-->

Cara Mendaftarkan Akun Operator Sekolah Di Laman sp.datadik

Cara terbaru untuk menambahkan akun operator dapodik sekolah yang juga sebagai PTK pada laman sp.datadik serta melakukan verifikasi akun operator dapodik sekolah dilaman ptk.datadik.

Seperti yang banyak di keluhkan oleh beberapa operator dapodik sekolah khususnya bagi mereka yang mengalami masalah tidak bisa melakukan verifikasi akun PTK yang juga merangkap sebagai operator dapodik sekolah.

 

Kasus yang banyak terjadi ialah apabila ada seorang PTK mengajar di 2 sekolah dan juga ia menjadi operator dapodik sekolah di salah satu sekolah tersebut maka ia tidak bisa melakukan verifikasi akun sebab Namanya tidak muncul pada dafatar PTK dan juga ketika akan melakukan tambah PTK juga Namanya tidak ada di dalam daftar tersebut.

 

Hal itu tentunya sangat menjadi beban baik bagi PTK itu sendiri maupun bagi OPS yang juga mengalami hal tersebut. Dari masalah tersebut ada beberapa solusi yang pernah di tawarkan oleh beberapa orang yang kebetulan juga pernah mengalami kasus yang sama yaitu dengan cara melakukan reset akun operator dapodik agar nama PTK yang merangkap sebagai operator dapat muncul pada daftar tambah PTK ketika di akses di laman sp.datadik

 

Bagi anda yang pernah mengalami dan mencoba cara tersebut maka saya belum bisa mengetahui hasilnya apakah cara tersebut berhasil atau tidak. Sebab kebetulan saya pun pernah mengalami kasus yang sama namun saya belum pernah mencoba hal tersebut sehingga saya masih membiarkan nama PTK yang tidak muncul di daftar PTK ketika akses laman sp.datadik dan alhasil kini nama PTK tersebut sudah bisa berhasil untuk di verifikasi.

 

Sebenarnya saya membuat postingan ini hanya sekedar untuk bisa berbagi informasi mengenai masalah nama PTK yang merangkap sebagai operator dapodik sekolah dan tidak bisa melakukan verifikasi akun sebab Namanya tidak muncul di daftar PTK. Bagi anda yang memiliki kasus tersebut maka anda bisa mencoba untuk memahami isi dari artikel ini agar anda bisa berhasil melakukannya.

 

Saat ini laman sp.datadik telah melakukan pemutakhiran sehingga yang tadinya nama PTK yang juga merangkap sebagai operator dapodik sekolah tidak ada maka kini anda dapat menemukannya di daftar tambah PTK.

Perlu anda ketahui pula bahwa jika anda ingin membuat akun PTK yang juga sebagai operator dapodik maka usahakan email yang di gunakan sebagai akun ketika akan melakukan verifikasi tidak boleh sama antara email akun PTK dan email akun operator dapodik sekolah.

 

Baiklah untuk anda yang masih bingung tentang cara untuk melalukan atau mendaftarkan akun operator dapodik sekolah yang juga merangkap sebagai PTK melalui laman sp.datadik, maka silahkan anda simak langkah-langkahnya berikut ini :

1.   Untuk mengakses menggunakan cara ini hanya bisa dilakukan oleh operator dapodik sekolah

2.   Silahkan anda buka laman sp.datadik melalui alamat berikut : https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

3.   Selanjutnya silahkan klik “Login menggunakan SSO”

4.   Kemudian ketikkan username dan password dapodik lalu klik “Masuk”



5.   Selanjutnya pilih menu “Akun”

6.   Untuk mendaftarkan nama OPS yang juga sebagai PTK maka pilih menu “Tambah Akun”

7.   Pada pilihan jenis akun maka silahkan anda pilih “PTK”

8.   Selanjutnya silahkan anda pilih nama “PTK” yang ingin anda daftarkan (pastikan bahwa yang tadinya tidak muncul namanya maka kini telah muncul)



9.   Masukkan username(email aktif dan tidak sama dengan email operator dapodik)

10.  Masukkan password yang anda inginkan

11.  Klik “simpan”

Maka kini anda telah berhasil mendaftarkan nama operator dapodik sekolah yang juga merangkap sebagai operator dapodik sekolah. Untuk mengecek apakah nama PTK sudah benar-benar berhasil masuk dan terdaftar maka silahkan anda buka menu “Daftar Akun” dan lihat apakah Namanya telah muncul pada daftar akun tersebut.

 

Selanjutnya adalah anda harus melakukan verifikasi akun PTK yang merangkap sebagai OPS tersebut yaitu dengan cara masuk menggunakan alamat ptk.datadik.

(untuk penjelasannya saya telah mengulasnya secara lengkap pada postingan sebelumnya dan jika anda ingin mengetahuinya maka silahkan anda lihat DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan tentang cara terbaru untuk melakukan tambah akun operator dapodik sekolah yang juga sebagai PTK yang tadinya Namanya tidak muncul maka sudah bisa muncul dan sudah bisa melakukan tambah akun di laman sp.datadik.

Semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi anda yang mengalami kasus seperti ini dan bisa berhasil mendapatkan solusinya dengan adanya postingan ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel