Rilis Update Aplikasi RKAS Versi 2.01 dan Versi 2.02 Terbaru

Kherysuryawan.id – Aplikasi RKAS/ARKAS versi 2.01 dan Aplikasi ARKAS/RKAS versi 2.02 Tahun 2020.
Salam edukasi, salam jumpa buat para bendahara sekolah dimanapun berada.
Tugas sebagai seorang bendahara sekolah memanglah tidak mudah sebab bukan hanya mengurus masalah yang berhubungan dengan dana bantuan operasional sekolah saja melainkan juga harus mahir dalam membuat laporan keuangan baik laporan penggunaan dan laporan pengeluaran.

Saat ini sebagai seorang bendahara sekolah harus dapat mahir dalam menjalankan aplikasi rencana kegiatan dan anggaran sekolah atau yang sering di singkat dengan RKAS. Di dalam menjalankan aplikasi RKAS maka bendahara juga harus bisa membuat laporan real sesuai dengan jumlah anggaran yang di peroleh sekolah untuk kegiatan ataupun kemajuan sekolah itu sendiri.
Seperti yang kita ketahui Bersama bahwa di dalam permendikbud nomor 8 tahun 2020 kemendikbud mengharapkan agar seluruh laporan pemakaian dana BOS yang mulai saat ini akan di salurkan ke rekening sekolah masing-masing benar-benar dapat di laporkan sesuai dengan peruntukkannya.

Tentunya dengan adanya permendikbud tersebut maka pelaporan penggunaan dana BOS akan semakin optimal dan lebih transparan tanpa ada lagi system manipulasi data. Saat ini dengan adanya kebijakan merdeka belajar maka tentunya akan semakin mengoptimalkan seluruh komponen yang ada dalam satuan Pendidikan baik dari jenjang PAUD, sekolah dasar, sekolah menengah hingga perguruan tinggi.
Pelaporan dana BOS dengan menggunakan aplikasi RKAS di anjurkan dengan tujuan agar dapat meningkatkan akuntabilitas penggunaan dan pelaporan dana BOS oleh sekolah.

Berbicara mengenai aplikasi rencana kegiatan dan anggaran sekolah (ARKAS) pada postingan sebelumnya saya telah membagikan aplikasi ARKAS versi 2.0 yang di gunakan mulai awal tahun 2020. Namun sebagai informasi terbaru bahwa ternyata saat ini aplikasi RKAS sudah mengalami pembaharuan yakni dapat di perbaharui menjadi aplikasi RKAS versi 2.01 hingga lanjut ke update aplikasi RKAS versi 2.02. Untuk pembaharuan aplikasi RKAS versi 2.01 telah dapat di gunakan mulai tanggal 30 maret tahun 2020 sedangkan untuk update ke aplikasi RKAS versi 2.02 baru dapat di mulai sejak tanggal 2 april tahun 2020.

Bagi anda para bendahara sekolah yang ternyata masih menggunakan RKAS versi 2.0 maka anda dapat melakukan update ke versi 2.01 dan selanjutnya dapat melakukan pembaharuan ke versi yang paling terbaru saat ini yaitu ARKAS versi 2.02.
Adapun cara untuk melakukan update aplikasi RKAS dari versi 2.0 ke versi 2.01 maka anda dapat melakukannya secara online dengan membuka aplikasi ARKAS yang ada di laptop anda secara online dan selanjutnya silahkan lakukan pembaharuan secara otomatis.
Jika anda telah berhasil melakukan pembaharuan aplikasi RKAS ke versi 2.01 maka anda dapat melakukan perbaikan data pengguna di aplikasi ARKAS versi 2.01 bagi yang masih memiliki masalah saat menggunakan aplikasi ARKAS versi 2.0

Selanjutnya bagi anda bendahara sekolah yang telah menggunakan aplikasi RKAS versi 2.01 dan ingin melakukan pembaharuan ke dalam aplikasi RKAS versi 2.02 maka anda bisa melakukan pembaharuan secara otomatis.
Adapun fitur perbaikan dan pembaharuan yang bisa dinikmati pada aplikasi RKAS versi 2.02 yaitu antara lain :
1. Perbaikan alur sinkron;
2. Perubahan keamanan komunikasi
3. Perbaikan validasi guru;
4. Penambahan download report jika ada perubahan secara otomatis;
5. Perbaikan pengesahan; dan
6. Perbaikan aktivasi BKU.

Selanjutnya bagi anda yang masih belum memahami alur pembaharuan ke dalam aplikasi RKAS versi 2.02, maka berikut ini penjelasannya.
Pada pembaharuan ke aplikasi RKAS versi 2.02 maka ada 2 cara yang bisa di lakukan yakni dengan cara otomatis maupun dengan cara manual. Bagi anda yang ingin melakukan pembaharuan dengan cara otomatis maka anda dapat melakukannya dengan mudah yakni dengan cara membuka Aplikasi RKAS dalam kondisi terkoneksi dengan internet, maka akan langsung mendapatkan notifikasi update. Selanjutnya silahkan klik “YA” untuk melanjutkan, dan Aplikasi RKAS akan langsung diupdate.
Sedangkan jika anda ingin melakukan pembaharuan secara manual maka dapat melakukannya dengan cara membuka aplikasi ARKAS secara online, kemudian silahkan anda arahkan kursor laptop anda ke-menu “Utilitas” dan klik tepat pada menu “Check Update”. Jika anda melakukan langkah -langkah tersebut maka nantinya aplikasi akan mengunduh pembaharuan ARKAS BOS 2020 versi 2.0.2 yakni berupa database RKAS.CAB.
Sebagai tampilannya maka di bawah ini gambar aplikasi rencana kegiatan dan anggaran sekolah versi terbaru yakni ARKAS Versi 2.02 Tahun 2020.

Demikianlah informasi terbaru yang dapat saya sampaikan di kesempatan kali ini, khususnya mengenai update terbaru aplikasi RKAS versi 2.01 dan ARKAS versi 2.02. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang membacanya.
Sekian dan Terimakasih

0 Response to "Rilis Update Aplikasi RKAS Versi 2.01 dan Versi 2.02 Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel