Penilaian Portofolio Pada Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Penjelasan tentang Asesmen Portofolio pada pembelajaran kurikulum merdeka lengkap beserta dengan contoh penilaiannya.

APA ITU PENILAIAN PORTOFOLIO ?

Sahabat pendidikan, dalam proses pembelajaran di sekolah kita mengenal adanya penilaian atau asesmen. Penilaian dilakukan oleh guru kepada peserta didik untuk mengetahui tingkat pencapaian peserta didik pada pembelajaran yang telah di lakukan di sekolah.

 

Ada beberapa jenis bentuk penilaian yang dapat dilakukan oleh guru dalam menilai pembelajaran siswa.

Berikut ini bentuk-bentuk penilaian yang dimaksud :

1.       Portofolio

2.       Penugasan

3.       Praktik

4.       Proyek

5.       Produk

6.       Tes tertulis

7.       Tes lisan

 

Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan penjelasan tentang apa itu penilaian portofolio. Mungkin diantara bapak/ibu guru masih banyak yang belum memahami tentang apa itu penilaian portofolio dan apa fungsi dari portofolio tersebut. Nah, melalui postingan ini admin akan menjabarkannya secara lengkap dan kiranya bisa menambah wawasan anda dalam memahami tentang penilaian portofolio.

 

PORTOFOLIO

 Berikut ini penjelasan tentang apa itu portofolio ???

-          Asesmen portofolio diartikan sebagai upaya menghimpun kumpulan karya atau dokumen peserta didik yang tersusun secara sistematis dan terorganisir yang diambil selama proses pembelajaran, digunakan oleh guru dan peserta didik dalam mata pelajaran tertentu (Surapranata S dan Hatta M, 2004).

-          Penilaian portofolio merupakan salah satu metode penilaian berkesinambungan, dengan mengumpulkan informasi atau data secara sistematik atas hasil pekerjaan seseorang (Pomham, 1984)

-          Aspek yang diukur dalam penilaian portofolio adalah tiga domain perkembangan psikologi anak yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.

 

FUNGSI DAN TUJUAN PORTOFOLIO

Fungsi:

Sebagai sumber acuan dan untuk melihat pencapaian-pencapaian yang telah diraih oleh orang bersangkutan

Tujuan:

-          Mengetahui PERKEMBANGAN yang dialami siswa;

-          Mendokumentasikan proses pembelajaran yang berlangsung;

-          Memberi PERHATIAN PADA PRESTASI KERJA SISWA YANG TERBAIK;

-          Meningkatkan EFEKTIFITAS proses pembelajaran; Bertukar informasi dengan orang tua/wali siswa dan guru lain;

-          Meningkatkan kemampuan MELAKUKAN REFLEKSI DIRI;

-          Membandingkan pekerjaan sekarang dengan pekerjaan yang lalu ;

-          MEMBERIKAN KESEMPATAN siswa bekerja sesuai dengan PERBEDAAN INDIVIDU

 

JENIS-JENIS PORTOFOLIO

Ada 3 jenis portofolio yaitu sebagai berikut :

1.       Portofolio Kerja

2.       Portofolio Dokumentasi

3.       Portofolio Pilihan

 

1. PORTOFOLIO KERJA (working portfolio)

-          Portofolio kerja (working portfolio) merupakan semua koleksi hasil kerja pada suatu mata pelajaran atau kompetensi pada periode waktu tertentu.

-          Portofolio kerja mempunyai fungsi formatif dan diagnostik

-          Untuk siswa portofolio kerja sebagai bahan refleksi siswa;

-          untuk guru sebagai masukan guru untuk membantu siswa mengidentifikasi kelemahan, kelebihan, dan merancang strategi untuk membantu siswa mencapai kompetensi yang diharapkan.

 

2. PORTOFOLIO DOKUMENTASI

-          Portofolio dokumentasi (documentary portfolio) adalah koleksi hasil kerja siswa pada suatu mata pelajaran pada satu periode waktu tertentu, yang  khusus digunakan untuk penilaian.

-          Karakteristik:

o   Portofolio dokumentasi tidak hanya berisi produk hasil kerja siswa, tetapi juga memuat informasi mengenai proses dalam menghasilkan produk tersebut

o   Portofolio dokumentasi hanya berisi hasil kerja pilihan terbaik yang  diajukan untuk dinilai

o   Portofolio dokumentasi dapat berfungsi sebagai penilaian sumatif sekaligus formatif. Berfungsi sebagai sumatif dalam arti menunjukkan hasil atau capaian siswa pada suatu mata pelajaran atau kompetensi tertentu.

o   Berfungsi sebagai formatif dalam arti hasil penilaian portofolio dokumentasi yang memberi informasi mengenai capaian siswa digunakan oleh guru untuk membantu siswa mencapai kompetensi yang diharapkan.

 

3. PORTOFOLIO PILIHAN

-          Portofolio pilihan (showcase fortfolio) digunakan untuk menunjukkan hasil terbaik yang dihasilkan oleh siswa pada suatu mata pelajaran atau kompetensi tertentu.

-          Portofolio pilihan hanya berisi produk yang telah selesai. Portofolio pilihan tidak memuat bukti proses pekerjaan, perbaikan, dan penyempurnaan produk.

 

MERANCANG PENILAIAN PORTOFOLIO

-          Bentuk portofolio termasuk isi dan siapa yang menentukan isi portofolio ditentukan oleh tujuan portofolio.

-          Guru harus menentukan apa tujuan dari portofolio yang disusun:  apakah untuk memantau proses (formatif) atau menilai capaian hasil belajar (sumatif) ataukah gabungan keduanya?

1.       Apabila tujuan portofolio untuk memantau proses dan terutama untuk mendorong siswa melakukan refleksi, maka portofolio kerja merupakan portofolio yang sesuai.

2.       Apabila portofolio untuk memantau perkembangan sekaligus menilai capaian hasil belajar siswa, maka portofolio dokumentasi merupakan pilihan yang sesuai.

3.       Apabila tujuan hanya untuk menilai hasil akhir terbaik siswa maka portofolio pilihan merupakan portofolio yang sesuai.

 

ALUR PENILAIAN PORTOFOLIO

Berikut ini alur penilaian portofolio disajikan dalam gambar di bawah ini:

 

LANGKAH-LANGKAH PENILAIAN PORTOFOLIO

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan penilaian portofolio

1.       Jelaskan kepada siswa maksud penugasan portofolio.

2.       Jelaskan sampel-sampel portofolio yang dapat digunakan.

3.       siswa diharuskan mengumpulkan dan mengarsipkan portofolio.

4.       Cantumkan tanggal pembuatan pada setiap evidence (bukti-bukti hasil belajar)

5.       Tentukan kriteria penilaian sampel-sampel portofolio.

6.       Lakukan perbaikan terhadap portofolio yang belum sesuai dengan kriteria.

 

TAHAPAN PENILAIAN PORTOFOLIO

1.       Analisis KD _ PELUANG penilaian Portofolio proses, hasil, atau gabungan

2.       Menentukan tujuan dan jenis portofolio kerja, dokumentasi, dan hasil

3.       KESEPAKATAN GURU-SISWA tentang jumlah-jenis dokumen, waktu, media, penilaian

4.       Guru menerima dokumen portofolio dari siswa BERTAHAP/keseluruhan

5.       Guru memberikan peluang pada siswa MEMPRESENTASIKAN portopolionya,

6.       Guru menilai/APRESIASI dan memberi balikan atas portofolio siswa

7.       Tindak lanjut PERBAIKAN dan PELUANG PENGAYAAN dalam kurun waktu

 

Perlu di pahami bahwa tahapan untuk melakukan penilaian portofolio dapat disesuaikan dengan jenis portofolio yang akan di gunakan masing-masing guru.

 

CONTOH PENILAIAN PORTOFOLIO

Berikut ini contoh model penilaian bentuk portofolio yang disajikan di bawah ini :


CONTOH RUBRIK PENILAIAN PORTOFOLIO

Berikut ini contoh model Rubrik penilaian portofolio yang disajikan di bawah ini :



Nah, demikianlah penjelasan tentang penilaian portofolio pada kurikulum merdeka yang bisa bapak/ibu guru terapkan. Semoga penjelasan tersebut dapat membantu menambah wawasan bapak/ibu guru yang sedang membutuhkan informasi tentang penilaian atau asesmen portofolio.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel