Contoh Jadwal Pelajaran SMP Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Cara menyusun jadwal pelajaran jenjang SMP kurikulum merdeka dan contoh pembuatan jadwal pelajaran jenjang SMP Kelas 7, kelas 8, kelas 9 kurikulum merdeka.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, bagaimana kabar anda saat ini ? semoga anda yang mengunjungi website pendidikan ini senantiasa selalu dalam keadaan sehat dan bisa mengambil manfaat dari apa yang akan di sajikan pada artikel ini.

 


Oh ya sebagai informasi awal bahwa artikel ini akan membahas tentang tahapan atau langkah-langkah cara menyusun jadwal pelajaran khususnya untuk jenjang SMP pada kurikulum merdeka yang merupakan kurikulum baru di tahun ini. Jika pada postingan sebelumnya admin telah membagikan contoh pembuatan jadwal pelajaran kurikulum merdeka untuk jenjang SD maka kali ini admin akan membagikan contoh pembuatan jadwal pelajaran kurikulum merdeka untuk jenjang SMP.

 

Kita ketahui Bersama bahwa saat ini telah banyak sekolah yang sudah mulai menggunakan dan menerapkan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum merdeka. Adapun sekolah yang sudah mulai menggunakan kurikulum merdeka yakni mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan juga SMK. Khusus untuk sekolah penggerak maka tentunya juga sudah menggunakan dan menerapkan kurikulum merdeka.

 

Hingga saat ini masih banyak sekolah yang telah memilih untuk menerapkan kurikulum merdeka namun belum memahami tentang bagaimana struktur yang ada pada kurikulum merdeka tersebut sehigga banyak sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka belum memahami dan belum mengetahui tentang bagaimana cara untuk menyusun dan membuat jadwal pelajaran pada kurikulum merdeka.

 

Pada kurikulum merdeka ada salah satu pembelajaran yang terasa baru jika dibandingkan dengan pembelajaran pada kurikulum 2013 yaitu pembelajaran projek. Pembelajaran proyek yang dimaksud disini ialah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang selanjutnya disingkat dengan P5. 

 

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran yang memberikan pengalaman langsung sesuai dengan karakteristik lingkungan sekitar agar anak memiliki kompetensi global dan berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

P5 merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.

 

Dengan adanya pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) maka banyak guru khususnya yang membidangi bagian kurikulum di sekolah merasa bingung dalam menyusun dan membuat jadwal pelajaran untuk pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum merdeka.

 

Pada kesempatan kali ini melalui postingan ini admin akan memberikan sedikit penjelasan tentang bagaimana cara menyusun jadwal pelajaran pada kurikulum mereka dengan memasukkan pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) didalam jadwal pelajaran.

 

Cara Menyusun Jadwal Proyek pada Kurikulum Merdeka untuk Jenjang SMP

Untuk penyusunan jadwal proyek maka terdapat tiga pilihan pembagian waktu untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila yaitu sebagai berikut :

 

1. Per Jam

Jika akan menggunakan system per jam maka guru dapat Mengalokasikan 1—2 jam pelajaran di akhir hari yang memang waktunya dikhususkan untuk mengerjakan projek selain itu juga Bisa digunakan untuk eksplorasi di sekitar satuan pendidikan sebelum peserta didik pulang.

 

2. Per Hari

Jika akan menggunakan sisyem per hari maka guru dapat Menentukan satu hari dalam seminggu untuk pelaksanaan projek (misalnya hari Jumat). Jika guru yang membuat jadwal telah memilih hari jumat maka Seluruh jam belajar pada hari itu digunakan khusus untuk projek saja.

 

3. Per Periode

Jika guru ingin menggunakan system per periode, maka dapat dilakukan dengan Mengumpulkan dan memadatkan pelaksanaan tema dalam satu periode waktu misalnya 2 minggu atau 1 bulan, di mana semua pendidik saling berkolaborasi dalam melaksanakan pembelajaran projek tersebut.

 

Nah, setelah anda memahami tentang cara menyusun jadwal pembelajaran khususnya untuk pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5), maka berikut ini juga harus anda pahami tentang bagaimana cara untuk bisa menyusun jadwal pelajaran lainnya pada kurikulum merdeka.

 

Langkah – langkah dalam Menyusun Jadwal Pelajaran Kurikulum Merdeka Jenjang SMP

Berikut ini beberapa langkah mudah dalam menyusun jadwal pelajaran pada kurikulum merdeka:

1.     Langkah pertama, silahkan anda Identifikasi terlebih dahulu jumlah jam pelajaran perminggu di struktur kurikulum merdeka terbaru (Kemendikbud no. 262 tahun 2022)

2.     Langkah kedua, yaitu anda harus Menganalisis jumlah jam projek per minggu dengan cara membagi jumlah jam per tahun dengan 36 minggu = 10 jam/minggu (kelas 7-8).

Khusus Untuk pembelajaran proyek seperti yang telah dijelaskan diatas yaitu ada 3 bentuk pengaturan waktunya. Bisa mengambil waktu sehari dalam seminggu. Bisa disebar dalam beberapa hari. Dan bisa juga dengan memblok waktu 2 – 4 minggu. (Panduan Projek PPP, 2022: 39-41)

3.     Langkah ketiga yaitu setelah anda memahami dan melakukan instruksi pada langkah pertama dan kedua diatas, maka anda dapat Menyebar dan menyusun pelajaran ke dalam tabel roster. Perlu dipahami bahwa agar roster pelajaran yang akan disusun dapat sesuai dengan kebutuhan masing-masing guru mata pelajaran/guru kelas maka Perlu dilakukan duduk bersama dengan guru lain agar tidak terjadi tabrakan jadwal dan apa yang telah di sepakati bisa dilaksanakan dengan baik dan lancar.

 

Apabila anda telah memahami semua penjelasan diatas maka harapan bessarnya yaitu anda bisa dengan mudah menyusun jadwal pelajaran pada kurikulum merdeka di sekolah anda masing-masing. Memang terkadang membuat atau menyusun jadwal pelajaran itu tidaklah mudah apalagi jika sekolah anda memiliki jumlah rombel yang cukup banyak tentunya dibutuhkan ketenangan dalam menyusun jadwal dan yang terpenting ialah memiliki penguasaan tentang aturan dan tata cara menyusun jadwal yang baik dan benar.

 

Nah, untuk memudahkan anda dalam memahami cara menyusun jadwal maka disini admin akan membagikan file contoh jadwal pelajaran kurikulum merdeka untuk jenjang SMP yang sudah lengkap mulai dari struktur kurikulum SMP hingga contoh jadwal pelajaran SMP kurikulum merdeka.

 

Admin sengaja membagikan file contoh jadwal pelajaran yang sudah jadi ini khususnya untuk jenjang SMP dengan tujuan agar bisa menjadi referensi bagi para guru khususnya yang bertugas sebagai bagian kurikulum di sekolahnya atau sebagai pembuat jadwal di sekolah masing-masing.


Sebagai informasi juga bahwa file jadwal pelajaran jenjang SMP yang akan admin bagikan ini filenya disimpan dalam format word sehingga sangat mudah untuk digunakan serta bagi anda yang ingin melakukan pengeditan pun dapat dengan mudah mengeditnya serta menyesuaikannya sesuai kondisi dan keadaan yang ada di sekolah anda masing-masing.

 

Baiklah berikut file contoh jadwal pelajaran kurikulum merdeka untuk jenjang SMP yang bisa anda miliki filenya secara lengkap di bawah ini ;

 

  • Jadwal Pelajaran SMP Kurikulum Merdeka (DISINI)


DAPATKAN JUGA FILENYA :

👉 JADWAL PELAJARAN SD KURIKULUM MERDEKA (DISINI) 

👉 JADWAL PELAJARAN SMA/SMK KURIKULUM MERDEKA (DISINI)


Demikianlah informasi, penjelasan tentang cara untuk menyusun jadwal pelajaran pada kurikulum merdeka dan juga contoh sajian jadwal pelajaran kurikulum merdeka jenjang SMP, semoha apa yang telah admin bagikan diatas bisa bermanfaat bagi para guru atau siapapun yang sedang membutuhkan informasi seputar pembuatan jadwal pelajaran kurikulum merdeka.

Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel