130 Catatan Wali Kelas Untuk Pengisian Rapor

Kherysuryawan.id - Contoh Catatan Wali Kelas Untuk Pengisian di Rapor Siswa.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, bagaimana kabar anda hari ini ??? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Oh ya, pada kesempatan kali ini kembali lagi admin kherysuryawan akan memberikan beberapa ulasan seputar kata-kata penting yang nantinya akan sangat dibutuhkan oleh seorang wali kelas di sekolah dalam melakukan penginputan rapor siswa.

 


Kita ketahui bahwa mendekati pembagian rapor maka wali kelas akan mulai di sibukkan dengan urusan rapor siswa. Selain harus melakukan rekap nilai maka wali kelas juga harus bisa menuliskan kalimat untuk dapat memotivasi siswa agar di semester selanjutnya atau di kelas selanjutnya siswa dapat semakin rajin belajar dan juga tetap selalu bersemangat dalam menempuh pendidikan.

 

Kalimat yang nantinya akan di tuliskan oleh seorang wali kelas di rapor siswa merupakan catatan wali kelas. Adapun catatan wali kelas yang dimaksud yakni menyatakan situasi yang relevan dengan pencapaian nilai atau karakter siswa selama siswa tersebut menempuh pendidikan di sekolah baik itu di semester 1 maupun di semester 2.

 

Nah jika anda saat ini merupakan seorang wali kelas baik itu sebagai wali kelas di sekolah jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK maka tentunya anda tidak akan melewatkan tugas anda untuk bisa memberikan catatan wali kelas di rapor perwalian anda, iya kan ???

Untuk bisa membuat catatan wali kela maka anda mau tak mau harus bisa melihat bagaimana karakter siswa anda selama menempuh pendidikan di semester yang sedang berjalan.

 

Tidak semua wali kelas merasa gampang untuk membuat catatan wali kelas, sehingga tak jarang wali kelas sangat kesulitan dalam merangkai kata atau kalimat untuk di jadikan sebagai sebuah catatan wali kelas di rapor siswa. Untuk itulah melalui postingan ini admin kherysuryawan akan memberikan contoh catatan wali kelas untuk pengisian rapor siswa di sekolah.

 

Sebenarnya pada postingan sebelumnya admin kherysuryawan telah banyak memberikan dan membagikan contoh kalimat untuk catatan wali kelas sebagai acuan dalam melakukan pengisian rapor. Namun begitu disini admin kherysuryawan akan kembali membagikan beberapa jenis catatan wali kelas untuk pengisian rapor siswa yang sekiranya bisa membantu bapak/ibu guru yang saat ini bertugas sebagai wali kelas di sekolah.

 

Catatan wali kelas untuk pengisian rapor yang akan admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali ini sengaja admin bagikan agar bisa menjadi referensi bagi setiap wali kelas di manapun berada yang sedang membutuhkan kalimat-kalimat untuk mengisi kolom catatan wali kelas yang ada di rapor siswa. Meskipun demikian catatan wali kelas yang akan admin bagikan ini hanyalah sebagai contoh saja dan bagi bapak/ibu guru yang akan menggunakannya maka kiranya bisa menyesuaikan dengan kondisi siswa yang ada di sekolahnya masing-masing.

 

Catatan wali kelas yang akan admin bagikan ini merupakan kalimat-kalimat yang dapat memotivasi siswa dan juga sebagai gambarab ketercapaian siswa selama mengikuti pembelajaran di semester yang sedang berjalan saat ini baik itu untuk di semester 1 maupun semester 2.

Baiklah berikut ini beberapa contoh catatan wali kelas yang bisa anda lihat di bawah ini :

 

CATATAN WALI KELAS UNTUK PENGISIAN RAPOR

 

1. Apa yang ibu amati selama semester ini menunjukkan perilaku yang positif pada dirimu dan juga bagi orang lain. Teruslah untuk berbuat baik bagi sesama.

2. Salsabila, "Jangan mudah menyerah”. Hal - hal besar membutuhkan waktu. Jadi tetap semangat dan terus belajar ya !

 

3. "Setiap orang mempunyai bakat nya masing - masing dan begitupun kamu. Biarkan bakatmu itu berkembang dengan cara belajar dan semua proses belajar itu kamu lakukan. Semangat !”

 

4. "Berjuang itu memang capek. Namun, kesuksesan butuh perjuangan. Jadi tetaplah semangat belajar nya ya, *sebutkan nama siswa*.”

 

5. "Belajar bukanlah proses yang mudah, tetapi pengorbanan kamu akan membayar dengan hasil yang luar biasa di masa depan. Ibu percaya kamu pasti bisa, *sebutkan nama siswa*.”

 

6. "Kesuksesan adalah perjalanan yang panjang. Nikmati setiap langkahnya dan tetap fokus pada tujuan akhir."

 

7. Kamu sudah melakukan yang baik, tetapi Ibu tahu kamu bisa lebih baik dari ini. Ayo lebih semangat lagi, fokus dengan cita-cita yang sudah kamu tetapkan, kamu pasti bisa lebih baik lagi!

 

8. Ibu bangga dengan prestasimu, Budi. Kamu tidak hanya berprestasi di sekolah tetapi juga di luar sekolah. Luar biasa! Tetap ingat tanggung jawab utamamu sebagai murid ya !

 

9. Jadilah pribadi yang mandiri dan jangan terpengaruh oleh dunia luar yang dapat menjerumuskan pada hal-hal yang negatif serta rajinlah terus belajar.

 

10. Tingkatkan cara belajarmu agar kamu dapat memiliki prestasi yang lebih baik lagi.

Belajar merupakan kunci keberhasilan, oleh sebab itu tingkatkan motivasi belajarmu agar menjadi pribadi yang lebih baik.

 

11. Bima, cara belajarmu sudah bagus, teruslah rajin belajar agar kamu menjadi anak yang berhasil.

Ahmad, kamu merupakan siswa yang baik, rajinlah terus belajar dan patuhlah kepada kedua orang tua serta gurumu

 

12. Semangat dalam belajar merupakan kunci kesuksesan. Tingkatkan terus semangat belajarmu untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi.

 

13.Mawar, kamu adalah siswa yang cerdas. Pertahankan cara belajarmu agar prestasimu tetap cemerlang.

 

14. Jangan suka pesimis, rajinlah belajar dan selalu optimis dalam setiap mengambil keputusan agar dapat menjadi orang yang sukses.

 

15. Tingkatkan intensitas belajarmu dan maksimalkan tugas kelompok yang diberikan guru. Gurumu menghargaimu!

 

16. Semangat belajarnya perlu ditingkatkan lagi agar dapat memperoleh prestasi yang gemilang.

Penilaian pengetahuanmu sudah bagus, namun pada penilaian sikap khususnya sikap dalam hal bekerjasama baik dengan guru dan teman perlu ditingkatkan lagi.

 

17. Tidak ada kata lain selain, bangga! Wulan sudah melakukan yang terbaik, konsisten, dan disiplin. Hanya saja perlu lebih percaya diri dan lebih kreatif dalam mengerjakan segala sesuatu. Semangat calon dokter!

 

18. Sikap tanggung jawabmu dalam menyelesaikan tugas sekolah sudah baik, namun Kurangi ketidakhadiran pada semester-semester berikutnya serta rajinlah untuk terus belajar.

 

19. Susi, selamat kamu meraih prestasi yang baik pada semester ini, bapak guru harap kamu dapat mempertahankannya dengan baik. Selamat ya !

 

20. Rajinlah belajar, dan patuhilah tata tertib yang ada di sekolah.

Pertahankan prestasimu. Semangatmu dalam belajar serta prestasi yang kamu raih menunjukkan sikap yang positif. ibu menghargaimu!

 

21. Belajarlah dengan sungguh-sungguh untuk bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi di semester berikutnya.

 

22. (Nama siswa), adalah siswa yang dekat dengan banyak orang, mudah beradaptasi, dan bisa menghargai orang lain. Imbangi itu dengan belajar yang lebih rajin dan disiplin waktu ya!

 

23. Teruslah berkarya dan jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap kegiatan.

 

24. Ibu menyayangimu, jadilah siswa yang patuh pada guru dan orang tua.

 

25. Tingkatkan prestasimu, rajinlah belajar dan jangan lupa berdoa sebelum belajar.

 

26. Prestasi yang baik adalah kunci sukses untuk meraih cita-cita. Tingkatkan terus motivasi belajarnya dan selalu bersemangat dalam setiap kegiatan di sekolah.

 

27. Semester ini Bapak Guru melihat kehadiranmu sangat kurang, rajinlah ke sekolah dan belajar yang baik agar menjadi siswa yang berprestasi.

 

28. Kamu adalah siswa yang menjadi contoh bagi teman-temanmu. Tak hanya ramah dan rendah hati, tetapi juga pintar. Tetap semangat dan pertahankan prestasimu untuk masa depan yang cerah ya Nak!

 

29. Belajar merupakan kunci keberhasilan, oleh sebab itu tingkatkan motivasi belajarmu agar menjadi pribadi yang lebih baik.

 

30. Minda adalah anak yang rajin dan tekun, walau belum mendapatkan nilai yang diharapkan namun harus tetap semangat sebagai kunci kesuksesan.

 

31. Jangan menyerah untuk sebuah kebanggaan, semua anak punya potensi yang harus terus diasah dengan baik.

 

32. Kamu hebat dan pandai karena tidak ada anak yang terlahir sempurna namun tidak juga anak yang dilahirkan tanpa potensi.

Berusaha lagi, jangan berkecil hati karena tidak ada pisau yang tumpul bila diasah setiap hari.

33. Tidak ada usaha yang sia-sia, kamu sudah menunjukkan kemajuan dari semester sebelumnya. Tetap lakukan yang terbaik dan jadilah versi terbaik dari dirimu!

 

34. Jangan pernah lelah belajar ya anak hebat yang akan menjadi kebanggaan orang tua, guru dan sekolah.

 

35. Jangan pernah merasa puas dengan prestasi yang sudah kamu raih ya, teruslah belajar dan jadilah anak yang selalu berguna bagi orang lain.

 

36. "Tugas kita sebagai manusia adalah berusaha dan terus belajar. Jika gagal, usaha lagi. Jika salah, perbaiki lagi karena tidak ada hal yang benar - benar mudah apalagi sempurna. Tetap semangat, ya

 

37. *sebutkan nama siswa*, Ibu doakan semoga kamu bisa mewujudkan semua impian yang kamu miliki."

 

38. "Tidak ada batasan bagi apa yang dapat kamu capai jika kamu memiliki keyakinan dan kerja keras. Tetap semangat ya, Ibu yakin kamu pasti bisa."

 

39. "Kegagalan adalah batu loncatan menuju kesuksesan. Jangan takut untuk mencoba dan belajar dari setiap kesalahan, ya *sebutkan nama siswa*, Tetap semangat !."

 

40. "Pertahankan prestasimu. Teruslah semangat belajar dan banggakan orang tuamu. Ibu yakin *sebutkan nama siswa* pasti bisa."

 

40. "Tujuan besar membutuhkan ketekunan dan ketabahan. Semangat terus buat *sebutkan nama siswa*.”

 

41. "Kesuksesan bukanlah tentang seberapa pintar kamu, tetapi seberapa keras kamu bekerja untuk mencapainya, jadi tetap semangat ya buat *sebutkan nama siswa*, pertahankan terus semangat belajarnya."

 

42. "Setiap hari adalah kesempatan baru untuk tumbuh dan berkembang. Manfaatkan waktu kamu sebaik-baiknya."

 

43. "Kesuksesan adalah pilihan, bukan kebetulan. Ambil langkah positif setiap hari menuju impian kamu. Tetap semangat dan pertahankan nilaimu ya, *sebutkan nama siswa*.”

 

44. "Kemampuan kamu dalam belajar sudah bagus. Pertahankan, tetap rendah hati dan jaga kesehatan. Sukses menantimu."

 

45. "Ketika orang lain meragukan kemampuan kamu, gunakan itu sebagai motivasi untuk membuktikan mereka bahwa salah. Tetap semangat ya, *sebutkan nama siswa*.”

 

46. "Semangat terus untuk meraih cita-citamu nak. Doa ibu guru akan selalu menyertai murid-muridnya."

 

47. "Jangan bosan untuk terus belajar ya, ujian nasional sudah di depan mata."

 

48. "Pastikan Kamu tidak menyesal di hari depan. Sebenarnya nilai kamu sudah cukup baik, tapi jika cara belajarmu diubah menjadi lebih baik, sepertinya prestasimu bisa lebih baik lagi nak!"

 

49. "Terus belajar ya nak! Raih terus keinginanmu di masa depan hingga kamu bisa mendapatkannya!"

 

50. "Walaupun nilaimu sudah bagus, jangan sampai kamu tinggi hati dan teruslah mempertahankan prestasimu ya nak."

 

51. "Sudah banyak peningkatan yang terlihat dari nilai-nilaimu sejak pertengahan semester hingga akhir semester ini."

 

52. "Good job! Teruslah berkarya! Nak, kamu bisa mendapatkan nilai lebih tinggi dari ini kok, asalkan kamu lebih giat ya dalam belajar."

 

53. "Nilai harianmu sudah baik, mungkin saat ujian perlu dilakukan pengasahan kembali agar nilainya juga baik."

 

54. "Sayang bukan jika nilaimu jatuh saat ujian dan berdampak cukup besar bagi nilai rapotmu secara keseluruhan? Ada banyak bimbingan belajar, buku latihan, dan akses pelajaran gratis di internet untuk bisa menambah wawasanmu."

 

55. "Jangan patah semangat. Prestasimu sangat membanggakan, selamat dan semoga sukses terus kedepannya. Jangan sampai prestasi non akademikmu menutupi prestasi akademik kamu ya nak!"

 

56. "Semangat kau pasti bisa nak! Prestasi non akademik kamu sudah sangat baik, Ibu percaya, Namun, ada baiknya Kamu mengimbangi prestasi akademik kamu juga ya, supaya lebih seimbang dan Kamu tentunya bisa menjadi murid yang lebih membanggakan lagi."

 

57. "Keikutsertaan kamu di paskibra sangat membuat bangga sekolah kami."

 

58. "Semangat terus ya nak! Kemampuanmu di bidang non akademik memang sudah tidak perlu diragukan lagi."

 

59. "Selamat, kamu sudah membawa nama baik sekolah. Jangan kurung talentamu."

 

60. "Hidup tidak hanya soal akademis saja, kamu bisa mengembangkan kemampuan non akademismu kok."

 

61. "Mengimbangi kemampuan akademik dan non akademik merupakan suatu hal yang sangat baik untuk kamu nak, Jangan sampai kamu lupa dengan kewajibanmu ujian nasional semester depan ya nak."

 

62. "Kamu harus mengatur sedemikian rupa agar kegiatan non akademis tidak mengganggu kegiatan akademismu."

 

63. "Dengan izin Allah Swt., tiada usaha yang mengkhianati hasil. Teruslah belajar dengan giat."

 

64. "Nikmati masa mudamu dengan hal positif. Jangan terlalu banyak nongkrong dan bersenda gurau."

 

65. "Meskipun kamu belum bisa masuk 10 besar. Kamu adalah siswa paling rajin di kelas."

 

66. "Semester berikutnya kamu harus lebih rajin belajar, sering bertanya pada guru dan membaca buku di perpustakaan. Semangat yaa!"

 

67. "Ayo tunjukan semangatmu dalam belajar, perbaiki tingkat kehadiranmu agar kamu bisa mengikuti materi pelajaran dengan baik."

 

68. "Ibu percaya kamu adalah orang yang memiliki kemampuan terpendam."

 

69. "Jangan sia-sia kan masa depanmu. Perbanyak lagi belajar ya nak. Aamin."

 

70. "Ingat!! Penyesalan selalu datang belakangan. Bersyukurlah dengan tidak menyia-nyiakan kesempatan belajar."

 

71. "Di luar sana banyak anak yang ingin sekolah tapi memiliki keterbatasan ekonomi, tingkatkan lagi prestasimu ya, Nak."

 

72. "Belajarlah untuk mengevaluasi diri. Dengan sekolah, kesempatan untuk hidup lebih baik di masa depan terbuka."

 

73. "Jangan banyak bolos ya nak. Jangan kecewakan mereka yang telah membiayai sekolahmu nak Alfi."

 

74. "Belajar dan bekerja keraslah untuk mencapai kesuksesan, Nak."

 

75. "Jangan malas untuk belajar karena ilmu adalah harta yang bisa kita bawa ke mana pun tanpa membebani kita."

 

76. "Sekarang kamu sudah menjadi anak rajin. Pertahankan ya."

 

77. "Kamu mempunyai kemampuan yang sangat luar biasa dalam bidang matematika. Kamu cerdas."

 

78. "Dinda Kirana, kamu mempunyai kemampuan akademis yang bagus, namun kamu perlu lebih banyak bergaul dan berkomunikasi dengan teman di sekolah."

 

79. "Kamu harus lebih percaya diri karena Kamu pintar dan kamu luar biasa!"

 

80. "Nida, suatu saat kamu pasti bisa meraih cita-citamu menjadi dokter."

 

81. "Teruslah belajar dengan giat dan jangan mudah menyerah."

 

82. "Kamu memiliki semangat yang tinggi dalam belajar, tahun depan bu yakin nilai kamu bisa lebih dari ini."

 

83. "Semangat ya, Alinea! Metode belajarmu sudah bagus, pertahankan dan jangan sampai prestasi kamu menurun ya!"

 

84. "Secara umum, kamu sudah mengalami peningkatan dalam bidang akademik. Rata-rata nilai kamu lebih baik dari semester sebelumnya."

 

85. "Pertahankan dan tingkatkan belajarmu, ya nak."

 

86. "Semangat terus nak, jangan pernah berhenti untuk belajar agar kelak kamu menjadi orang yang sukses !”

 

87. "Nilaimu sudah sangat baik. Pertahankan Prestasimu”

 

88. "Jangan berkecil hati tidak dapat 10 besar karena memang perbedaan nilainya sangat kecil."

 

89. "Kamu tetap membanggakan."

 

90. "Pertahankan prestasimu."

 

91. "Banggakan orang tuamu."

 

92. "Teruslah belajar tanpa mengenal kata putus asa."

 

93. "Ayo belajar lebih giat, agar prestasimu meningkat."

 

94. "Ibu percaya kamu bisa!"

 

95. "Selama satu semester ini kamu banyak mengalami perubahan positif, terutama dalam hal kedisiplinan, kamu sudah jarang terlambat ke kelas."

 

96. "Ayo tunjukan semangatmu dalam belajar, perbaiki tingkat kehadiranmu agar kamu bisa mengikuti materi pelajaran dengan baik. Ibu percaya kamu adalah orang yang memiliki kemampuan terpendam."

 

97. "Jangan sia-sia kan masa depanmu. Perbanyak lagi belajar ya Nak. Ingat! Penyesalan selalu datang belakangan."

 

98. "Tingkatkan cara belajarmu agar kamu dapat memiliki prestasi yang lebih baik lagi."

 

99. "Belajar merupakan kunci keberhasilan, oleh sebab itu tingkatkan motivasi belajarmu agar menjadi pribadi yang lebih baik."

 

100. "Jadilah pribadi yang mandiri dan jangan terpengaruh oleh dunia luar yang dapat menjerumuskan pada hal-hal yang negatif serta rajinlah terus belajar."

 

101. "Penilaian pengetahuanmu sudah bagus, tapi pada penilaian sikap khususnya sikap dalam hal bekerja sama baik dengan guru dan teman perlu di tingkatkan lagi."

 

102. "Pertahankan prestasimu. Semangatmu dalam belajar serta prestasi yang kamu raih menunjukkan sikap yang positif. Ibu menghargaimu!

 

103. "Selamat kamu meraih prestasi yang baik pada semester ini, Bapak Guru berharap kamu dapat mempertahankannya dengan baik. Selamat ya!"

 

104. "Ada banyak bimbingan belajar, buku latihan, dan akses pelajaran gratis di internet untuk bisa menambah wawasanmu. Jangan patah semangat."

 

105. "Prestasi kamu sangat membanggakan, selamat dan semoga sukses terus ke depannya."

 

106. "Jangan kurung talentamu. Hidup tidak hanya soal akademis saja, kamu bisa mengembangkan kemampuan nonakademismu."

 

107. "Dengan Izin Allah, tiada usaha yang mengkhianati hasil. Teruslah belajar dengan giat."

 

108. "Kemampuan kamu dalam pelajaran sudah sangat bagus. Tetap rendah hati dan bergaul dengan siapa saja ya Nak."

 

109. "Meski kamu belum bisa masuk 10 besar, kamu adalah siswa paling rajin di kelas. Semester berikutnya kamu harus lebih rajin belajar, sering bertanya pada guru dan membaca buku di perpustakaan. Semangat ya!"

 

110. "Secara umum kamu adalah siswa paling pintar di kelas. Jangan lupa untuk mengajari teman temanmu di kelas ya. Belajar bersama, sukses bersama."

 

111. "Ibu sangat bangga melihat prestasimu di sekolah dan luar sekolah. Terus pertahankan semangatmu ya!"

 

112. "Selama satu semester ini kamu banyak mengalami perubahan positif, terutama dalam hal kedisiplinan, kamu sudah jarang terlambat ke kelas. Sekarang kamu sudah menjadi anak rajin. Pertahankan ya."

 

113. "Kamu mempunyai kemampuan yang sangat luar biasa dalam bidang matematika. Kamu cerdas."

 

114. "Kamu memiliki semangat yang tinggi dalam belajar, tahun depan Ibu yakin nilai kamu bisa lebih dari ini. Semangat!"

 

115. "Metode belajarmu sudah bagus, pertahankan dan jangan sampai prestasi kamu menurun ya!"

 

116. "Secara umum, kamu sudah mengalami peningkatan dalam bidang akademik. Rata-rata nilai kamu lebih baik dari semester sebelumnya. Pertahankan dan tingkatkan belajarmu."

 

117. "Nak, kamu bisa mendapatkan nilai lebih tinggi dari ini asalkan kamu lebih giat ya dalam belajar."

 

118. "Nilai harianmu sudah baik, mungkin saat ujian perlu dilakukan pengasahan kembali agar nilainya juga baik. Sayang bukan jika nilaimu jatuh saat ujian dan berdampak cukup besar bagi nilai rapotmu secara keseluruhan?"

 

119. "Selamat ya kamu bisa menjadi top 10 di angkatan dengan perbedaan nilai yang sangat tipis. Kamu hebat sekali."

 

120. "Selamat dan sukses atas prestasi kamu semester ini. Semangat terus dalam menggali ilmu. Kamu masuk 5 besar di kelas. Semester depan kamu harus jadi nomor 1."

 

121. "Nilai rapormu sudah memiliki rata-rata 90. Pertahankan prestasimu, jangan sampai turun agar bisa membantumu dalam pendaftaran universitas jalur undangan ya!"

 

122. "Selamat kamu mendapat rangking terbaik di kelas. Tetap membumi dan rendah hati. Ibu bangga dengan prestasimu."

 

123. "Prestasi kamu semester ini sangat baik. Semoga kamu bisa mempertahankannya. Selamat ya!"

 

124. "Semangat terus, Nak. Nilaimu sudah sangat baik. Jangan berkecil hati tidak dapat 10 besar karena memang perbedaan nilainya sangat kecil. Kamu tetap membanggakan."

 

125. "Pertahankan prestasimu. Banggakan orang tuamu. Teruslah belajar tanpa mengenal kata putus asa."

 

126. "Ayo belajar lebih giat agar prestasimu meningkat. Ibu percaya kamu bisa!"

 

127. Tunjukkan bahwa di kelas selanjutnya kamu akan lebih baik lagi, agar kedua orang tua dan juga Gurumu bangga melihatmu !

 

128. Kelulusan bukanlah akhir dari belajar, melainkan merupakan awal untuk berjuang agar kamu bisa meraih masa depan, Ayo tetap seamangat sekolah

 

129. Tidak ada kata Lelah dalam belajar, Teruslah belajar dan jangan lupa untuk bisa selalu berbuat baik bagi sesama

 

130.  Capaian belajarmu sangat bagus, Ibu bangga padamu nak. Jangan pernah Lelah untuk belajar dan ukirlah prestasi yang lebih baik lagi di semester berikutnya !


Demikianlah beberapa contoh catatan wali kelas untuk pengisian rapor siswa di sekolah. Semoga apa yang telah admin kherysuryawan bagikan ini bisa menjadi referensi yang bermakna dan bermanfaat bagi bapak/ibu guru yang saat ini sedang menjadi wali kelas di sekolah.

Sekian dan Semoga bisa membantu.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel