP yaitu yang masuk pada Fase D. Bagi anda yang saat ini mengajar di jenjang SMP dan ingin melihat contoh deskripsi capian sikap profil pelajar pancasila untuk jenjang sekolah SMP maka silahkan di lihat sajian di bawah ini :


CONTOH DESKRIPSI CAPAIAN SIKAP PROFIL PELAJAR PANCASILA JENJANG SMP (FASE D)


Fase D

Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

v  Memahami kehadiran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan pemahamannya tentang kualitas atau sifat-sifat Tuhan dengan konsep peran manusia di bumi sebagai makhluk Tuhan yang bertanggung jawab.

v  Memahami makna dan fungsi, unsur-unsur utama agama /kepercayaan dalam konteks Indonesia, membaca kitab suci, serta memahami ajaran agama/ kepercayaan terkait hubungan sesama manusia dan alam semesta

v  Melaksanakan ibadah secara rutin dan mandiri sesuai dengan tuntunan agama/kepercayaan, serta berpartisipasi pada perayaan hari-hari besarnya

v  Berani dan konsisten menyampaikan kebenaran atau fakta serta memahami konsekuensi- konsekuensinya untuk diri sendiri dan orang lain

v  Mengidentifikasi pentingnya menjaga keseimbangan kesehatan jasmani, mental, dan rohani serta berupaya menyeimbangkan aktivitas fisik, sosial dan ibadah.

v  Memahami perasaan dan sudut pandang orang dan/atau kelompok lain yang tidak pernah dikenalnya.

v  Mengenal perspektif dan emosi/perasaan dari sudut pandang orang atau kelompok lain yang tidak pernah dijumpai atau dikenalnya. Mengutamakan persamaan dan menghargai perbedaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan

v  Memahami konsep sebab- akibat di antara berbagai ciptaan Tuhan dan mengidentifikasi berbagai sebab yang mempunyai dampak baik atau buruk, langsung maupun tidak langsung, terhadap alam semesta.

v  Mewujudkan rasa syukur dengan berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam sekitarnya dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan solusi tersebut.

v  Menganalisa peran, hak, dan kewajiban sebagai warga negara, memahami perlunya mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi sebagai wujud dari keimanannya kepada Tuhan YME.

 

Berkebhinekaan global

v  Menjelaskan perubahan budaya seiring waktu dan sesuai konteks, baik dalam skala lokal, regional, dan nasional. Menjelaskan identitas diri yang terbentuk dari budaya bangsa.

v  Memahami dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan, dan praktik keseharian dalam konteks personal dan sosial.

v  Memahami pentingnya melestarikan dan merayakan tradisi budaya untuk mengembangkan identitas pribadi, sosial, dan bangsa Indonesia serta mulai berupaya melestarikan budaya dalam kehidupan sehari- hari.

v  Mengeksplorasi pengaruh budaya terhadap penggunaan bahasa serta dapat mengenali risiko dalam berkomunikasi antar budaya.

v  Menjelaskan asumsi- asumsi yang mendasari perspektif tertentu. Membayangkan dan mendeskripsikan perasaan serta motivasi komunitas yang berbeda dengan dirinya yang berada dalam situasi yang sulit.

v  Merefleksikan secara kritis gambaran berbagai kelompok budaya yang ditemui dan cara meresponnya.

v  Mengkonfirmasi, mengklarifikasi dan menunjukkan sikapmenolak stereotip serta prasangka tentang gambaran identitas kelompok dan suku bangsa.

v  Mengidentifikasi dan menyampaikan isu-isu tentang penghargaan terhadap keragaman dan kesetaraan budaya.

v  Mengidentifikasi masalah yang ada di sekitarnya sebagai akibat dari pilihan yang dilakukan oleh manusia, serta dampak masalah tersebut terhadap sistem ekonomi, sosial dan lingkungan, serta mencari solusi yang memperhatikan prinsip- prinsip keadilan terhadap manusia, alam dan masyarakat

v  Berpartisipasi dalam menentukan kriteria dan metode yang disepakati bersama untuk menentukan pilihan dan keputusan untuk kepentingan bersama melalui proses bertukar pikiran secara cermat dan terbuka dengan panduan pendidik

v  Memahami konsep hak dan kewajiban serta implikasinya terhadap ekspresi dan perilakunya. Mulai aktif mengambil sikap dan langkah untuk melindungi hak orang/kelompok lain.

 

Bergotong royong

v  Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama.

v  Memahami informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan keprihatinan yang diungkapkan oleh orang lain menggunakan berbagai simbol dan media secara efektif, serta memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas hubungan interpersonal guna mencapai tujuan bersama.

v  Mendemonstrasikan kegiatan kelompok yang menunjukkan bahwa anggota kelompok dengan kelebihan dan kekurangannya masing- masing perlu dan dapat saling membantu memenuhi kebutuhan.

v  Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok serta menjaga tindakan agar selaras untuk mencapai tujuan bersama.

v  Tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan berkontribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

v  Menggunakan pengetahuan tentang sebab dan alasan orang lain menampilkan reaksi tertentu untuk menentukan tindakan yang tepat agar orang lain menampilkan respon yang diharapkan

v  Mengupayakan memberi hal yang dianggap penting dan berharga kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan di sekitar tempat tinggal

 

Mandiri

v  Membuat penilaian yang realistis terhadap kemampuan dan minat , serta prioritas pengembangan diri berdasarkan pengalaman belajar dan aktivitas lain yang dilakukannya.

v  Memonitor kemajuan belajar yang dicapai serta memprediksi tantangan pribadi dan akademik yang akan muncul berlandaskan pada pengalamannya untuk mempertimbangkan strategi belajar yang sesuai.

v  Berkomitmen dan menjaga konsistensi pencapaian tujuan yang telah direncanakannya untuk mencapai tujuan belajar dan pengembangan diri yang diharapkannya

v  Memahami dan memprediksi konsekuensi dari emosi dan pengekspresiannya dan menyusun langkah- langkah untuk mengelola emosinya dalam pelaksanaan belajar dan berinteraksi dengan orang lain.

v  Merancang strategi yang sesuai untuk menunjang pencapaian tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan dirinya, serta situasi yang dihadapi.

v  Mengkritisi efektivitas dirinya dalam bekerja secara mandiri dengan mengidentifikasi hal-hal yang menunjang maupun menghambat dalam mencapai tujuan.

v  Membuat rencana baru dengan mengadaptasi, dan memodifikasi strategi yang sudah dibuat ketika upaya sebelumnya tidak berhasil, serta menjalankan kembali tugasnya dengan keyakinan baru.

 

Bernalar kritis

v  Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut.

v  Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu

v  Membuktikan penalaran dengan berbagai argumen dalam mengambil suatu simpulan atau keputusan.

v  Menjelaskan asumsi yang digunakan, menyadari kecenderungan dan konsekuensi bias pada pemikirannya, serta berusaha mempertimbangkan perspektif yang berbeda.

 

Kreatif

v  Menghubungkan gagasan yang ia miliki dengan informasi atau gagasan baru untuk menghasilkan kombinasi gagasan baru dan imajinatif untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya

v  Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan, serta mengevaluasinya dan mempertimbang kan dampaknya bagi orang lain

v  Menghasilkan solusi alternatif dengan mengadaptasi berbagai gagasan dan umpan balik untuk menghadapi situasi dan permasalahan

 

Demikianlah informasi mengenai contoh deskripsi sikap profil pelajar pancasila untuk sekolah jenjang SMP yaitu pada fase D yang dapat admin bagikan di kesempatan kali ini. Semopga bisa bermanfaat dan dapat menjadi sebuah referensi bagi guru dan wali kelas yang akan melakukan penginputan capaian sikap profil pelajar pancasila di aplikasi erapor. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel