-->

Cara Cek Validasi Peserta Ujian Nasional 2020

Kherysuryawan.id – Peserta UN / UNBK tahun 2020.
Bagi sekolah yang akan mengikuti kegiatan ujian nasional khususnya kelas 6 SD, kelas 9 SMP, dan kelas 12 SMA/SMK maka harus melakukan pengecekan data peserta ujian nasionalnya dengan tujuan untuk memastikan kebenaran data yang telah di input ke dalam aplikasi dapodik.

Biasanya tugas untuk melakukan pengecekan data peserta ujian nasional di lakukan oleh operator dapodik sekolah yang mana operator dapodik sekolah memiliki tugas dan tanggung jawab dalam melakukan pengecekan data peserta ujian nasionalnya.
Tidak lama lagi ujian nasional tahun 2020 akan kembali di laksanakan sehingga sekolah harus benar-benar dapat melakukan pengecekan data peserta ujian nasionalnya sehingga ketika akan di lakukan verifikasi data peserta ujian nasional maka sekolah telah menyelesaikannya dengan baik.
Hal yang perlu di perhatikan ketika akan melakukan pengecekan data peserta ujian nasional yaitu nama peserta didik, nomor induk siswa nasional (NISN), tempat lahir, tanggal bulan dn tahun lahir, nomor peserta ujian, nama ibu dan nomor ijazah dari sekolah asal.
Seluruh data individu calon peserta ujian nasional tersebut harus sesuai antara data yang di input di aplikasi dapodik dengan data yang sebenarnya dimiliki oleh setiap individu calon peserta ujian nasional.

Pada jenjang SD, data yang menjadi acuan dalam memvalidasi kebenaran data calon peserta ujian nasioanal yaitu akte kelahiran atau ijazah PAUD. Pada jenjang SMP yang menjadi acuan dalam memvalidasi kebenaran data calon peserta ujian nasional yaitu ijazah SD, dan pada jenjang SMA dan SMK yang menjadi acuan kebenaran data calon peserta ujian nasional juga dilihat dari data ijazah SMP.

Sebagai contoh untuk bisa melakukan validasi data antara data yang terbaca di pusat dengan data yang sebenarnya maka kita dapat melakukan pengecekkan dan pencocokan antara data yang ada di verval PD dengan data yang ada di ijazah.
Apabila anda melihat ada data individu yang tidak sesuai antara data yang ada di verval PD dengan data di ijazah maka anda harus melakukan perbaikan data sehingga data dapat sesuai dengan data yang seharusnya ada di ijazah.

Saat ini untuk melakukan perbaikan data peserta didik khususnya calon peserta ujian nasional tidak dapat lagi di perbaiki secara langsung melalui aplikasi dapodik melainkan hanya bisa di lakukan perbaikan data dengan melalui verval PD. Sebagai contoh Dalam melakukan perbaikan data nama dan tempat tanggal lahir peserta ujian nasional yang salah , maka operator sekolah yang dalam hal ini sebagai petugas yang akan melakukan perbaikan data harus dapat melampirkan bukti fisik dalam bentuk scanner data asli yang sesuai dengan identitas yang akan di perbaiki ( dapat menggunakan ijazah atau akte kelahiran).

Berikut ini cara untuk melakukan cek validasi peserta UN / UNBK Tahun 2020.
  • Silahkan anda kunjungi link di bawah ini :
  • Untuk melakukan “login” silahkan masukkan username dan password sesuai dengan data yang pernah anda registrasi di SDM
  • Selanjutnya pilih menu “Referensi” kemudian klik “Aktif” seperti pada gambar di bawah
  • Maka akan tampil nama-nama peserta didik, dan silahkan anda cari nama-nama peserta ujian nasional kemudian anda cocokkan dengan data yang ada di ijazah.
Apabila masih ada data yang dirasa masih tidak sesuai dengan data di ijazah maka anda dapat melakukan perbaikan data.
Selain data di atas masih ada juga data lainnya yang perlu anda cek kebenarannya yaitu data nomor peserta ujian nasional yang dapat dilihat di aplikasi dapodik tepatnya berada di menu registrasi peserta didik.

Apabila semua data telah anda rasa benar maka nantinya anda dapat melakukan cek data peserta ujian nasional yang akan siap untuk di ikutkan dalam UN/UNBK di web http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ dan anda pun dapat melakukan printout data peserta UN/UNBK tersebut.

Demikianlah postingan kali ini, semoga apa yang telah saya jelaskan di atas dapat bermanfaat bagi anda yang ingin melakukan validasi data calon peserta ujian nasional / UNBK tahun 2020.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel