Soal AKM Online Jenjang SD, SMP, SMA Tahun 2022

Kherysuryawan.id – Contoh Soal AKM Online SD, SMP, SMA/SMK lengkap dengan kunci jawabannya. Latihan mengerjakan soal-soal asesmen kompetensi minimum (AKM) secara online untuk jenjang sekolah dasar, sekolah menenngah pertama dan sekolah menengah atas.

Jika pada postingan saya sebelumnya saya telah memberikan pembahasan mengenai apa itu AKM maka pada kesempatan kali ini saya akan kembali menyampaikan informasi kepada para pembaca setia blog kherysuryawan.id mengenai contoh soal asesmen kompetensi minimum (AKM) yang bisa di akses secara online bagi siapapun baik oleh guru maupun oleh siswa dan mulai dari jenjang SD, SMP, hingga SMA/SMK.

 

Sekedar mengingatkan kembali bahwasannya asesmen kompetensi minimum (AKM) merupakan pengganti dari ujian nasional (UN). Jika UN telah dihapus maka kini muncul yang Namanya AKM atau asesmen kompetensi minimum. Tujuan di buatnya AKM adalah untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama sekolah, yakni pengembangan kompetensi dan karakter siswa sehingga dengan di adakannya AKM maka diharapkan dapat meningkatkan mutu mutu dan kualiatas Pendidikan di masing-masing sekolah.

 

Nantinya yang akan menjadi sampel dalam pelaksanaan AKM ialah siswa kelas 5 SD, siswa kelas 8 SMP dan siswa kelas 11 SMA. Pemilihan jenjang kelas V, VIII dan XI dimaksudkan agar murid yang menjadi peserta Asesmen Nasional dapat merasakan perbaikan pembelajaran ketika mereka masih berada di sekolah tersebut. Selain itu, Asesmen Nasional juga digunakan untuk memotret dampak dari proses pembelajaran di setiap satuan pendidikan. Murid kelas V,VIII, dan XI telah mengalami proses pembelajaran di sekolahnya, sehingga sekolah dapat dikatakan telah berkontribusi pada hasil belajar yang diukur dalam Asesmen Nasional.

 

Meskipun yang menjadi sampel pada saat pelaksanaan AKM nantinya ialah hanya siswa kelas 5 SD, kelas 8 SMP dan kelas 11 SMA bukan berarti bahwa siswa pada tingkatan kelas lainnya tidak bisa mengikuti dan mengetahui jenis-jenis soal AKM melainkan semua kelas bisa belajar untuk melakukan latihan dalam memahami jenis-jenis soal AKM sesuai level kelasnya masing-masing.

 

Soal AKM untuk kelas 1 dan kelas 2 SD masuk dalam kategori level 1, Soal AKM untuk kelas 3 dan kelas 4 SD masuk dalam kategori level 2, Soal AKM untuk kelas 5 dan kelas 6 SD masuk dalam kategori level 3, Soal AKM untuk kelas 7 dan kelas 8 SMP masuk dalam kategori level 4, Soal AKM untuk kelas 9 SMP dan kelas 10 SMA masuk dalam kategori level 5, sedangkan Soal AKM untuk kelas 11 dan kelas 12 SMA masuk dalam kategori level 6. Soal AKM pada setiap level di sesuaikan dengan tingkatan kelas dan di sesuaikan dengan kemampuan siswa.

 

Bagi anda yang ingin mencoba untuk melatih atau mengasah kemampuan anda dalam mengerjakan soal-soal latihan AKM maka melalui postingan ini saya akan memberikan ruang bagi anda untuk bisa melakukan latihan dalam mengerjakan soal-soal AKM mulai dari jenjang SD,SMP hingga SMA dan sesuai dengan level masing-masing. Untuk anda yang ingin melihat contoh soal latihan AKM secara online maka melalui poatingan ini anda bisa melihat jenis-jenis soal AKM sesuai jenjang pada masing-masing kelas.

 

Informasi ini saya bagikan untuk memberikan kemudahan kepada setiap guru maupun siswa yang ingin melihat dan mengerjakan contoh soal-soal AKM jenjang SD,SMP dan SMA. Selain itu jenis soal yang akan disajikan dibagi dalam 3 kompetensi yaitu kompetensi numerasi, kompetensi literasi teks fiksi dan kompetensi literasi teks informasi. Bagi anda yang ingin mencoba untuk mengetahui jenis soal-soal AKM untuk persiapan ketika akan mengikuti pelaksanaan AKM nanatinya maka melalui artikel ini anda akan melihat dan mengetahui jenis soal-soal AKM.

 

Sebagai informasi bahwa pada laman hasilun.pusmenjar.kemdikbud.go.id disana telah di sediakan berbagai jenis contoh soal latihan AKM secara online yang bisa di akses secara umum oleh siapapun jadi bagi anda yang berminat untuk mengetahuinya maka anda bisa mengunjungi laman tersebut, namun jika anda tidak mengetahui caranya maka melalui postingan ini saya akan memberikan informasi cara untuk bisa mengakses contoh soal latihan AKM online untuk semua jenjang.


Jika anda membutuhkan Soal AKM online untuk jenjang SD kelas 2,4,5 dan 6, jenjang SMP kelas 7,8 dan 9 serta jenjang SMA kelas 10, 11 dan 12 maka silahkan cek pada judul di bawah ini :

  • SOAL AKM ONLINE BESERTA KUNCI JAWABAN KELAS 2 SD (DISINI)
  • SOAL AKM ONLINE BESERTA KUNCI JAWABAN KELAS 4 SD (DISINI)
  • SOAL AKM ONLINE BESERTA KUNCI JAWABAN KELAS 5 DAN 6 SD (DISINI
  • SOAL AKM ONLINE BESERTA KUNCI JAWABAN KELAS 7 DAN 8 SMP (DISINI)
  • SOAL AKM ONLINE BESERTA KUNCI JAWABAN KELAS 9 DAN 10 SMP-SMA (DISINI)
  • SOAL AKM ONLINE BESERTA KUNCI JAWABAN KELAS 11 DAN 12 SMA (DISINI)

 

Namun jika anda ingin membutuhkan contoh soal AKM lainnya yang lebih lengkap maka anda bisa menggunakan cara yang akan saya jelaskan di bawah ini :

Baiklah berikut ini cara untuk bisa melihat contoh soal-soal AKM online jenjang SD,SMP dan SMA secara online.

1.   Silahkan kunjungi atau klik alamat di bawah ini :

PUSMENJAR

2.   Selanjutnya nanti akan terbuka sebuah laman yang menampilkan level pembelajaran untuk setiap kelas mulai dari jenjang SD,SMP dan SMA, seperti terlihat di bawah ini



3.   Selanjutnya untuk memilih soal AKM sesuai kebutuhan anda dan sesuai kelas yang anda inginkan maka silahkan kalian pilih sesuai level yang telah disiapkan

4.   Kemudian pilih jenis kompetensi soal yang diinginkan, disana ada 3 jenis kompetensi yaitu numerasi, literasi teks fiksi dan literasi teks informasi


5.   Berikut ini contoh soal dan juga kunci jawaban yang di tampilkan

 

Demikianlah informasi mengenai soal AKM online untuk jenjang SD,SMP dan SMA yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga melalui informasi ini maka anda bisa memiliki bahan evaluasi dan pemahaman tentang jenis-jenis soal AKM yang nantinya akan di berikan pada saat pelaksanaan asesmen di tahun ini.

Sekian dan semoga anda bisa senang untuk melakukan latihan dalam mengerjakan soal AKM online yang telah di sediakan sesuai penjelasan diatas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel