Catatan Deskripsi Singkat Wali Kelas Untuk Rapor K13 & Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Contoh catatan perkembangan siswa oleh wali kelas dengan kata-kata yang singkat dan jelas serta catatan wali kelas yang keren, memotivasi dan juga menanamkan sikap sosial dan spiritual sesuai karakter masing-masing peserta didik.

 

Sebagai seorang wali kelas tentu saja akan merangkap tugas sebagai guru di sekolah. Wali kelas memiliki tugas untuk menginputkan nilai pada rapor masing-masing peserta didik yang masuk sebagai anggota perwaliannya. Selain menginput nilai masih banyak juga tugas lainnya yang harus di kerjakan oleh seorang wali kelas dalam mengisi rapor siswa diantaranya ialah memberikan deskripsi tentang perkembangan belajar siswa, menginputkan jumlah kehadiran siswa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 


Membahas mengenai tugas sebagai seorang wali kelas, pada kesempatan ini saya akan membahas salah satu tugas wali kelas yaitu tentang memberikan deskripsi perkembangan siswa atau catatan wali kelas untuk setiap siswa perwaliannya yang diisikan di rapor saat akhir semester atau saat kenaikan kelas.

 

Untuk memberikan catatan pekembangan siswa berupa catatan wali kelas di rapor ada begitu banyak masalah yang bisa menjadi deskripsi dalam catatan wali kelas diantaranya yaitu catatan tentang siswa yang berprestasi, catatan tentang siswa yang bermasalah, , catatan tentang siswa yang naik kelas, , catatan tentang siswa yang tinggal kelas, , catatan tentang siswa yang lulus, , catatan tentang siswa yang tidak lulus, , catatan tentang penilaian sikap siswa dan masih banyak lagi yang lainnya yang bisa menjadi acuan atau dasar bagi seorang wali kelas dalam memberikan deskripsi tentang perkambangan siswanya.

 

Pada postingan saya sebelumnya saya telah membagikan beberapa contoh catatan wali kelas yang mana contoh tersebut bisa digunakan untuk menjadi acuan bagi wali kelas dalam memberikan catatan perkembangan siswa di rapor. Bagi anda yang ingin melihat contoh catatan wali kelas yang telah saya posting sebelumnya maka anda bisa melihat dan mencarinya di blog kherysuryawan.id

 

Untuk memberikan catatan wali kelas maka wali kelas harus bisa memiliki kerjasama yang baik dengan guru bimbingan konseling (Guru BK). Sebagai guru BK tentunya memiliki catatan tersendiri tentang aktivitas dan keseharian siswa selama berada di sekolah. Guru BK lebih memiliki waktu yang banyak dalam mengontrol jejak rekam siswa sehingga catatatn guru BK juga dapat menjadi salah satu alternative yang bisa dijadikan dasar bagi wali kelas dalam memberikan deskripsi perkembangan belajar siswa di rapor.

 

Apabila di sekolah anda tidak memiliki guru BK maka sebagai wali kelas kita harus mengetahui tahapan evaluasi perkembangan siswa untuk mengetahui siswa yang rajin, siswa yang malas, siswa yang aktif, siswa yang kurang aktif, siswa yang nakal, siswa yang kreatif dan lain sebagainya. Nantinya statistic perkembangan siswa tersebut dapat menjadi dasar bagi seorang wali kelas dalam memberikan catatan wali kelas atau deskripsi perkembangan siswa di rapor.

 

Ada banyak sekali kata-kata atau catatan yang bisa menjadi sebuah motivasi bagi siswa yang bisa di jadikan sebagai catatan bagi seorang wali kelas untuk disimpan di rapor siswa. Selain kata-kata motivasi maka kita pun bisa memberikan sebuah peringatan yang sifatnya positif sehingga bisa membantu siswa untuk tidak lagi mengulangi kebiasaan lama yang tidak baik dan tentunya bisa meningkatkan semangat belajar siswa.

 

Bagi anda para guru dan wali kelas yang mungkin tidak suka dalam memberikan kata-kata atau catatan wali kelas dalam kalimat yang Panjang dan bertele-tele maka pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa jenis contoh catatan wali kelas yang singkat namun dapat mudah untuk dimengerti serta bisa menjadi sebuah motivasi bagi siswa agar menjadi siswa yang lebih baik lagi.

 

Contoh catatan deskripsi wali kelas ini dapat dijadikan referensi bagi setiap wali kelas yang mungkin masih bingung dalam memberikan catatan wali kelas di aplikasi eRepor atau pada rapor kurikulum 2013. JIka masih terdapat contoh yang kurang sesuai maka anda bisa merubahnya sendiri untuk bisa di sesuaikan dengan keadaan yang ada di sekolah anda masing-masing, dalam hal ini yaitu di sesuaikan dengan perkembangan siswa selama belajar di sekolah anda masing-masing.

 

Berikut ini beberapa jenis contoh catatan deskripsi wali kelas yang singkat namun jelas untuk di gunakan dalam mengisi deskripsi di rapor siswa :

1.   Tingkatkan lagi cara belajarmu di semester berikutnya

2.   Rajinlah belajar agar menjadi anak yang pandai

3.   Jangan mudah menyerah, teruslah semangat dalam belajar

4.   Pertahankan prestasimu agar di kelas selanjutnya kamu tetap jadi juara

5.   Jangan suka bolos, rajinlah kesekolah

6.   Perbaiki catatanmu sebab masih banyak guru yang mengeluh bahwa catatanmu kurang lengkap

7.   Semangat belajar dan jaga selalu kesehatanmu

8.   Lebih rajin lagi ibadahnya agar nilai agamamu dapat lebih meningkat

9.   Kamu masih kurang di mata pelajaran matematika, lebih banyak lagi latihan berhitung

10. Patuhi tata tertib di sekolah, dan jangan suka melawan sama guru

11. Cara belajarmu sudah baik, teruslah semangat belajar

12. Usahakan untuk berpakaian yang rapi sesuai aturan yang ada di sekolah ini agar kamu lebih disiplin

13. Jangan suka bertengkar dengan teman, belajarlah untuk saling menghargai

14. Kehadiranmu di sekolah masih kurang, usahakan untuk rajin kesekolah

15. Ikuti kegiatan ektrakurikuler dengan baik, agar kamu bisa jadi anak yang berbakat

16. Tingkatkan disiplinmu dalam belajar

17. Jangan banyak bermain tetapi utamakan belajar agar jadi anak yang pintar

18. Belajarlah untuk berlatih dan berolahraga agar nilai PJOK lebih meningkat lagi

19. Jangan malu untuk menjawab jika ditanya oleh gurumu agar kamu memiliki mental yang berani

20. Belajar lebih giat lagi agar prestasimu meningkat

21. SELANJUTNYA DISINI

  

LIHAT JUGA :

👉 Contoh Deskripsi Capaian Sikap Profil Pelajar Pancasila untuk eRapor


Contoh Kata-kata deskripsi oleh wali kelas untuk siswa dirapor yang telah saya bagikan diatas, hanyalah sebuah contoh catatan wali kelas yang singkat, apabila anda memiliki kata-kata lainnya yang mungkin lebih baik, maka anda bisa melakukannya sendiri dengan kreatifitas anda masimg-masing. Intinya bahwa seorang wali kelas pastinya telah mengetahui bagaimana sifat dan jejak rekam masing-masing siswa perwaliannya sehingga wali kelas dapat dengan mudah memberikan catatan perilaku tentang perkembangan siswa selama berada di sekolah.

 

Demikianlah beberapa contoh deskripsi wali kelas dengan kata-kata yang singkat untuk rapor yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga contoh catatan wali kelas tersebut dapat menjadi sebuah referensi dalam memberikan deskripsi guru untuk siswanya di rapor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel