-->

Solusi Gagal Hitung rapor Mutu PMP 2020

Kherysuryawan.id – langkah-langkah mengatasi gagal hitung rapor mutu EDS PMP covid-19 versi 2020.A dimana ketika akan melakukan hitung rapor mutu selalu berhenti di tahap ke 3 atau tidak dapat lanjut lagi ketahap selanjutnya.

Sahabat OPS yang berbahagia, salam hangat buat anda semuanya, saya tahu anda pasti sangat Lelah menghadapi masalah ketika akan menyelesaikan pekerjaan EDS PMP 2020 namun sebagai seorang OPS Sejati maka mau tak mau kita harus terus berjuang dalam mengamankan data serta menyelesaikan misi sekolah hingga titik terakhir.

 

Tak ada masalah yang tidak memiliki jalan keluarnya………

Mungkin itu merupakan sebuah kata- kata yang bisa membuat para operator sekolah tak pernah gentar dalam menghadapi masalah, meskipun mungkin sangat terasa menjengkelkan apabila terjadi masalah yang berlarut-larut dan banyak menyita waktu.

 

Saya paham pekerjaan sebagai seorang operator sekolah memang tidaklah mudah apalagi jika dihadapkan dengan pekerjaan yang terasa sangat memberatkan dalam artian bahwa mungkin saja pekerjaan yang sudah di tekuni selama ini dirasa mudah untuk di kerjakan namun karena sedang mengadapi malapetaka saja sehingga kita merasa pekerjaan yang satu ini sungguh sangat melelahkan.

 

Ya, jika kita mendengar tentang aplikasi PMP maka pastinya banyak OPS yang merasa Lelah dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut, sebenarnya bukan karena susah atau tak mampu namun memang terkadang ada kendala yang harus di hadapi ketika system atau aplikasi memang tidak sepenuhnya dapat memberikan akses yang mudah untuk di kerjakan.

 

Seperti saat ini dimana setelah para OPS berusaha dengan sangat baik dalam mengumpulkan berbagai hasil jawaban dari instrument EDS PMP covid-19 versi 2020 yang dikerjakan oleh beberapa PTK (Guru) dan juga kepala sekolah baik yang di kerjakan melalui jaringan online dengan HP android maupun yang di kerjkan dengan menggunakan computer/laptop secara langsung. Ketika semua instrument telah berhasil di kerjakan dengan baik dan semuanya sudah memberikan status pengerjaan 100 % ternyata pekerjaan tersebut masih harus bersambung.

 

Kini dengan hadirnya kembali aplikasi EDS PMP covid-19 versi 2020.A maka para OPS kembali harus melanjutkan misinya yaitu untuk bisa melakukan hitung rapor mutu PMP tahun 2020 dan melakukan sinkronisasi EDS PMP covid-19 versi 2020.A agar hasil dari penghitungan rapor mutu dapat terkirim keserver pusat.

 

Alhasil dari sekian OPS yang melakukannya memang banyak yang aman-aman saja dalam artian tidak menghadapi masalah namun tak sedikit juga para OPS yang mengeluhkan terjadinya masalah ketika akan melakukan penghitungan rapor mutu EDS PMP 2020. Tentunya bagi para OPS yang mengalami masalah atau kendala tersebut maka akan merasa jengkel dan Lelah dalam menghadapi persoalan tersebut apalagi jika telah berusaha dengan berbagai cara namun tidak memiliki solusi sama sekali.

 

Salah satu masalah yang di hadapi oleh para OPS ketika akan melakukan penghitungan rapor mutu PMP 2020 yaitu ketika semua data isian instrumen PTK maupun isian instrument kepala sekolah telah berhasil di restore dan hasilnya menunjukkan angka 100% dan selanjutnya ketika akan melakukan hitung rapor mutu maka system hanya memberikan ceklis sampai pada bagian ke tiga saja dan setelah itu tidak bisa lagi lanjut ke langkah selanjutnya seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini :

 


Nah bagi anda yang mengalami kasus seperti pada gambar di atas, maka dapat dipastikan jika anda menunggu kelanjutan dari hasil hitung rapor mutu PMP tersebut maka anda akan menunggunya hingga berjam-jam bahkan hingga computer/laptop anda lowbet. Yah, menunggu memang sangat melelahkan namun jika anda hanya menunggu sesuatu hasil yang tidak jelas apakah anda masih sanggup untuk menunggu ???

 

Tentunya anda tidak mau kan menunggu sesuatu yang tidak jelas, nah sama seperti kasus diatas apabila anda ketika melakukan penghitungan rapor mutu PMP 2020 dan anda hanya berhenti sampai di tahap ke 3 saja seperti gambar diatas, maka saya sarankan anda untuk tidak menunggunya hingga selesai sebab jika menunggunya maka sama artinya anda hanya akan membuang-buang waktu saja dan anda akan menjadi jengkel sebab pada akhirnya tidak memberikan hasil yang sesuai dengan yang di harapkan.

 

Lantas bagaimana cara mengatasinya dan apa yang perlu untuk di lakukan ???

Nah, melalui postingan ini saya akan memberikan penjelasannya kepada anda sekalian yang sedang mengalami masalah atau kasus seperti diatas. Bagi anda yang mungkin telah melakukan berbagai cara namun belum mendapatkan solusinya maka melalui postingan ini saya yakin anda akan keluar dari masalah tersebut dan anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan yaitu anda akan dapat melakukan penghitungan rapor mutu PMP tahun 2020 dengan lancar dan juga tentunya anda bisa langsung melakukan sinkronisasi PMP dengan aman.

 

Sebelum saya memberikan penjelasan mengenai cara mengatasi gagal melakukan hitung rapor mutu PMP dan hanya berhenti di tahap perhitungan pada point ke 3, maka saya akan memeberikan sedikit pengalaman dari beberapa OPS yang telah melakukan eksperiman namun hasilnya Zonk alias gagal.

Banyak para OPS yang mengira bahwa jika gagal melakukan penghitungan rapor mutu PMP maka cara atau alternative yang harus di tempuh ialah melakukan install ulang aplikasi PMP versi 2020.A padahal jika hanya melakukan install ulang saja dan mencoba dengan cara yang itu-itu saja maka dipastikan anda akan gagal.

 

Sebenarnya masalah yang menimbulkan terjadinya gagal ketika akan melakukan penghitungan rapor mutu PMP 2020 yaitu di sebabkan karena ada bug atau masalah pada instrument pengisian di akun kepala sekolah, yang mana ada instrument kepala sekolah yang perlu untuk di perbaharui agar dapat berhasil melakukan penghitungan rapor mutu PMP tahun 2020.

 

Baiklah untuk lebih jelasnya mengenai cara mengatasi masalah gagal hitung rapor mutu dan hanya bisa berjalan sampai point ke 3 saja saat melakukan penghitungan rapor mutu, maka berikut ini langkah-langkah penyelesaiannya :

1.   Jika sebelumnya anda telah melakukan hitung rapor PMP dan gagal maka silahkan uninstall terlebih dahulu aplikasi PMP anda dan lakukan install kembali aplikasi EDS PMP covid-19 2020.A

2.   Jangan lupa untuk melakukan clear history dengan status “All time” agar semua riwayat perayapan dapat bersih

3.   Silahkan anda buka aplikasi EDS PMP covid-19 versi 2020.A

4.   Selanjutnya pada menu “BERANDA” silahkan lakukan “Restore data dan hitung total kemajuan”

5.   Selanjutnya akan tampil akun PTK dan akun kepala sekolah yang telah menjadi responden yang harus di restore, namun dalam hal ini yang anda centang cukup akun kepala sekolah saja  (cukup 1 saja) untuk PTK abaikan dulu

6.   Setelah berhasil di restore pada akun kepala sekolah, maka silahkan klik menu “Rapor Mutu”

7.   Kemudian pilih “hitung rapor mutu” dan klik “hitung rapor mutu sekolah”

8.   Nanti ketika anda melakukan hitung rapor mutu dan hanya berhenti pada poin atau tahap ke 3 saja maka silahkan anda refresh

9.   Selanjutnya Masuk pada menu “Kuesioner” dan pilih “isi Kuesioner”

10. Silhkan anda klik menu “rincian” pada indikator instrument kepala sekolah bagian ‘H” yaitu tentang “PEMBIAYAAN”



11. Selanjutnya silahkan anda ubah atau perbaharui salah satu jawaban yang ada pada instrument kepala sekolah pada bagian "PEMBIAYAAN" khususnya pada soal mengenai " Kebutuhan biaya operasional non personil persiswa selama 1 tahun dalam masa darurat covid-19"  dan silahkan anda pilih jawaban "= 800.000" dan lakukan “SIMPAN” (seperti terlihat pada gambar di bawah ini)


12. Selanjutnya silahkan kembali ke menu “Kuesioner” lalu klik tulisan “HITUNG REKAP KEMAJUAN ANDA’ dan tunggu hingga proses pehitungan selesai

13. Selanjutnya silahkan kembali ke menu “BERANDA”

14. Klik “RESTORE DATA DAN HITUNG KEMAJUAN”

15. Pilih atau centang lagi akun kepala sekolah (cukup 1 saja) untuk akun PTK abaikan dulu dan klik “lanjutkan” hingga selesai

16. Setelah itu silahkan kembali ke menu “Rapor mutu” dan pilih “hitung rapor mutu” kemudian klik “hitung rapor mutu sekolah”

17. Pastikan proses berlangsung hingga semuanya menunjukkan angka 100% ( dan tidak lagi berhenti di tahap 3) seperti pada gambar di bawah ini




18. Jika sudah berhasil, maka silahkan anda kembali lagi kemenu “beranda” lalu lakukan restore dan hitung total kemajuan” dan silahkan anda centang semua nama atau akun PTK yang menjadi responden dan klik “lanjutkan” hingga proses selesai

19. Setelah itu lakukan hitung rapor mutu

20. Dan pastikan semuanya menunjukkan angka 100%

21. Terakhir silahkan anda buka “HASIL RAPOR MUTU”  dan pastikan anda melihat jarring-jaring dari hasil rapor mutu anda.

22. Jika anda telah berhasil mendapatkan rapor mutu PMP 2020, jangan lupa untuk melakukan ceklis pakta integritas dan lakukan sinkronisasi.

23. Selesai.

 

BAGI ANDA YANG MASIH MEMILIKI MASALAH LAINNYA SEPUTAR EDS PMP COVID-19 VERSI 2020.A MAKA SILAHKAN ANDA LIHAT SOLUSINYA ( DIINI )


Bagaimana ??? mudah bukan. Nah bagi anda yang mengalami kasus seperti diatas, maka saya sarankan anda untuk melakukan cara tersebut diatas dan saya pastikan anda akan berhasil melakukan hitung rapor mutu PMP tahun 2020.

Sekian yang bisa saya sampaikan dan bagikan pada kesempatan kali ini, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda.

Salam Sukses PMP 2020 !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel