Cara Login Web ANBK Tahun 2021

Kherysuryawan.id – Cara untuk masuk dan mengakses laman web ANBK dalam pelaksanaan asesmen nasional.

Sahabat pendidikan, dalam pelaksanaan asesmen nasional maka sekolah yang akan menyelenggarakan asesmen nasional wajib untuk memilih salah seorang dari masing-masing sekolahnya ataupun orang dari luar sekolahnya untuk dijadikan sebagai proktor dalam pelaksanaan asesmen nasional.

 

Mengapa sekolah harus memilih seorang proktor dalam pelaksanaan ANBK???

Proktor sangat berperan penting dalam pelaksanaan ANBK, nantinya proktor lah yang akan mengakses laman web ANBK untuk melakukan penarikan data peserta Asesmen nasional dan juga melakukan pengaturan id proktor dan sesi yang nantinya akan digunakan sebagai rancangan dalam pelaksanaan ANBK.

 

Lantas bagaimana cara untuk bisa login kedalam bew ANBK???

Jika anda adalah proktor di seuatu sekolah baik itu sekolah yang menumpang pada saat pelaksanaan asesmen nasional maupun sekolah yang ditumpangi pada pelaksanaan ANBK maka anda minimal harus paham dan tahu tentang bagaimana cara untuk mengakses atau login kedalam web atau laman ANBK.

 

Lgin ke dalam web ANBK sangatlah penting dan itu merupakan salah satu tugas dari seorang proktor dalam pelaksanaan ANBK. Bagi anda yang sudah sering mengikuti kegiatan ujian nasional berbasis computer (UNBK) pada tahun-tahun sebelumnya maka tentunya anda sudah paham tentang bagaimana cara login kedalam web ANBK, namun bagi proktor yang masih baru atau masih awam tentang pelaksanaan UNBK dan ANBK maka anda tentunya harus belajar tentang bagaimana cara untuk melakukan login ke laman web ANBK.

 

Pada postingan ini kherysuryawan.id akan memberikan sebuah penjelasan atau tutorial tentang bagaimana cara untuk bisa masuk atau login ke laman web ANBK. Dengan anda memahami cara dan fungsi dalam mengakses laman web ANBK maka nantinya anda akan mudah untuk melakukan pengaturan dalam hubungannya dengan pelaksanaan asesmen.

 

Sebelum saya membagikan cara untuk mengakses laman web ANBK maka anda terlebih dahulu perlu untuk memahami tentang apa itu asesmen nasional.

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Jadi Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

 

Dalam pelaksanaan asesmen nasional nanti akan ada tiga instrument yang harus di kerjakan oleh siswa sebagai peserta asesmen, yaitu:

- Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.

- Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid

- Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

 

Setelah anda memahami tentang apa itu asesmen nasional dan apa-apa saja yang terkait dalam pelaksanaan asesmen nasional nantinya maka kini saatnya saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara untuk bisa mengakses laman web ANBK yang bisa dilakukan oleh proktor sekolah saat akan melakukan pengaturan asesmen nasional.

 

1.Silahkan anda login melalui alamat berikut : https://anbk.kemdikbud.go.id/

2.Selanjutnya silahkan isikan username, password dan kode keamanan pada kolom yang telah di sediakan



-      Masukan Username dengan format : jenjang_provinsi_kab/kota_kode sekolah

-      Password dengan format : jenjang_provinsi_kab/kota_kode sekolah. Contoh :

  • Contoh Username SD/MI : D15090001, Pasword : ANBK15090001D*
  • Contoh Username SMP/MTs : P03010001, Pasword : ANBK03010001P*
  • Contoh Username SMA/MA : U03010001, Pasword : ANBK03010001U*
  • Contoh Username SMK : K03010001, Pasword : ANBK03010001K*
  • Contoh Username Paket : X03010001, Pasword : ANBK03010001X*
  • Contoh Username SLB : Q03010001, Pasword : ANBK03010001Q*

 

-          Keterangan Kode Jenjang

  • D = SD/MI
  • P = SMP/MTs
  • U = SMA/MA
  • K = SMK
  • X = Kesetaraan
  • Q = Sekolah Khusus

3.Setelah username, password dan kode keamanan diisikan maka silahkan klik “Masuk”

4.Selanjutnya akan terlihat menu seperti tampak pada gambar di bawah ini :



5.Adapun menu yang terdapat pada web ANBK diantaranya yaitu :

-          Dashboard

-          Data sekolah

-          Biodata siswa

-          Asesmen nasional (meliputi : penjelasan, computer proktor, pengaturan sesi, cek kelengkapan data, kartu login, cetak daftar hadir, upload daftar hadir, berita acara pelaksanaan, aktivasi peserta cadagan, pakta integritas)

-          Rekap (meliputi : rekap upload peserta)

-          Sekolah blank spot (meliputi : penjelasan dan token sekolah blank spot)

-          Penjadwalan ulang (meliputi : pendaftaran, computer proktor, jadwal sinkronisasi, data peserta)

-          Tiket bantuan

-          Pengaturan (meliputi: Pengaturan akun)

6.    Selesai.

 

Demikianlah penjelasan mengenai cara untuk bisa login ke laman web ANBK, semoga informasi ini bisa membantu para proktor yang masih pemula sehingga yang tadinya tidak bisa melakukan pengaturan sesi atau melakukan pengaturan ID Proktor, maka dengan membaca postingan ini sudah dapat melakukan tugasnya dengan baik.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel