Cara Mengerjakan erapor Online Menggunakan Ngrok

Kherysuryawan.id – Tutorial Cara mengonlinekan erapor dengan aplikasi Ngrok agar bisa di kerjakan di rumah masing-masing.

Sahabat pendidikan, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan yang mana melalui postingan ini admin akan membagikan tutorial tentang bagaimana cara untuk bisa mengerjakan aplikasi erapor kurikulum 2013 maupun erapor kurikulum merdeka dengan cara online sehingga para guru dapat melakukan penilaian secara online di rumah masing-masing.

 

Saat ini hampir semua sekolah sudah menerapkan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka dan semua sekolah yang telah menerapkan kurikulum tersebut sudah banyak pula yang melakukan penginputan nilai rapor dengan menggunakan aplikasi erapor. Adapun aplikasi erapor sebenarnya sudah banyak di gunakan oleh sekolah mulai dari sekolah jenjang SD, SMP, SMA dan SMK.

 

Perlu di pahami bahwa aplikasi erapor yang telah di keluarkan atau di rilis oleh kemendikbud sudah merupakan aplikasi erapor yang terintegrasi dengan aplikasi dapodik sehingga dalam menggunakan aplikasi erapor maka sekolah dalam hal ini guru akan lebih mudah dalam melakukan proses penilaian. Dengan terintegrasinya aplikasi erapor dengan aplikasi dapodik maka secara otomatis data guru, data siswa, data pembelajaran semuanya dapat langsung di Tarik ke dalam aplikasi erapor melalui aplikasi dapodik.

 

Bagi anda yang meungkin di sekolahnya telah menggunakan aplikasi erapor dalam melakukan penilaian rapor siswa maka tentunya sudah tidak asing lagi dalam menggunakan aplikasi tersebut. Intinya dengan menggunakan aplikasi erapor maka para guru semakin dimudahkan dalam melakukan penginputan nilai serta di dalam aplikasi erapor tersebut wali kelas pun sudah langsung dapat melakukan cetak hasil rapor siswa.

 

Sebagai informasi bahwa aplikasi erapor dapat di kerjakan dengan menggunakan 2 cara yakni :

1.       Dengan cara offline

2.       Dengan cara online

 

Mungkin di antara para guru maupun operator dapodik dan erapor masih belum mengetahui bahwa aplikasi erapor dapat di kerjakan secara online sebab masih banyak sekolah yang melakukan penginputan erapor dengan cara offline. Banyak keuntungan yang bisa di dapat jika kita mengerjakan erapor secara online diantaranya kita bisa mengerjakannya di rumah masing-masing dan tidak perlu harus berkumpul di sekolah.

 

Nah, bagi anda yang belum mengetahui tentang bagaimana cara untuk mengerjakan erapor secara online di rumah masing-masing maka melalui postingan ini admin kherysuryawan.id akan membagikan tutorial atau informasi mengenai cara mudah mengerjakan erapor secara online di rumah masing-masing.

 

Untuk bisa mengerjakan erapor secara online maka admin erapor harus menginstal sebuah aplikasi yang bisa menjadikan erapor menjadi online dan bisa di akses dimana saja. Adapun aplikasi yang akan di gunakan oleh admin erapor agar bisa kerja erapor secara online ialah dengan meenggunakan aplikasi ngrok.

 

CARA ONLINEKAN ERAPOR DENGAN NGROK

Untuk lebih jelas mengenai cara mengerjakan erapor secara online dengan menggunakan aplikasi ngrok, maka berikut ini penjelasannya :

1.   Perhatikan bahwa aplikasi erapor yang akan dibuka telah satu laptop dengan aplikasi dapodik (khusus untuk admin)

2.   Silahkan hubungkan ke jaringan internet laptop yang telah terinstal aplikasi erapor

3.   Silahkan akses dan login ke dashboard ngrok melalui alamat berikut : https://ngrok.com/

4.   Untuk bisa login ke dashboard ngrok jangan lupa siapkan email aktif dan lakukan registrasi



5.   Setelah berhasil registrasi maka silahkan klik tulisan “Resend Verification”



6.   Selanjutnya silahkan buka email yang di daftarkan tadi dan buka link yang di kirimkan maka nantinya anda akan berhasil melakukan registrasi di dashboard ngrok

7.   Selanjutnya silahkan anda download aplikasi ngrok

8.   Apabila aplikasi ngrok telah berhasil diunduh, silahkan lakukan exctract file hingga menjadi file dengan format EXE

9.   Selanjutnya buka aplikasi ngrok yang telah di ekstrak

10.Akan muncul tampilan command prompt seperti berikut ini



11.Selanjutnya salin tulisan yang ada pada bagian bawah tulisan "Run the following command to add your authtoken to the default ngrok.yml" Seperti terlihat pada kotak merah pada gambar di bawah ini. Untuk menyalin otomatis kode tersebut silahkan klik sesuai tanda panah pada gambar di bawah.



12. Setelah itu silahkan pastekan kode yang telah di copy tersebut ke tampilan command prompt yang ada pada aplikasi ngrok, lalu klik "enter"

13.Langkah Nomor 12 diatas hanya di lakukan satu kali saja saat admin erapor baru menggunakan aplikasi ngrok. Jika sudah login berkali-kali menggunakan laptop yang sama dan email yang sama saat login ke dashboard ngrok maka langkah nomor 12 tak perlu lagi di lakukan

14.Selanjutnya pada laman command prompt ketikkan : ngrok spasi tcp spasi 7759 Lalu kilk enter (localhost erapor SMP Versi M.03 adalah 7759)


15.Selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut ini, kemudian salin url yang saya tandai (kotak merah) pada gambar di bawah ini untuk bisa login eRaport online


Contoh link yang di salin/copy adalah 0.tcp.ap.ngrok.io:19840


16.Setelah url tersebut di salin maka silahkan bagikan ke teman-teman guru yang akan mengerjakan online

17.Selamat mengerjakan aplikasi erapor secara online dimanapun anda berada

18.Selesai

 

LIHAT JUGA:

  • Cara Mengerjakan eRapor Secara Online Menggunakan Cloudflare (DISINI)


Perlu di ketahui bahwa laptop admin (server) yang terpasang aplikasi erapor wajib harus selalu online saat guru-guru akan mengakses erapor secara online dari rumah masing-masing. Dengan menggunakan aplikasi ngrok maka client yang akan menggunakan atau mengisi secara online dapat terhubung dengan mudah tanpa Batasan atau sebanyak guru yang akan mengisi.

 

Demikianlah informasi atau tutorial lengkap mengenai cara mengonlinekan erapor agar bisa di kerjakan di rumah masing-masing baik oleh guru maupun oleh wali kelas. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda yang akan melakukan pengisian atau penginputan erapor secara online.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel