Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 BAB 1 Menyusun Prosedur

Kherysuryawan.id – Ringkasan/rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 11 SMA BAB 1 Menyusun Prosedur yang akan di pelajari pada semester ganjil atau semester 1.

Para pendidik dan peserta didik yang berbahagia belajar merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan baik disekolah maupun di rumah masing-masing.

 


Dalam belajar maka tentunya baik guru maupun siswa akan membutuhkan sebuah buku pelajaran sesuai dengan apa yang akan dipelajarinya. Sebagai contoh di sekolah jenjang SMA akan mempelajari mata pelajaran Bahasa Indonesia maka pastinya guru dan siswa akan membutuhkan buku paket pelajaran Bahasa Indonesia kelas 11 yang bisa menjadi sebuah sarana untuk memudahkan guru dan siswa untuk menggunakannya sebagai bahan belajar.

 

Seperti kita ketahui bahwa pada pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada jenjang SMA kelas 11 buku pelajaran yang akan digunakan di sekolah untuk saat ini ialah buku kurikulum 2013 edisi revisi terbaru. Dalam belajar biasanya seorang guru maupun siswa akan membuat sebuah rangkuman dari materi yang akan dipelajari dengan tujuan untuk memudahkan para guru dan siswa dalam menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.

 

Berbicara mengenai rangkuman maka pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah ringkasan materi atau rangkuman materi yakni materi yang ada pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang akan di pelajari pada jenjang SMA khususnya pada kelas 11 SMA dan materinya yaitu materi yang terdapat pada BAB 1 yakni materi tentang Menyusun Prosedur.

 

Untuk informasi bahwa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 11 SMA BAB 1 Menyusun Prosedur, materi yang akan di pelajari nantinya ialah sebagai berikut :

A. Mengonstruksi Informasi dalam Teks Prosedur

B. Merancang Pernyataan Umum dan Tahapan-Tahapan

C. Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Prosedur

D. Mengembangkan Teks Prosedur

E. Melaporkan Kegiatan Membaca Buku

 

Jika anda baik guru maupun siswa yang membutuhkan ringkasan/rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 11 BAB 1 Menyusun Prosedur, maka silahkan simak rangkuman materinya yang akan saya sajikan di bawah ini :

 

Bab I Menyusun Prosedur

A. Mengonstruksi Informasi dalam Teks Prosedur

Menunjukkan Pernyataan Umum dalam Suatu Kegiatan

Seseorang melakukan suatu kegiatan tentu saja harus memperhatikan langkah-langkah mengerjakannya. Apabila kita akan melakukan pekerjaan, maka harus memahami langkah-langkahnya agar hasil kegiatan tersebut berhasil dengan baik.

 

Berikut ini contoh teks prosedur :

 

Cara Menghidupkan Komputer

Komputer merupakan salah satu perangkat elektronik yang sering digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Sebelum digunakan, komputer ini harus dioperasikan terlebih dahulu. Dalam pengoperasian komputer, kita harus mengikuti setiap prosedur bagaimana cara menghidupkan komputer dengan benar. Untuk menghidupkan komputer dengan benar, ikutilah langkah-langkah berikut.

1. Buka penutup layar monitor, CPU, keyboard dan printer.

2. Pastikan sakelar yang menyediakan arus listrik terhubungkan dengan kabel power ke stabilizer atau CPU komputer.

3. Tekan tombol power pada CPU dan tombol power monitor.

4. Komputer akan booting, tunggu proses ini sampai selesai. 5. Setelah selesai proses booting, komputer siap digunakan.

 

Pada contoh teks prosedur tersebut terdapat bagian yang mengungkapkan pernyataan-pernyataan umum. Namun, terdapat pula bagian-bagian yang merupakan rangkaian mengerjakan suatu kegiatan sebagai tahapan-tahapan pengerjaan. Inilah ciri teks prosedur. Dari isinya, terdapat bagian pernyataan umum dan tahapan-tahapan melakukan kegiatan.

 

Menuliskan Tahapan-Tahapan sebagai Prosedur Melakukan Suatu Kegiatan

Seseorang melakukan suatu kegiatan tentu saja harus memperhatikan langkah-langkah mengerjakannya. Apabila kita akan melakukan pekerjaan maka kita harus memahami langkah-langkah kerjanya agar dalam melakukan kegiatan tersebut berhasil dengan baik. Misalnya, apabila kita ingin memahami seluruh isi bacaan dari buku yang kita baca, langkah-langkah yang harus ditempuh adalah:

(1) pilih buku yang paling disukai dan sesuai kebutuhan;

(2) carilah tempat yang paling nyaman untuk membaca, hindari gangguan-gangguan di sekitarmu;

(3) bertanyalah tentang hal-hal yang kurang kamu pahami dalam bacaan tersebut;

(4) ketika membaca, usahakan untuk tidak mengulang kalimat yang baru saja dibaca karena akan mengurangi kecepatan membacamu;

(5) diskusikanlah buku yang kamu baca dengan teman atau gurumu;

(6) simpulkanlah apa pun yang baru didapat setelah membaca satu bab;

(7) catat pokok-pokok pikiran yang terdapat dalam bacaan tersebut.

Kegiatan ini sangat membantu dalam memahami bacaan. Tahapan seperti itu sering disebut prosedur.

 

B. Merancang Pernyataan Umum dan Tahapan-Tahapan

Mengungkapkan Pernyataan Umum dan Tahapan-Tahapan

Apabila kamu akan bekerja, biasanya mengikuti seleksi terlebih dahulu. Kegiatan seleksi merupakan cara suatu perusahaan atau institusi dalam memilih pegawai yang terbaik sesuai dengan jenis pekerjaan. Nah, jika kamu akan bekerja, akan mengikuti tes dan wawancara. Oleh karena itu, pahamilah kiat sukses dalam mengikuti kegiatan wawancara.

 

Sebagai contoh berikut ini petunjuk-petunjuk dalam mengikuti wawancara.

a. Berbicara harus jelas, tidak terlalu cepat, atau lambat.

b. Harus tampil percaya diri.

c. Jawaban yang disampaikan harus relevan dengan pertanyaan.

 

C. Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Prosedur

Mengungkapkan Kembali Struktur Teks Prosedur

Teks prosedur dibentuk oleh ungkapan tentang tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang.

1. Tujuan merupakan pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks. Pada contoh teks berjudul “Kiat Berwawancara Kerja”, pendahuluan yang dimaksud berupa pengertian wawancara dan manfaat bagi suatu perusahaan

2. Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan

3. Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjuk-petunjuk itu dijalankan dengan baik

 



Mengungkapkan Unsur Kebahasaan Teks Prosedur

Pada umumnya, teks prosedur memiliki ciri-ciri kebahasaan sebagai berikut.

1. Banyak menggunakan kata-kata kerja perintah (imperatif). Kata kerja imperatif dibentuk oleh akhiran -kan, -i, dan partikel -lah.



2. Banyak menggunakan kata-kata teknis yang berkaitan dengan topik yang dibahasnya.

3. Banyak menggunakan konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan.

4. Banyak menggunakan pernyataan persuasif.

5. Apabila prosedur itu berupa resep dan petunjuk penggunaan alat, akan digunakan gambaran terperinci tentang benda dan alat yang dipakai, termasuk ukuran, jumlah, dan warna.

 



 

D. Mengembangkan Teks Prosedur

Menyusun Rancangan Garis Besar Suatu Prosedur

Dengan mengetahui struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur, mudah bagi kita untuk memahami maksud teks tersebut. Sebuah teks prosedur haruslah jelas. Untuk memperoleh kejelasan itu, kita dapat melakukannya sebagai berikut.

1. Mengartikan Kata-kata Sulit

Kata-kata yang dianggap sulit dapat kamu temukan maknanya melalui kamus. Arti kata yang berdasarkan kamus disebut dengan makna leksikal. Arti kata yang berdasarkan konteks kalimat disebut dengan makna struktural.



2. Memaknai Maksud Teks secara Keseluruhan

Hal ini dilakukan untuk mengetahui topik umum beserta langkah-langkah yang ada di dalam suatu teks prosedur. Misalnya, teks tentang teknik berwawancara. Topik umumnya adalah cara mengikuti suatu wawancara ketika melamar kerja. Topik tersebut meliputi beberapa langkah yang isinya mengarahkan seorang pencari kerja dalam mengikuti tes wawancara sehingga ia diterima di suatu perusahaan.

 

Mengembangkan Teks Prosedur dengan Memperhatikan Struktur dan Kaidahnya

Dalam mengembangkan teks prosedur, kita terlebih dahulu perlu mengetahui perbedaan atau persamaan yang ada di dalam teks yang berbeda. Hal tersebut merupakan tahapan membandingkan satu teks dengan teks lainnya, apakah terdapat perbedaan atau persamaan baik dari struktur maupun kaidah kebahasaannya.

 

Teks prosedur sekurang-kurangnya memiliki tiga macam, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Teks bertema kebiasaan hidup, misalnya kiat hidup sehat, kiat belajar menyenangkan, dan kiat sukses bertetangga.

2. Teks bertema aktivitas tertentu, misalnya cara membuat bolu kukus, cara menanam jagung hibrida, dan cara memelihara kucing.

3. Teks bertema penggunaan alat, misalnya cara penggunaan laptop, cara menghidupkan motor bekas, dan cara menggunakan pisau cukur.

 

E. Melaporkan Kegiatan Membaca Buku

Kegiatan membaca sangat berguna. Dari kegiatan membaca, kita memperoleh banyak pengetahuan, wawasan, atau informasi berharga.

 

Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan dalam mempersiapkan kegiatan membaca buku nonfiksi sebagai proyek membaca:

1. Carilah buku nonfiksi (buku pengayaan) di perpustakaan.Buku yang kamu baca bukan buku teks pelajaran. Pinjamlah buku tersebut kepada petugas untuk kamu baca

2. Jika kamu memiliki uang, pergilah ke toko buku. Carilah buku nonfiksi yang dapat kamu miliki untuk dibaca

3. Mulailah mempersiapkan kegiatan membaca, dengan menyiapkan buku tulismu untuk melaporkan kegiatan membaca

4. Tuliskanlah judul buku, nama penulis, penerbit, tahun terbit, dan kota terbit

5. Amatilah daftar isi buku tersebut. Bacalah sekilas daftar isinya, kemudian tuliskanlah, ada berapa bab isi buku tersebut

6. Sebelum membaca, berdasarkan daftar isi buku, kamu susun pertanyaan yang mungkin akan kamu dapatkan dari isi buku. Pada buku laporan membaca, tuliskanlah pertanyaan-pertanyaan yang ingin kamu dapatkan jawabannya dari membaca isi buku

7. Mulailah membaca. Apabila buku itu milikmu, pada saat kamu membaca tandailah butir-butir penting dari setiap subbab yang dibaca. Jika buku itu milik perpustakaan, setiap kamu membaca butir-butir penting, tuliskanlah pada buku laporan membaca

8. Setiap kamu akan mulai membaca, tuliskan terlebih dahulu hari, tanggal, dan waktu kamu membaca agar kegiatanmu terdata

10. Jika kamu sudah selesai membaca buku, susunlah laporan kegiatan tersebut dalam buku rekaman tertulis kegiatan membaca.

 

Demikianlah ringkasan/rangkuman materi Bahasa Indonesia yang akan di pelajari pada kelas 11 SMA khususnya pada BAB 1 mengenai Menyusun Prosedur. Semoga ringkasan atau rangkuman materi ini bisa membantu para guru dan siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran serta dapat mempermudah dalam memahami materi yang akan di pelajari.

Demikian informasi ini, dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel