Pendaftaran Calon Kepala Sekolah Program Sekolah Penggerak

Kherysuryawan.id – Rekrutmen calon kepala sekolah program sekolah penggerak (PSP) Angkatan 2 tahun 2021.

Sahabat Pendidikan dimanapun berada, saat ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan kembali akan membuka sebuah pendaftaran yaitu pendaftaran calon kepala sekolah penggerak Angkatan ke 2 tahun 2021.

Sasaran rekrutmen calon kepala sekolah penggerak adalah kepala sekolah jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, dan SLB dari 250 kab/kota yang ada di 34 provinsi.

 


Bagi anda para kepala sekolah yang memiliki integritas dan kinerja yang baik maka anda bisa mendaftarkan diri sebagai calon kepala sekolah program sekolah penggerak agar bisa lebih memaksimalkan keprofesian anda dan bisa terus mengembangkan sumber daya manusia. Program sekolah penggerak merupakan program kementerian Pendidikan yang kini telah banyak diikuti pelatihannya oleh para pendidik di seluruh Indonesia.

 

Program Sekolah Penggerak adalah program untuk mendorong proses transformasi satuan pendidikan agar dapat meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara holistik, baik dari aspek kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) maupun non-kognitif (karakter) untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Transformasi tersebut diawali dengan adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, yaitu Kepala Sekolah dan Guru sebagai upaya menciptakan SDM yang unggul. Untuk itulah, dalam rangka penguatan SDM sekolah, maka dilakukan pelatihan dan pendampingan di satuan pendidikan pelaksana Program Sekolah Penggerak.

 

Kegiatan pelatihan dan pendampingan pada Program Sekolah Penggerak mencakup tentang pembelajaran, perencanaan berbasis data, dan digitalisasi sekolah. Pembelajaran pada Program Sekolah Penggerak merupakan pembelajaran yang berorientasi pada penguatan kompetensi dan pengembangan karakter peserta didik yang sesuai dengan nilai[1]nilai Pancasila, melalui kegiatan di dalam dan di luar kelas. Siklus pembelajaran dimulai dari proses refleksi, evaluasi proses dan hasil pembelajaran yang menjadi informasi untuk membuat rencana pembelajaran yang berbasis pada data, dan selanjutnya melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik dengan berkolaborasi bersama komunitas praktisi.

 

 

 

Baru-baru ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan telah mengeluarkan surat pemberitahuan tentang rekrutmen calon kepala sekolah pada program sekolah penggerak Angkatan 2 yang ditujukan untuk para kepala dinas Pendidikan provinsi dan kabupaten kota yang ada di seluruh Indonesia. Dengan adanya surat pemberitahuan ini maka tentunya akan membuka peluang besar bagi anda yang ingin menjadi kepala sekolah pada program sekolah penggerak yang ada di provinsi atau kabupaten kota anda masing-masing.

 

Berikut ini cuplikasi isi dari surat yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan tentang rekrutmen calon kepala sekolah pada program sekolah penggerak Angkatan 2 :

 

Dalam rangka menindaklanjuti peluncuran kebijakan Merdeka Belajar Episode ketujuh: Program Sekolah Penggerak (PSP), Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan melaksanakan Rekrutmen Calon Kepala Sekolah Pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan 2. Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 akan dilaksanakan pada sasaran 250 Kabupaten/Kota (daftar kabupaten/kota wilayah sasaran sebagaimana Lampiran 1).

 

Sehubungan dengan hal tersebut, kami menginformasikan beberapa hal terkait sebagai berikut:

1.   Sasaran calon Kepala Sekolah Pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 sejumlah 7.500 orang pada jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan SLB.

2.   Berdasarkan surat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah No. 10517/C/DM.05.03/2021 mengenai hasil evaluasi dan koordinasi pelaksanaan Program Sekolah Penggerak Angkatan 1 maka ada 1 provinsi dan 10 Kabupaten/Kota yang tidak diikutsertakan pada Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 di jenjang tertentu (sebagaimana lampiran 2). Dengan demikian pada daerah daerah tersebut terdapat jenjang Satuan Pendidikan tertentu yang tidak dapat mendaftar pada Program Sekolah Penggerak Angkatan 2.

3.   Proses rekrutmen dilakukan dalam beberapa tahap seleksi, yaitu:

● tahap 1 : registrasi, pengisian dan penilaian biodata, serta esai,

● tahap 2 : simulasi mengajar dan wawancara.

Registrasi akan dibuka mulai tanggal 27 Agustus – 03 Oktober 2021.

4.   Tim rekrutmen calon Kepala Sekolah Pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 adalah Tim Independen yang telah dibekali dengan pelatihan dan dinyatakan lulus sebagai Asesor dengan mengutamakan prinsip transparansi, akuntabel, dan berkualitas.

5.   Informasi proses rekrutmen calon Kepala Sekolah Pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 dapat dilihat pada Lampiran 3, atau pada laman: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak/

 

Selanjutnya kami mohon Saudara bersama dengan Tim PSP Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk menyampaikan informasi ini kepada kepala sekolah di wilayah Saudara untuk mengikuti proses rekrutmen. Untuk pertanyaan lebih lanjut, kami siapkan dan layani melalui Helpdesk tautan http://ringkas.kemdikbud.go.id/helpdeskPSP

 

Atas perhatian dan kerja sama Saudara, kami sampaikan terima kasih.

 

Itulah isi dari surat pemberitahuan tentang pembukaan pendaftaran calon kepala sekolah program sekolah penggerak, bagi anda yang ingin ikut dalam rekrutmen calon kepala sekolah program sekolah penggerak (PSP) tersebut maka anda bisa mempersiapkan diri dan melengkapi semua kelangkapan administrasi untuk pendaftaran nantinya sehingga anda bisa lulus sesuai keinginan dan harapan.

 

Adapun bagi anda yang ingin mengetahui tentag Daftar Kabupaten/Kota Pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan Kedua serta ingin mengetahui lebih lengkap tentang alur seleksi rekrutmen calon kepala sekolah program sekolah penggerak maka anda bisa melihat secara lengkap pada file surat resmi tentang rekrutmen calon kepala sekolah program sekolah penggerak Angkatan 2 yang akan saya bagikan melalui postingan ini.

 

Baiklah berikut ini file surat resmi tentang rekrutmen calon kepala sekolah program sekolah penggerak Angkatan 2 yang bisa anda unduh melalui judul yang ada di bawah ini :

 

  • Rekrutmen Calon KS Program Sekolah Penggerak (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai rekrutmen calon kepala sekolah program sekolah penggerak Angkatan 2, semoga informasi ini dapat membantu para kepala sekolah dan pendidik yang ingin mendapatkan informasi tentang pendaftaran calon kepala sekolah pada program sekolah penggerak.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel