Contoh Jadwal Pelajaran SMA/SMK Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Cara menyusun jadwal pelajaran jenjang SMA/SMK kurikulum merdeka dan contoh pembuatan jadwal pelajaran jenjang SMA/SMK kurikulum merdeka.

Halo sahabat pendidikan, selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini. Kali ini admin akan berbagi informasi seputar kurikulum merdeka khususnya dalam hal proses pembuatan jadwal pelajaran untuk jenjang SMA/SMK.

 


Banyak rekan-rekan guru khususnya mereka yang bekerja sebagai wakasek kurikulum di sekolah merasa bingung dalam membuat dan menyusun jadwal pelajaran selama menggunakan kurikulum merdeka. Hal itu menjadi sangat wajar mengingat kuriulum merdeka masih terbilang sangat baru dan masih banyak yang belum menerapkan kurikulum merdeka di sekolahnya.

 

Nah, dengan dasar kebingungan para guru dalam mengatur jadwal pelajaran kurikulum merdeka khususnya pada jenjang sekolah menengah atas (SMA) maupun sekolah menengah kejuruan (SMK) maka melalui artikel inilah admin akan berusaha untuk bisa berbagi info tentang bagimana cara mudah dalam menyusun jadawal pelajaran untuk jenjang SMA/SMK pada kurikulum merdeka.

 

Setiap wakasek yang menangani bagian kurikulum di sekolahnya maka pastinya memiliki andil untuk membuat jadwal pelajaran di sekolahnya masing-masing. Nah, bagi anda yang di sekolahnya telah sepenuhnya menggunakan dan menerapkan kurikulum merdeka pada sekolah jenjang SMA/SMK maka pastinya harus bisa membuat jadwal pelajaran untuk kelas 10 kurikulum merdeka,membuat jadwal pelajaran untuk kelas 11 kurikulum merdeka, dan membuat jadwal pelajaran untuk kelas 12 kurikulum merdeka.

 

Kita ketahui Bersama bahwa saat ini telah banyak sekolah yang sudah mulai menggunakan dan menerapkan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum merdeka. Adapun sekolah yang sudah mulai menggunakan kurikulum merdeka yakni mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan juga SMK. Khusus untuk sekolah penggerak maka tentunya juga sudah menggunakan dan menerapkan kurikulum merdeka.

 

Hingga saat ini masih banyak sekolah yang telah memilih untuk menerapkan kurikulum merdeka namun belum memahami tentang bagaimana struktur yang ada pada kurikulum merdeka tersebut sehigga banyak sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka belum memahami dan belum mengetahui tentang bagaimana cara untuk menyusun dan membuat jadwal pelajaran pada kurikulum merdeka.

 

Pada kurikulum merdeka ada salah satu pembelajaran yang terasa baru jika dibandingkan dengan pembelajaran pada kurikulum 2013 yaitu pembelajaran projek. Pembelajaran proyek yang dimaksud disini ialah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang selanjutnya disingkat dengan P5. 

 

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran yang memberikan pengalaman langsung sesuai dengan karakteristik lingkungan sekitar agar anak memiliki kompetensi global dan berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

P5 merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.

 

Dengan adanya pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) maka banyak guru khususnya yang membidangi bagian kurikulum di sekolah merasa bingung dalam menyusun dan membuat jadwal pelajaran untuk pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi bahwa anda yang baru akan menerapkan kurikulum merdeka di sekolahnya maka anda bisa memilihnya secara mandiri.

Pada impelentasi Kurikulum Merdeka, setiap satuan pendidikan dikelompokkan berdasarkan tiga kategori yaitu:

§  Mandiri Belajar – Sekolah menerapkan beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka, tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan yang sedang diterapkan. Pada tahun ajaran baru nanti, untuk satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7, dan 10 menggunakan kurikulum yang ada sebelumnya sambil belajar menerapkan beberapa prinsip dan metode yang ada pada Kurikulum Merdeka

§  Mandiri Berubah – Sekolah menerapkan Kurikulum Merdeka menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan. Pada tahun ajaran baru, untuk satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10 menggunakan Kurikulum Merdeka, sedangkan selain kelas tersebut masih menerapkan kurikulum sebelumnya.

§  Mandiri Berbagi – Sekolah menerapkan Kurikulum Merdeka dengan mengembangkan sendiri berbagai perangkat ajar. Pada tahun ajaran baru, setiap satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10 menggunakan Kurikulum Merdeka, untuk tingkat atau kelas lain tetap menerapkan kurikulum sebelumnya.

 

Pada Struktur Kurikulum Merdeka baik untuk satuan pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK dibagi ke dalam dua kegiatan utama yaitu:

§  Pembelajan intrakurikuler – Dirancang agar siswa dapat mencapai kemampuan yang tertuang dalam capaian pembelajaran setiap mata pelajaran sesuai dengan fase

§  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) – Ditujukan untuk memperkuat upaya pencapaian profil pelajar Pancasila yang mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan. P5 terdiri atas dimensi dan elemen. Adapun dimensi yang dimaksud adalah 1) Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, 2) Berkebinekaan Global, 3) Mandiri, 4) Gotong Royong, 5) Bernalar Kritis, dan 6) Mandiri. Sedangkan untuk elemen P5 disesuaikan dengan fase.

 

Khusus untuk struktur kurikulum untuk jenjang SMA dan SMK admin telah membagikan informasinya melalui artikel sebelumnya sehingga anda yang ingin melihat dan mengetahui tentang struktur kurikulum pada jenjang SMA/SMK maka anda mencarinya pada website kherysuryawan.

 

Cara Menyusun Jadwal Proyek pada Kurikulum Merdeka untuk Jenjang SMA/SMK

Untuk penyusunan jadwal proyek maka terdapat tiga pilihan pembagian waktu untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila yaitu sebagai berikut :

 

1. Per Jam

Jika akan menggunakan system per jam maka guru dapat Mengalokasikan 1—2 jam pelajaran di akhir hari yang memang waktunya dikhususkan untuk mengerjakan projek selain itu juga Bisa digunakan untuk eksplorasi di sekitar satuan pendidikan sebelum peserta didik pulang.

 

2. Per Hari

Jika akan menggunakan sisyem per hari maka guru dapat Menentukan satu hari dalam seminggu untuk pelaksanaan projek (misalnya hari Jumat). Jika guru yang membuat jadwal telah memilih hari jumat maka Seluruh jam belajar pada hari itu digunakan khusus untuk projek saja.

 

3. Per Periode

Jika guru ingin menggunakan system per periode, maka dapat dilakukan dengan Mengumpulkan dan memadatkan pelaksanaan tema dalam satu periode waktu misalnya 2 minggu atau 1 bulan, di mana semua pendidik saling berkolaborasi dalam melaksanakan pembelajaran projek tersebut.

 

Nah, setelah anda memahami tentang cara menyusun jadwal pembelajaran khususnya untuk pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5), maka berikut ini juga harus anda pahami tentang bagaimana cara untuk bisa menyusun jadwal pelajaran lainnya pada kurikulum merdeka.

 

Langkah – langkah dalam Menyusun Jadwal Pelajaran Kurikulum Merdeka Jenjang SMA/SMK

Untuk mengatur jam pelajaran per tahun pada struktur Kurikulum Merdeka SMA/SMK tahapan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

1.       Menghitung jumlah jam pelajaran per tahun

2.       Menentukan minggu efektif setiap bulan dalam satu tahun

3.       Mengkonversi jumlah pelajaran setiap mapel dari per tahun menjadi per minggu

4.       Mengatur jam pelajaran setiap mapel dengan berbagai alternatif disesuaikan dengan kebutuhan sekolah

5.       Membuat jadwal pelajaran (tabel roster) dalam satu minggu

 

Berikut ini beberapa langkah mudah dalam menyusun jadwal pelajaran pada kurikulum merdeka:

1.       Langkah pertama, silahkan anda Identifikasi terlebih dahulu jumlah jam pelajaran perminggu di struktur kurikulum merdeka terbaru (Kemendikbud no. 262 tahun 2022)

2.       Langkah kedua, yaitu anda harus Menganalisis jumlah jam projek per minggu dengan cara membagi jumlah jam per tahun dengan 36 minggu

Khusus Untuk pembelajaran proyek seperti yang telah dijelaskan diatas yaitu ada 3 bentuk pengaturan waktunya. Bisa mengambil waktu sehari dalam seminggu. Bisa disebar dalam beberapa hari. Dan bisa juga dengan memblok waktu 2 – 4 minggu. (Panduan Projek PPP, 2022: 39-41)

3.       Langkah ketiga yaitu setelah anda memahami dan melakukan instruksi pada langkah pertama dan kedua diatas, maka anda dapat Menyebar dan menyusun pelajaran ke dalam tabel roster. Perlu dipahami bahwa agar roster pelajaran yang akan disusun dapat sesuai dengan kebutuhan masing-masing guru mata pelajaran/guru kelas maka Perlu dilakukan duduk bersama dengan guru lain agar tidak terjadi tabrakan jadwal dan apa yang telah di sepakati bisa dilaksanakan dengan baik dan lancar.

 

Apabila anda telah memahami semua penjelasan diatas maka harapan bessarnya yaitu anda bisa dengan mudah menyusun jadwal pelajaran pada kurikulum merdeka di sekolah anda masing-masing. Memang terkadang membuat atau menyusun jadwal pelajaran itu tidaklah mudah apalagi jika sekolah anda memiliki jumlah rombel yang cukup banyak tentunya dibutuhkan ketenangan dalam menyusun jadwal dan yang terpenting ialah memiliki penguasaan tentang aturan dan tata cara menyusun jadwal yang baik dan benar.

 

Nah, untuk memudahkan anda dalam memahami cara menyusun jadwal maka disini admin akan membagikan file contoh jadwal pelajaran kurikulum merdeka untuk jenjang SMA/SMK yang sekirany bisa menjadi bahan referensi bagi bapak/ibu guru yang akan membuat jadwal pelajaran kurikulum merdeka di sekolahnya.

 

Admin sengaja membagikan file contoh jadwal pelajaran yang sudah jadi ini khususnya untuk jenjang SMA dengan tujuan agar bisa menjadi referensi bagi para guru khususnya yang bertugas sebagai bagian kurikulum di sekolahnya atau sebagai pembuat jadwal di sekolah masing-masing.


Sebagai informasi juga bahwa file jadwal pelajaran jenjang SMA/SMK yang akan admin bagikan ini filenya disimpan dalam format exel sehingga sangat mudah untuk digunakan serta bagi anda yang ingin melakukan pengeditan pun dapat dengan mudah mengeditnya serta menyesuaikannya sesuai kondisi dan keadaan yang ada di sekolah anda masing-masing.


File jadwal pembelajaran untuk jenjang SMA/SMK kurikulum merdeka versi terbaru yang akan admin bagikan ini terdiri atas 2 versi, yakni dapat di gunakan oleh sekolah SMA/SMK yang menerapkan proses pembelajaran 5 hari kerja maupun sekolah yang menerapkan proses pembelajaran selama 6 hari kerja.

 

Baiklah berikut file contoh jadwal pelajaran kurikulum merdeka untuk jenjang SMA yang bisa anda miliki filenya secara lengkap di bawah ini ;

 

  • Jadwal Pelajaran Kurikulum Merdeka Jenjang SMA/SMK (DISINI


DAPATKAN JUGA FILENYA :

👉 JADWAL PELAJARAN SD KURIKULUM MERDEKA (DISINI) 

👉 JADWAL PELAJARAN SMP KURIKULUM MERDEKA (DISINI)


Demikianlah informasi, penjelasan tentang cara untuk menyusun jadwal pelajaran pada kurikulum merdeka dan juga contoh sajian jadwal pelajaran kurikulum merdeka jenjang SMA, semoga apa yang telah admin bagikan diatas bisa bermanfaat bagi para guru atau siapapun yang sedang membutuhkan informasi seputar pembuatan jadwal pelajaran kurikulum merdeka.

Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel