-->

CARA MENGERJAKAN E-RAPOR MENGGUNAKAN BANYAK KOMPUTER MENGGUNAKAN JARINGAN LAN ATAU SECARA ONLINE

kherysuryawan.id - Cara mengerjakan e-Rapor menggunakan banyak laptop secara offline tanpa terhubung internet.
Saat ini hampir semua sekolah telah menggunakan kurikulum 2013 yang merupakan pengganti dari kurikulum KTSP. Pada kurikulum 2013 guru di tuntut untuk mahir dalam menggunakan IT baik menggunakan jaringan online maupun secara offline.

Tahun demi tahun selalu ada perubahan yang terjadi pada setiap kurikulum demi kemajuan pendidikan yang lebih baik. Begitu juga dengan aplikasi yang di gunakan oleh tiap-tiap sekolah setiap tahun semakin bertambah sehingga mau tidak mau baik guru,tenaga pendidik dan terutama sebagai operator sekolah selalu di tuntut untuk dapat mahir dalam menjalankan computer dan aplikasi berbasis pendidikan.
Jika pada tahun-tahun sebelumnya sekolah hanya menggunakan aplikasi dapodik saja sebagai alat untuk melakukan pelaporan data sekolah data siswa data sarana prasarana dan data pendidik namun kini sudah semakin banyak aplikasi yang wajib dan harus di kerjakan oleh pihak sekolah diantaranya adalah PMP dan E-Rapor.

Dengan semakin bertambahnya jenis aplikasi yang harus di kerjakan oleh pihak sekolah maka semakin banyak pula beban dan tanggung jawab yang harus dikerjakan oleh seorang operator sekolah dalam melakukan tugasnya. Bagi seorang operator sekolah yang sudah mahir dalam menggunakan computer dan jaringan mungkin hal tersebut tidaklah terlalu membebani tugas sebagai seorang operator sekolah namun jika seorang operator yang masih baru pastinya hal tersebut akan sangat menguras tenaga dalam melakukan tugasnya karena masih perlu banyak latihan dan mengenal cara dalam menggunakan aplikasi tersebut.

Pada saat masih menggunakan kurikulum ktsp setiap sekolah yang akan memasuki akhir semester pastinya akan di sibukkan dengan yang namanya penulisan nilai secara manual kedalam buku raport sebagai bukti hasil nilai akhir yang di peroleh seorang siswa dalam melakukan tugas belajarnya di sekolah tersebut dan kemudian menginput kembali nilai dari raport tersebut ke dalam aplikasi dapodik untuk di kirim ke pusat sebagai laporan hasil nilai sekolah.
Namun setelah memasuki era kurikulum 2013 kini pihak kementerian pendidikan telah menyiapkan suatu aplikasi yang memudahkan pihak sekolah dalam penginputan nilai dan juga sekaligus sekolah sudah langsung dapat mencetak raport siswa melalui aplikasi tersebut.

Aplikasi tersebut diberi nama dengan aplikasi E-RAPOR. Aplikasi eraport sangat mudah untuk di gunakan dan kini hampir semua sekolah sudah menggunakannya dan telah ada peraturan dari kementerian bahwasannya setiap sekolah harus dapat menggunakan aplikasi erapor.
Aplikasi erapor merupakan aplikasi yang di gunakan untuk melakukan input nilai baik nilai harian,nilai ulangan hingga nilai akhir yang kemudian melalui aplikasi tersebut sekolah sudah langsung dapat mencetak raport siswa.

Aplikasi e-rapor merupakan suatu aplikasi yang telah terintegrasi dengan aplikasi dapodik sehingga ketika kita telah menginput nilai kedalam aplikasi erapor maka kita tidak perlu lagi untuk menginput ulang nilai tersebut ke dalam aplikasi dapodik melainkan cukup langsung mengirimkan nilai tersebut ke aplikasi dapodik dan nilai akan secara otomatis tersimpan dalam aplikasi dapodik sekolah.

Aplikasi erapor diperuntukkan bagi sekolah dan dikerjakan oleh para guru yang akan memberikan nilai kepada masing-masing siswa sesuai jenis mata pelajaran yang di ampunya.
Jika di sekolah anda terdapat beberapa computer atau memiliki laboratorium computer maka aplikasi eraport tersebut dapat dikerjakan dengan menggunakan banyak computer baik melalui jaringan internet maupun menggunakan jaringan LAN.
Dengan mengerjakan eraport di banyak computer maka jelas tugas dalam penginputan nilai akan semakin cepat di kerjakan.

Selain E-Raport, aplikasi PMP maupun DAPODIK pun dapat dilakukan dan di kerjakan dengan menggunakan banyak laptop/komputer, untuk lebih jelasnya anda dapat melihat penjelasan dan tutorialnya pada postingan saya sebelumnya yang telah saya publish di dalam blog milik saya ini.
Pada postingan kali ini saya akan berbagi  mengenai  bagaimana cara mengerjakan aplikasi e-Rapor dengan menggunakan banyak laptop atau computer.

Berikut ini penjelasannya :

  • Sediakan beberapa Laptop / computer yang nantinya akan digunakan dalam mengerjakan e-Rapor
  • Jika menggunakan jaringan internet maka nyalakan hotspot atau wifi sebagai sumber untuk bisa membagi jaringan dari computer satu ke computer lainnya.
  • Jika menggunakan jaringan LAN maka computer server (yang telah terinstal aplikasi e-rapor) harus sudah di hubungkan dengan computer client menggunakan jaringan LAN
  • Masing-masing computer harus menonaktifkan windows firewall yaitu dengan cara sebagai berikut :
-  Buka "Run" dengan cara menekan tombol Windows+R. Kemudian ketikkan "firewall.cpl"). Kemudian klik "OK" atau bisa juga dengan cara ketikkan “windows firewall di menu start”kemudian enter maka windows firewall akan terlihat

- Kemudian pilih tulisan  "Turn Windows Firewall on or off"
- Centang "Turn off windows firewall". Kemudian klik "OK"
Setelah windows firewall dinon aktifkan maka selanjutnya ikuti langkah berikut:

  • Pastikan menggunakan jaringan internet yang sama (bisa menggunakan  wifi, ataupun hotspot Hp, Yang terpenting koneksi internet lancar), namun jika menggunakan jaringan LAN hal ini tidak perlu dilakukan.
  • Untuk komputer atau laptop yang menjadi server utama, silahkan Masuk ke tampilan command prompt dengan cara menekan tombol WIN+R kemudian ketikkan “cmd” kemudian tekan "OK"  atau tekan ENTER.


  • Ketikkan ipconfig setelah kata user, kemudian enter

  • Maka akan muncul seperti pada gambar di bawah ini :

  • Setelah data muncul, lihat di ip address yg di lingkari diatas, kemudian copy dan pastekan ip address tersebut ke computer lainnya (client) yang akan di gunakan secara bersama-sama dalam pengisian E-rapor dan kemudian di akhir nomor ip address tersebut tambahkan titik dua dan angka 2679 ( contoh: 192.168.43.30:2679). Angka 2679 merupakan alamat local aplikasi E-rapor.
cara melakukannya silahkan masuk ke browser chrome atau mozila pada masing-masing komputer client dan ketikkan alamat ip tersebut pada kotak alamat pencarian di chrome/mozila tersebut.
seperti pada tampilan gambar di bawah ini :
Jika semua langkah-langkah diatas dilakukan dengan benar maka aplikasi E-rapor akan dapat di buka di banyak computer, dan setiap guru dapat melakukan penginputan nilai pada masing-masing laptop atau komputer yang telah terkoneksi dengan aplikasi eraport tersebut.

Demikianlah tutorial mengenai Cara mengerjakan e-rapor menggunakan banyak komputer  menggunakan jaringan LAN atau secara online.
Semoga postingan ini dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel