-->

Rumus Merubah Format Tanggal di Exel Sesuai Keinginan


Kherysuryawan.id – Cara merubah format tanggal, bulan dan tahun di exel hasil copy paste.
Sahabat setia blog kherysuryawan.id, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial yang berhubungan dengan penggunaan rumus pada Microsoft office exel. Postingan ini sengaja saya buat untuk memberikan informasi kepada anda yang mungkin saja akan membutuhkannya atau bagi anda yang sedang mengalami masalah yang ada hubungannya dengan artikel ini kiranya bisa mendapatkan jalan keluarnya.

Oh ya sebenarnya artikel ini sengaja saya buat dan terinspirasi dari masalah pribadi yang juga pernah saya alami ketika menghadapi persoalan yang ada hubungannya dengan exel. Jadi saya selalu membuat sebuah artikel yang saya ambil dari masalah yang pernah saya alami kemudian ketika saya sudah mendapatkan solusinya maka saya mencoba untuk bisa berbagi dengan cara membuat postingan dan membagikannya secara public melalui blog pribadi saya ini.

Awal cerita saya adalah seorang operator dapodik di sebuah sekolah dan ketika itu saya di beri tugas untuk membuat data baik data siswa maupun data pegawai dalam bentuk exel. Sesuai perintah yang di tugaskan maka saya pun mencari jalan termudah untuk melakukan hal tersebut, yaitu dengan cara melakukan download file yang ada di dalam aplikasi dapodik sekolah.

Mengapa saya harus mendownload data dari dapodik sekolah ???
Ya, cara itu saya lakukan karena seluruh data di dalam aplikasi dapodik sudah memuat data yang lengkap mengenai data siswa, data guru, dan data sekolah lainnya sehingga tentunya dengan cara itu saya tidak perlu lagi harus mengedit satu persatu data siswa dan data guru melainkan saya cukup melakukannya dengan cara copy paste data yang sudah ada ke format data yang telah di sediakan.

Meskipun demikian ternyata ada satu masalah yang saya hadapi, yaitu tepatnya pada persoalan format tanggal, bulan dan tahun lahir. Pada data dapodik yang telah saya download ternyata format datanya yaitu dalam bentuk tahun, bulan, tanggal (1990-04-03) sedangkan data format tanggal yang di perintahkan pada saya yaitu harus menggunakan format tanggal/bulan/tahun (03/04/1990).

Dengan adanya masalah tersebut membuat saya sontak menjadi stress sebab saya akui bahwa saya sangat awam dengan exel apalagi harus merubah format tanggal yang seperti di atas yang telah saya jelaskan tersebut. Awalnya saya berfikir sepertinya saya harus mengetik format tanggal bulan dan tahun untuk setiap siswa dan guru secara manual dan harus saya lakukan satu persatu namun sebelum saya melakukannya saya sempat putus asa sebab saya merasa tidak mampu jika harus melakukannya satu persatu sedangkan data siswa dan guru yang harus saya input sabgat banyak sekali.

Al hasil saya pun mencari solusi dari kejadian tersebut dan mencoba untuk mencari cara untuk bisa merubah format (1990-04-03) agar bisa menjadi (03/04/1990) sesuai yang di perintahkan. Dengan segala usaha akhirnya saya pun mendapatkan solusi dari permasalahan tersebut, dan bahkan saya mendapatkan informasi lainnya yang ternyata bukan hanya bisa merubah tanggal bulan dan tahun pada exel dengan format itu saja melainkan juga bisa di rubah ke bentuk format berbeda lainnya.

Untuk bisa melakukannya maka anda harus bisa menggunakan beberapa rumus agar dapat merubah format tanggal,bulan dan tahun di exel sesuai keinginan. Adapun rumus yang akan digunakan maka melalui postingan ini saya akan memberikannya kepada anda sekalian dan anda dapat menjadikan rumus tersebut sebagai bahan referensi ketika anda membutuhkannya.

Dengan kejadian tersebut akhirnya saya pun membuat postingan ini, yang kiranya melalui postingan sederhana ini bisa membantu teman-teman yang mungkin saja mengalami kasus yang sama.
Baiklah, untuk lebih jelasnya mengenai cara merubah tanggal,bulan dan tahun sesuai keinginan anda maka berikut ini penjelasannya.

-        Jika anda ingin merubah format tanggal (1979-10-14) agar bisa menjadi (14/10/1979), maka anda bisa melakukannya dengan cara seperti di bawah ini.
Sebagai contoh saya mengambil data tanggal dari hasil copy dalam bentuk format  1979-10-14 dan saya pastekan pada exel baru di kolom cell B2, untuk merubahnya menjadi format tanggal dalam bentuk 14/10/1979 maka saya lakukan pada cell D2 dengan cara menggunakan rumus berikut :
=TEXT(B2;"dd/mm/yyyy")

Penjelasan : B2 adalah merupakan data awal yang berada pada cell B2 sedangkan dd mm dan yyyy menunjukkan tanggal, bulan dan tahun.

-        Selain itu, rumus lain yang dapat anda gunakan untuk merubah format tanggal diatas maka anda bisa juga menggunakan rumus berikut :
=RIGHT(B2;2)&"/"&MID(B2;6;2)&"/"&LEFT(B2;4)

Penjelasan : RIGHT(B2;2) maksudnya data yang akan di ambil yaitu yang terletak di sebelah kanan diambil 2 gidit yaitu data 14. &"/"& maksudnya akan menggunakan tanda penghubung garis miring. MID(B2;6;2) maksudnya data yang akan di ambil adalah data tengah yang berada di posisi ke 6 dan data yang akan di ambil sebayak 2 yaitu data 10. LEFT(B2;4a) maksudnya data yang akan di ambil yaitu data yang berada di sebelah kiri dan data yang akan di ambil yaitu 4 digit yaitu 1979.

Itulah rumus untuk mengganti format tanggal yyyy-mm-dd menjadi bentuk format dd/mm/yyyy dimana untuk dd yaitu menyatakan tanggal, dd menyatakan bulan dan yyyy menyatakan tahun.
Perlu anda ketahui nahwa selain rumus diatas berikut ini rumus yang mudah yang dapat anda gunakan untuk merubah format tanggal sesuai keinginan seperti yang terlihat pada penjelasan di bawah ini :
-          12/02/2010 rumus =TEXT(B2;"DD MMMM YYYY") hasil 12 Februari 2010
-          12/02/2010 rumus =TEXT(B2;"DD/MM/YYYY") hasilnya 12/02/2010
-          12/02/2010 rumus =TEXT(B2;"DD-MM-YYYY") hasilnya 12-02-2010
-          2010-02-12 rumus =TEXT(B2;"DD/MM/YYYY") hasilnya 12/02/2010

Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara atau rumus yang bisa di gunakan untuk merubah format tanggal yang terdapat di exel. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkannya dan bisa menambah wawasan anda dalam memanfaatkan rumus di exel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel