Cara Mengonlinekan eRapor Menggunakan Cloudflare

Kherysuryawan.id – Cara mengonlinekan erapor menggunakan tunnel - cloudflared.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi seputar cara menggunakan/mengerjakan erapor pada aplikasi erapor kurikulum merdeka maupun erapor kurikulum 2013 dengan cara online sehingga dapat di kerjakan dari rumah masing-masing.

 

Ada beberapa cara yang dapat di lakukan dalam melakukan pengisian/penginputan melalui aplikasi erapor, seperti :

1.       Dengan melakukan penginputan langsung menggunakan computer server yang telah terpasang aplikasi erapor,

2.       Dengan menggunakan jaringan LAN

3.       Dengan menggunakan system online ( menggunakan jaringan internet ).

 

Apabila guru akan melakukan penginputan erapor dengan menggunakan cara 1 dan 2 diatas maka hal itu dapat di lakukan tanpa harus terhubung dengan jaringan internet. Sedangkan jika guru akan melakukan penginputan erapor dengan menggunakan cara ke 3 diatas, maka hal itu wajib di lakukan dengan menggunakan jaringan internet.

 

Jika anda akan melakukan penginputan erapor dengan menggunakan jaringan LAN atau dengan cara online maka anda bisa menghubungkannya dengan beberapa computer lainnya sehingga dapat di lakukan penginputan erapor dengan menggunakan banyak computer yang artinya bahwa guru-guru dapat menginput erapor secara bersama-sama.

 

Khusus untuk penginputan dengan menggunakan cara online maka disini guru dapat melakukan penginputan di rumah masing-masing dengan catatan admin erapor terlebih dahulu harus membuat sebuah link yang nantinya dapat di bagikan kepada masing-masing guru agar bisa membuka aplikasi erapor dari rumah masing-masing melalui perangkat yang akan di gunakan masing-masing guru ( dapat menggunakan HP, tablet ataupun laptop/Komputer).

 

Pada postingan kali ini admin akan membahas tentang bagaimana cara mengonlinekan erapor agar bisa diakses oleh banyak guru dari rumah masing-masing. Adapun cara yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini yaitu dapat mengonlinekan erapor dengan menggunakan setting cloudflare.

 

Bagi anda yang belum memahami tentang bagaimana cara mengonlinekan erapor dengan menggunakan cloudflared maka pada artikel ini admin akan memberikan tutorialnya agar bisa mudah untuk di praktekkan.

 

Baiklah berikut ini tutorial mengenai cara mengonlinekan erapor dengan setting cloudflare :

1.       Pertama-tama silahkan anda download terlebih dahulu file cloudflared (DISINI)

2.       Selanjutnya setelah berhasil mengunduhnya ekatrak terlebih dahulu filenya kemudian silahkan anda install file tersebut

3.       Apabila telah selesai/berhasil diinstal maka langkah selanjutnya silahkan anda buka CMD atau dengan cara cepat (klik logo windows + R ) di keyboard computer/laptop anda

4.       Selanjutnya silahkan ketikkan cmd pada kolom open, selanjutnya klik “ok”



5.       Selajutnya silahkan ketikkan tulisan dibawah ini (Port dapat diganti sesuai aplikasi erapor yang di gunakan)sebagai contoh admin menggunakan port 2022 untuk erapor k13:

cloudflared tunnel --url localhost:2022

6.       Lalu klik “enter”

7.       Kemudian akan tampil seperti tampak pada gambar di bawah ini:



8.       Silahkan anda salin link yang ada pada kotak yang telah disiapkan , seperti yang telah admin berikan dalam bentuk tanda panah pada gambar dibawah ini



10.   Selanjutnya silahkan bagikan link tersebut ke masing-masing guru untuk di buka

11.   Guru dapat melakukan penginputan erapor di manapun melalui link yang telah dibagikan tadi, dengan catatan diakses secara online

12.   Selesai.

 

Demikianlah informasi mengenai langlah-langkah untuk melakukan penginputan erapor secara online yang dapat dilakukan di rumah guru masing-masing.

Semoga poatingan ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya, Selamat mengerjakan eRapor !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel