-->

Soal AKM Kelas 1&2 SD Lengkap Dengan Pembahasan

Kherysuryawan.id – Contoh soal AKM kelas 1 dan kelas 2 SD yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasan di setiap soalnya.

Untuk soal yang akan di tampilkan pada contoh soal AKM kelas 1 dan 2 ini yaitu soal dalam bentuk kompetensi literasi teks fiksi dan juga literasi informasi. Semua contoh soal yang disajikan telah di berikan pembahasannya sehingga akan sangat mudah untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran dalam memahami contoh soal AKM.

 


Meskipun yang akan menjadi responden dalam pelaksanaan assessment nasional bagi siswa jenjang SD nantinya adalah siswa yang berada di kelas 5 SD namun bukan berarti bahwa jenis soal asesmen yang akan diberikan nantinya hanya soal kelas 5 SD saja melainkan soal asesmen yang akan di munculkan tentunya mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 SD.

 

Oleh sebab itu kita sebagai guru maupun peserta didik khususnya yang berada di jenjang sekolah dasar agar bisa mempelajari contoh-contoh soal AKM mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 SD. Jika pada postingan sebelumnya saya sudah membagikan contoh soal AKM mulai dari kelas 2 hingga kelas 6 SD maka pada kesempatan kali ini saya kembali akan membagikan contoh soal AKM online untuk kelas 1 dan 2 SD.

 

Bentuk soal AKM yang akan saya sampaikan melalui postingan ini yaitu soal literasi teks fiksi dan soal literasi teks informasi. Bagian-bagian yang akan di bahas pada soal literasi teks fiksi yaitu diantaranya soal dalam menemukan informasi, memahami, mengevaluasi dan merefleksi sedangkan bagian-bagian pada soal literasi informasi yang akan di bahas yaitu sama dengan soal yang ada pada literasi teks fiksi.

 

Mengapa contoh soal AKM sangat perlu untuk di pelajari, sebab dalam menghadapi asesemen nantinya guru dan siswa harus bisa bersiap-siap dalam menghadapi asesmen nasional yang akan di mulai tahun 2021. Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

 

Model atau bentuk soal pada asesmen nantinya terdiri dari beberapa model diantaranya yaitu soal dalam bentuk pilihan ganda,soal pilihan ganda kompleks,  soal essay atau uraian, soal menjodohkan. Bagi anda yang masih belum paham tentang jenis soal tersebut maka berikut ini penjelasannya.

Pada soal pilihan ganda yaitu murid atau peserta didik hanya dapat memilih satu jawaban benar dalam satu soal. Pada soal pilihan ganda kompleks yang mana peserta didik/murid dapat memilih lebih dari satu jawaban benar dalam satu soal. Pada soal menjodohkan yaitu peserta didik atau murid menjawab dengan dengan cara menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya. Pada soal isian singkat yaitu murid dapat menjawab berupa bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya. Dan pada soal uraian siswa menjawab soal berupa kalimat-kalimat untuk menjelaskan jawabannya.

 

Baiklah bagi bapak dan ibu guru serta bagi peserta didik yang ingin melihat contoh-contoh soal AKM khususnya soal dalam bentuk literasi teks fiksi dan soal literasi teks informasi untuk kelas 1 dan kelas 2 SD yang sudah dilengkapi dengan pembahasannya maka anda bisa melihat jenis-jenis soalnya pada judul yang telah disiapkan di bawah ini :

 

SOAL LITERASI TEKS FIKSI

-          Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (7 Soal)

-          Mengidentifikasi kejadian yang dihadapi tokoh cerita pada teks sastra sesuai jenjangnya. (3 Soal)

-          Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh pada teks sastra sesuai jenjangnya. (4 Soal)

-          Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)

-          Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya. (5 Soal)

 

SOAL LITERASI TEKS INFORMASI

-          Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (6 Soal)

-          Mengidentifkasi topik atau fokus pembahasan pada teks informasi yang sesuai jenjangnya. (6 Soal)

-          Menyimpulkan kejadian pada teks informasi sesuai jenjangnya. (6 Soal)

-          Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (8 Soal)

-          Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya. (2 Soal)

 

Seluruh contoh soal latihan AKM kelas 1 dan kelas 2 SD bentuk literasi teks fiksi dan literasi teks informasi diatas merupakan contoh soal AKM yang di peroleh dari laman pusmenjar kemdikbud yang telah merilis contoh-contoh soal AKM mulai dari jenjang SD, jenjang SMP hingga jenjang SMA/SMK. Semuanya dapat anda lihat secara online dan tentunya bisa menjadi pembelajaran baik untuk guru dan juga untuk peserta didik.

 

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan mengenai contoh soal AKM kelas 1 dan kelas 2 SD yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga intformasi ini bisa bermanfaat bagi para pendidik dan pelajar diamanapun berada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel