2 Cara Melihat/Cek NPSN Sekolah TK, SD, SMP, SMA, SMK Seindonesia


Kherysuryawan.id – Cara mudah cek NPSN sekolah lain yang ada di seluruh Indonesia.
Sahabat setia blog kherysuryawan.id diamanapun anda berada, semoga anda yang sedang membaca postingan ini selalu dalam keadaan yang sehat.
Postingan kali ini yaitu membahas seputar informasi Pendidikan yang ada hubungannya dengan data sekolah.

Di setiap sekolah tentunya memiliki yang Namanya NPSN. Bagi anda yang belum paham tentang apa itu NPSN maka anda perlu tau apa sih itu NPSN.
NPSN adalah singkatan dari nomor pokok sekolah nasional. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) merupakan kode pengenal sekolah Indonesia yang bersifat unik dengan tujuan bahwa nomor ini membedakan satu sekolah dengan sekolah lainnya. Sistem NPSN bersifat nasional dan menggantikan kode-kode sebelumnya (seperti NIS) yang berbeda-beda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.
NPSN sangat penting untuk dimiliki oleh setiap sekolah yang telah terdaftar di kementerian Pendidikan dan kebudayaan.

Nomor Pokok Sekolah Nasional atau disingkat NPSN memiliki kode angka yang mana Kode tersebut terdiri dari 8 digit angka yang diberikan kepada sekolah yang masih aktif baik sekolah jenjang TK, sekolah SD/MI, sekolah SMP/MTs dan sekolah SMA/SMK/MA. Bagi anda yang bekerja atau bertugas pada satuan Pendidikan tersebut maka alangkah baiknya anda juga harus mengetahui nomor NPSN sekolah anda masing-masing sebagai sebuah informasi yang mungkin tentunya akan sangat bermanfaat bagi anda ketika anda akan di hadapkan oleh pertanyaan seputar NPSN.

Berbicara mengenai NPSN sebenarnya kita dapat mengetahui nomor NPSN sekolah lain atau seluruh sekolah yang ada di wilayah Indonesia dengan catatan sekolah tersebut telah terdaftar di kementerian Pendidikan serta telah memiliki nomor pokok sekolah nasinonal (NPSN).
Lantas bagaimana cara untuk mengetahui cara mengecek atau melihat NPSN sekolah yang ada di seluruh Indonesia ini ???

Perlu anda ketahui bahwa untuk melakukan cek NPSN sekolah TK/PAUD memiliki cara yang berbeda dengan cara menlakukan cek NPSN Sekolah SD,SMP dan SMA/SMK. Letak perbedaannya yaitu terletak pada alamat pengecekkan yang akan di gunakan untuk melakukan cek NPSN sekolah tersebut. Tapi tenang saja sebab melalui postingan ini saya akan menjelaskan dengan lengkap mengenai cara mudah melakukan cek NPSN TK/PAUD, cek NPSN SD, cek NPSN SMP, cek NPSN SMA/SMK.

Bagi anda yang mungkin pernah mendapatkan data nama sekolah namun tidak mengetahui nomor NPSN sekolah tersebut serta tidak mengetahui bagaimana cara untuk bisa melihat nomor NPSN sekolah tersebut, maka pada postingan ini anda akan saya pandu untuk bisa mengetahui cara melihat NPSN sekolah yang ada di seluruh Indonesia.

Baiklah berikut ini langkah-langkah cara melihat NPSN sekolah di seluruh Indonesia  yang akan saya berikan informasinya dengan menggunakan 2 cara yakni cara pertama adalah cara cek NPSN TK/PAUD dan cara kedua yaitu cara cek NPSN SD,SMP,SMA/SMK.

CARA 1 :
Cara melihat/cek NPSN Sekolah TK/PAUD :
1.   Silahkan kunjungi alamat berikut ini : https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index21.php

2.   Selanjutnya silahkan anda pilih nama provinsi sekolah yang akan anda cek NPSN nya
3.   Lanjut pilih nama kabupaten sekolah yang akan anda cek NPSN nya
4.   Kemudian Lanjut pilih nama kecamatan sekolah yang akan anda cek NPSN nya
5.   Maka akan tampil seluruh nama sekolah TK/PAUD yang ada di wilayah tersebut lengkap dengan nomor NPSN nya. (Seperti tampak pada gambar di bawah ini)


CARA 2 :
Cara melihat/cek NPSN Sekolah SD, SMP,SMA, SMK :
1.   Silahkan kunjungi alamat berikut ini : https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php

2.   Selanjutnya silahkan anda pilih nama provinsi sekolah yang akan anda cek NPSN nya
3.   Lanjut pilih nama kabupaten sekolah yang akan anda cek NPSN nya
4.   Kemudian Lanjut pilih nama kecamatan sekolah yang akan anda cek NPSN nya
5.   Maka akan tampil seluruh nama sekolah yang ada di wilayah tersebut lengkap dengan nomor NPSN nya, Seperti yang dapat anda lihat pada gambar di bawah ini :



Demikianlah informasi mengenai cara mudah dalam mengecek NPSN Sekolah TK/PAUD, sekolah SD, sekolah SMP, Sekolah SMA dan sekolah SMK. Semoga penjelasan yang telah saya sampaikan melalui postingan ini senantiasa dapat bermanfaat buat anda yang sedang mencari informasi mengenai cara cek NPSN Sekolah yang ada di seluruh Indonesia.
Sekian postingan kali ini dan semoga tulisan ini dapat bermanfaat buat anda.
Salam Pendidikan !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel