Soal AKM Kelas 2 SD Lengkap Dengan Jawaban Tahun 2021/2022

Kherysuryawan.id – Contoh Soal dan Pembahasan AKM online Kelas 2 SD dalam bentuk soal numerasi.

Sahabat Pendidikan dimanapun berada, pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan informasi bahwa bagi anda yang ingin berlatih dalam mengerjakan soal-soal latihan AKM maka disini anda bisa melihat beberapa contoh soalnya dan di dalam soal tersebut juga sudah dilengkapi dengan jawaban dan pembahasannya.

 


Contoh latihan soal AKM yang akan saya informasikan disini ialah soal AKM untuk kelas 2 SD yaitu soal bentuk numerasi yang bisa digunakan oleh siswa maupun oleh guru dalam melatih kemampuan untuk mengerjakan soal AKM. Soal yang akan disiapkan disini dapat diakses secara online sehingga untuk melihatnya anda harus terhubung dengan jaringan internet.

 

Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari sehingga soal dalam bentuk numerasi lebih kepada soal berhitung dan identic dengan mata pelajaran matermatika. Bagi anda yang suka dengan soal berhitung maka anda akan merasa tertantang dengan mengerjakan soal-soal bentuk numerasi.

 

Pada soal bentuk AKM Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur, yaitu literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Kedua kompetensi dasar tersebut sangat penting untuk dikuasai oleh peserta didik dan tentunya guru pun harus bisa memberikan pemahaman tentang jenis soal literasi membaca dan numerasi atau berhitung.

 

Kedua kompetensi yang akan di nilai pada pelaksanaan AKM nantinya yaitu Baik pada literasi membaca maupun numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi.

 

AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh peserta didik menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya, Sehingga AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, dan tidak hanya sekedar penguasaan konten saja.

 

Bentuk soal Asesmen Nasional terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian. Sebagai penjelasannya maka simaklah uraiannya di bawah ini :

-          Pilihan ganda, murid hanya dapat memilih satu jawaban benar dalam satu soal.

-          Pilihan Ganda Kompleks, murid dapat memilih lebih dari satu jawaban benar dalam satu soal.

-          Menjodohkan, murid menjawab dengan dengan cara menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya.

-          Isian singkat, murid dapat menjawab berupa bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya.

-          Uraian, murid menjawab soal berupa kalimat-kalimat untuk menjelaskan jawabannya.

 

Baiklah bagi anda yang akan melatih kemampuan dalam mengerjakan soal-soal numerasi untuk kelas 2 SD, maka di bawah ini saya telah menyiapkan link untuk menuju ke soal-soal online yang mana di setiap soal yang disajikan telah disiapkan jawaban dan pembahasannya jadi akan sangat membantu para guru dan siswa dalam memahami bentuk soal AKM.

 

Berikut ini soal dan Pembahasan AKM kelas 2 SD secara Online :

1.   Memahami bilangan cacah (maks. tiga angka). (1 Soal) 

2.   Memahami pecahan satuan sederhana (1/2, 1/3, 1/4, 1/5). (2 Soal) 

3.   Mengenal garis bilangan dan mengetahui posisi bilangan cacah pada garis bilangan. (2Soal) 

4.   Membandingkan dua bilangan cacah (maks. tiga angka). (1 Soal) 

5.   Menghitung hasil penjumlahan/ pengurangan dua bilangan cacah (maks. tiga angka). (2 Soal) 

6.   Menentukan beberapa (maks. 5) kelipatan suatu bilangan cacah n dengan n < 10. (Setara dengan skip counting.) (2 Soal) 

7.   Mengenal segi empat, segitiga, segi banyak, dan lingkaran. (5 Soal)

8.   Mengenal balok dan kubus. (3 Soal)

9.   Mengenal satuan baku untuk panjang (cm, m), berat (gr, kg), waktu (detik, menit, jam) dan volume (liter). (4 Soal)

10. Menyelesaikan persamaan sederhana menggunakan operasi penjumlahan/pengurangan saja (dalam bentuk yang ramah bagi anak). (6 Soal)

11. Mengenali pola gambar atau objek. (3 Soal)

 

Demikianlah beberapa contoh soal online AKM untuk kelas 2 SD yang bisa anda pelajari, semoga melalui artikel ini maka anda yang membutuhkan sontoh soal AKM online untuk kelas 2 SD bisa mendapatkan manfaatnya.

Sekian yang bisa saya informasikan, dan Terimakasih atas partisipasi anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel