Cara Menggatasi Lupa Password Login di VervalPD,VervalPTK,VervalSP

Kherysuryawan.id - Cara mudah mengatasi lupa password login di SDM Data Kemdikbud.
Apakah anda pernah mendengar tentang dapodik ?
Jika anda pernah mendengar tentang dapodik maka tentunya anda juga mengetahui bahwa dapodik merupakan suatu aplikasi yang di gunakan oleh setiap sekolah baik negeri maupun swasta di seluruh wilayah Indonesia dengan tujuan untuk mempercepat pengiriman data masing-masing sekolah ke server pusat.

Berbicara tentang dapodik tentunya tidak lepas dari peran penting seorang operator dapodik. Seperti yang kita ketahui bahwa tugas seorang operator dapodik tidaklah mudah sebab banyak beban yang harus dipikulnya mulai dari penginputan data peserta didik, data sarana dan prasarana, data pendidik dan kependidikan serta harus siap dalam menangani persoalan data yang harus di update setiap waktu sesuai dengan kebutuhan sekolah.

Wajar saja jika operator dapodik sering di juluki sebagai jantungnya sekolah sebab di tangan operator dapodiklah seluruh tumpuan data sekolah berada. Apabila operator dapodik salah dalam menginput data tentunya akan berdampak kepada kualitas sekolah, belum lagi jika ada data-data guru yang salah maka akan berakibat kepada tidak dapatnya guru tersebut dalam mencairkan tunjangannya.

Tugas operator dapodik bukan hanya sekedar menginput data-data yang berhubungan dengan data sekolah saja tetapi juga harus siap dalam memperbaiki data-data sekolah yang salah atau yang perlu untuk di update baik itu data peserta didik, data guru, maupun data sekolah lainnya.
Perlu di ketahui bahwa tidak semua data yang berhubungan dengan data peserta didik, data guru dan data sekolah lainnya dapat di rubah menggunakan aplikasi dapodik sebab ada beberapa data yang sengaja di kunci pada aplikasi dapodik dan hanya bisa di rubah dengan menggunakan vervalPD untuk perubahan data peserta didik, VervalPTK untuk perubahan data pendidik dan tenaga kependidikan serta vervalSP yang di gunakan untuk mengubah data sekolah.

Apabila anda adalah seorang operator sekolah maka pastinya anda telah memahami tentang SDM-PDSP. website SDM-PDSP digunakan sebagai tempat bagi operator dapodik sekolah untuk melakukan registrasi akun operator sekolah agar memiliki sebuah akun yang nantinya akan digunakan login kedalam website SDM atau ketika operator sekolah akan login ke alamat vervel PD,verval PTK dan verval lainnya.

Jika anda belum memiliki akun SDM yang bisa digunakan untuk melakukan login ke alamat verval PD, verval PTK, verval SP maka silahkan anda lakukan registrasi akun secepatnya agar anda dapat melakukan akses kealamat verval tersebut ketika akan melakukan perubahan data siswa, data PTK maupun data sekolah dan bagi anda yang telah melakukan pendaftaran atau registrasi ke SDM serta telah memiliki akunnya namun anda lupa dengan password loginnya maka pada postingan ini anda bisa mengetahui cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Melalui postingan kali ini saya akan memebrikan informasi bagaimana cara untuk bisa mengetahui cara ketika kita lupa dengan password login ke alamat SD atau ketika akan melakukan verval dapodik.
cara yang akan saya informasikan ini sangatlah mudah dan simpel namun jika anda tidak memahaminya maka anda tentunya akan merasa kebingungan apabila mengalami masalah lupa password login ke SDM-PDSP.

sebelum saya memberikan penjelasan mengenai cara mengatasi masalah lupa password login SDM maka anda harus meyiapkan sebuah email yang pernah anda gunakan untuk melakukan pendaftaran ketika anda mendaftar di website SDM. Nantinya email tersebut akan digunakan sebagai tempat untuk melihat password yang di lupa tersebut.

Baiklah berikut ini cara mudah mengetahui atau mengatasi apabila anda mengalami lupa password login ke laman SDM-PDSP.
1. Silahkan anda kunjungi alamat SDM-PDSP di bawah ini :
https://sdm.data.kemdikbud.go.id/
2. Selanjutnya klik menu "lupa password"

3. Selanjutnya silahkan ketikkan nama email yang pernah anda gunakan ketika melakukan registrasi akun di SDM-PDSP dan jika sudah klik "Submit"

4. Silahkan anda buka email tersebut dan anda akan mendapatkan password yang akan anda gunakan untuk login di SDM-PDSP.

Untuk membuktikannya maka silahkan anda login kembali dengan menggunakan username(email) dan password yang baru dikirimkan tersebut maka password yang baru tersebut akan berfungsi dan anda dapat login ke laman SDM-PDSP.
Demikianlah tutorial mengenai Cara mengatasi lupa password login SDM-PDSP yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga postingan ini dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel