Cara Mengeluarkan /Mutasi Siswa Secara Online Melalui Dapodikdasmen

Kherysuryawan.id – Cara keluarkan siswa tanpa harus login keaplikasi dapodik.
Sahabat operator dapodik yang sama berbahagia……
Pada kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan atau lebih kepada memberi informasi seputar cara untuk mengeluarkan atau memutasikan peserta didik dari dalam aplikasi dapodik.

Jika pada umumnya untuk memutasikan peserta didik seorang operator dapodik melakukannya melalui aplikasi dapodik, nah di kesempatan ini saya ingin memberi info bahwa selain melalui aplikasi dapodik maka kita pun bisa melakukannya dengan sangat mudah meskipun tanpa harus login kedalam aplikasi dapodik terlebih dahulu.

Cara ini di sebut cara cepat atau jalan pintas sebab jika kita mengeluarkan siswa dengan cara online seperti yang akan saya jelaskan disini maka siswa yang telah di keluarkan tersebut dapat langsung di Tarik oleh sekolah tujuan meskipun belum melakukan syncronisasi pada aplikasi dapodik sekolah asal. Bagi anda yang mungkin baru mengetahui cara ini, maka semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan anda dalam melakukan proses mutase atau mengeluarkan siswa dari dapodik secara online.

Ada beberapa hal yang perlu anda pahami dalam proses mutasi dan Tarik data siswa kedalam aplikasi dapodik, meskipun data siswa yang sudah di mutasi atau di keluarkan dapat langsung ditarik oleh sekolah tujuan namun jika sekolah yang melakukan Tarik data siswa belum melakukan syncronisasi maka siswa tersebut belum bisa masuk kedalam aplikasi dapodik. Jadi perlu di ingat bahwa bagi sekolah yang melakukan Tarik data siswa mutase maka jangan lupa untuk melakukan syncronisasi terlebih dahulu agar data siswa dapat masuk kedalam aplikasi dapodik.

Berbeda halnya dengan mengeluarkan atau memutasi siswa dimana untuk bisa mengeluarkan siswa maka jika anda melakukannya secara online melalui laman dapodikdasmen maka meskipun anda tidak melakukan syncronisasi pada aplikasi dapodik maka siswa yang telah anda keluarkan tersebut tetap dapat di tarik oleh sekolah tujuan, dengan catatan ketika nanti anda akan melakukan syncronisasi maka nama siswa yang anda telah keluarkan tersebut akan secara otomatis hilang atau keluar dari dalam aplikasi dapodik anda.

Baiklah untuk mengetahui bagaimana cara mengeluarkan atau memutasi peserta didik secara online melalui laman dapodikdasmen, berikut ini penjelasnnya :
1.   Silahkan anda buka atau klik alamat berikut ini : https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
2.   Selanjutnya klik “login” dan pilih “Manajemen sekolah”

3.   Kemudian masukkan “username” dan “Password” lalu klik “Kelola data sekolah”

4.   Kemudian klik “Kelola data Pokok”
5.   Selanjutnya pilih menu “Peserta didik”

6.   Kemudian silahkan anda cari nama siswa yang akan di keluarkan lalu klik pada icon nama siswa tersebut (seperti contoh di bawah ini)

7.   Selanjutnya akan tampil laman baru dan akan terlihat menu yang memberi informasi mengenai data registrasi siswa tersebut
8.   Untuk mengeluarkan peserta didik tersebut maka silahkan klik “Keluar” seperti tampak pada gambar si bawah ini

9.   Selesai.

Demikianlah tahapan dalam melakukan proses mengeluarkan peserta didik secara online melalui laman dapodikdasmen dan tanpa harus login kedalam aplikasi dapodik.
Semoga informasi yang saya berikan tersebut dapat bermanfaat bagi anda.

0 Response to "Cara Mengeluarkan /Mutasi Siswa Secara Online Melalui Dapodikdasmen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->