-->

Jadwal AKM Terbaru Tahun 2021 Untuk SD, SMP, SMA/SMK

Kherysuryawan.id – Jadwal asesmen nasional (AN) tahun 2021 yang akan di laksanakan oleh satuan Pendidikan jenjang Sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK).

 

Sebagai informasi awal bahwa asesmen nasional yaitu merupakan pemetaan mutu Pendidikan pada seluruh sekolah, madasah, dan program jenjang kesetaraan jenjang sekolah dasar dan menengah. Pelaksanaan asesmen nasional dilakukan untuk bisa melihat kemampuan peserta didik dalam memahami bentuk soal literasi dan juga numerasi.

 


Jika pada tahun-tahun sebelumnya pemerintah yang dalam hal ini kementerian Pendidikan melakukan tes kepada peserta didik tingkat akhir dengan menggunakan system ujian nasional untuk menilai kelulusan maka kali ini dengan system asesmen nasional hal itu sudah tidak berlaku lagi. Pada ujian nasional yang diukur hanyalah capaian hasil belajar kognitif individu peserta didik sedangkan asesmen yaitu hanya untuk mengukur tingkat mutu dan kinerja Pendidikan pada setiap satuan Pendidikan dengan melihat input, proses dan juga outputnya.

 

Pada postingan kali ini saya tidak akan berpanjang lebar membahas seputar penjelasan mengenai apa itu asesmen sebab pada postingan sebelumnya pun saya telah banyak membahas tentang kriteria dan pemahaman seputar AKM yang membedakan dengan ujian nasional. Selain itu pada postingan sebelumnya juga saya telah banyak membagikan contoh soal AKM baik soal AKM yang dalam bentuk offline maupun soal AKM yang dalam bentuk online.

 

Pembahasan kali ini yaitu lebih kepada informasi mengenai pelaksanaan Asesmen kompetensi minimal (AKM) atau pelaksanaan asesmen nasional (AN) yang akan di lakukan di tahun 2021 ini. Sebagai informasi bahwa asesmen nasional (AN) tahun 2021 ini ialah ujian asesmen yang dilakukan untuk pertama kali dan juga ada beberapa perbedaan yang dilakukan dengan pelaksanaan ujian nasional (UN).

 

Dalam pelaksanaan asesmen nasional (AN) ini nilai tidak menjadi pengaruh dalam kelulusan peserta didik selain itu juga asesmen tidak mempengaruhi pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) dan juga tidak berpengaruh pada siswa kelas 12 SAM/SMK yang akan masuk keperguruan tinggi sebab hasil asesmen nasional ini hanya untuk melihat seberapa besar mutu Pendidikan di masing-masing sekolah dan untuk melihat kemampuan peserta didik dalam memahami soal literasi dan juga soal numerasi.

 

Baru-baru ini pada aplikasi dapodik versi terbaru juga telah dicantumkan pilihan hoby dan juga cita-cita kepada setiap peserta didik yang tujuannya juga untuk mensinkronisasi soal asesmen yang akan di berikan kepada setiap peserta didik yang akan mengikuti ujian asesmen. Jika pada ujian nasional yang menjadi responden adalah siswa tingkat akhir maka berbeda halnya dengan pelaksanaan ujian asesmen nasional yang mana yang akan menjadi responden ialah mereka yang duduk di bangku kelas 5 SD, kelas 8 SMP, dan juga kelas 11 SMA/SMK.

 

Sesuai arahan mendikbud awalnya informasi untuk jadwal pelaksanaan ujian asesmen nasional akan dilaksanakan mulai bulan maret tahun 2021, hanya saja berhubung adanya kasus pandemi yang semakin meluas dan menambah kasus jumlah orang yang terdampak maka pelaksanaan ujian asesmen di tunda dan di undur.

 

Selain itu yang menjadi alasan mendikbud untuk menunda pelaksanaan ujian asesmen nasional (AN) yaitu untuk memastikan agar persiapan logistik, infrastruktur, dan protokol kesehatan lebih optimal. Dan juga, waktu yang masih tersisa bisa digunakan untuk menyosialisasikan dan berkoordinasi lebih masif dengan pemerintah daerah mengenai pelaksanaan AN. Intinya bahwa ujian pelaksanaan asesmen nasional tetap akan dilaksanakan di tahun 2021 ini.

 

Saat ini telah di tetapkan jadwal baru untuk pelaksanaan ujian asesmen di tahun 2021 yaitu tepatnya akan dilaksanakan pada bulan September sampai dengan bulan oktober tahun 2021. Bagi anda yang belum mengetahui jadwalnya maka kiranya informasi ini bisa bermanfaat untuk anda dalam mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi asesmen nantinya.

 

Adapun jadwal lengkapnya tentang pelaksanaan asesmen nasional (AN) tahun 2021 untuk jenjang SD, jenjang SMP dan jenjang SMA serta SMK maka nantinya jika sudah rilis jadwal dari kementerian maka melalui postingan inipun saya akan menyampaikanya dengan lengkap jadwalnya sesuai jenjang Pendidikan masing-masing sehingga anda bisa mengetahuinya secara lengkap.

 

Demikianlah informasi ini saya bagikan dan semoga anda yang saat ini akan bersiap-siap untui menghadapi ujian asesmen maka bisa melakukan persiapan dari sekarang dalam melatih diri untuk mengerjakan soal-soal asesmen baik soal dalam bentuk offline maupun soal online.

Sekian informasi untuk kali ini dan tunggu informasi update selanjutnya. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel