Cara Memperbaiki Data Siswa Di Verval PD

Kherysuryawan.id – Cara Memperbaiki Nama Siswa, Tempat Tanggal Lahir Siswa, Nama Ibu Kandung Yang Salah di Dapodik Melalui Verval PD.
Bagi seorang operator dapodik sekolah pekerjaan yang harus di lakukan bukan hanya sekedar melakukan penginputan data peserta didik  ke dalam aplikasi dapodik melainkan juga harus memeriksa kembali hasil penginputan tersebut apakah data yang di masukkan sudah benar atau masih ada yang salah dan perlu di perbaiki.

Saat ini untuk melakukan tambah peserta didik kedalam aplikasi dapodik sudah dapat dilakukan dengan cara menarik data peserta didik secara online. Sebagai contoh jika operator dapodik sekolah jenjang SMP akan melakukan penambahan peserta didik yang berasal dari jenjang SD maka operator dapodik sekolah tidak perlu lagi melakukan penginputan data secara manual melainkan dapat langsung mengambil data peserta didik yang dari SD tersebut dengan cara melakukan penarikan data secara online sehingga pekerjaan dalam menambahkan peserta didik baru akan semakin mudah dilakukan.
Dalam hal melakukan penarikan data peserta didik baru atau peserta didik pindahan sering terjadi adanya kesalahan  data yang diinput dari dapodik sekolah asal sehinnga ketika datanya di Tarik maka pada sekolah tujuan juga akan sama dengan data yang ada di sekolah asal. Oleh sebab itu maka operator dapodik sekolah yang menarik data harus melakukan perbaikan data peserta didik yang salah.
Jika pada aplikasi dapodik versi lama untuk melakukan perubahan data peserta didik dapat dengan mudah di lakukan di dalam aplikasi dapodik itu sendiri, namun saat ini hal tersebut sudah tidak bisa lagi di lakukan langsung di dalam aplikasi dapodik melainkan harus melakukan perbaikan data peserta didik melalui verval PD.

Ada beberapa data peserta didik yang tidak dapat langsung di perbaiki di dalam aplikasi dapodik diantaranya adalah nama peserta didik, tempat lahir peserta didik, tanggal bulan dan tahun lahir peserta didik, nama ibu kandung peserta didik dan NISN peserta didik.
Oleh sebab itu jika anda pernah mengalami kendala dimana anda tidak bisa merubah data nama siswa, tempat tanggal lahir siswa, NISN siswa maka anda dapat memperoleh informasi mengenai cara untuk dapat merubah data peserta didik melalui postingan ini.

Ada satu hal penting yang harus anda ketahui bahwa apabila anda akan melakukan perubahan data peserta didik, maka anda harus dapat mempersiapkan bukti fisik yang manjadi bukti untuk bisa melakukan perubahan data peserta didik tersebut. Bukti fisik tersebut dapat berupa ijazah, akte kelahiran, KTP, atau kartu keluarga. Nantinya bukti fisik tersebut akan di lampirkan ketika akan melakukan perubahan data peserta didik.

Baiklah bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara untuk melakukan perubahan data peserta didik yang ada di dalam aplikasi dapodik maka berikut ini penjelasannya :
  • Pertama yang harus anda lakukan adalah kunjungi alamat di bawah ini :
  • Kemudian silahkan login dengan cara masukkan username dan password sesuai dengan data yang telah di daftarkan saat pertama kali membuat akun operator sekolah.
  • Apabila login telah berhasil maka akan terlihat tampilan seperti di bawah ini
  • Selanjutnya Pilih menu “edit data” dan pilih lagi tulisan “pengajuan” dan terakhir pilih “Nama & Tanggal Lahir”.
  • Jika muncul peringatan seperti di bawah ini silahkan di baca dan lanjut klik "OK"
  • Selanjutnya klik "Pilih Siswa"
  • Kemudian silahkan pilih siswa yang akan di rubah datanya.
  • Selanjutnya silahkan ganti data siswa yang salah dengan data yang sebenarnya sesuai kolom yang telah di sediakan dan jangan lupa untuk menyertakan atau melampirkan bukti fisik berupa scan data asli dan kemudian di masukkan kedalam kolom "dokumen perubahan" dan jika semua telah dilakukan maka klik "Pengajuan Perubahan"
  • Selenjutnya akan muncul peringatan seperti ini, silahkan di baca dan di pahami jika sudah paham klik "OK"
  • Agar perubahan data tersebut dapat berhasil maka harus menunggu persetujuan dari dinas pendidikan setempat, dan apabila telah di setujui maka nantinya perubahan data akan langsung dapat berubah dan otomatis masuk ke dalam aplikasi dapodik apabila operator dapodik sekolah telah melakukan syncronisasi.
Demikianlah cara untuk melakukan perubahan data peserta didik atau memperbaiki data nama siswa, tempat dan tanggal lahir, nama ibu kandung di dalam aplikasi dapodik menggunakan layanan verval PD.
Semoga postingan ini dapat bermanfaat khususnya bagi anda yang bertugas sebagai operator dapodik sekolah.

3 Responses to "Cara Memperbaiki Data Siswa Di Verval PD"

  1. Alhamdulillah...thanks
    Sangat membantu sy pribadi sbg pemula

    ReplyDelete
  2. Bagaimana cara memperbaiki biodata siswa SMA yang sudah lulus??

    ReplyDelete
  3. Apa harus ke sekolah dulu? Untuk membuat perubahannya? Karena saya tidak tahu password operator sekolah.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->