-->

Soal AKM Kelas 10 SMA dan Pembahasannya

Kherysuryawan.id – Contoh soal AKM Kelas 10 SMA lengkap dengan pembahasannya.

Sahabat Pendidikan, tidak lama lagi ujian asesmen nasional (AN) akan dimulai baik untuk sekolah tingkat SD, sekolah tingkat SMP, hingga sekolah tingkat SMA/SMK. Ujian asesmen akan dilakukan sebagai pengganti ujian nasional namun nilai dari ujian asesmen bukan sebagai penentu kelulusan ataupun penentu bagi siswa yang akan memasuki Pendidikan selanjutnya dalam hal ini nilainya bukan sebagai syarat dalam penerimaan PPDB.

 

Nantinya peserta asesmen nasional akan diikuti oleh peserta didik yang berada pada kelas 5 SD, kelas 8 SMP dan kelas 11 SMA/SMK. Asesmen kompetensi minimum (AKM) menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan konten.

 

Sebelum menghadapi ujian asesmen maka guru diharapkan bisa memberikan informasi tentang pentingnya untuk bisa mengikuti asesmen bagi siswa yang terpilih nantinya sebagai peserta sehingga peserta didik bisa mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi ujian asesmen nantinya. Salah satu persiapan yang harus dilakukan oleh peserta didik sebelum menghadapi asesmen nasional ialah dengan tekun belajar khususnya berlatih mengerjakan soal-soal asesmen yang telah banyak di bagikan di internet.

 

Salah satu laman Pendidikan milik pemerintah yang bisa diakses untuk melihat kumpulan contoh soal AKM ialah melalui laman pusmenjar.kemdikbud.go.id disana nantinya anda bisa melihat soal-soal AKM bahkan bisa memilih soal AKM sesuai tingkatan kelas. Dengan banyak berlatih dan belajar maka tentunya akan menjadi dasar dan bekal yang baik dalam menghadapi ujian asesmen nantinya.

 

Sahabat Pendidikan, jika anda masih bingung mencari – cari contoh soal AKM maka melalui postingan ini saya akan membagikan contoh soal AKM kelas 10 SMA khususnya soal bentuk numerasi yakni soal yang lebih kepada jenis perhitungan seperti pada mata pelajaran matematika atau IPA. Soal-soal ini dirangkum dari sumber di laman pusmenjar kemdikbud dan saya bagikan di postingan ini agar sekiranya bisa mempermudah para pelajar yang ingin menggunakannya sebagai bahan latihan menghadapi asesmen nantinya.

 

Baiklah untuk anda yang ingin berlatih soal-soal AKM kelas 10 SMA, maka berikut ini kumpulan soal AKM kelas 10 SMA yang telah dilengkapi dengan kunci jawabannya.


Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan soal nomor 2!

Jembatan rangka baja adalah struktur jembatan yang terdiri dari rangkaian batang-batang baja yang dihubungkan satu dengan yang lainnya.
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Jembatan rangka batang ini memiliki beberapa tipe, dikarenakan banyak para ahli yang mengembangkan ide-ide untuk membuat jembatan rangka batang. Di antaranya sebagai berikut:
 
A. Tipe Pratt (Pratt Truss).
Jembatan ini memiliki elemen diagonal yang mengarah ke bawah dan bertemu pada titik tengah batang jembatan bagian bawah.
 
B. Tipe Howe (Howe Truss).
Jembatan ini kebalikan dari tipe Pratt dimana elemen diagonalnya mengarah ke atas dan menerima tekanan sedangkan batang vertikalnya menerima tegangan.
 
C. Tipe Warren (Warren Truss).
 Jembatan rangka batang tipe warren ini tidak memiliki batang vertikal pada bentuk rangkanya yang membentuk segitiga sama kaki atau segitiga sama sisi. Sebagian batang diagonalnya mengalami gaya tekan (compression) dan sebagian lainnya mengalami gaya tegangan (tension).
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Sebuah jembatan rangka baja dibuat dengan desain tampak samping seperti berikut. (Semua Ukuran dalam meter)
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id

Soal nomor 1 (uraian)

Untuk menerapkan desain jembatan tipe Warren, dibutuhkan tambahan rangka baja pada satu sisi jembatan sepanjang … m.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
1100 / dibutuhkan 11 rangka baja, maka 11 * 100 = 1100 meter.
 

Soal nomor 2 (pilihan ganda)

Minimal panjang rangka baja yang dibutuhkan untuk satu sisi jembatan (tampak samping) seperti di atas adalah ….
A. 2.300 m
B. 2.440 m
C. 2.450 m
D. 3.300 m
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan soal nomor 4!
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Badan Geologi, Kementerian ESDM dan Mitigasi Bencana Geologi Sumatra Utara sedang mengamati ketinggian letusan awan panas gunung  Sinabung pada hari tersebut. Puncak gunung terlihat pada  sudut elevasi 30° sedangkan puncak letusan awan panas terlihat pada sudut elevasi 60°.

Soal nomor 3 (uraian)

Diketahui tinggi gunung Sinabung adalah 2.460 meter dan terjadi kesalahan dalam mengukur sudut elevasi. Besar sudut elevasi untuk melihat tinggi erupsi seharusnya adalah 50°. Akibat kesalahan ini, maka tinggi erupsi gunung sebenarnya lebih tinggi atau rendahkah bila dibandingkan dengan tinggi erupsi yang didapatkan dari sudut elevasi semula? Beri alasannya!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
30°.
 
Derajat dengan tinggi 2460 meter, yang seharusnya adalah 50°. Besar sudut sebanding dengan tinggi dengan aturan trigonometri --- x = t / sin y dengan x jarak pengamat dengan kaki gunung.
 

Soal nomor 4 (pilihan ganda)

Jika tinggi gunung Sinabung adalah 2.460 meter, maka tinggi letusan awan panas gunung tersebut adalah .... (nilai dari akar 3 = 1,73 )
A. 4.200 meter
B. 4.260 meter
C. 4.280 meter
D. 4.320 meter
E. 4.380 meter
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
B.
 
Dengan trigonometri 2460 : sin 30 = x : sin 60 sehingga x = 4260,8 m.
 

Soal nomor 5 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Pada saat bermain dilapangan, Ihsan melihat sebuah bayangan tiang bendera yang panjang. Kemudian Ihsan mulai berpikir berapakah tinggi tiang bendera tersebut? Apakah tinggi tiang bendera tersebut akan sama dengan panjang bayangannya? Lalu Ihsan mulai mengukur panjang bayangan tiang bendera tersebut menggunakan sebuah meteran. Akan tetapi, pada saat meteran menunjukkan angka 12,5 meter, Ihsan berhenti dan berdiri tegak, pada saat itu Ihsan melihat bayangan ujung tiang bendera dan bayangan ujung kepalanya berada pada satu titik. Dari titik ihsan berhenti, kemudian ihsan melanjutkan pengukuran hingga diperoleh panjang bayangan tiang bendera yaitu 13,5 meter. Jika tinggi badan Ihsan adalah 150 cm, maka tinggi tiang bendera tersebut akan mudah ditentukan dengan perbandingan trigonometri, yaitu ....
A. sinus
B. cosinus
C. tangen
D. cotangen
E. cosecan
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.
 

Soal nomor 6 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Sebuah pesawat tempur melihat dua buah kapal layar di bawahnya. Pada layar pemantau yang dilihat copilot, pesawat tempur tersebut menunjukkan posisi kedua kapal layar dengan sudut depresi yang berbeda seperti terlihat pada gambar. Jika copilot melihat kedua kapal layar dengan posisi pesawat yang tegak lurus permukaan air laut dengan ketinggian 1.800 meter, maka jarak kedua kapal tersebut adalah ....
A. 2.400 meter
B. (1.800 + 600 √2) meter
C. (1.800 + 600 √3) meter
D. 3.600 meter
E. (1.800 + 1.800 √3) meter
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.
 

Soal nomor 7 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id

Dengan menggunakan perbandingan trigonometri dapat diukur tinggi helikopter dengan bagian atas gedung. Seorang pengamat berdiri 120 m di depan gedung. Jika tinggi gedung adalah h dan jarak helikopter dengan bagian atas gedung adalah t, maka nilai h dan t (tinggi pengamat diabaikan) adalah ….
(√2 = 1,41; √3  =1,73)
 
A. t = 51,8 meter dan h = 68,2 meter
B. t = 50,8 meter dan h = 69,2 meter
C. t = 50,8 meter dan h = 70,2 meter
D. t = 49,8 meter dan h = 70,2 meter
E. t = 48,8 meter dan h = 71,2 meter
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
B.
 

Soal nomor 8 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Andi bermain di pinggir sebuah danau di sekitar lokasi tempat tinggalnya. Andi berkeinginan mengukur lebar danau tersebut dengan cara mengamati sebuah pohon yang berada persis di depannya yang tepat di pinggir danau. Kemudian Andi berjalan sejauh 160 meter dan melihat kembali pohon yang pertama kali dilihat tersebut. Ia mengukur besar sudut pandangnya terhadap pohon tersebut yang ternyata besarnya 60°. Lebar danau yang akan Andi ukur adalah ….
A. 80 meter
B. 120 meter
C. 160 meter
D. 160√2 meter
E. 160√3 meter
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
E
 

Soal nomor 9 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Mengukur tinggi sebuah gedung dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi keterbatasan jarak gedung ke tempat pemantauan adalah dengan menggunakan dua tempat pemantauan. Amir melakukan dengan cara memantau ini dengan sudut pantau (elevasi) 45° kemudian berjalan mendekati Gedung sejauh 80 meter dan mengukur kembali dengan sudut pantau (elevasi) 60°. Jika tinggi Amir 160 cm, maka tinggi gedung tersebut adalah .… (√2 = 1,41; √3  =1,73)
A. 109,6 meter
B. 111,2 meter
C. 126,9 meter
D. 128,5 meter
E. 191,2 meter
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
B.
 

Soal nomor 10 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Karina dan Hardianto ingin mengukur tinggi sebuah gedung dengan cara mereka berdua berdiri di lain tempat. Hardianto di sebelah Barat dan Karina di sebelah Selatan. Hardianto melihat puncak gedung dengan sudut elevasi 45° dan Karina dengan sudut elevasi 30°. Jika jarak antar keduanya 200 meter dan tinggi keduanya 160 cm, maka tinggi gedung tersebut adalah .... 
(√2 = 1,41; √3  =1,73)
A. 346 meter
B. 282 meter
C. 173 meter
D. 141 meter
E. 100 meter
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
E.
 

Soal nomor 11 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Beni ingin mengukur lebar danau yang baru saja dikeruk karena terjadi pendangkalan dan banyak ditumbuhi eceng gondok. Sketsa yang dibuat Beni seperti pada gambar. Saat dilakukan perhitungan Beni ragu atas hasil yang diperoleh, karena ukuran lebar danau tidak masuk logikanya. Ternyata setelah diukur ulang bersama temannya, sudut yang tadinya 45° seharusnya adalah 40°. Perbandingan lebar danau seharusnya dengan lebar danau yang diperoleh dari pengukuran awal adalah ....
A. tan 40° per tan 45°
B. tan 45° per tan 40°
C. sin 40° per sin 45°
D. sin 45° per sin 40°
E. tan 40° per sin 45°
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A.
 

Soal nomor 12 (uraian)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Para siswa pramuka diminta membuat jembatan untuk menyeberangi sungai. Saat akan mengukur lebar sungai posisi siswa Pramuka pertama berdiri persis di depan sebuah pohon A dan siswa Pramuka kedua berada di titik C serta posisi jarak Pramuka pertama dan Pramuka kedua adalah 20 meter. Para siswa pramuka tersebut membuat sketsa pada sebuah kertas seperti pada gambar di atas.
 
Apakah dengan menggunakan sketsa di bawah ini, siswa pramuka dapat mengukur lebar sungai? Diketahui panjang BE = 8 meter dan DE = 4 meter. Berikan alasanmu!
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id

 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Bisa.
 
Bisa dengan 2 metode:
  1. dengan menggunakan metode kesebangunan. segitigaa ABC sebangun dengan segitiga DBE karena ketiga sisinya sama sehingga utk mencari AC ---- DB : BC = DE : AC 2; dan
  2. menggunakan trigonometri pada kedua segitiga di sudut B sehingga yaitu tan B = DE : DB = AC : CB.
 Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 13, soal nomor 16, dan soal nomor 19!
HEMAT AIR BUAT KITA
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Tahukah kalian bahwa pada 2025 sebanyak 321 juta jiwa penduduk Indonesia diprediksi akan sulit mendapatkan air bersih? (Forum Air Dunia II/ World Water Forum di Den Haag, Maret, 2000). Kebutuhan air tidak hanya untuk menjaga kesehatan diri, namun beberapa kegiatan sehari-hari seperti mencuci, memasak, membersihkan diri juga membutuhkan air dalam penggunaannya. Tidak bisa dibayangkan bukan, apabila persediaan air menipis sedangkan hampir seluruh kegiatan kita sehari-hari membutuhkan air. HEMATLAH AIR dari sekarang ....!
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 14, soal nomor 17, dan soal nomor 20!
HEMAT AIR UNTUK KEHIDUPAN
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Salah satu kebutuhan pokok sehari-hari makhluk hidup di dunia ini yang tidak dapat terpisahkan adalah air. Tidak hanya penting bagi manusia, Air merupakan bagian yang penting bagi makhluk hidup baik hewan dan tumbuhan. Jadi bukan hal yang baru jika kehidupan yang ada di dunia ini dapat terus berlangsung karena tersedianya air yang cukup. Dalam usaha mempertahankan kelangsungan hidupnya, manusia berupaya mengadakan air yang cukup bagi dirinya sendiri.  
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 15, soal nomor 18, dan soal nomor 21! 
HEMAT AIR BUAT KEHIDUPAN MASA DEPAN
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Air adalah sumber daya alam yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebagai manusia yang akan selalu menggantungkan diri pada air kita memang sudah seharusnya untuk menjaganya. Meskipun air ini adalah sumber daya yang terbarukan, namun untuk air bersih ternyata sumber daya ini tidak bisa diperbarui. Keberadaan air bersih yang terus menyusut tiap tahunnya ini akhirnya harus membuat kita ekstra waspada akan stok atau persediaannya. Untuk menjaga stok atau persediaan air bersih ini dengan baik Anda mau tak mau memang harus melakukan penghematan.
 

Soal nomor 13 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Sebuah wadah berbentuk prisma segi-enam beraturan dengan Panjang sisi alasnya 10 cm dan tingginya 5 cm. Wadah tersebut akan digunakan untuk mencetak bata (Paving Block) dari hasil adonan campuran air, semen, dan pasir dengan perbandingan 4 : 1 : 5 artinya setiap 4 liter air akan di campur dengan semen 1 liter dan pasir 5 liter. Jika air yang digunakan untuk membuat Paving Bock senilai dengan air hasil penghematan pengunaan keran aerator maka banyak paving blok maksimal yang dapat dicetak adalah …. 
(√2 = 1,41; √3  =1,73)
A. 82 buah
B. 88 buah
C. 92 buah
D. 96 buah
E. 100 buah
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A.
 

Soal nomor 14 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id

Sebuah wadah berbentuk prisma segi-enam beraturan dengan panjang sisi alasnya 6 cm dan tingginya 18 cm. Jika wadah tersebut digunakan untuk menampung air hasil penghematan dari pengunaan pancuran dibandingkan dengan gayung pada sekali mandi, maka banyak wadah minimum dengan bentuk sama yang dibutuhkan adalah ...
(√2 = 1,41; √3  =1,73)
A. 6 buah
B. 7 buah
C. 8 buah
D. 9 buah
E. 10 buah
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A.
 

Soal nomor 15 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Makanan tradisional yaitu bacang umumnya berbentuk limas segitiga beraturan. Misal Bacang tersebut akan dibuat dengan ukuran sisi alasnya 6 cm dan tinggi 10 cm. Jika campuran untuk membuat bacang tersebut salah satunya adalah beras yang dicampur air dengan perbandingan 1 : 3 yang artinya 1 liter beras dicampur 3 liter air. Seorang pedagang akan membuat bacang dengan menggunakan air yang senilai dengan hasil penghematan dari menutup kebocoran keran air per hari, maka banyak bacang maksimum yang dapat dibuat dengan bentuk sama adalah ....
(√2 = 1,41; √3  =1,73)
A. 1.145
B. 1.440
C. 1.445
D. 1.540
E. 1.926
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.
 

Soal nomor 16 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id

Andi menggunakan gayung dengan bentuk setengah bola yang berdiameter 14 cm untuk mandi. Andai air yang digunakan Andi untuk mandi senilai dengan penghematan air dari mencuci sayur atau piring dalam bak cuci piring maka banyak cidukan gayung maksimal yang dapat digunakan Andi untuk mandi adalah  ….
(phi = 22/7)
A. 21 cidukan
B. 19 cidukan
C. 18 cidukan
D. 10 cidukan
E. 9 cidukan
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
B.
 

Soal nomor 17 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Andi mandi menggunakan gayung dengan bentuk setengah bola yang berdiameter 16 cm. Perkiraan perbandingan volume gayung yang Andi pakai untuk mandi dengan air hasil penghematan menggosok gigi dengan mematikan kran air adalah ….
(phi = 3,14)
A. 1 : 4
B. 1 : 6
C. 1 : 10
D. 2 : 13
E. 1 : 8
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.
 

Soal nomor 18 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Sebuah perusahaan es krim akan membuat es krim dari bahan-bahan tertentu yang dicampur dengan air. Es krim yang sudah jadi diisikan ke dalam wadah berbentuk kerucut dan sebagian ada yang menonjol keluar sehingga berbentuk setengah bola seperti pada gambar, Jika bahan-bahan dan air berbanding 3 : 1 yang artinya setiap 1 liter air akan dicampur dengan 3 liter bahan-bahan lainnya, maka banyak es krim yang dapat dibuat dengan memanfaatkan air penghematan menutup keran yang bocor perhari adalah ….
(phi = 3,14)
A 1.667 cup es krim
B. 833 cup es krim
C. 830 cup es krim
D. 417 cup es krim
E. 415 cup es krim
 
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A.
 

Soal nomor 19 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Ani menampung air dengan wadah berbentuk kerucut terpancung seperti pada gambar. Perbandingan volum wadah berbentuk seperti pada gambar dengan air hasil penghematan mandi tidak menggunakan gayung tetapi menggunakan shower adalah ....
(phi = 3,14)
A. 4 : 13
B. 1 : 3
C. 2 : 7
D. 2 : 9
E. 1 : 6
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
B.
 

Soal nomor 20 (pilihan ganda)

Mangkok berbentuk kerucut terpancung seperti pada gambar digunakan untuk menampung air. Jika air yang ditampung adalah air dari penghematan mencuci pakaian selama setahun, Jika x adalah mangkok maka banyak mangkok yang bisa digunakan adalah ....
(phi = 22/7)
A. 1023 < x < 3052
B. 1020 < x < 3050
C. 1020 < x < 3052
D. 1023 < x < 3050
E. 1013 < x < 3025
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A.
 

Soal nomor 21 (pilihan ganda)

Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Untuk menjaga stok atau persediaan air bersih ini dengan baik Anda mau tak mau memang harus melakukan penghematan.   Perhatikan gambar berikut!  Ani akan membuat nasi tumpeng yang dikukus dengan menggunakan tempat berbentuk kerucut seperti pada gambar. Campuran air untuk mengukus berasnya adalah 1 : 1 artinya 1 liter beras dicampur 1 liter air. Jika air yang digunakan untuk membuat tumpeng senilai dengan air hasil penghematan jika Ani mematikan keran air saat gosok gigi selama 4 hari, maka banyak maksimal nasi tumpeng yang dapat dibuat adalah .…
(phi = 3,14 )
A. 2 buah
B. 3 buah
C. 5 buah
D. 10 buah
E. 12 buah
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 22, soal nomor 23, soal nomor 24, soal nomor 25, dan soal nomor 26!
Bu Siti mendapat tugas dari sekolah untuk menyiapkan paket hadiah untuk siswanya yang berprestasi di sekolahnya. Bu Siti ingin membeli alat-alat tulis sebagai hadiahnya. Alat-alat tulis yang ingin dibeli berupa buku tulis, bolpoin, dan penghapus. Pada setiap pembelian alat tulis, pembeli dikenakan pajak sebesar 10%. Berkaitan dengan tugas tersebut, bu Siti melihat beberapa paket alat tulis yang dijual di toko Rejeki dan toko Makmur seperti pada gambar berikut.
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id


Soal nomor 22 (pilihan ganda)

Bu Siti membeli tiga paket alat tulis yang berisi lebih dari dua macam alat tulis (alat tulis tersebut boleh berupa buku, bolpoin,  atau penghapus) baik itu di toko Rejeki maupun di toko Makmur. Matriks yang sesuai untuk ketiga paket tersebut adalah ….
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
A
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
B
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
C
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
D
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
E

Kunci Jawaban/ Pembahasan
D.
 

Soal nomor 23 (pilihan ganda)

Berdasarkan harga tiap paket yang tersedia di toko Rejeki dan toko Makmur carilah masing-masing harga dari setiap alat tulis baik penghapus, buku tulis maupun bolpoin, bu Siti menarik kesimpulan bahwa …
A. Harga sebuah buku tulis di toko Rejeki lebih mahal dari toko Makmur.
B. Harga sebuah buku tulis di toko Rejeki lebih murah dari toko Makmur.
C. Harga sebuah penghapus di toko Rejeki sama dengan di toko Makmur.
D. Harga sebuah penghapus di toko Rejeki lebih murah dari toko Makmur.
E. Harga sebuah bolpoin di toko Rejeki lebih murah dari toko Makmur.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
B.
 

Soal nomor 24 (pilihan ganda)

Bu Siti ingin membuat 6 bungkus hadiah dengan tiap bungkus terdiri dari 3 macam alat tulis dan jumlah tiap-tiap alat tulisnya sama.  Supaya pembelian hadiah dengan dana termurah, sebaiknya paket alat tulis yang dibeli bu Siti adalah ….
A. 2 paket Hemat + 3 paket Sedang
B. 2 paket Lengkap + 6 paket Murah
C. 3 paket Murah + 2 paket Besar
D. 3 paket Ekonomis + 5 paket Murah
E. 6 paket Murah + 3 paket Besar

Kunci Jawaban/ Pembahasan
E.
 

Soal nomor 25 (pilihan ganda kompleks)

Bu Siti ingin membuat 5 paket hadiah dengan tiap paket hadiah berisi paling sedikit dua macam alat tulis. Kelima paket yang akan dibuat, isinya tidak harus sama. Jika bu Siti memiliki dana sebesar Rp125.000,00 dan menginginkan setiap paket hadiah harus ada penghapus dan bolpoin, maka paket yang dapat dibeli adalah ....
  1. 1 paket Sedang + 1 paket Hemat
  2. 1 paket Ekonomi + 1 paket Sedang
  3. 1 paket Hemat + 3 paket Murah
  4. 1 paket Ekonomi + 5 paket Murah
  5. 1 paket Lengkap + 2 paket Murah

Kunci Jawaban/ Pembahasan
1, 2, 3, dan 5
 

Soal nomor 26 (pilihan ganda kompleks)

Berdasarkan paket-paket alat tulis yang dijual di toko Rejeki dan toko Makmur, Bu Siti mengatakan bahwa harga sebuah bolpoin di toko Makmur lebih murah Rp550,00 dibanding harga di toko Rejeki.Benarkah pernyataan bu Siti?
  • Benar
  • Salah

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Salah
 Soal nomor 27 (pilihan ganda)
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Ady sedang menjumlahkan nomor-nomor pada halaman buku yang terdiri dari 20 halaman. Jumlah yang ia dapatkan adalah 224. Ternyata terjadi kekeliruan, yaitu ada satu halaman yang dihitung dua kali.  Jika buku dimulai dari halaman 1 sampai 20, maka halaman yang dihitung dua kali adalah .... 
A. 8
B. 10
C. 14
D. 15

Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.

Soal nomor 28 (pilihan ganda)

Anita, seorang seniman muda dari Sumatera berencana membuat pameran tunggal untuk menunjukkan rancangan karyanya yang disusun dari  tumpukan bola-bola tanah. Bola-bola tersebut dibuat dari campuran tanah liat dan recycle sampah yang dapat didaur ulang. Polanya seperti gambar berikut. 
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Untuk memenuhi ruangan yang disediakan, Anita akan membuat 10 susunan bola tersebut. Berapakah banyak bola tanah yang harus disediakan?
(Asumsi ada penambahan 10%  bola tanah untuk persediaan/penggantian bola tanah yang rusak selama masa pameran disetiap susunan bola)
A. 285 bola tanah.
B. 300 bola tanah.
C. 314 bola tanah.
D. 320 bola tanah.
E. 350 bola tanah.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.

Soal nomor 29 (pilihan ganda)

Anita, seorang seniman muda dari Sumatera berencana membuat pameran tunggal untuk menunjukkan rancangan karyanya yang disusun dari  tumpukan bola-bola tanah. Bola-bola tersebut dibuat dari campuran tanah liat dan recycle sampah yang dapat didaur ulang. Polanya seperti gambar berikut.
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Anita akan mewarnai susunan bola tanah tersebut dengan 1 bola warna kuning dan sisanya warna merah (di setiap susunan) dan banyak cat kuning yang dibutuhkan adalah 1 kaleng. Jika dianggap banyak cat merah yang dibutuhkan mempunyai proporsi yang sama, ujilah beberapa pernyataan berikut.
(Asumsi bola tanah yang dihitung hanya yang akan disusun di ruang pameran, yang cadangan tidak perlu dicat)
  • Banyak bola tanah yang akan dicat merah adalah 303.
  • Banyak cat merah yang dibutuhkan adalah 28 kaleng.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Benar - Salah.
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 30, soal nomor 31, soal nomor 32, dan soal nomor 33!
Sistem penyelenggaraan telekomunikasi di Indonesia terbagi menjadi jaringan tetap (kabel dan nirkabel) dan jaringan bergerak (selular). Dalam perkembangannya, telah terjadi pergeseran pada sektor telekomunikasi di Indonesia. Awalnya masyarakat Indonesia menggunakan jaringan telekomunikasi yang berbasis pada kabel. Namun mobilitas yang tinggi serta kebutuhan akan akses informasi yang cepat dan akurat telah menggeser pilihan moda telekomunikasi yang digunakan masyarakat Indonesia.  Dari tahun 2000 sampai 2007, banyak pengguna telepon seluler f(x) (dalam juta) dapat dimodelkan oleh persamaan f(x) = 1,3x² + 1,6x + 3,7 dengan x = 0 merepresentasikan tahun 2000. Grafik berikut menunjukkan pertumbuhan pengguna telepon seluler, nirkabel dan kabel di Indonesia (dalam pembulatan puluhan juta terdekat).
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id

Soal nomor 30 (pilihan ganda)

Banyak pengguna telepon seluler di Indonesia pada tahun 2005 adalah ….
A. 60.100.000 pengguna
B. 57.100.000 pengguna
C. 49.100.000 pengguna
D. 45.200.000 pengguna
E. 44.200.000 pengguna
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
E.
 

Soal nomor 31 (pilihan ganda)

Banyak pengguna telepon seluler di Indonesia akan mencapai angka 78,6 juta pada tahun ….
A. 2006
B. 2007
C. 2008
D. 2009
E. 2010
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
B
 

Soal nomor 32 (pilihan ganda kompleks)

Berdasarkan grafik di atas, bagaimanakah kebenaran pernyataan-pernyataan berikut?
  • Banyak pengguna telepon seluler akan terus bertambah menjadi 302,2 juta pada tahun 2015.
  • Grafik pertambahan penduduk di Indonesia yang terjangkit virus Corona Covid-19, diprediksi bentuknya menyerupai grafik pertumbuhan pengguna telepon seluler di Indonesia di atas.
  • Pertambahan pengguna telepon seluler di Indonesia diperkirakan akan melambat setelah tahun 2007.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Salah - benar - benar.
 

Soal nomor 33 (pilihan ganda kompleks)

Jika dikaitkan antara jumlah penduduk di Indonesia dan grafik banyak pengguna telepon seluler di atas, apa pendapat Anda tentang pernyataan-pernyataan berikut?
  • Berdasarkan data sensus penduduk pada tahun 2010, jumlah penduduk Indonesia sebanyak 242.524.123 jiwa. Jika dikaitkan dengan grafik banyak pengguna telepon seluler di Indonesia pada tahun 2010, menunjukkan bahwa lebih dari 50% penduduk Indonesia sebagai pengguna telepon seluler.
  • Berdasarkan data jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2019 sebanyak 268.07.600 jiwa. Jika dikaitkan dengan grafik banyak pengguna telepon seluler di Indonesia pada tahun 2019, menunjukkan bahwa lebih dari 75% penduduk Indonesia sebagai pengguna telepon seluler.
  • Jika melihat grafik pertambahan pengguna telepon seluler di Indonesia setelah tahun 2007, maka 50% penduduk Indonesia mempunyai lebih dari satu telepon seluler
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Salah - benar - benar.
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 34, soal nomor 35, soal nomor 36, soal nomor 37, soal nomor 38, dan soal nomor 39!
EMAS = INVESTASI YANG MENGUNTUNGKAN?
Investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan return di masa yang akan datang. Keputusan penanaman modal tersebut dapat dilakukan oleh individu atau suatu entitas yang mempunyai kelebihan dana. Investasi selalu memiliki dua sisi, yaitu return dan risiko.
 
Berikut ini disajikan grafik harga emas ANTAM pada bulan Mei 2019.
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
 

Soal nomor 34 (pilihan ganda)

Dengan melihat grafik harga emas di atas tentukanlah pernyataan di bawah ini bernilai benar atau salah!
  • Harga emas pada tanggal 17 Mei adalah Rp595.000,00.
  • Harga emas pernah mencapai Rp605.000,00.
  • Perbedaan harga emas di awal dan akhir bulan Mei adalah lebih dari Rp15.000,00.
  • Secara umum harga emas pada bulan Mei adalah menurun.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Benar - benar - salah.
 

Soal nomor 35 (pilihan ganda kompleks)

Berdasarkan grafik harga emas di atas, tentukan kebenaran pernyataan berikut!
  • Harga emas selalu meningkat dalam bulan Mei 2019.
  • Pada akhir bulan Mei 2019, harga emas lebih tinggi bila dibandingkan pada awal bulan Mei 2019.
  • Laju kenaikan harga emas mulai tanggal 28 Mei hingga 31 Mei adalah positif.
  • Laju kenaikan harga emas mulai tanggal 28 Mei hingga 31 Mei adalah yang tertinggi selama bulan Mei 2019.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Salah -  benar - benar - salah.

Soal nomor 36 (uraian)

Berdasarkan grafik harga emas di atas, Andi menyatakan bahwa investasi emas adalah investasi yang menguntungkan. Apakah Anda setuju dengan pernyataan Andi? Serta jelaskan alasannya!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Setuju. Dari grafik emas bulan bisa dilihat bahwa harga emas cenderung naik.
 

Soal nomor 37 (pilihan ganda kompleks)

Untuk memperkuat argumennya, Andi mencari data lagi di internet. Andi menemukan data perbandingan yang disajikan dalam grafik berikut:
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Tentukan kebenaran pernyataan berikut menurut grafik data perbandingan di atas
  • Jangkauan perubahan tingkat inflasi dari tahun 1985 – 2009 paling rendah bila dibandingkan dengan jangkauan perubahan IHSG maupun harga emas.
  • Jangkauan perubahan harga emas dari tahun 1985 – 2009 lebih rendah dibandingkan jangkauan perubahan IHSG.
  • Simpangan baku perubahan tingkat inflasi merupakan yang terendah dibandingkan dengan simpangan perubahan IHSG maupun perubahan harga emas.
  • Simpangan baku perubahan IHSG lebih besar bila dibandingkan simpangan  baku perubahan harga Emas
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Benar - benar - benar - benar.

Soal nomor 38 (uraian)

Untuk memperkuat argumennya, Andi mencari data lagi di internet. Andi menemukan data perbandingan yang disajikan dalam grafik berikut:
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Setelah melihat dan menganalisis kedua data grafik yang dikumpulkan, Andi menyatakan bahwa investasi emas adalah investasi yang paling menguntungkan.
 
Apakah data yang diambil dengan menggunakan grafik harga emas dan grafik perbandingan performa IHSG, harga emas, dan tingkat inflasi di atas cukup untuk mendukung pernyataan yang diberikan Andi? Jelaskan!.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Cukup. Karena grafik menunjukan tingkat performa dari emas, IHSG dan emas.
 

Soal nomor 39 (uraian) 

Untuk memperkuat argumennya, Andi mencari data lagi di internet. Andi menemukan data perbandingan yang disajikan dalam grafik berikut:
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Andi menyatakan bahwa investasi emas adalah investasi yang paling menguntungkan.  Dengan melihat kedua tabel diatas apakah sekarang Anda setuju dengan pernyataan Andi bahwa Emas merupakan investasi yang paling menguntungkan? Uraikan alasan Anda!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Tidak setuju. Simpangan baku dan jangkauan IHSG lebih tinggi ketimbang emas, karenanya IHSG lebih menguntungkan .
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 40, soal nomor 41, soal nomor 42, soal nomor 43, dan soal nomor 44!
DARURAT SAMPAH DI IBU PERTIWI
Julukan sebagai negara nomor dua penghasil sampah plastik di dunia, sudah melekat dalam beberapa tahun ini kepada Indonesia. Julukan yang mulanya diberikan peneliti dari Universitas Georgia, Amerika Serikat, Jenna Jambeck, kini mulai diikuti oleh negara lain dan juga di dalam negeri. Banyak kalangan yang menyebutkan bahwa produksi sampah di Indonesia hanya bisa dikalahkan oleh Tiongkok saja.  Indonesia juga darurat sampah dalam cara pengelolaan sampah dimana sampah banyak dibuang kelaut.  Berikut adalah grafik batang yang menjelaskan tentang 5 negara penyumbang terbesar sampah plastik ke lautan.
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id

Soal nomor 40 (pilihan ganda kompleks)

Berdasarkan grafik di atas, tentukan kebenaran pernyataan di bawah ini!
  • Indonesia merupakan Negara kedua terbesar penyumbang sampah plastik ke lautan.
  • Sri langka menyumbangkan 14,6 ton sampah plastik ke lautan.
  • China yang menempati posisi pertama menyumbangkan lebih dari 10 kali lipat sampah plastik ke lautan dibandingkan banyak sampah plastik yang disumbangkan oleh Negara yang menempati posisi kelima.
  • Banyak sampah plastik yang disumbangkan oleh Filipina hanya sepertiga banyak sampah plastik yang disumbangkan Indonesia.    
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Benar - benar - salah - salah.
 

Soal nomor 41 (pilihan ganda kompleks)

Tentukan kebenaran pernyataan di bawah ini berdasarkan grafik di atas!
  • Indonesia menyumbangkan 71 % dari jumlah sampah plastik yang disumbangkan oleh negara penyumbang terbesar di dunia.
  • Jumlah seluruh sampah plastik yang disumbangkan oleh kelima negara pada grafik di atas melebihi 600 juta ton.
  • Besar simpangan antara Indonesia dan Filipina tidak lebih besar dari simpangan antara Negara China dan Indonesia.
  • Rata-rata banyak sampah plastik yang disumbangkan oleh tiap negara pada grafik di atas adalah 120,8 juta ton.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Benar - benar - salah - benar.
 

Soal nomor 42 (pilihan ganda kompleks)

Ada beberapa cara yang digunakan dalam pengolahan sampah, seperti TPA (land-filling), pembakaran atau insenerasi (incineration), dan daur ulang (recycling). Cara pengolahan yang umum digunakan di Indonesia adalah membawa sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sedangkan sebagian kecil didaur ulang.  Berikut adalah grafik pengelolaan sampah di Indonesia.
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Berdasarkan grafik pengelolaan sampah di atas, tentukan kebenaran pernyataan berikut ini!
  • Sebanyak 69% dari total sampah di Indonesia dibuang di TPA.
  • Kurang dari 10% sampah yang dikelola dengan cara dikubur.
  • Banyak sampah di Indonesia yang tidak terkelola sama banyak dengan sampah yang didaur ulang.
  • Banyak sampah yang ditimbun di TPA lebih dari 3 kali lipat banyak sampah yang dikelola dengan cara lainnya.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Benar - salah - benar - benar.

Soal nomor 43 (pilihan ganda)

Ada beberapa cara yang digunakan dalam pengolahan sampah, seperti TPA (land-filling), pembakaran atau insenerasi (incineration), dan daur ulang (recycling). Cara pengolahan yang umum digunakan di Indonesia adalah membawa sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sedangkan sebagian kecil didaur ulang. 
Berikut adalah grafik pengelolaan sampah di Indonesia.
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Besar jangkauan dalam grafik pengelolaan sampah di atas adalah ....
A. 2,0%
B. 19,6%
C. 32,0%
D. 64,0%
E. 49,4%
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
D.
 

Soal nomor 44 (pilihan ganda)

Ada beberapa cara yang digunakan dalam pengolahan sampah, seperti TPA (land-filling), pembakaran atau insenerasi (incineration), dan daur ulang (recycling). Cara pengolahan yang umum digunakan di Indonesia adalah membawa sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sedangkan sebagian kecil didaur ulang. 
Berikut adalah grafik pengelolaan sampah di Indonesia.
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id 
Nilai simpangan rata-rata pada grafik pengelolaan sampah di atas akan …  jika dibandingkan dengan nilai simpangan bakunya.
A. sama
B. berbeda
C. lebih besar
D. lebih kecil
E. tidak dapat ditentukan dari grafik
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
D.
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 45, soal nomor 46, soal nomor 47, soal nomor 48, soal nomor 49, soal nomor 50, soal nomor 51, dan soal nomor 52!
Indonesia Darurat Air?
Ketersediaan sumber air di alam jumlahnya relatif tetap. Yang menjadi masalah adalah waktu ketersediaan yang berubah dan kualitasnya, karena air sebenarnya hanya mengalami proses perubahan bentuk dan perpindahan dari satu tempat ke tempat lain. Proses tersebut dinamakan siklus hidrologi.   Berikut ini adalah grafik kebutuhan dan kapasitas produksi air di Jakarta pada tahun 2010 hingga 2025 (prediksi).
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
 

Soal nomor 45 (pilihan ganda kompleks)

Berdasarkan grafik di atas, tentukan kebenaran pernyataan di bawah ini!
  • Grafik di atas menyatakan kebutuhan dan kapasitas produksi air di Indonesia pada tahun 2010 sampai dengan tahun 2025.
  • Grafik di atas dibuat pada tahun 2010, sedangkan data tahun selanjutnya merupakan hasil prediksi.
  • Pemerintah DKI Jakarta pernah membeli air dari PDAM.
  • Grafik di atas merupakan hasil litbang yang dilakukan oleh Badan Regulator Pelayanan Air Minum DKI Jakarta.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Benar - benar - benar - benar.

Soal nomor 46 (pilihan ganda kompleks)

Berdasarkan grafik di atas, tentukan kebenaran pernyataan berikut!
  • Jakarta mengalami defisit air sejak tahun 2010 dan diprediksi akan terus menerus mengalami defisit air hingga tahun 2025.
  • Pada tahun 2025 diprediksikan bahwa DKI Jakarta masih akan membeli air dari PDAM.
  • Diperkirakan pada tahun 2015, kebutuhan air di Jakarta akan meningkat lebih dari 25% dari 5 tahun sebelumnya.
  • Diperkirakan sejak tahun 2015 sampai dengan tahun 2025 tidak akan ada peningkatan kapasitas produksi air.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Benar - salah - benar - benar - benar.
 

Soal nomor 47 (pilihan ganda)

Pada tahun 2025, diprediksikan total kapasitas produksi air hanya dapat memenuhi …  dari total kebutuhan air baku penduduk DKI Jakarta.
A. 38%
B. 43%
C. 45%
D. 46%
E. 62%
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A.

Soal nomor 48 (pilihan ganda)

Besar simpangan baku defisit air sejak tahun 2010 hingga tahun 2025 …  simpangan baku total kapasitas produksi air pada tahun yang sama. Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah ….
A. sama dengan
B. berbeda dengan
C. lebih dari
D. kurang dari
E. tidak dapat ditentukan dari grafik
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.
 

Soal nomor 49 (pilihan ganda)

Perhatikan empat pernyataan di bawah ini!
  1. Besar kebutuhan air baku di kota Jakarta pada tahun 2020 diperkirakan menjadi dua kali lipat kebutuhan air baku pada tahun 2010.
  2. Besar defisit air di kota DKI Jakarta pada tahun 2025 diperkirakan akan meningkat lebih dari 4 kali lipat defisit air pada tahun 2010.
  3. Peningkatan kapasitas produksi air di Jakarta pada tahun 2015 akan meningkat sekitar 45% dibandingkan dengan kapasitas produksi air pada tahun 2010.
  4. Besar kapasitas produksi air pada tahun 2025 hanya sekitar 38% dari total kebutuhan air baku penduduk DKI Jakarta.
Dari keempat pernyataan di atas, manakah pernyataan yang benar menurut grafik di atas?
A. Pernyataan 1 dan 3.
B. Pernyataan 2 dan 4.
C. Pernyataan 1 dan 2.
D. Pernyataan 3 dan 4.
E. Pernyataan 1, 2, dan 3.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
D.

Soal nomor 50 (pilihan ganda kompleks)

Setelah mengetahui kondisi air di Jakarta yang terus mengalami defisit air, Andi mencoba untuk mencari alternatif metode penjernihan air untuk dipergunakan di rumahnya. Ia menemukan 5 cara penjernihan air, beserta kelebihan dan kekurangan dari setiap metode penjernihan. Hasil penelitian Andi disajikan pada tabel di bawah ini.
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
 
Berdasarkan tabel lima cara penjernihan air yang didapat Andi, tentukan kebenaran pernyataan berikut ini!
  • Metoda penjernihan Sediment Filter dapat menghilangkan endapan padat, logam berat, bakteri, dan virus.
  • Metoda penjernihan air yang cocok untuk membersihkan air kapur adalah metoda penjernih air UF.
  • Setidaknya terdapat 2 metoda penjernihan air yang dapat mengubah rasa air.
  • Setidaknya terdapat 2 metoda penjernihan air yang biayanya ringan. 

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Salah - salah - benar - benar.
 

Soal nomor 51 (pilihan ganda)

Setelah mengetahui kondisi air di Jakarta yang terus mengalami defisit air, Andi mencoba untuk mencari alternatif metode penjernihan air untuk dipergunakan di rumahnya. Ia menemukan 5 cara penjernihan air, beserta kelebihan dan kekurangan dari setiap metode penjernihan. Hasil penelitian Andi disajikan pada tabel di bawah ini.
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Selain itu, Andi juga menemukan data pencemaran sungai berikut ini.
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Berdasarkan Grafik Trend mutu air sungai di atas, tentukan kebenaran pernyataan di bawah ini!
A. Grafik di atas menunjukkan jumlah sungai yang tercemar sejak tahun 2012 hingga tahun 2015.
B. Grafik di atas dapat menunjukkan perbandingan tingkat pencemaran air sungai pada tahun 2011.
C. Pada tahun 2015, persentase mutu air sungai yang tercemar berat lebih dari tahun-tahun sebelumnya.
D. Sejak tahun 2013, kecenderungan persentase sungai yang tercemar sedang terus menurun.
E. Persentase air sungai yang tercemar berat melebihi total persentase air sungai yang tercemar lainnya.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
E.

Soal nomor 52 (uraian)

Setelah mengetahui kondisi air di Jakarta yang terus mengalami defisit air, Andi mencoba untuk mencari alternatif metode penjernihan air untuk dipergunakan di rumahnya. Ia menemukan 5 cara penjernihan air, beserta kelebihan dan kekurangan dari setiap metode penjernihan. Hasil penelitian Andi disajikan pada tabel di bawah ini.
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Selain itu, Andi juga menemukan data pencemaran sungai berikut ini.
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Berdasarkan kedua grafik serta tabel kelebihan dan kekurangan 5 metoda penjernihan air pada wacana di atas, metoda apakah yang seharusnya digunakan Andi di rumahnya? Jelaskan!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Penjernih Air Karbon Aktif. Dapat menghilangkan partikel logam berat.
 Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 53 dan soal nomor 54!
PRAKIRAAN CUACA DAN APLIKASINYA
Andi merupakan seorang siswa SMA yang tinggal di daerah Jakarta Barat dan bersekolah di daerah Jakarta Selatan. Untuk berjaga-jaga sebelum pergi ke sekolah, ia mengunduh data prakiraan cuaca dari BMKG untuk daerah Jakarta berikut ini.
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Berdasarkan data historis yang dikumpulkan Andi selama ini, maka 90% prakiraan cuaca yang diberikan oleh BMKG sesuai dengan kondisi yang sebenarnya terjadi kemudian.

Soal nomor 53 (pilihan ganda)

Pada hari itu Andi tidak membawa payung, dan karena jarak rumah dan sekolahnya cukup jauh, Andi tidak pernah menunggu hujan reda agar cepat sampai dirumah. Bila ia pergi ke sekolah pada dini hari dan pulang pada siang hari, maka peluang Andi basah terkena air hujan pada saat perjalanan pergi atau pulang sekolah adalah ... 
A. 7%
B. 19%
C. 81%
D. 93%
E. 99%
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
D.
 

Soal nomor 54 (pilihan ganda)

Ternyata pada hari itu Andi harus belajar kelompok di rumah temannya yang berada di Jakarta Timur, sehingga ia harus pergi ke rumah temannya pada siang hari sepulang sekolah dan kembali ke rumahnya sendiri di Jakarta Barat pada malam hari. Bila ia tidak bernaung selama perjalanan, maka peluang Andi basah karena terkena air hujan adalah ....
A. 0,1%
B. 8,1%
C. 91,9%
D. 92,7%
E. 99,9%
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
E.
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 55, soal nomor 56, soal nomor 57, dan soal nomor 58!
DIY DALAM BILANGAN
 
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak begitu luas jika dibandingkan dengan provinsi yang mengelilinginya yang tebagi atas 5 kabupaten/kota meliputi Kulon Progo, Bantul, Gunung Kidul, Sleman, serta Kota Yogyakarta. Walaupun begitu, DIY, khususnya Kota Yogyakarta, tidak pernah sepi dari wisatawan dari berbagai daerah bahkan negara. Taman Pintar merupakan salah satu titik favorit anak-anak sekolah. Tabel berikut menyajikan data kependudukan DIY sedangkan diagram menyajikan persentase luas masing-masing kabupaten di DIY.
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Pada 2010 dilakukan seleksi penerimaan untuk menjadi pemandu di Taman Pintar. Pada saat yang telah dijadwalkan seseorang asal DIY mengajukan lamaran dan saat ini dia sedang mengikuti wawancara.

Soal nomor 55 (uraian)

Setelah mencermati data dan beberapa nilai peluang, seseorang menyimpulkan bahwa pelamar tersebut kemungkinan besar perempuan dan berdomisili di Sleman. Benarkah? Jelaskan!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Benar. Karena penduduk perempuan Sleman paling banyak dibanding daerah lain.
 

Soal nomor 56 (pilihan ganda kompleks)

Menggunakan data di atas, tentukan kebenaran beberapa pernyataan berikut ini!
  • Jika pelamar tersebut ternyata berdomisili di Bantul, pada tingkat ketelitian tertentu peluang dia laki-laki atau perempuan sama besar.
  • Peluang pelamar tersebut mahasiswa perempuan dan berdomisili di Kota Yogyakarta lebih besar karena persentase perempuan di Kota Yogyakarta lebih besar.
  • Kemungkinan pelamar tersebut laki-laki dan berdomisili Gunung Kidul paling besar karena luas daerahnya paling besar, yaitu 46,63%.
  • Nilai kemungkinan pelamar tersebut laki-laki dan berdomisili di Kota Yogyakarta paling kecil karena persentase penduduk Kota Yogyakarta paling kecil.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Benar - Salah - Salah - Benar.
 

Soal nomor 57 (pilihan ganda)

Pada saat wawancara berlangsung, di luar ruang terdapat 3 orang pelamar lain. Semuanya akan dipanggil masuk satu demi satu. Pelamar yang telah diwawancara segera keluar dari ruang tersebut. Manakah peluang yang benar?
A. Peluang pelamar pertama untuk dipanggil masuk yaitu 1/4.
B. Peluang pelamar kedua untuk dipanggil masuk yaitu 2/3.
C. Peluang pelamar pertama untuk dipanggil masuk yaitu 1/3.
D. Peluang pelamar terakhir untuk dipanggil masuk yaitu 1.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.
 

Soal nomor 58 (uraian)

Tanpa memperhatikan jenis kelamin pelamar yang sedang diwawancara, peluang ia berdomisili di Kabupaten Kln. Progo, Bantul, Gunung Kidul, Sleman, atau Kota Yogyakarta adalah ....
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
1, karena semua pelamar berasal dari kelima daerah yang disebutkan, sehingga pelamar pasti berdomisili di salah satu daerah yang disebutkan.
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 59, soal nomor 60, soal nomor 61, dan soal nomor 62!
FINAL PIALA DUNIA DAN PELUANGNYA
Amel mengunduh bagan pertandingan sepak bola ini yang dimulai dari babak perempat final. Berikut adalah bagan yang berhasil didapatkan Amel.
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id
Kemudian Amel menyebarkan survei kepada teman-temannya yang menyukai sepak bola dan selalu menonton pertandingan sepak bola pada tahun-tahun sebelumnya. Berikut adalah tabel peluang tim-tim di atas untuk menang babak perempat final yang berhasil disimpulkan oleh Amel berdasarkan survei yang dibuatnya. Sedangkan untuk babak selanjutnya, yaitu semifinal dan final semua tim memiliki peluang menang yang sama yaitu 50%.
Soal AKM Kelas 10 - www.kherysuryawan.id

Soal nomor 59 (pilihan ganda kompleks)

Tentukan kebenaran pernyataan ini berdasarkan bagan pertandingan piala dunia yang diunduh Amel dan juga tabel peluang hasil survei Amel!
  • Peluang tim Uruguay dan Kroasia untuk menang babak perempat final adalah sama besar.
  • Peluang tim Prancis untuk menang babak perempat final lebih besar bila dibandingkan tim Brazil.
  • Jumlah peluang menang untuk setiap tahapan pertandingan berbeda-beda.
  • Di antara semua tim yang akan bertanding di babak perempat final, Inggris mempunyai peluang yang terbesar untuk menang babak perempat final.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Salah - benar - benar - benar.
 

Soal nomor 60 (pilihan ganda)

Berdasarkan data pada bagan pertandingan piala dunia dan tabel peluang yang dikumpulkan Amel, peluang Perancis untuk menjadi juara dunia adalah ….
A. 0.125
B. 0.175
C. 0.343
D. 0.95
E. 1
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
B.
 

Soal nomor 61 (pilihan ganda kompleks)

Tentukan kebenaran pernyataan di bawah ini berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan amel dan bagan piala dunia yang diunduhnya!
  • Peluang Rusia dan Kroasia untuk menang dan menjadi juara dunia adalah sama besar.
  • Peluang Swedia dan Belgia bertemu di final adalah 0.2.
  • Peluang prancis dan English untuk menjadi juara dunia adalah 0.
  • Peluang Uruguay atau Brazil maju ke babak semifinal adalah 0.72.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Benar - salah - salah - benar.
 

Soal nomor 62 (uraian)

Seorang teman yang membaca hasil survei memprediksi bahwa brazil akan menjadi juara. Benarkah prediksi tersebut ? Jelaskan alasanmu!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Peluang Brazil menang dan menjadi juara dunia adalah = 0.6 x 0.5 x 0.5 = 0.15.
 
Sedangkan peluang tidak juara = 1- 0.15 = 0.85.
 
Maka rasio menang dan tidak menang untuk brazil 15 : 85 = 3 : 17.
 
Ini berarti untuk 3 kue jika menang dan 17 kue jika kalah sehingga tidak adil untuk amel yang seharusnya memberikan kue lebih ke Bento jika Brazil kalah.


Demikianlah informasi mengenai soal AKM kelas 10 SMA/SMK yang bisa saya sajikan pada postingan ini, semoga bisa membantu para peserta didik yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran dan latihan sebelum menghadapi ujian asesmen nantinya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel