Cara Ganti Password Akun SDM | VervalPTK,VervalPD,VervalSP

Kherysuryawan.id - Langkah-langkah merubah password login di SDM-PDSP.
Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang akun SDM yang di gunakan ketika akan login ke VervalPD, atau ke VervalPTK dan ke vervalSP.
Pembahasan pada postingan ini lebih kepada cara dalam mengganti password yang digunakan untuk masuk atau login ke verval tersebut.
Mengapa password harus di ganti???
Sebenarnya password untuk login ke vervalPD,vervalPTK,atau Verval SP tidak di ganti pun tidak akan masalah selama password tersebut dapat di ingat dan dirasa cukup aman untuk mengakses ke akun verval tersebut dan selama operator sekolah tidak ganti ke orang lain.

Penyebab seseorang biasanya ingin untuk mengganti password login ke akun verval di sebabkan karena password yang lama di rasa susah untuk di ingat atau di rasa sudah tidak aman lagi dalam artian kode passwordnya sudah di ketahui oleh banyak orang sehingga ia perlu untuk mengupdate password yang lama ke password yang baru.

Artikel ini akan memberikan penjelasan bagaimana cara untuk mengganti password akun SDM yang di gunakan untuk login ke vervalPD,vervalPTK,ataupun Verval SP. Namun sebelum itu maka saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai manfaat yang dapat di peroleh dalam mengakses akun vervalPD,vervalPTK,atau Verval SP.

Bagi seorang operator sekolah tentunya pengertian dan fungsi dari vervalPD,vervalPTK,atau Verval SP sudah dipahami dan diketahuinya, namun bagi mereka yang baru saja mengenal tugas sebagai seorang operator sekolah maka penjelasan tentang verval ini harus dapat di mengerti dan di pahami sehingga ketika akan menggunakannya sudah sesuai dengan peruntukkannya.

Tugas sebagai seorang operator sekolah bukan hanya sekedar menginput data-data yang berhubungan dengan data yang ada di dapodik saja, sebab tidak semua data yang ada di dalam aplikasi dapodik dapat di edit atau di perbaharui jika ada kesalahan sehingga hal yang harus di lakukan untuk memperbaharui suatu data yang di kunci pada aplikasi dapodik yaitu dengan cara melakukan verval dengan menggunakan vervalPD,vervalPTK,atau Verval SP. 

VervalPD digunakan untuk melakukan perubahan data peserta didik, seperti untuk melakukan perubahan data NISN siswa yang salah, VervalPTK di gunakan untuk melakukan perubahan data pendidik dan tenaga kependidikan, seperti pengajuan data NUPTK dan lain sebagainya yang berhubungan dengan data guru dan tenaga administrasi, serta vervalSP yang di gunakan untuk mengubah data sekolah, seperti melakukan perubahan dokumen perizinan operasional sekolah dan lain sebagainya yang berhubungan dengan data-data sekolah.

Itulah sedikit penjelasan mengenai fungsi dan manfaat dalam menggunakan vervalPD,vervalPTK,atau Verval SP bagi seorang operator sekolah dalam melakukan tugasnya untuk melakukan perbaikan data - data sekolah.

Baiklah setelah anda memahami tentang fungsi dan kegunaan dari vervalPD,vervalPTK,atau Verval SP tersebut maka sesuai dengan judul pada postingan kali ini maka saya akan memberikan tutorial tentang cara merubah password akun SDM yang di gunakan ketika akan login ke vervalPD,vervalPTK,atau VervalSP
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah silahkan anda login terlebih dahulu ke alamat berikut ini :
http://sdm.data.kemdikbud.go.id/

  • Langkah kedua silahkan klik "Login"


  • Langkah ketiga silahkan anda isi username dan password dengan menggunakan password yang lama, silahkan anda ikuti langkah pengerjaannya sesuai nomor yang tertera pada gambar

  • Langkah ke empat, silahkan anda klik pada bagian pojok kanan atas dan dapatkan pilihan tulisan "Ubah Password" kemudian klik tulisan tersebut


  • Langkah kelima, pada tahapan inilah anda harus mempersiapkan kode password baru yang nantinya akan anda gunakan untuk login ke akun verval anda. Caranya adalah isi kolom tersebut sesuai urutan nomor pada gambar yang tertera di bawah.

  • Langkah terakhir atau langkah ke enam adalah apabila telah muncul notifikasi seperti pada gambar di bawah ini maka password anda telah berhasil di rubah dan untuk membuktikannya maka silahkan anda login ke akun VervalPD,VervalPTK,VervalSP dengan menggunakan password yang baru.




Demikianlah tutorial yang dapat saya bagikan pada postingan ini mengenai cara mudah dalam mengganti password di akun SDM yang di gunakan untuk login ke vervalPD,vervalPTK,atau Verval SP.

Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya dan untuk mendapatkan informasi lainnya yang tak kalah pentingnya seputar dapodik maka silahkan anda kunjungi blog kherysuryawan.id sebab di dalam blog tersebut saya telah banyak membagikan postingan penting seputar dapodik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel