-->

20 Cara Memasukkan Mapel Ekstrakurikuler kedalam Aplikasi eRapor

Kherysuryawan.id – langkah-langkah untuk bisa memasukkan data ekskul yang ada di sekolah kedalam aplikasi erapor
Aplikasi erapor kini sudah hampir digunakan oleh seluruh satuan pendidikan yang ada di seluruh Indonesia mulai dari jenjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA hingga jenjang SMK. Dengan menggunakan aplikasi erapor tentunya akan semakin memudahkan para guru dan juga wali kelas dalam melakukan proses penginputan nilai dan pencetakan rapor.

Aplikasi erapor sangat mudah untuk digunakan sebab selain memiliki panduan penggunaan aplikasi erapor juga sudah dilengkapi dengan format penilaian dan cetak erapor secara otomatis sehingga sekolah tidak perlu lagi melakukan pembelian format dan lembar rapor sebab semuanya sudah di sediakan di dalam aplikasi erapor.

Bagi pengguna erapor yang masih baru pertama kali menggunakannya, memang akan terasa sulit dalam menggunakannya sebab belum pernah merasakan sebelumnya dan tentunya akan berbeda dengan sekolah-sekolah yang sudah terbiasa atau bahkan sudah bertahun-tahun menggunakan aplikasi erapor maka tentunya proses pengerjaan erapor pasti akan terasa mudah karena sudah terbiasa dalam menggunakannya.

Pada pembahasan sebelumnya tentang aplikasi erapor dan penggunaanya melalui blog kherysuryawan.id ini saya telah banyak memberikan penjelasan dan panduan dalam menggunakannya dan khusus untuk postingan kali ini saya kembali akan memberikan penjelasan mengenai cara untuk memasukkan mata pelajaran ekstrakurikuler kedalam aplikasi erapor.

Pembahasan mengenai cara untuk memasukkan mata pelajaran ekskul ini semoga dapat membantu para admin erapor yang mungkin merasakan kesulitan dalam memasukkan mapel ekskul ke dalam erapor. Perlu di ketahui bahwa untuk bisa memasukkan mata pelajaran ekskul kedalam aplikasi erapor harus melakukan beberapa tahap dan tahapan untuk melakukan hal tersebut nanti saya akan bahas dengan lengkap melalui postingan ini.

Sebagai bahan informasi yang mungkin seluruh guru dan sekolah sudah mengetahuinya yaitu bahwa khusus untuk mata pelajaran ekstrakurikuler pramuka harus dimasukkan sebagai pembelajaran ekskul wajib kedalam rapor siswa sehingga mau tak mau sekolah wajib memasukkan ekskul pramuka kedalam pembelajaran di sekolah. Selain ekstrakurikuler pramuka sekolah dapat memasukkan mata pelajaran ekstrakurikuler lainnya yang mungkin dapat di kembangkan sesuai dengan situasi yang ada di sekolahnya masing-masing. Sebagai contoh misalkan memasukkan ekskul pencak silat, tari, dan lain-lain.

Postingan ini sengaja saya buat membantu para admin erapor yang masih awam dalam menggunakan erapor sehingga mungkin belum mengetahui bagaimana cara untuk memasukkan mata pelajaran ekskul kedalam aplikasi erapor. Dengan banyaknya pertanyaan yang sering muncul mengenai cara untuk memasukkan mapel ekskul kedalam aplikasi erapor membuat saya tergugah untuk membuat postingan ini dan kiranya melalui postingan ini admin erapor yang mengalami masalah ini bisa mendapatkan solusinya.

Baiklah untuk lebih jelasnya mengenai bagaimana cara untuk memasukkan mata pelajaran ekstrakurikuler kedalam aplikasi erapor, maka berikut ini penjelasannya.
1.   Pertama –tama hal yang harus anda lakukan ialah melakukan pengaturan pada aplikasi dapodik dengan cara login kedalam aplikasi dapodik
2.   Selanjutnya silahkan anda masuk pada menu “Rombongan belajar”
3.   Pilih “”Ekskul”
4.   Selanjutnya klik menu “tambah”
5.   Masukkan nama ekskul yang ada di sekolah anda, isikan nama pembinanya dengan memilih salah satu guru yang telah ditunjuk sebagai Pembina, dan pilih sarana yang akan digunakan sebagai tempat pelaksanaan ekskul nantinya
6.   Jika sudah Klik “simpan”

7.   Setelah itu klik nama ekskul yang telah di buat lalu anda klik menu “Anggota rombel”
8.   Kemudian silahkan anda pilih nama-nama siswa yang akan anda masukkan kedalam rombel mapel ekskul tersebut , khusus untuk ekskul pramuka maka wajib anda masukkan seluruh siswa kedalam ekskul tersebut karena setiap siswa di wajibkan untuk mengikuti ekskul pramuka.
9.   Jika sudah, Selanjutnya silahkan anda buka menu “sekolah”
10. Pilih “Ekstrakurikuler”
11. Selanjutnya isikan nama pada kolom rombongan belajar, jenis ekskul, nama ekskul, SK ekskul, tanggal SK ekskul, dan jam kegiatan perminggu sesuai yang ada si SK ekskul yang telah di buat di sekolah anda masing-masing
12. Jika sudah klik “simpan”

13. Selanjutnya lakukan syncronisasi pada aplikasi dapodik anda.
14. Langkah selanjutnya setelah anda melakukan syncronisasi dapodik, maka silahkan anda buka aplikasi erapor
15. Kemudian lakukan login kedalam aplikasi erapor menggunakan akun "admin"
16. Lalu klik menu “Ambil data dapodik”
17. Dan klik tulisan “sinkron semua data”

18. Kini data pembelajaran ekskul telah masuk kedalam aplikasi erapor
19. Untuk mengeceknya silahkan klik menu “Data referensi dapodik” dan pilih “Data ekstrakurikuler”
20. Maka data ekstrakurikuler akan tampil pada aplikasi erapor

21. Selesai.

Demikianlah langkah-langkah untuk bisa memasukkan data pembelajaran ekstrakurikuler kedalam aplikasi erapor, apabila anda melakukan seluruh tahapan di atas dengan benar, maka dapat dipastikan seluruh data pembelajaran ekskul akan masuk kedalam aplikasi erapor.
Sekian yang bisa saya informasikan kepada sahabat pendidik dan operator erapor dimanapun berada, semoga postingan ini bisa bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel