Soal AKM Numerasi SMA Kelas 10,11,12 SMA/SMK

Kherysuryawan.id - Latihan soal AKM Numerasi jenjang SMA Kelas 10, 11, 12 lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya.

Halo sahabat pendidikan, selamat bertemu kembali di website pendidikan ini. Pada pertemuan kali ini admin akan membahas seputar AKM atau yang sering di sebut dengan asesmen kompetensi minimum. AKM akan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan yang dimulai dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK.


Dalam persiapan menghadapi pelaksanaan asesmen nasional tentunya para guru dan siswa akan sangat membutuhkan sebuah referensi soal-soal latihan untuk digunakan sebagai bahan belajar maupun latihan. nah olehnya itu pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang soal asesmen sekaligus menyajikannya pada postingan ini agar bisa menjadi bahan latihan dan belajar.


Perlu diketahui bahwa dalam soal AKM ada 2 model soal yakni soal literasi dan soal numerasi. Soal AKM yang akan di tampilkan pada postingan ini yaitu berupa soal yang berjenis numerasi yang artinya bahwa soal yang disajikan lebih banyak kepada soal-soal yang membutuhkan kompetensi perhitungan seperti pada mata pelajaran matematika dan IPA.


Jika pada postingan sebelumnya admin telah membagikan soal latihan AKM atau soal asesmen Model literasi maka pada kesempatan ini admin akan membagikan sajian soal AKM model numerasi atau soal perhitungan.

Soal AKM ini adalah kumpulan latihan soal-soal AKM yang ada di laman pusmenjar yang sekiranya bisa membantu para siswa khususnya siswa jenjang sekolah menengah atas (SMA) agar memiliki pemahaman tentang model dan jenis soal-soal asesmen.

 

Sahabat Pendidikan perlu di ketahui bahwa dalam ujian asesmen atau AKM maka nantinya siswa akan menjawab soal-soal dalam 3 bentuk kompetensi, diantaranya yaitu :

1.       Asesmen Kompetensi Minimum (AKM),

2.       Survei Karakter

3.       Survei Lingkungan Belajar.

 

Sebagai informasi bahwasannya pelaksanaan AKM atau asesmen hampir sama dengan pelaksanaan ujian nasional (UN), hanya saja asesmen bukanlah menjadi penentu dalam kelulusan siswa. Asesmen nasional merupakan pengganti dari ujian nasional. Jika pada tahun terdahulu siswa wajib untuk mengikuti ujian nasional maka di saat sekarang ini siswa pun tetap harus mengikuti kegiatan asesmen nasional.

 

Jika pada pelaksanaan ujian nasional siswa yang akan mengikuti ujian adalah siswa yang berada pada tingkat akhir maka berbeda dengan pelaksanaan asesmen nasional yang mana siswa yang akan mengikutinya yaitu siswa kelas 5 SD, siswa kelas 8 SMP dan siswa kelas 11 SMA/SMK.

 

Lantas apakah soal AKM akan sama model, bentuk dan tampilannya dengan soal UN(ujian nasional) ? Perlu di ketahui bahwa pada Soal AKM ini akan sangat berbeda dengan soal UN.

Guru dan siswa harus bisa memahami bentuk soal yang akan ditampilkan pada ujian asesmen. Dengan memahami bentuk soal pada pelaksanaan AKM maka tentunya akan memudahkan kita dalam menjawab soal.

 

Pada soal Asesmen kompetensi minimum (AKM) ada 5 bentuk soal yang akan di munculkan.  

Berikut ini 5 bentuk soal AKM yang harus anda ketahui :

1.       Pilihan ganda: memilih satu jawaban benar dari tiap soal.

2.       Pilihan ganda kompleks: memilih lebih dari satu jawaban benar dalam satu soal.

3.       Menjodohkan: menjawab dengan menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya.

4.       Isian singkat: menjawab berupa bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya. 

5.       Uraian: menjawab soal berupa kalimat-kalimat untuk menjelaskan jawabannya.

 

Setelah anda memahami tentang bentuk soal AKM seperti yang telah di jelaskan diatas, maka pada kesempatan kali ini admin akan membagikan soal latihan AKM untuk jenjang SMA khususnya soal AKM Model Numerasi yang tentunya telah menckakup 5 bentuk soal yang telah admin jelaskan diatas.

 

Adapun soal Asesmen Numerasi jenjang SMA untuk kelas 10,11,12 yang admin bagikan pada postingan ini yaitu soal yang bersumber dari laman pusmenjar. Jika anda ingin mencoba untuk melatih diri dalam persiapan menghadapi ujian asesmen nasional nanti maka anda bisa berlatih menjawab soal-soal AKM yang ada di laman pusmenjar kemdikbud.

 

Nah, pada postingan ini admin sengaja membagikan soal latihan Asesmen Numerasi agar para siswa maupun guru yang kesusahan dalam mencari referensi soal AKM maka bisa terbantu dengan adanya postingan ini. Tujuan utama admin membagikan soal latihan AKM ini ialah agar memudahkan para guru dan siswa yang akan berlatih memahami jenis-jenis soal AKM.

 

Soal AKM yang akan di sajikan pada postingan ini telah dilengkapi pula dengan kunci jawabannya sehingga akan memudahkan bagi siswa yang akan menggunakan sebagai bahan latihan dan bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi siapapun yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar.

 

Soal AKM yang akan di sajikan pada postingan ini berisi 13 soal yang terdiri atas soal pilihan ganda, soal menjodohkan, soal pilihan ganda kompleks, soal uraian dan juga soal isian singkat. Silahkan anda pelajari dengan baik agar bisa menjadi bahan belajar dan latihan yang tentunya bisa bermanfaat untuk persiapan menghadapi asesmen nasional.

 

Baiklah untuk lebih jelasnya, maka silahkan pelajari soal-soal AKM Numerasi jenjang SMA yang akan di sajikan di bawah ini :


DESKRIPSI DI BAWAH INI MENJADI PANDUAN MENGERJAKAN SOAL NOMOR 1 – 2.

Badan Geologi, Kementerian ESDM dan Mitigasi Bencana Geologi Sumatra Utara sedang mengamati ketinggian letusan awan panas gunung Sinabung pada hari tersebut. Puncak gunung terlihat pada sudut elevasi 30° sedangkan puncak letusan awan panas terlihat pada sudut elevasi 60°.

1. Jika tinggi gunung Sinabung adalah 2.460 meter, maka tinggi letusan awan panas gunung tersebut dari puncak gunung adalah .... (nilai dari akar 3 = 1,73)

o   1.796 meter

o   4.256 meter

o   4.260 meter

o   4.320 meter

o   4.920 meter

 

KUNCI JAWABAN :

(E) 4.920 meter

 

2. Diketahui tinggi gunung Sinabung adalah 2.460 meter dan terjadi kesalahan dalam mengukur sudut elevasi. Besar sudut elevasi untuk melihat tinggi erupsi seharusnya adalah 50o. Akibat kesalahan ini, bagaimanakah tinggi erupsi gunung sebenarnya? Apakah lebih tinggi atau lebih rendah bila dibandingkan dengan tinggi erupsi yang didapatkan dari sudut elevasi semula? Beri alasannya!

 

KUNCI JAWABAN :

Tinggi erupsi sebenarnya lebih rendah bila dibandingkan dengan perkiraan tinggi erupsi semula karena nilai tan 50 < tan 60

 

 

DESKRIPSI DI BAWAH INI MENJADI PANDUAN MENGERJAKAN SOAL NOMOR 3 – 4.

Sistem penyelenggaraan telekomunikasi di Indonesia terbagi menjadi jaringan tetap (kabel dan nirkabel) dan jaringan bergerak (selular). Dalam perkembangannya, telah terjadi pergeseran pada sektor telekomunikasi di Indonesia. Awalnya masyarakat Indonesia menggunakan jaringan telekomunikasi yang berbasis pada kabel. Namun mobilitas yang tinggi serta kebutuhan akan akses informasi yang cepat dan akurat telah menggeser pilihan moda telekomunikasi yang digunakan masyarakat Indonesia.

 

Grafik berikut menunjukkan pertumbuhan pengguna telepon seluler, nirkabel dan kabel di Indonesia (dalam pembulatan puluhan juta terdekat).

Namun demikian, dari tahun 2000 sampai 2007, banyak pengguna telepon seluler (dalam juta) dapat didekati dengan model fungsi f(x) = 1,3x2 + 1,6x + 3,7 dengan x = 0 merepresentasikan tahun 2000.

 

3. Banyak pengguna telepon seluler di Indonesia akan mencapai angka 78,6 juta pada tahun ….

 

KUNCI JAWABAN :

Tahun 2007

 

4. Berdasarkan grafik dan pendekatan model fungsi yang diberikan, tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut!

Pernyataan

Benar

Salah

Pengguna telepon nirkabel diperkirakan akan dapat melampaui pengguna telepon kabel pada tahun 2010

 

 

Banyak pengguna telepon seluler akan terus bertambah menjadi 302,2 juta pada tahun 2015

 

 

Banyak pengguna telepon kabel setiap tahunnya cenderung statis

 

 

Dengan menggunakan pendekatan model fungsi yang dibuat, pertambahan pengguna telepon seluler di Indonesia diperkirakan akan melambat setelah tahun 2007

 

 

 

KUNCI JAWABAN :

A (Benar)

B (Salah)

C (Benar)

D (Salah)

 


Anita, seorang seniman muda dari Sumatera berencana membuat pameran tunggal untuk menunjukkan rancangan karyanya yang disusun dari tumpukan bola-bola tanah. Bola-bola tersebut dibuat dari campuran tanah liat dan sampah daur ulang. Polanya seperti gambar berikut.

Untuk memenuhi ruangan yang disediakan, Anita akan membuat 10 susunan bola tersebut. (Asumsi ada penambahan 10% bola tanah untuk persediaan/penggantian bola tanah yang rusak selama masa pameran di setiap susunan bola).

 

5. Jumlah bola tanah pada susunan ke 7 adalah ……………..bola tanah

 

KUNCI JAWABAN :

36

 

Anita, seorang seniman muda dari Sumatera berencana membuat pameran tunggal untuk menunjukkan rancangan karyanya yang disusun dari tumpukan bola-bola tanah. Bola-bola tersebut dibuat dari campuran tanah liat dan sampah daur ulang. Polanya seperti gambar berikut.

Untuk memenuhi ruangan yang disediakan, Anita akan membuat 10 susunan bola tersebut. (Asumsi ada penambahan 10% bola tanah untuk persediaan/penggantian bola tanah yang rusak selama masa pameran di setiap susunan bola).

 

Anita juga akan mewarnai susunan bola tanah tersebut dengan 1 bola warna kuning dan sisanya warna merah (di setiap susunan) seperti gambar berikut.

6. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, banyak cat kuning yang dibutuhkan diperkirakan sebanyak 1 kaleng. Jika dianggap ukuran dan isi 1 kaleng cat merah sama dengan 1 kaleng cat kuning, tentukan Benar atau Salah setiap pernyataan berikut!

Pernyataan

Benar

Salah

Banyak bola tanah yang akan dicat merah adalah 275

 

 

Banyak cat merah yang dibutuhkan adalah 265 kaleng

 

 

Apabila bola tanah cadangan akan dicat dengan warna merah semua, maka cat merah yang dibutuhkan adalah 3 kaleng

 

 

Apabila dari setiap susunan ada dua bola yang dicat kuning dan yang lainnya merah, maka jumlah cat merah yang dibutuhkan hanya 255 kaleng

 

 

 

KUNCI JAWABAN :

A (Benar)

B (Salah)

C (Benar)

D (Salah)

 

Anita, seorang seniman muda dari Sumatera berencana membuat pameran tunggal untuk menunjukkan rancangan karyanya yang disusun dari tumpukan bola-bola tanah. Bola-bola tersebut dibuat dari campuran tanah liat dan sampah daur ulang. Polanya seperti gambar berikut.

Untuk memenuhi ruangan yang disediakan, Anita akan membuat 10 susunan bola tersebut. (Asumsi ada penambahan 10% bola tanah untuk persediaan/penggantian bola tanah yang rusak selama masa pameran di setiap susunan bola).

 

Untuk memenuhi ruangan yang disediakan, Anita akan membuat 10 susunan bola tersebut. (Asumsi ada penambahan 10% bola tanah untuk persediaan/penggantian bola tanah yang rusak selama masa pameran di setiap susunan bola).

 

7. Atas pertimbangan beberapa faktor, Anita masih mempertimbangkan banyaknya susunan bola yang akan dibentuk dan berapa banyak bola tanah yang harus disediakan. Dengan asumsi jumlah penambahan bola yang sama, bantulah Anita untuk menghitung dan memasangkan banyaknya bola tanah dan jumlah susunan maksimal yang dapat dibentuk!

Banyak bola tanah yang disediakan

Banyak susunan bola maksimal

100

6

200

7

300

8

400

9

 

10

 

11

 

KUNCI JAWABAN :

100 (6)

200 (8)

300 (9)

400 (11)

 

DESKRIPSI DI BAWAH INI MENJADI PANDUAN MENGERJAKAN SOAL NOMOR 8 – 13.


FINAL PIALA DUNIA DAN PELUANGNYA

Amel mengunduh bagan pertandingan sepak bola piala dunia yang dimulai dari babak perempat final. Berikut adalah bagan yang berhasil didapatkan Amel.

Kemudian Amel menyebarkan survei kepada teman-temannya yang menyukai sepak bola dan selalu menonton pertandingan sepak bola pada tahun-tahun sebelumnya. Berikut adalah tabel peluang tim-tim di atas untuk menang babak perempat final yang berhasil disimpulkan oleh Amel berdasarkan survei yang dibuatnya. Sedangkan untuk babak selanjutnya, yaitu semifinal dan final semua tim memiliki peluang menang yang sama yaitu 50%.

8. Berdasarkan data pada bagan pertandingan piala dunia dan tabel peluang yang dikumpulkan Amel, peluang Perancis untuk menjadi juara dunia adalah ….

o   0,125

o   0,175

o   0,343

o   0,95

o   1

 

KUNCI JAWABAN :

(B) 0,175

 

9. Manakah pernyataan yang benar berdasarkan bagan pertandingan piala dunia yang diunduh Amel dan juga tabel peluang hasil survei Amel? Berilah tanda centang (√) pada setiap pernyataan yang benar!

o   Peluang tim Uruguay dan Kroasia untuk menang babak perempat final adalah sama besar

o   Peluang tim Prancis untuk menang babak perempat final lebih besar bila dibandingkan tim Brazil

o   Jumlah peluang menang untuk setiap tahapan pertandingan berbeda-beda

o   Di antara semua tim yang akan bertanding di babak perempat final, Inggris mempunyai peluang yang terbesar untuk menang babak perempat final

 

KUNCI JAWABAN :

(B) Peluang tim Prancis untuk menang babak perempat final lebih besar bila dibandingkan tim Brazil.

(C) Jumlah peluang menang untuk setiap tahapan pertandingan berbeda-beda.

(D) Di antara semua tim yang akan bertanding di babak perempat final, Inggris mempunyai peluang yang terbesar untuk menang babak perempat final.

 

10. Berdasarkan data yang  dikumpulkan dan bagan piala dunia yang diunduh Amel, berilah tanda centang (√) pada kolom ‘Benar’ atau ‘Salah’ untuk setiap pernyataan!

Pernyataan

Benar

Salah

Peluang Rusia dan Kroasia untuk menang dan menjadi juara dunia adalah sama besar

 

 

Peluang Swedia dan Belgia bertemu di final adalah 0,2

 

 

Peluang Prancis dan Inggris untuk menjadi juara dunia adalah 0

 

 

Peluang Uruguay atau Brazil maju ke babak semifinal adalah 0,9

 

 

 

KUNCI JAWABAN :

A (Benar)

B (Salah)

C (Salah)

D (Benar)

 

11. Andi, Budi, dan Candra adalah teman Amel yang menyukai sepak bola dan selalu menonton pertandingannya. Berdasarkan tabel hasil survei yang diperlihatkan Amel, ketiga teman Amel tersebut memiliki prediksi yang berbeda tentang siapa yang akan menjadi juara tahun ini. Andi memprediksi Brazil, Budi memprediksi Prancis, dan Candra memprediksi Inggris. Prediksi siapakah yang paling berpeluang benar? 

 

KUNCI JAWABAN :

Prediksi candra

 

 

Tim sepak bola negara Uruguay, Belgia, Swedia memang tidak banyak yang memprediksi mereka akan mencapai babak final. Beberapa orang berpendapat bahwa langkah mereka tahun ini terhenti di babak semi final.

12. Pasangkan masing-masing negara Uruguay, Belgia, dan Swedia dengan besar peluang mereka terhenti di babak semi final. Tariklah garis untuk setiap pasangan yang tepat!

Negara

Besar Peluang

Uruguay

0,1

Belgia

0,15

Swedia

0,2

 

0,35

 

KUNCI JAWABAN :

Uruguay (0,15)

Belgia (0,2)

Swedia (0,1)

13. Seorang teman yang membaca hasil survei memprediksi bahwa Brazil akan menjadi juara. Benarkah prediksi tersebut? Jelaskan alasanmu!

 

KUNCI JAWABAN :

Peluang brazil menang dan menjadi juara dunia adalah = 0.6*0.5*0.5 = 0.15, sedangkan peluang tidak juara = 1- 0.15 = 0.85. maka rasio menang dan tidak menang untuk brazil adalah 15 : 85 = 3 : 17.

 

LANJUT ==> SOAL AKM LITERASI SMA/SMK TERBARU


Demikianlah sajian soal latihan asesmen untuk model soal AKM Numerasi jenjang SMA/SMK yang bisa admin bagikan pada kesempatan ini, semoga dengan adanya soal-soal latihan diatas, maka bisa membantu para guru maupun siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan latihan maupun sebagai bahan belajar untuk persiapan menghadapi pelaksanaan asesmen nasional yang akan di gelar di sekolah masing-masing pada tahun ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel