Download POS Asesmen Nasional (AN) Tahun 2021

Kherysuryawan.id - Prosedur Operasi Standar Asesmen Nasional (POS AN) Tahun 2021/2022.

Sahabat Pendidikan, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan salah satu file penting yang ada hubungannya dengan pelaksanaan Asesmen nasional (AN) yang akan di lakukan di tahun ini. Kita ketahui Bersama bahwa asesmen nasional akan di mulai tahun ini namun untuk bisa memahami tentang prosedur dan ketentuan dalam pelaksanaan asesmen nantinya maka setiap sekolah yang akan ikut menyelenggarakan asesmen nasional (AN) perlu memahami aturan yang harus di tati saaat pelaksanaan AN nantinya.

 


Dalam rangka pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) Tahun 2021, Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi telah menetapkan Prosedur Operasional Standar (POS) sebagai acuan pelaksanaan AN Tahun 2021 melalui Peraturan Kepala Balitbang dan Perbukuan Nomor: 030/H/PG.00/2021 tanggal 9 Agustus 2021 yang mengatur kebijakan dan teknis pelaksanaan AN jenjang Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Dasar Teologi Kristen (SDTK), Program Paket A/Ula, Adi Widya Pasraman (AWP), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Program Paket B/Wustha, Sekolah Menengah Pertama Teologi Kristen (SMPTK), Madyama Widya Pasraman (MWP), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Program Paket C/Ulya, Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAgK), Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK), Sekolah Menengah Agama Kristen (SMAK), Utama Widya Pasraman (UWP), Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), Tahun 2021.

 

Bagi anda yang belum memiliki file tentang Prosedur Operasional Standar (POS) sebagai acuan pelaksanaan AN Tahun 2021 maka melalui postingan ini saya akan membagikan filenya yang bisa anda unduh dengan mudah sebagai bahan bacaan untuk bisa memahami tentang aturan dan ketentuan pelaksanaan asesmen nasional nantinya.

 

Dalam pelaksanaan asesmen nasional ada beberapa item yang harus di pahami oleh setiap satuan Pendidikan dan oleh masyarakat secara umum tentang arti dari POS AN, asesmen nasional, asesmen kompetensi minimum, literasi membaca dan numerasi pada soal asesmen, survey karakte, survey lingkungan belajar, asesmen berbasis computer. Nah tentunya anda yang masih awam tentang arti dari beberapa istilah diatas maka anda akan bingung dalam memahaminya.

 

Bagi anda yang ingin memahami lebih jelas tentang istilah-istilah diatas maka anda bisa menyimak penjelasannya di bawah ini :

-          Prosedur Operasi Standar Asesmen Nasional yang selanjutnya disebut POS AN adalah ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Asesmen Nasional.

-          Asesmen Nasional yang selanjutnya disingkat AN adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

-          Asesmen Kompetensi Minimum yang selanjutnya disingkat AKM adalah pengukuran kompetensi peserta didik dalam Literasi Membaca dan Literasi Matematika (Numerasi).

-          Literasi Membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.

-          Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

-          Survei Karakter adalah pengukuran terhadap sikap, kebiasaan, nilainilai (values) berdasarkan enam aspek Profil Pelajar Pancasila.

-          Survei Lingkungan Belajar adalah pengukuran kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran pada satuan pendidikan.

-          Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang selanjutnya disingkat ANBK adalah asesmen yang menggunakan komputer secara daring dan semidaring sebagai media untuk menampilkan dan menjawab soal.

 

Di susunnya POS asesmen nasional (AN) tentunya akan memudahkan bagi setiap satuan pendidikan penyelenggara ANBK dalam memahami aturan dan ketetentuan yang telah di tetapkan oleh pemerinah terkait dengan pelaksanaan ANBK itu sendiri.

Adapun ruang lingkup POS AN yaitu meliputi tentang :

1.      kepesertaan asesmen nasional;

2.      pelaksana asesmen nasional;

3.      penyiapan instrumen asesmen nasional;

4.      pelaksanaan dan penyiapan teknis;

5.      pengolahan dan pelaporan hasil asesmen nasional;

6.      pemantauan dan evaluasi;

7.      biaya pelaksanaan asesmen nasional;

8.      prosedur penanganan masalah dan tindak lanjut;

9.      sanksi; dan

10.  kendala dalam pelaksanaan AN.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan informasi lengkap mengenai Prosedur Operasi Standar Asesmen Nasional (POS AN) Tahun 2021, maka anda bisa membaca panduannya melalui file POS AN yang akan saya bagikan pada artikel ini. Adapun file terkait POS AN Tahun 2021 yang akan saya bagikan disini ada 2 file yaitu file pertama tentang surat pengantar Prosedur Operasional Standar Asesmen Nasional yang di peruntukkan bagi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan ,Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Seluruh Indonesia dan file yang kedua yaitu tentang isi dari ketentuan dan aturan yang ada pada prosedur operasional standar penyelenggaraan asesmen nasional tahun 2021.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan kedua file yang telah saya sebutkan diatas, maka silahkan anda download filenya pada judul di bawah ini :

 

  • Surat Pengantar POS UN (DISINI)
  • POS Asesmen Nasional (AN)- (DISINI)
  • Contoh SK Panitia Asesmen Nasional (DISINI)
  • SK Proktor AKM/ANBK Terbaru (DISINI)
  • SK Teknisi AKM/ANBK Terbaru (DISINI)
  • SK Pengawas AKM/ANBK Terbaru (DISINI)
  • Surat Tugas Pengawas Asesmen (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai Prosedur Operasional Standar (POS) sebagai acuan pelaksanaan AN Tahun 2021. Semoga file yang telah saya bagikan diatas bisa membantu setiap satuan Pendidikan dalam memahami aturan dan prosedur dalam pelaksanaan asesmen nasional berbasis computer (ANBK) sehingga pada saat pelaksanaan ANBK nantinya semua dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel