40 Contoh Catatan Wali Kelas untuk eRapor K13 SD,SMP,SMA/SMK

Kherysuryawan.id – Beberapa contoh catatan wali kelas yang dapat di gunakan dalam penginputan di aplikasi erapor baik erapor SD, erapor SMP, erapor SMP maupun erapor SMK.
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pada umumnya jika seorang siswa akan memasuki masa-masa penerimaan rapor maka hal penting yang ditunggu-tunggu ialah informasi kelulusan dan kenaikan kelas dimana ia ingin mengetahui hasil perolehan nilai serta melihat respon yang akan di berikan kepadanya dari setiap guru perwaliannya, maka hal itu tentunya akan menjadi sebuah momentum yang sangat dinanti-nantikan oleh siswa dan juga guru.

Sebagai seorang wali kelas maka tugas untuk melakukan penyiapan penerimaan dan pemberian rapor merupakan tugas penting yang harus disiapkan secara matang. Salah satu hal penting untuk diisi di dalam rapor tentunya ialah memberikan sebuah catatan penting kepada masing-masing siswa perwaliannya di setiap rapor mereka.


Dalam kegiatan pengisian erapor pada sekolah yang telah menggunakan aplikasi erapor maka ada salah satu tugas wali kelas yang harus di isi yaitu memberikan catatan berupa motivasi atau pemberitahuan yang sifatnya positif pada masing-masing rapor peserta didik sesuai dengan perwaliannya. Catatan wali kelas sangat penting bagi setiap peserta didik,baik catatan wali kelas untuk siswa yang akan lulus, siswa yang tidak lulus, siswa yang akan naik kelas, maupun siswa yang tidak naik kelas tujuannya adalah untuk memberi gambaran akan hasil yang telah dicapai selama kegiatan pembelajaran di sekolah dalam 1 semester ataupun selama 1 tahun selain itu juga dapat memberi motivasi kepada peserta didik untuk lebih baik pada semester berikutnya atau pada kelas selanjutnya.

Catatan wali kelas dapat berupa kata-kata yang dapat memberikan semangat atau dorongan kepada setiap peserta didik agar peserta didik tersebut dapat mengetahui hal-hal apa saja yang harus di perbaiki dan yang harus di tingkatkan baik dalam hal tingkah laku maupun dalam hal kegiatan pembelajaran.
Dalam kurikulum 2013 terdapat beberapa aspek penilaian yang di gunakan yaitu penilaian sikap yang meliputi sikap spiritual dan sikap sosial, kemudian penilaian pengetahuan dan juga penilaian keterampilan.

Dari setiap aspek yang di nilai tersebut maka tentunya wali kelas telah memiliki gambaran dari hasil yang telah di capai oleh setiap peserta didiknya sehingga wali kelas mengetahui hal-hal apa saja yang kurang dan perlu untuk di tingkatkan oleh setiap siswa perwaliannya dan hal-hal apa saja yang harus untuk di pertahankan sehingga dari hasil penilaian tersebut wali kelas dapat memberikan catatan dalam bentuk deskripsi yang nantinya menjadi sebuah informasi bagi peserta didik untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya selama proses pembelajaran di sekolah.

Jika anda saat ini merupakan salah satu guru yang juga memiliki tugas tambahan sebagai wali kelas, maka tentunya anda harus dapat membuat kata-kata dalam bentuk catatan wali kelas kepada setiap peserta didik perwalian anda. Namun apabila anda masih merasa kesulitan untuk memberikan kata-kata yang berupa catatan wali kelas untuk pengisian di rapor siswa maka pada postingan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh catatan wali kelas atau deskripsi dalam bentuk kata-kata yang dapat memberikan motivasi maupun saran positif demi kemajuan dan keberhasilan peserta didik anda.

Sebelum anda melihat beberapa contoh catatan wali kelas yang akan saya berikan di bawah ini, maka bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara untuk membuat informasi pengumuman kelulusan siswa secara online dan otomatis, maka silahkan anda lihat tutorial dan panduannya (DISINI)

Baiklah bagi anda yang memiliki jabatan sebagai wali kelas di sekolah anda maka berikut ini 40 contoh catatan wali kelas untuk pengisian rapor kurikulum 2013 di sekolah anda.
1. Anto, cara belajarmu sudah bagus, teruslah rajin belajar agar kamu menjadi anak yang berhasil.
2. Tingkatkan cara belajarmu agar kamu dapat memiliki prestasi yang lebih baik lagi.
3. Belajar merupakan kunci keberhasilan, oleh sebab itu tingkatkan motivasi belajarmu agar menjadi pribadi yang lebih baik.
4. Teruslah belajar agar kamu dapat meraih cita-cita sesuai dengan harapan.
5. Semangat dalam belajar merupakan kunci kesuksesan. Tingkatkan terus semangat belajarmu untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi.
6. Erna, kamu adalah siswa yang cerdas. Pertahankan cara belajarmu agar prestasimu tetap cemerlang.
7. Jadilah pribadi yang mandiri dan jangan terpengaruh oleh dunia luar yang dapat menjerumuskan pada hal-hal yang negative serta rajinlah terus belajar.
8. Tingkatkan prestasimu, rajinlah belajar dan jangan lupa berdoa sebelum belajar.
9. Penilaian pengetahuanmu sudah bagus, namun pada penilaian sikap khususnya sikap dalam hal bekerjasama baik dengan guru dan teman perlu di tingkatkan lagi.
10. Rajinlah belajar, dan patuhilah tata tertib yang ada di sekolah.
11. Jangan suka psimis, rajinlah belajar dan selalu optimis dalam setiap mengambil keputusan agar dapat menjadi orang yang sukses.
12. Reno merupakan siswa yang ramah, pertahankan sikap positif tersebut dan tularkan kebaikan itu pada teman-temanmu.
13. Pertahankan prestasimu. Semangatmu dalam belajar serta prestasi yang kamu raih menunjukkan sikap yang positif. ibu menghargaimu!
14. Teruslah berkarya dan jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap kegiatan.
15. Kezia, selamat kamu meraih prestasi yang baik pada semester ini, bapak guru harap kamu dapat mempertahankannya dengan baik. Selamat ya !
16. Belajarlah dengan sungguh - sungguh untuk bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi di semester berikutnya.
17. Vera , pada semester ini kamu telah mengalami perubahan yang sangat baik, terutama dalam pengetahuan akademik, atas hal tersebut kamu layak menjadi juara kelas, dengan menjadi juara kelas, Ibu guru harap kamu bisa mempertahankan prestasi tersebut.
18. Pertahankan prestasi belajarmu dan jangan pantang menyerah dalam menggapai cita-cita.
19. Barto, kamu merupakan siswa yang baik, rajinlah terus belajar dan patuhlah kepada kedua orang tua serta gurumu
20. Semangat belajarnya perlu ditingkatkan lagi agar dapat memperoleh prestasi yang gemilang.
21. Tingkatkan intensitas belajarmu dan maksimalkan tugas kelompok yang diberikan guru. Gurumu menghargaimu!
22. Ibu menyanyangimu, jadilah siswa yang patuh pada guru dan orang tua.
23. Pada semester ini ibu melihat kehadiranmu sangat kurang, rajinlah kesekolah dan belajar yang baik agar menjadi siswa yang berprestasi.
24. Retno kamu siswa yang baik, jangan suka berkelahi yah. Ibu guru sangat menyayangimu !
25. Sikap tanggung jawabmu dalam menyelesaikan tugas sekolah sudah baik, namun Kurangi ketidakhadiran pada semester-semester berikutnya serta rajinlah untuk terus belajar.
26. Rajinlah membaca agar pengetahuanmu semakin meningkat dan prestasimu semakin baik.
27. Jangan terlalu banyak bermain, teruslah belajar agar menjadi pribadi yang sukses di masa depan.
28. Untuk Ananda sagita, Sikap kepedulian, semangat dalam berorganisasi sudah baik dan bisa menjadi contoh rekan - rekan yang lain. Hanya saja, kehadiran dalam kelas pada semester berikutnya lebih ditingkatkan lagi.
29. Prestasi yang baik adalah kunci sukses untuk meraih cita -cita. Tingkatkan terus motivasi belajarnya dan selalu bersemangat dalam setiap kegiatan disekolah.
30. Andi Semangat dalam belajarmu sudah bagus. Terus tingkatkan belajar nya yah untuk menuju cita - cita yang diharapkan.
31. Selamat, Kamu sudah memenuhi seluruh persyaratan untuk bisa naik kelas, dan kamu dinyatakan NAIK KELAS. Upayakan untuk terus rajin belajar di kelas selanjutnya.
32. Andre, Selamat yah kamu LULUS, Semoga di jenjang berikutnya kamu bisa sukses dan dapat meraih cita-cita yang kamu impikan. Teruslah semangat dalam belajar dan rajinlah selalu Berdoa.
33. Anton meskipun kamu belum bisa naik kelas namun jangan berkecil hati, Rajinlah kesekolah dan patuhi peraturan sekolah, ibu yakin di tahun pelajaran berikutnya kamu pasti bisa naik kelas.
34. Mario, kamu siswa yang cerdas namun ubahlah sikapmu yang kurang baik agar bisa menjadi contoh bagi teman yang lain. Bapak yakin kamu pasti bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
35. Rames,Jangan suka malas dan bolos lagi yah, semoga di semester berikutnya kamu bisa merubah kebiasaan lamamu menjadi lebih baik lagi agar nantinya kamu bisa naik kelas.
36. Selama belajar daring kamu telah mengikuti semua tahapan pembelajaran dengan baik, Semoga di kelas selanjutnya kamu terus mempertahankan semangat belajarmu baik belajar secara luring maupun secara daring.
37. Ali Kamu siswa yang tekun, selama belajar baik dalam pembelajaran tatap muka maupun secara daring kamu sudah mengikuti semuanya dengan baik. Selamat yah kamu naik kelas.
38. Usahakan aktif dalam pembelajaran daring, semoga di kelas berikutnya kamu semakin rajin belajar baik belajar di sekolah maupun belajar di rumah.
39. Erna, Selamat kamu mendapat juara kelas. Pertahankan prestasimu di kelas selanjutnya.
40. Di masa pandemi ini, Ibu lihat kamu kurang aktif dalam pembelajaran Daring, Ibu harap di tahun pelajaran baru kamu bisa lebih aktif lagi yah.

Oh ya, bagi anda wali kelas jangan lupa untuk membaca dan memahami informasi penting di bawah ini yang menjadi tugas seorang wali kelas dan wajib untuk di lakukan :
  • Cara Memberi status LULUS dan TIDAK LULUS di erapor (Disini
  • Cara Memberi status NAIK KELAS dan TIDAK NAIK KELAS di erapor (Disini)
Demikainlah beberapa contoh catatan wali kelas yang dapat di gunakan dalam proses pengisian pada aplikasi erapor baik untuk erapor jenjang SD, erapor jenjang SMP, erapor jenjang SMA dan juga jenjang SMK. Bagi anda yang masih bingung untuk membuat kalimat pada saat ingin memberikan catatan wali kelas di rapor peserta didik anda, maka semoga melalui postingan ini anda dapat memiliki referensi untuk bisa membuat kata-kata yang bisa memberi motivasi kepada peserta didik anda.
Sekian, semoga bermanfaat !

0 Response to "40 Contoh Catatan Wali Kelas untuk eRapor K13 SD,SMP,SMA/SMK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->