Soal Asesmen/AKM Tingkat SD Lengkap Dengan Pembahasan

Kherysuryawan.id – Contoh Soal AKM SD Kelas 1, Contoh Soal AKM SD Kelas 2, Contoh Soal AKM SD Kelas 3, Contoh Soal AKM SD Kelas 4, Contoh Soal AKM SD Kelas 5, dan Contoh Soal AKM SD Kelas 6 bentuk soal literasi dan numerasi yang telah dilengkapi dengan pembahasannya.

Sahabat Pendidikan, tidak lama lagi pelaksanaan asesmen nasional untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK akan segera dimulai.

 


Sebelum asesmen dimulai maka hendaknya para peserta didik sudah memiliki persiapan yang baik dalam memahami contoh bentuk soal asesmen nasional nantinya. Sebagai informasi bahwa nantinya soal yang akan di kerjakan pada Asesmen Nasional terdiri dari tiga bagian yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar. Ketiga jenis soal tersebut nantinya wajib untuk di jawab oleh seluruh peserta didik yang akan mengikuti pelaksanaan AKM.

 

Adapun bentuk soal yang sangat mendasar dalam pelaksanaan asesmen nantinya yaitu ada 2 jenis diantaranya ialah soal asesmen bentuk literasi dan soal asesmen bentuk numerasi. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif. Adapun yang akan mengerjakan soal bentuk literasi dan numerasi pada saat asesmen nantinya ialah peserta didik.

 

Survey Karakter mengukur sikap, kebiasaan, nilai nilai (values) sebagai hasil belajar non kognitif. Untuk soal yang berhubungan dengan survey karakter maka yang mengikuti survey nantinya adalah peserta didik dan guru. Untuk Survey Lingkungan Belajar yaitu mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran. Adapun yang akan mengikuti Survey Lingkungan Belajar yaitu kepala satuan Pendidikan dalam hal ini adalah kepala sekolah dimasing-masing jenjang Pendidikan yang menyelenggarakan asesmen nasional.

 

Pelaksanaan asesmen nasional nantinya akan di lakukan dengan menggunakan 2 model pelaksanaan yakni model semi online dan model online/daring (dalam jaringan). Sekolah dapat memilih salah satu dari kedua option tersebut, jika memungkinkan untuk melakukan asesmen secara daring maka hendaknya bisa mengikuti asesmen dengan model online. Adapun dalam pengerjaannya nantinya siswa, guru dan kepala sekolah akan mengerjakan soal asesmen dengan menggunakan computer/laptop.

 

Bagi peserta didik yang akan mengikuti AKM nantinya ialah siswa kelas 5 SD yang diambil secara acak, siswa kelas 8 SMP yang diambil secara acak serta siswa kelas 11 SMA/SMK yang juga diambil secara acak. Untuk jenjang SD/MI, di hari pertama Asesmen Nasional dilakukan tes literasi dengan batas waktu yang di berikan 75 menit dan survey karakter 20 menit. Hari kedua dilakukan tes numerasi dengan batas waktu yang di berikan yaitu 75 menit dan Survey Lingkungan Belajar 20 menit. Untuk jenjang SMP/MTs, SMA/MA dan SMK, di hari pertama dilakukan tes literasi dengan jumlah waktu yang di berikan 90 menit dan Survey Karakter 30 menit. Hari kedua, tes numerasi dengan waktu yang di berikan 90 menit dan Survey Lingkungan Belajar 30 menit.

 

Setelah memahami sedikit informasi mengenai model asesmen nantinya maka melalui postingan ini kherysuryawan.id akan memberikan contoh-contoh soal asesmen atau contoh soal AKM khusus untuk jenjang SD. Contoh soal yang akan di berikan yakni mulai dari contoh soal akm kelas 1 SD, contoh soal akm kelas 2 sd, contoh soal akm kelas 3 sd, contoh soal akm kelas 4 sd, contoh soal akm kelas 5 sd dan contoh soal akm kelas 6 sd.

 

Dengan belajar mengerjakan dan memahami bentuk soal akm untuk jenjang SD baik itu soal bentuk literasi ataupun soal bentuk numerasi maka tentunya akan memudahkan para peserta didik yang akan mengikuti asesmen nantinya. Setidaknya peserta didik sudah mengetahui jenis soal asesmen yang nantinya akan tampil saat pelaksanaan asesmen dan bisa memperoleh gambaran bentuk soal asesmen yang sesungguhnya.

 

Sebenarnya pihak kementerian Pendidikan dan kebudayaan telah membagikan banyak sekali contoh soal AKM mulai dari bentuk soal literasi hingga bentuk soal numerasi untuk semua jenjang Pendidikan dan bisa diakses oleh siapapun yang membutuhkannya. Apabila anda yang sedang membaca postingan ini dan sedang membutuhkan pembelajaran untuk mengerjakan contoh soal-soal asesmen bentuk literasi dan numerasi maka melalui postingan ini kherysuryawan.id akan membantu anda mendapatkan contoh soal asesmen tingkat SD yang mana setiap soal telah di berikan kunci jawaban dan juga pembahasannya.

 

Baiklah untuk anda yang membutuhkan contoh soal asesmen/AKM untuk tingkat SD mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 6 SD yang soalnya telah dilengkapi dengan jawaban, maka silahkan anda dapatkan melalui judul yang saya tampilkan di bawah ini :

 


Demikianlah informasi mengenai contoh soal akm jenjang sekolah dasar yang dapat kherysuryawan.id paparkan pada postingan ini, semoga bagi para siswa yang sedang ingin belajar mengerjakan dan memahami bentuk soal asesmen literasi dan numerasi khusus untuk jenjang SD maka bisa mendapatkan informasinya melalui artikel ini.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel