Cara Upload Foto Peserta ANBK Tahun 2024

Kherysuryawan.id – Cara Upload / Unggah foto siswa peserta ANBK Tahun 2024.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi tentang bagaimana cara untuk mengunggah foto siswa peserta asesmen nasional kedalam web ANBK.

 

Seperti kita ketahui bahwa saat ini di dalam menu web ANBK, proktor atau operator sekolah yang menangani bagian asesmen sudah bisa melakukan upload foto peserta ANBK kedalam web ANBK. Hal ini tentunya akan menambah pekerjaan operator. Namun demikian jika kia mengetahui bagaimana cara untuk melakukan upload atau unggah foto kedalam web ANBK maka pekerjaan ini akan sangat terasa mudah untuk di lakukan.

 

Untuk di ketahui bahwa nantinya apabila operator/proctor telah melakukan upload/unggah foto kedalam aplikasi web ANBK maka foto tersebut nantinya akan muncul pada kartu login masing-masing peserta ANBK. Perlu diketahui juga bahwa nantinya seluruh peserta yang akan melaksanakan ujian ANBK akan menggunakan kamera yang telah terpasang di komputer/laptop yang memiliki perangkat kamera sehingga sangat di perlukan antara kecocokan foto dengan wajah peserta yang akan muncul di kamera komputer saat mengikuti ujian.

 

Unggah foto peserta ANBK nantinya dapat di lakukan pada saat sekolah akan melakukan gladi bersih dan juga pada saat sekolah akan melakukan ujian di hari Asesmen Nasional. Jadi proctor nantinya akan melakukan unggah foto tepatnya pada kartu login yang ada di web ANBK.

 

Ada beberapa hal yang perlu untuk di pahami dan persiapkan atau di lakukan oleh seorang operator/proctor yang menangani aplikasi ANBK di sekolah sebelum melakukan upload foto peserta asesmen. Untuk mengetahui apa saja yang perlu untuk di pahami dan disiapkan, maka di bawah ini penjelasannya :

1.     Siapkan foto setengah badan bagi seluruh peserta asesmen yang akan mengikuti kegiatan ANBK

2.     Gunakan foto berwarna dan Foto dapat menggunakan latar berwarna

3.     Pastikan ukuran foto kurang dari 1 MB/Foto

4.     Foto di simpan dalam bentuk file

5.     Format file foto yaitu JPG atau PNG

6.     Beri nama pada masing-masing foto sesuai username yang terdaftar di kartu peserta ANBK

7.     Semua file foto dimasukkan kedalam 1 zip tanpa folder

 

Nah, apabila semua tahapan diatas sudah di persiapkan maka akan sangat memudahkan bagi operator/proctor yang akan melakukan unggah atau upload foto kedalam aplikasi web ANBK.

 

Baiklah berikut ini tahapan untuk melakukan upload/unggah foto peserta ANBK kedalam web ANBK :

1.     Langkah pertama silahkan anda login kedalam web ANBK dengan menggunakan username dan password yang telah dimiliki untuk sekolah anda

2.     Pastikan nama peserta ANBK telah muncul di menu biodata siswa

3.     Pastikan juga anda telah melakukan pengaturan sesi dan gelombang untuk pelaksanaan gladi bersih ataupun untuk pelaksanaan Asesmen Nasional.

4.     Silahkan klik menu “Asesmen Nasional” lalu pilih “Kartu Login”



5.     Selanjutnya pada pilihan ujian silahkan pilih sesuai jenjang pendidikan sekolah anda masing-masing, lalu klik “cetak”

6.     Maka akan muncul kartu login seluruh peserta ANBK

7.     Selanjutnya klik “Upload Foto”



8.     Kemudian klik “Tambah”



9.     Lalu silahkan pilih file foto yang telah anda siapkan dalam bentuk zip ( didalam zip sudah memuat semua foto peserta ANBK)

10. Jika sudah, silahkan klik “upload”



11. Tunggu hingga proses selesai

12. Jika proses telah selesai, maka akan muncul foto di kartu login peserta ANBK seperti tampak pada gambar di bawah ini.


13. Selesai.

 

Demikianlah cara mudah untuk melakukan upload foto peserta ANBK kedalam web ANBK. Bagi anda yang disekolahnya belum memahami tentang cara upload file foto kedalam web ANBK maka kiranya bisa melakukannya dengan mudah setelah anda mengikuti tutorial yang telah admin kherysuryawan bagikan dipostingan ini.

Sekian dan semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel