Aplikasi Cetak SKL Tahun 2024

Kherysuryawan.id – Aplikasi SKL/SKHU SD, SMP, SMA/SMK Tahun Pelajaran 2024/2025.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada informasi kali ini admin akan berbagi file pendidikan yang berhubungan dengan dokumen sekolah yang sangat penting untuk digunakan dalam melakukan penilaian khususnya penilaian akhir untuk mendapatkan nilai akhir di ijazah nantinya.

 


Seperti kita ketahui bersama bahwa siswa yang berada ditingkat akhir seperti kelas 6 SD, kelas 9 SMP dan kelas 12 SMA tentunya akan menghadapi ujian akhir yang di sebut dengan ujian sekolah. Namun perlu untuk di pahami bahwa saat ini tidak semua sekolah melaksanakan ujian sekolah sebab sekolah di beri kebebasan untuk memilih apakah akan melaksanakan ujian sekolah ataupun tidak melaksanakannya.

 

Bagi sekolah yang tidak melakukan pelaksanaan ujian sekolah disekolahnya maka nilai akhir untuk diinput nantinya di ijazah ialah diambil dari rata-rata nilai semester mulai dari semester awal hingga semester akhir. Jadi sayarat utama untuk penentuan kelulusan siswa ialah harus memiliki nilai rapar mulai dari semester awal kelas awal hingga nilai di semester akhir kelas akhir.

 

Sebagai contoh pada jenjang SMP untuk penentuan kelulusan siswa maka siswa harus memiliki nilai mulai dari semester 1 hingga semester 6. Adapun nilai akhir yang akan di input di ijasah nantinya ialah rata-rata nilai dari semester 1 hingga semester 6.

 

Sebagai informasi bahwa didalam juknis pengisian blangko ijazah telah di jelaskan tentang penetapan kelulusan bagi siswa yang berada di tingkat akhir. Adapun salah satunya yaitu bahwa kelulusan peserta didik dituangkan dalam bentuk Surat Keterangan Lulus (SKL) dan ijasah.

 

Surat Keterangan Lulus (SKL) merupakan ijazah sementara yang akan di berikan oleh pihak sekolah kepada peserta didik yang telah dinyatakan lulus. Nantinya SKL akan menjadi salah satu bukti fisik kelulusan yang dalam hal ini sebagai pengganti ijsah sementara yang dapat digunakan untuk mendaftar ke jenjang pendidikan selanjutnya.

 

SKL akan berlaku selama ijazah belum di terbitkan atau belum di bagikan oleh satuan pendidikan. Namun perlu untuk di pahami bahwa nilai atau data-data yang ada didalam SKL merupakan data-data real atau data yang sebenarnya yang nantinya akan sama dengan data yang ada di dalam ijasah.

 

Berbicara mengenai Surat Keterangan Lulus (SKL) maka sekolah dalam hal ini wajib untuk membuat Surat Keterangan Lulus (SKL) bagi siswa yang telah dinyatakan lulus sebelum mendapatkan ijasah agar mereka nantinya bisa mendaftar atau melanjutkan pendidikannya kejenjang yang lebih tinggi.

 

Pada postingan kali ini admin akan memberikan sebuah aplikasi yang dapat membuat atau mencetak Surat Keterangan Lulus (SKL). Aplikasi ini dapat digunakan oleh satuan pendidikan untuk memudahkan dalam membuat SKL bagi siswa yang telah dinyatakan lulus.

 

Didalam aplikasi ini pengguna sudah akan dimudahkan dalam membuat SKL. Pengguna cukup melakukan penginputan data nilai mulai dari nilai semester awal hingga semester akhir dan nantinya nilai ijasah akan secara otomatis tercipta sesuai dengan rumus yang telah di gunakan di dalam aplikasi. Pengguna juga dapat secara otomatis mendapatkan template format SKL yang bisa dibagikan ka peserta didik yang telah dinyatakan lulus.

 

Didalam aplikasi SKL ini ada beberapa menu yang telah admin siapkan diantaranya yaitu sebagai berikut :

1.       Format Data siswa

2.       Format Nilai 6 semester

3.       Format Foto

4.       Format Nilai Akhir/Ijasah

5.    Menu Info

6.       Otomatis Cetak SKL


Aplikasi Surat Keterangan Lulus (SKL) ini disiapkan dalam format exel sehingga sangat mudah untuk di gunakan. Bagi anda yang disekolahnya belum memiliki aplikasi pembuat Surat Keterangan Lulus (SKL) maka anda bisa memanfaatkan aplikasi SKL ini untuk membuat Surat Keterangan Lulus (SKL) disekolah anda masing-masing.

 

Sebagai informasi bahwa untuk menjaga keamanan data dan aplikasinya maka admin kherysuryawan sengaja mengunci file tersebut, namun tenang saja sebab anda bisa mendapatkan kuncinya atau passwordnya pada website kherysuryawan yaitu dengan cara mengetikkan tulisan "Pasword semua file pada blog kherysuryawan" pada menu pencarian google. Maka nantinya anda akan memperoleh passwordnya di postingan tersebut.


Baiklah di bawah ini aplikasi Surat Keterangan Lulus (SKL) yang bisa anda dapatkan filenya secara mudah dan gratis.

 

  • Aplikasi SKL (Nilai Rata-rata Semester  Tanpa Ujian Sekolah) – (DISINI)
  • Aplikasi SKL (Nilai Rata-rata Semester  + Ujian Sekolah) – (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai aplikasi Surat Keterangan Lulus (SKL) yang bisa admin bagikan pada kesempatan ini, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel