Soal AKM Numerasi Kelas 10 SMA dan Pembahasannya

Kherysuryawan.id – Contoh soal Asesmen Numerasi Kelas 10 SMA lengkap dengan pembahasannya.

Sahabat Pendidikan, tidak lama lagi ujian asesmen nasional (AN) akan dimulai baik untuk sekolah tingkat SD, sekolah tingkat SMP, hingga sekolah tingkat SMA/SMK. Ujian asesmen akan dilakukan sebagai pengganti ujian nasional namun nilai dari ujian asesmen bukan sebagai penentu kelulusan ataupun penentu bagi siswa yang akan memasuki Pendidikan selanjutnya dalam hal ini nilainya bukan sebagai syarat dalam penerimaan PPDB. meskipun demikian asesmen nasional wajib untuk diikuti oleh peserta didik yang telah terpilih sebagai nominasi peserta AN di setiap jenjang satuan pendidikan.

 

Nantinya peserta asesmen nasional akan diikuti oleh peserta didik yang berada pada kelas 5 SD, kelas 8 SMP dan kelas 11 SMA/SMK. Asesmen kompetensi minimum (AKM) menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan konten.

 

Sebelum menghadapi ujian asesmen maka guru diharapkan bisa memberikan informasi tentang pentingnya untuk bisa mengikuti asesmen bagi siswa yang terpilih nantinya sebagai peserta sehingga peserta didik bisa mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi ujian asesmen nantinya. Salah satu persiapan yang harus dilakukan oleh peserta didik sebelum menghadapi asesmen nasional ialah dengan tekun belajar khususnya berlatih mengerjakan soal-soal asesmen yang telah banyak di bagikan di internet.

 

Salah satu laman Pendidikan milik pemerintah yang bisa diakses untuk melihat kumpulan contoh soal AKM ialah melalui laman pusmenjar.kemdikbud.go.id disana nantinya anda bisa melihat soal-soal AKM bahkan bisa memilih soal AKM sesuai tingkatan kelas. Dengan banyak berlatih dan belajar maka tentunya akan menjadi dasar dan bekal yang baik dalam menghadapi ujian asesmen nantinya.

 

Sahabat Pendidikan, jika anda masih bingung mencari – cari contoh soal AKM maka melalui postingan ini saya akan membagikan contoh soal AKM kelas 10 SMA khususnya soal bentuk numerasi yakni soal yang lebih kepada jenis perhitungan seperti pada mata pelajaran matematika atau IPA. Soal-soal ini dirangkum dari sumber di laman pusmenjar kemdikbud dan saya bagikan di postingan ini agar sekiranya bisa mempermudah para pelajar yang ingin menggunakannya sebagai bahan latihan menghadapi asesmen nantinya.

 

Baiklah untuk anda yang ingin berlatih soal-soal AKM kelas 10 SMA, maka berikut ini kumpulan soal AKM kelas 10 SMA yang telah dilengkapi dengan kunci jawabannya.


Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan soal nomor 2!

Jembatan rangka baja adalah struktur jembatan yang terdiri dari rangkaian batang-batang baja yang dihubungkan satu dengan yang lainnya.
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Jembatan rangka batang ini memiliki beberapa tipe, dikarenakan banyak para ahli yang mengembangkan ide-ide untuk membuat jembatan rangka batang. Di antaranya sebagai berikut:
 
A. Tipe Pratt (Pratt Truss).
Jembatan ini memiliki elemen diagonal yang mengarah ke bawah dan bertemu pada titik tengah batang jembatan bagian bawah.
 
B. Tipe Howe (Howe Truss).
Jembatan ini kebalikan dari tipe Pratt dimana elemen diagonalnya mengarah ke atas dan menerima tekanan sedangkan batang vertikalnya menerima tegangan.
 
C. Tipe Warren (Warren Truss).
 Jembatan rangka batang tipe warren ini tidak memiliki batang vertikal pada bentuk rangkanya yang membentuk segitiga sama kaki atau segitiga sama sisi. Sebagian batang diagonalnya mengalami gaya tekan (compression) dan sebagian lainnya mengalami gaya tegangan (tension).
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Sebuah jembatan rangka baja dibuat dengan desain tampak samping seperti berikut. (Semua Ukuran dalam meter)
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id

Soal nomor 1 (uraian)

Untuk menerapkan desain jembatan tipe Warren, dibutuhkan tambahan rangka baja pada satu sisi jembatan sepanjang … m.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
1100 / dibutuhkan 11 rangka baja, maka 11 * 100 = 1100 meter.
 

Soal nomor 2 (pilihan ganda)

Minimal panjang rangka baja yang dibutuhkan untuk satu sisi jembatan (tampak samping) seperti di atas adalah ….
A. 2.300 m
B. 2.440 m
C. 2.450 m
D. 3.300 m
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan soal nomor 4!
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Badan Geologi, Kementerian ESDM dan Mitigasi Bencana Geologi Sumatra Utara sedang mengamati ketinggian letusan awan panas gunung  Sinabung pada hari tersebut. Puncak gunung terlihat pada  sudut elevasi 30° sedangkan puncak letusan awan panas terlihat pada sudut elevasi 60°.

Soal nomor 3 (uraian)

Diketahui tinggi gunung Sinabung adalah 2.460 meter dan terjadi kesalahan dalam mengukur sudut elevasi. Besar sudut elevasi untuk melihat tinggi erupsi seharusnya adalah 50°. Akibat kesalahan ini, maka tinggi erupsi gunung sebenarnya lebih tinggi atau rendahkah bila dibandingkan dengan tinggi erupsi yang didapatkan dari sudut elevasi semula? Beri alasannya!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
30°.
 
Derajat dengan tinggi 2460 meter, yang seharusnya adalah 50°. Besar sudut sebanding dengan tinggi dengan aturan trigonometri --- x = t / sin y dengan x jarak pengamat dengan kaki gunung.
 

Soal nomor 4 (pilihan ganda)

Jika tinggi gunung Sinabung adalah 2.460 meter, maka tinggi letusan awan panas gunung tersebut adalah .... (nilai dari akar 3 = 1,73 )
A. 4.200 meter
B. 4.260 meter
C. 4.280 meter
D. 4.320 meter
E. 4.380 meter
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
B.
 
Dengan trigonometri 2460 : sin 30 = x : sin 60 sehingga x = 4260,8 m.
 

Soal nomor 5 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Pada saat bermain dilapangan, Ihsan melihat sebuah bayangan tiang bendera yang panjang. Kemudian Ihsan mulai berpikir berapakah tinggi tiang bendera tersebut? Apakah tinggi tiang bendera tersebut akan sama dengan panjang bayangannya? Lalu Ihsan mulai mengukur panjang bayangan tiang bendera tersebut menggunakan sebuah meteran. Akan tetapi, pada saat meteran menunjukkan angka 12,5 meter, Ihsan berhenti dan berdiri tegak, pada saat itu Ihsan melihat bayangan ujung tiang bendera dan bayangan ujung kepalanya berada pada satu titik. Dari titik ihsan berhenti, kemudian ihsan melanjutkan pengukuran hingga diperoleh panjang bayangan tiang bendera yaitu 13,5 meter. Jika tinggi badan Ihsan adalah 150 cm, maka tinggi tiang bendera tersebut akan mudah ditentukan dengan perbandingan trigonometri, yaitu ....
A. sinus
B. cosinus
C. tangen
D. cotangen
E. cosecan
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.
 

Soal nomor 6 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Sebuah pesawat tempur melihat dua buah kapal layar di bawahnya. Pada layar pemantau yang dilihat copilot, pesawat tempur tersebut menunjukkan posisi kedua kapal layar dengan sudut depresi yang berbeda seperti terlihat pada gambar. Jika copilot melihat kedua kapal layar dengan posisi pesawat yang tegak lurus permukaan air laut dengan ketinggian 1.800 meter, maka jarak kedua kapal tersebut adalah ....
A. 2.400 meter
B. (1.800 + 600 √2) meter
C. (1.800 + 600 √3) meter
D. 3.600 meter
E. (1.800 + 1.800 √3) meter
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.
 

Soal nomor 7 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id

Dengan menggunakan perbandingan trigonometri dapat diukur tinggi helikopter dengan bagian atas gedung. Seorang pengamat berdiri 120 m di depan gedung. Jika tinggi gedung adalah h dan jarak helikopter dengan bagian atas gedung adalah t, maka nilai h dan t (tinggi pengamat diabaikan) adalah ….
(√2 = 1,41; √3  =1,73)
 
A. t = 51,8 meter dan h = 68,2 meter
B. t = 50,8 meter dan h = 69,2 meter
C. t = 50,8 meter dan h = 70,2 meter
D. t = 49,8 meter dan h = 70,2 meter
E. t = 48,8 meter dan h = 71,2 meter
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
B.
 

Soal nomor 8 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Andi bermain di pinggir sebuah danau di sekitar lokasi tempat tinggalnya. Andi berkeinginan mengukur lebar danau tersebut dengan cara mengamati sebuah pohon yang berada persis di depannya yang tepat di pinggir danau. Kemudian Andi berjalan sejauh 160 meter dan melihat kembali pohon yang pertama kali dilihat tersebut. Ia mengukur besar sudut pandangnya terhadap pohon tersebut yang ternyata besarnya 60°. Lebar danau yang akan Andi ukur adalah ….
A. 80 meter
B. 120 meter
C. 160 meter
D. 160√2 meter
E. 160√3 meter
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
E
 

Soal nomor 9 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Mengukur tinggi sebuah gedung dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi keterbatasan jarak gedung ke tempat pemantauan adalah dengan menggunakan dua tempat pemantauan. Amir melakukan dengan cara memantau ini dengan sudut pantau (elevasi) 45° kemudian berjalan mendekati Gedung sejauh 80 meter dan mengukur kembali dengan sudut pantau (elevasi) 60°. Jika tinggi Amir 160 cm, maka tinggi gedung tersebut adalah .… (√2 = 1,41; √3  =1,73)
A. 109,6 meter
B. 111,2 meter
C. 126,9 meter
D. 128,5 meter
E. 191,2 meter
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
B.
 

Soal nomor 10 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Karina dan Hardianto ingin mengukur tinggi sebuah gedung dengan cara mereka berdua berdiri di lain tempat. Hardianto di sebelah Barat dan Karina di sebelah Selatan. Hardianto melihat puncak gedung dengan sudut elevasi 45° dan Karina dengan sudut elevasi 30°. Jika jarak antar keduanya 200 meter dan tinggi keduanya 160 cm, maka tinggi gedung tersebut adalah .... 
(√2 = 1,41; √3  =1,73)
A. 346 meter
B. 282 meter
C. 173 meter
D. 141 meter
E. 100 meter
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
E.
 

Soal nomor 11 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Beni ingin mengukur lebar danau yang baru saja dikeruk karena terjadi pendangkalan dan banyak ditumbuhi eceng gondok. Sketsa yang dibuat Beni seperti pada gambar. Saat dilakukan perhitungan Beni ragu atas hasil yang diperoleh, karena ukuran lebar danau tidak masuk logikanya. Ternyata setelah diukur ulang bersama temannya, sudut yang tadinya 45° seharusnya adalah 40°. Perbandingan lebar danau seharusnya dengan lebar danau yang diperoleh dari pengukuran awal adalah ....
A. tan 40° per tan 45°
B. tan 45° per tan 40°
C. sin 40° per sin 45°
D. sin 45° per sin 40°
E. tan 40° per sin 45°
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A.
 

Soal nomor 12 (uraian)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Para siswa pramuka diminta membuat jembatan untuk menyeberangi sungai. Saat akan mengukur lebar sungai posisi siswa Pramuka pertama berdiri persis di depan sebuah pohon A dan siswa Pramuka kedua berada di titik C serta posisi jarak Pramuka pertama dan Pramuka kedua adalah 20 meter. Para siswa pramuka tersebut membuat sketsa pada sebuah kertas seperti pada gambar di atas.
 
Apakah dengan menggunakan sketsa di bawah ini, siswa pramuka dapat mengukur lebar sungai? Diketahui panjang BE = 8 meter dan DE = 4 meter. Berikan alasanmu!
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id

 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Bisa.
 
Bisa dengan 2 metode:
  1. dengan menggunakan metode kesebangunan. segitigaa ABC sebangun dengan segitiga DBE karena ketiga sisinya sama sehingga utk mencari AC ---- DB : BC = DE : AC 2; dan
  2. menggunakan trigonometri pada kedua segitiga di sudut B sehingga yaitu tan B = DE : DB = AC : CB.
 Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 13, soal nomor 16, dan soal nomor 19!
HEMAT AIR BUAT KITA
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Tahukah kalian bahwa pada 2025 sebanyak 321 juta jiwa penduduk Indonesia diprediksi akan sulit mendapatkan air bersih? (Forum Air Dunia II/ World Water Forum di Den Haag, Maret, 2000). Kebutuhan air tidak hanya untuk menjaga kesehatan diri, namun beberapa kegiatan sehari-hari seperti mencuci, memasak, membersihkan diri juga membutuhkan air dalam penggunaannya. Tidak bisa dibayangkan bukan, apabila persediaan air menipis sedangkan hampir seluruh kegiatan kita sehari-hari membutuhkan air. HEMATLAH AIR dari sekarang ....!
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 14, soal nomor 17, dan soal nomor 20!
HEMAT AIR UNTUK KEHIDUPAN
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Salah satu kebutuhan pokok sehari-hari makhluk hidup di dunia ini yang tidak dapat terpisahkan adalah air. Tidak hanya penting bagi manusia, Air merupakan bagian yang penting bagi makhluk hidup baik hewan dan tumbuhan. Jadi bukan hal yang baru jika kehidupan yang ada di dunia ini dapat terus berlangsung karena tersedianya air yang cukup. Dalam usaha mempertahankan kelangsungan hidupnya, manusia berupaya mengadakan air yang cukup bagi dirinya sendiri.  
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 15, soal nomor 18, dan soal nomor 21! 
HEMAT AIR BUAT KEHIDUPAN MASA DEPAN
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Air adalah sumber daya alam yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebagai manusia yang akan selalu menggantungkan diri pada air kita memang sudah seharusnya untuk menjaganya. Meskipun air ini adalah sumber daya yang terbarukan, namun untuk air bersih ternyata sumber daya ini tidak bisa diperbarui. Keberadaan air bersih yang terus menyusut tiap tahunnya ini akhirnya harus membuat kita ekstra waspada akan stok atau persediaannya. Untuk menjaga stok atau persediaan air bersih ini dengan baik Anda mau tak mau memang harus melakukan penghematan.
 

Soal nomor 13 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Sebuah wadah berbentuk prisma segi-enam beraturan dengan Panjang sisi alasnya 10 cm dan tingginya 5 cm. Wadah tersebut akan digunakan untuk mencetak bata (Paving Block) dari hasil adonan campuran air, semen, dan pasir dengan perbandingan 4 : 1 : 5 artinya setiap 4 liter air akan di campur dengan semen 1 liter dan pasir 5 liter. Jika air yang digunakan untuk membuat Paving Bock senilai dengan air hasil penghematan pengunaan keran aerator maka banyak paving blok maksimal yang dapat dicetak adalah …. 
(√2 = 1,41; √3  =1,73)
A. 82 buah
B. 88 buah
C. 92 buah
D. 96 buah
E. 100 buah
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A.
 

Soal nomor 14 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id

Sebuah wadah berbentuk prisma segi-enam beraturan dengan panjang sisi alasnya 6 cm dan tingginya 18 cm. Jika wadah tersebut digunakan untuk menampung air hasil penghematan dari pengunaan pancuran dibandingkan dengan gayung pada sekali mandi, maka banyak wadah minimum dengan bentuk sama yang dibutuhkan adalah ...
(√2 = 1,41; √3  =1,73)
A. 6 buah
B. 7 buah
C. 8 buah
D. 9 buah
E. 10 buah
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A.
 

Soal nomor 15 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Makanan tradisional yaitu bacang umumnya berbentuk limas segitiga beraturan. Misal Bacang tersebut akan dibuat dengan ukuran sisi alasnya 6 cm dan tinggi 10 cm. Jika campuran untuk membuat bacang tersebut salah satunya adalah beras yang dicampur air dengan perbandingan 1 : 3 yang artinya 1 liter beras dicampur 3 liter air. Seorang pedagang akan membuat bacang dengan menggunakan air yang senilai dengan hasil penghematan dari menutup kebocoran keran air per hari, maka banyak bacang maksimum yang dapat dibuat dengan bentuk sama adalah ....
(√2 = 1,41; √3  =1,73)
A. 1.145
B. 1.440
C. 1.445
D. 1.540
E. 1.926
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.
 

Soal nomor 16 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id

Andi menggunakan gayung dengan bentuk setengah bola yang berdiameter 14 cm untuk mandi. Andai air yang digunakan Andi untuk mandi senilai dengan penghematan air dari mencuci sayur atau piring dalam bak cuci piring maka banyak cidukan gayung maksimal yang dapat digunakan Andi untuk mandi adalah  ….
(phi = 22/7)
A. 21 cidukan
B. 19 cidukan
C. 18 cidukan
D. 10 cidukan
E. 9 cidukan
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
B.
 

Soal nomor 17 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Andi mandi menggunakan gayung dengan bentuk setengah bola yang berdiameter 16 cm. Perkiraan perbandingan volume gayung yang Andi pakai untuk mandi dengan air hasil penghematan menggosok gigi dengan mematikan kran air adalah ….
(phi = 3,14)
A. 1 : 4
B. 1 : 6
C. 1 : 10
D. 2 : 13
E. 1 : 8
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.
 

Soal nomor 18 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Sebuah perusahaan es krim akan membuat es krim dari bahan-bahan tertentu yang dicampur dengan air. Es krim yang sudah jadi diisikan ke dalam wadah berbentuk kerucut dan sebagian ada yang menonjol keluar sehingga berbentuk setengah bola seperti pada gambar, Jika bahan-bahan dan air berbanding 3 : 1 yang artinya setiap 1 liter air akan dicampur dengan 3 liter bahan-bahan lainnya, maka banyak es krim yang dapat dibuat dengan memanfaatkan air penghematan menutup keran yang bocor perhari adalah ….
(phi = 3,14)
A 1.667 cup es krim
B. 833 cup es krim
C. 830 cup es krim
D. 417 cup es krim
E. 415 cup es krim
 
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A.
 

Soal nomor 19 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Ani menampung air dengan wadah berbentuk kerucut terpancung seperti pada gambar. Perbandingan volum wadah berbentuk seperti pada gambar dengan air hasil penghematan mandi tidak menggunakan gayung tetapi menggunakan shower adalah ....
(phi = 3,14)
A. 4 : 13
B. 1 : 3
C. 2 : 7
D. 2 : 9
E. 1 : 6
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
B.
 

Soal nomor 20 (pilihan ganda)

Mangkok berbentuk kerucut terpancung seperti pada gambar digunakan untuk menampung air. Jika air yang ditampung adalah air dari penghematan mencuci pakaian selama setahun, Jika x adalah mangkok maka banyak mangkok yang bisa digunakan adalah ....
(phi = 22/7)
A. 1023 < x < 3052
B. 1020 < x < 3050
C. 1020 < x < 3052
D. 1023 < x < 3050
E. 1013 < x < 3025
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A.
 

Soal nomor 21 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Untuk menjaga stok atau persediaan air bersih ini dengan baik Anda mau tak mau memang harus melakukan penghematan.   Perhatikan gambar berikut!  Ani akan membuat nasi tumpeng yang dikukus dengan menggunakan tempat berbentuk kerucut seperti pada gambar. Campuran air untuk mengukus berasnya adalah 1 : 1 artinya 1 liter beras dicampur 1 liter air. Jika air yang digunakan untuk membuat tumpeng senilai dengan air hasil penghematan jika Ani mematikan keran air saat gosok gigi selama 4 hari, maka banyak maksimal nasi tumpeng yang dapat dibuat adalah .…
(phi = 3,14 )
A. 2 buah
B. 3 buah
C. 5 buah
D. 10 buah
E. 12 buah
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 22, soal nomor 23, soal nomor 24, soal nomor 25, dan soal nomor 26!
Bu Siti mendapat tugas dari sekolah untuk menyiapkan paket hadiah untuk siswanya yang berprestasi di sekolahnya. Bu Siti ingin membeli alat-alat tulis sebagai hadiahnya. Alat-alat tulis yang ingin dibeli berupa buku tulis, bolpoin, dan penghapus. Pada setiap pembelian alat tulis, pembeli dikenakan pajak sebesar 10%. Berkaitan dengan tugas tersebut, bu Siti melihat beberapa paket alat tulis yang dijual di toko Rejeki dan toko Makmur seperti pada gambar berikut.
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id


Soal nomor 22 (pilihan ganda)

Bu Siti membeli tiga paket alat tulis yang berisi lebih dari dua macam alat tulis (alat tulis tersebut boleh berupa buku, bolpoin,  atau penghapus) baik itu di toko Rejeki maupun di toko Makmur. Matriks yang sesuai untuk ketiga paket tersebut adalah ….
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
A
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
B
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
C
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
D
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
E

Kunci Jawaban/ Pembahasan
D.
 

Soal nomor 23 (pilihan ganda)

Berdasarkan harga tiap paket yang tersedia di toko Rejeki dan toko Makmur carilah masing-masing harga dari setiap alat tulis baik penghapus, buku tulis maupun bolpoin, bu Siti menarik kesimpulan bahwa …
A. Harga sebuah buku tulis di toko Rejeki lebih mahal dari toko Makmur.
B. Harga sebuah buku tulis di toko Rejeki lebih murah dari toko Makmur.
C. Harga sebuah penghapus di toko Rejeki sama dengan di toko Makmur.
D. Harga sebuah penghapus di toko Rejeki lebih murah dari toko Makmur.
E. Harga sebuah bolpoin di toko Rejeki lebih murah dari toko Makmur.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
B.
 

Soal nomor 24 (pilihan ganda)

Bu Siti ingin membuat 6 bungkus hadiah dengan tiap bungkus terdiri dari 3 macam alat tulis dan jumlah tiap-tiap alat tulisnya sama.  Supaya pembelian hadiah dengan dana termurah, sebaiknya paket alat tulis yang dibeli bu Siti adalah ….
A. 2 paket Hemat + 3 paket Sedang
B. 2 paket Lengkap + 6 paket Murah
C. 3 paket Murah + 2 paket Besar
D. 3 paket Ekonomis + 5 paket Murah
E. 6 paket Murah + 3 paket Besar

Kunci Jawaban/ Pembahasan
E.
 

Soal nomor 25 (pilihan ganda kompleks)

Bu Siti ingin membuat 5 paket hadiah dengan tiap paket hadiah berisi paling sedikit dua macam alat tulis. Kelima paket yang akan dibuat, isinya tidak harus sama. Jika bu Siti memiliki dana sebesar Rp125.000,00 dan menginginkan setiap paket hadiah harus ada penghapus dan bolpoin, maka paket yang dapat dibeli adalah ....
  1. 1 paket Sedang + 1 paket Hemat
  2. 1 paket Ekonomi + 1 paket Sedang
  3. 1 paket Hemat + 3 paket Murah
  4. 1 paket Ekonomi + 5 paket Murah
  5. 1 paket Lengkap + 2 paket Murah

Kunci Jawaban/ Pembahasan
1, 2, 3, dan 5
 

Soal nomor 26 (pilihan ganda kompleks)

Berdasarkan paket-paket alat tulis yang dijual di toko Rejeki dan toko Makmur, Bu Siti mengatakan bahwa harga sebuah bolpoin di toko Makmur lebih murah Rp550,00 dibanding harga di toko Rejeki.Benarkah pernyataan bu Siti?
  • Benar
  • Salah

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Salah
 Soal nomor 27 (pilihan ganda)
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Ady sedang menjumlahkan nomor-nomor pada halaman buku yang terdiri dari 20 halaman. Jumlah yang ia dapatkan adalah 224. Ternyata terjadi kekeliruan, yaitu ada satu halaman yang dihitung dua kali.  Jika buku dimulai dari halaman 1 sampai 20, maka halaman yang dihitung dua kali adalah .... 
A. 8
B. 10
C. 14
D. 15

Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.

Soal nomor 28 (pilihan ganda)

Anita, seorang seniman muda dari Sumatera berencana membuat pameran tunggal untuk menunjukkan rancangan karyanya yang disusun dari  tumpukan bola-bola tanah. Bola-bola tersebut dibuat dari campuran tanah liat dan recycle sampah yang dapat didaur ulang. Polanya seperti gambar berikut. 
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Untuk memenuhi ruangan yang disediakan, Anita akan membuat 10 susunan bola tersebut. Berapakah banyak bola tanah yang harus disediakan?
(Asumsi ada penambahan 10%  bola tanah untuk persediaan/penggantian bola tanah yang rusak selama masa pameran disetiap susunan bola)
A. 285 bola tanah.
B. 300 bola tanah.
C. 314 bola tanah.
D. 320 bola tanah.
E. 350 bola tanah.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.

Soal nomor 29 (pilihan ganda)

Anita, seorang seniman muda dari Sumatera berencana membuat pameran tunggal untuk menunjukkan rancangan karyanya yang disusun dari  tumpukan bola-bola tanah. Bola-bola tersebut dibuat dari campuran tanah liat dan recycle sampah yang dapat didaur ulang. Polanya seperti gambar berikut.
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Anita akan mewarnai susunan bola tanah tersebut dengan 1 bola warna kuning dan sisanya warna merah (di setiap susunan) dan banyak cat kuning yang dibutuhkan adalah 1 kaleng. Jika dianggap banyak cat merah yang dibutuhkan mempunyai proporsi yang sama, ujilah beberapa pernyataan berikut.
(Asumsi bola tanah yang dihitung hanya yang akan disusun di ruang pameran, yang cadangan tidak perlu dicat)
  • Banyak bola tanah yang akan dicat merah adalah 303.
  • Banyak cat merah yang dibutuhkan adalah 28 kaleng.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Benar - Salah.
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 30, soal nomor 31, soal nomor 32, dan soal nomor 33!
Sistem penyelenggaraan telekomunikasi di Indonesia terbagi menjadi jaringan tetap (kabel dan nirkabel) dan jaringan bergerak (selular). Dalam perkembangannya, telah terjadi pergeseran pada sektor telekomunikasi di Indonesia. Awalnya masyarakat Indonesia menggunakan jaringan telekomunikasi yang berbasis pada kabel. Namun mobilitas yang tinggi serta kebutuhan akan akses informasi yang cepat dan akurat telah menggeser pilihan moda telekomunikasi yang digunakan masyarakat Indonesia.  Dari tahun 2000 sampai 2007, banyak pengguna telepon seluler f(x) (dalam juta) dapat dimodelkan oleh persamaan f(x) = 1,3x² + 1,6x + 3,7 dengan x = 0 merepresentasikan tahun 2000. Grafik berikut menunjukkan pertumbuhan pengguna telepon seluler, nirkabel dan kabel di Indonesia (dalam pembulatan puluhan juta terdekat).
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id

Soal nomor 30 (pilihan ganda)

Banyak pengguna telepon seluler di Indonesia pada tahun 2005 adalah ….
A. 60.100.000 pengguna
B. 57.100.000 pengguna
C. 49.100.000 pengguna
D. 45.200.000 pengguna
E. 44.200.000 pengguna
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
E.
 

Soal nomor 31 (pilihan ganda)

Banyak pengguna telepon seluler di Indonesia akan mencapai angka 78,6 juta pada tahun ….
A. 2006
B. 2007
C. 2008
D. 2009
E. 2010
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
B
 

Soal nomor 32 (pilihan ganda kompleks)

Berdasarkan grafik di atas, bagaimanakah kebenaran pernyataan-pernyataan berikut?
  • Banyak pengguna telepon seluler akan terus bertambah menjadi 302,2 juta pada tahun 2015.
  • Grafik pertambahan penduduk di Indonesia yang terjangkit virus Corona Covid-19, diprediksi bentuknya menyerupai grafik pertumbuhan pengguna telepon seluler di Indonesia di atas.
  • Pertambahan pengguna telepon seluler di Indonesia diperkirakan akan melambat setelah tahun 2007.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Salah - benar - benar.
 

Soal nomor 33 (pilihan ganda kompleks)

Jika dikaitkan antara jumlah penduduk di Indonesia dan grafik banyak pengguna telepon seluler di atas, apa pendapat Anda tentang pernyataan-pernyataan berikut?
  • Berdasarkan data sensus penduduk pada tahun 2010, jumlah penduduk Indonesia sebanyak 242.524.123 jiwa. Jika dikaitkan dengan grafik banyak pengguna telepon seluler di Indonesia pada tahun 2010, menunjukkan bahwa lebih dari 50% penduduk Indonesia sebagai pengguna telepon seluler.
  • Berdasarkan data jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2019 sebanyak 268.07.600 jiwa. Jika dikaitkan dengan grafik banyak pengguna telepon seluler di Indonesia pada tahun 2019, menunjukkan bahwa lebih dari 75% penduduk Indonesia sebagai pengguna telepon seluler.
  • Jika melihat grafik pertambahan pengguna telepon seluler di Indonesia setelah tahun 2007, maka 50% penduduk Indonesia mempunyai lebih dari satu telepon seluler
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Salah - benar - benar.

 

LANJUT ===>> SOAL AKM LITERASI KELAS 10,11,12 DISINI 

LANJUT ===>> SOAL AKM NUMERASI KELAS 10,11,12 DISINI


LIHAT JUGA :


Demikianlah informasi mengenai soal AKM kelas 10 SMA/SMK yang bisa saya sajikan pada postingan ini, semoga bisa membantu para peserta didik yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran dan latihan sebelum menghadapi ujian asesmen nantinya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel