-->

Cara Merubah NISN Peserta Didik

Kherysuryawan.id - Cara Mudah Merubah NISN Siswa.
Hal terpenting yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik/siswa yang telah terdaftar pada setiap satuan pendidikan adalah Nomor induk siswa nasional atau yang sering di singkat dengan NISN.

NISN sangat berarti bagi masing-masing siswa sebab NISN merupakan sebuah nomor unik dan tunggal yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik, artinya bahwa tidak ada peserta didik yang memiliki NISN yang sama dengan peserta didik lainnya sehingga dapat di pastikan bahwa setiap peserta didik hanya memiliki 1 NISN seumur hidup.




banyak kasus yang sering di alami oleh pihak sekolah ketika terjadi suatu masalah yaitu sering di dapati adanya NISN peserta didik yang tidak sesuai dengan data individu siswa tersebut dan juga sering di dapati NISN yang ganda ,serta NISN yang berbeda yang dimiliki peserta didik ketika berada di jenjang SD dan SMP.

Pada postingan kali ini saya akan memberikan penjelasan bagaimana cara untuk bisa melakukan perubahan NISN bagi peserta didik yang memiliki NISN yang tidak sesuai dengan data yang sebenarnya sehingga NISN yang akan di miliki siswa tersebut dapat benar-benar akurat dan sesuai dengan data yang sebenarnya.

Namun sebelum saya membahas masalah tersebut maka anda harus memahami apa tujuan dari pemberian NISN bagi setiap peserta didik.
Tujuan dari penerbitan NISN bagi peserta didik adalah untuk Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.

Dengan memiliki NISN artinya bahwa peserta didik tersebut telh resmi terdaftar di kementerian pendidikan sebagai bukti bahwa peserta didik tersebut benar-benar telah menjadi siswa yang pernah aktif dalam satuan pendidikan.
Proses penerbitan NISN dimulai dari jenjang SD namun saat ini NISN akan dapat di miliki ketika anak-anak sudah terdaftar pada sekolah pendidikan andak usia dini (PAUD).

Setiap satuan pendidikan yang mendapati siswanya belum memiliki NISN maka dapat melakukan pengajuan untuk penerbitan NISN bagi peserta didik yang belum memiliki NISN melalui aplikasi dapodik dan melalui verval PD yang dapat di akses secara online.

Sering terjadi kasus dimana seorang peserta didik memiliki NISN yang tidak sesuai dengan NISN yang telah di keluarkan di ijazah, sebagai contoh NISN siswa ketika di jenjang SD adalah 1112223333 namun ketika di SMP NISN nya sudah berbeda yaitu 1112243355. Nah untuk mengantisipasi hal tersebut maka sekolah dalam hal ini sekolah SMP harus melakukan perubahan NISN atau melakukan verval NISN agar NISN siswa tersebut dapat sama antara di SD dan di SMP.

Bagi anda yang pernah mendapati hal tersebut maka pada postingan kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang bagaimana merubah NISN siswa agar sesuai dengan data yang sebenarnya.
Tugas ini biasanya di lakukan oleh pegawai pendataan yang di tunjuk pada satuan pendidikan atau lebih umumnya dilakukan oleh operator dapodik sekolah.

Baiklah berikut ini cara untuk merubah NISN peserta didik yang dapat dilakukan dengan cara verval NISN :
  • Pertama yang harus anda lakukan adalah kunjungi alamat di bawah ini :
  • Kemudian silahkan login dengan cara masukkan username dan password sesuai dengan data yang telah di daftarkan saat pertama kali membuat akun operator sekolah.
  • Apabila login telah berhasil maka akan terlihat tampilan seperti di bawah ini
  • Selanjutnya Pilih menu “edit data” dan pilih lagi tulisan “pengajuan” dan terakhir pilih “NISN”.
  • Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini, kemudian klik “pilih siswa”
  • Maka akan tampil nama-nama siswa, dan pilih salah satu siswa yang akan di rubah atau di perbaiki NISN nya kemudian klik “ok”.
  • Setelah itu akan muncul data pengajuan perubahan NISN, seperti pada gambar di bawah ini
  • Langkah terakhir silahkan masukkan nomor NISN yang baru atau yang sesuai dengan di ijazah SD agar sama dengan di ijazah SMP dengan cara menginput nomor NISN tersebut pada kolom “nisn baru”kemudian klik "Check NISN" dan jangan lupa untuk mengupload data yang sesuai dengan data NISN baru (berupa ijazah) pada kolom “dokumen perubahan” kemudian klik “pengajuan perubahan”
Apabila semua langkah - langkah tersebut telah dilakukan maka nantinya setelah di setujui atau di approve oleh pihak dinas maka perubahan NISN akan terbit dengan sendirinya dan akan secara otomatis masuk ke aplikasi dapodik setelah operator dapodik melakukan syncronisasi dapodiknya.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mudah untuk merubah NISN peserta didik melalui verval NISN, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel