Rangkuman Materi PJOK Kelas 12 Bab 1 Semester 1

Kherysuryawan.id – Ringkasan/rangkuman materi PJOK Kelas 12 Bab 1 Menganalisis, Merancang, dan Mengevaluasi Strategi dan Taktik Permainan Bola Besar.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, salam jumpa kembali pada website pendidikan ini. Di kesempatan kali ini admin akan berbagi materi khususnya untuk mata pelajaran pendidikan jasmani olehraga dan kesehatan (PJOK) kelas 12 SMA.

 


Sesuai dengan judul pada postingan ini maka disini admin telah menyiapkan materi PJOK kelas 12 Bab 1 semester 1 yang sudah di rangkum atau diringkas menjadi sedemikian rupa dengan tujuan agar lebih mudah untuk digunakan oleh siswa sebagai bahan belajar baik untuk belajar di rumah maupun di sekolah.

 

Kita ketahui Bersama bahwa materi yang ada/disajikan pada buku paket tentunya sangat banyak sehingga untuk mudah dalam memahaminya maka dibutuhkan sebuah ringkasan materi. Nah, dengan dasar itulah maka disini admin berusaha untuk membuat ringkasan materi khususnya untuk mapel PJOK Kelas 12 Bab 1 semester 1 dengan tujuan agar bisa dimanfaatkan sebagai bahan belajar agar siswa dapat dengan mudah untuk menggunakannya dan tentunya lebih simpel.

 

Ringkasan materi atau rangkuman materi merupakan kumpulan materi pelajaran yang telah di pilih sesuai isi materi yang penting-penting saja sehingga muatan materinya tidak terlalu banyak dan tentunya memiliki kualitas yang lebih baik karena memuat isi yang penting dan bermanfaat.

 

Sebagai informasi awal bahwa materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran PJOK kelas 12 bab 1 tentang Menganalisis, Merancang, dan Mengevaluasi Strategi dan Taktik Permainan Bola Besar terdiri atas beberapa sub materi, diantaranya yaitu sebagai berikut :

 

Pelajaran 1 Menganalisis, Merancang, dan Mengevaluasi Strategi dan Taktik Permainan Bola Besar

A. Menganalisis, Merancang dan Mengevaluasi Strategi dan Taktik Permainan Sepak Bola

B. Menganalisis, Merancang dan Mengevaluasi Strategi dan Taktik Permainan Bola Voli

C. Menganalisis, Pola Penyerangan dan Pertahanan Strategi dan Taktik Permainan Bola Basket

 

Nah, setelah mengetahui sub-sub materi yang akan di pelajari pada mapel PJOK kelas 12 bab 1 di pembelajaran semester 1, maka berikut ini sajian ringkasan/rangkuman materi PJOK kelas 12 Bab 1 tentang Menganalisis, Merancang, dan Mengevaluasi Strategi dan Taktik Permainan Bola Besar.

 

 

MENGANALISIS MERANCANG DAN MENGEVALUASI STRATEGI DAN TAKTIK PERMAINAN BOLA BESAR

 

A. Menganalisis, Merancang, dan Mengevaluasi Strategi dan Taktik dalam Permainan Sepak Bola

Strategi adalah siasat yang dilakukan sebelum melakukan pertandingan, seperti menganalisis situasi tempat/lapangan, ketinggian, peralatan, dan makanan (non-teknis), penginapan, transportasi lokal, tipe lawan, karakter penonton, sistem pertandingan, pola, tipe bertahan, dan menyerang, baik yang bersifat individu, maupun tim/grup (teknis).

 

Taktik adalah suatu siasat atau pola pikir tentang bagaimana menerapkan teknik-teknik yang telah dikuasai dalam bermain untuk menyerang kelemahan lawan dan menghambat kekuatan lawan secara sportif guna mencari kemenangan. Atau dengan kata lain taktik adalah siasat yang dipakai untuk menembus pertahanan lawan secara sportif sesuai dengan kemampuan yang telah dimiliki.

 

1. Menganalisis Strategi dan Taktik dalam Permainan Sepak Bola

a.       Analisis Strategi dan Taktik Penyerangan dalam Permainan Sepak Bola

Taktik penyerangan diartikan sebagai suatu siasat yang dijalankan oleh perorangan, maupun tim terhadap lawan dengan tujuan memimpin dan mematahkan pertahanan lawan dalam rangka memenangkan pertandingan secara sportif. Taktik penyerangan dalam permainan sepak bola meliputi penguasaan bola, menyerang gawang lawan, menciptakan ruang dan menggunakan ruang dalam penyerangan.

 

b.       Analisis Strategi dan Taktik Pertahanan dalam Permainan Sepak Bola

Taktik pertahanan merupakan suatu siasat yang dilakukan baik perorangan, maupun tim terhadap lawan dengan tujuan menahan serangan atau merebut bola dari lawan agar tidak mengalami kekalahan dalam pertandingan. Taktik pertahanan dalam permainan sepakbola meliputi mempertahankan ruang, mempertahankan daerah gawang, dan merebut bola.

 

2. Merancang Strategi dan Taktik dalam Permainan Sepak Bola

a.       Rancangan Strategi dan Taktik Penyerangan dalam Permainan Sepak Bola

b.       Rancangan Strategi dan Taktik Pertahanan dalam Permainan Sepak Bola

 

3. Mengevaluasi Strategi dan Taktik Penyerangan dan Pertahanan Permaian Sepak Bola

 

4. Ringkasan

Strategi adalah siasat yang dilakukan sebelum, permainan dilaksanakan, sedangkan taktik ialah siasat yang dikerjakan pada saat permainan. Strategi dan Taktik permainan sepak bola yang terdiri atas penyerangan dan pertahanan.

Taktik penyerangan meliputi: penguasaan bola, mencetak gol, menciptakan dan menggunakan ruang. Taktik pertahanan meliputi: mempertahankan ruang, mempertahankan daerah gawang, dan merebut bola. Tim yang baik dalam melakukan taktik penyerangan dan pertahanan akan mendukung upaya tim untuk memenangkan permainan, sedangkan tim yang jelek dalam penyerangan dan pertahanan akan berakibat pada kekalahan.

 

B. Menganalisis, Merancang, dan Mengevaluasi Strategi dan Taktik dalam Permainan Bola Voli

1. Menganalisis Strategi dan Taktik dalam Permainan Bola Voli

a.       Analisis Strategi dan Taktik Penyerangan dalam Permainan Bola Voli

Pola penyerangan adalah suatu cara yang dipergunakan dalam suatu pertandingan untuk mencari kemenangan secara sportif. Taktik penyerangan diartikan sebagai siasat untuk mengungguli lawan tentang penerapan teknik yang tepat dalam upaya memenangkan permainan. Taktik penyerangan adalah siasat untuk mematikan bola di lapangan lawan dengan cara yang diperkenankan dalam peraturan permainan.

 

1) Pola Penyerangan

Smash merupakan suatu keahlian yang penting untuk mendapatkan angka. Penerapan teknik smash harus disesuaikan dengan strategi dan taktik yang dimainkan oleh tim.

 

Berdasarkan tipe pemainnya, penyerangan dalam permainan bola voli di antaranya adalah sebagai berikut:

a)       Teknik penyerangan 4 Sm - 2 Su ( 4 smasher – 2 set-upper )

b)      Teknik penyerangan 4 Sm - 1 Su - 1 U ( 4 smaher – 1 set-upper – 1 universaler )

c)       Teknik penyerangan 5 sm - 1 Su ( 5 smasher – 1 set-upper )

d)      Teknik penyerangan dari posisi tempat menyerang

(1). Penyerangan dari tepi (dari posisi 2 dan 4)

(2). Penyerangan dari tengah (dari posisi 3)

(3). Penyerangan kombinasi dari tepi dan tengah (dari posisi 2,3,4)

 

2) Melindungi Penyerang (cover)

Melindungi penyerang merupakan upaya penerapan taktik bermain dengan membantu mengisi kekosongan posisi yang ditinggalkan penyerang dari upaya block (bendungan) yang dilakukan lawan.

 

Pemain yang melakukan cover bersiap untuk membela dan membentuk pertahanan bagi regunya. Tujuannya adalah melindungi seluruh lapangan terhadap segala bola yang dilambungkan kembali dari block pihak lawan. Jarak antara pemain yang berkumpul disekitar penyerangan bergantung dari lambungan pass dari sett upper (pengumpan), kualitas block pihak lawan, arah laju bola yang dipukul oleh penyerang.

 

Ada empat jenis smash, antara lain:

         i.            frontal smash (smash depan),

       ii.            frontal smash dengan twist (smash depan dengan memutar),

     iii.            smash dari pergelangan tangan,

     iv.            dump (smash pura-pura).

 

Taktik penyerangan diartikan sebagai suatu siasat yang dijalankan oleh perorangan, maupun tim terhadap lawan dengan tujuan menembus pertahanan lawan dan menghasilkan poin dalam rangka memenangkan pertandingan secara sportif.

 

b.       Analisis Strategi dan Taktik Pertahanan dalam Permainan Bola Voli

Pertahanan permainan bola voli dilakukan pemain bertahan dalam keadaan pasif menerima serangan lawan, dengan harapan adanya kesalahan dari regu penyerang.

 

Pertahanan dapat dibagi menjadi tiga, yaitu pertahanan di atas net (blocking), pertahanan daerah tengah, dan pertahanan daerah lapangan belakang.

 

Sistem-sistem pertahanan antara lain sebagai berikut.

1)      Pola Bendungan

Seorang pemain dapat digolongkan sebagai pemain defensive yang baik, jika mampu bertahan dan mengimbangi smash-smash pihak lawan. Pertahanan mencakup 2 aspek, yaitu menerima smash lawan dan membendung bola dengan block.

 

2)      Taktik-Taktik Membendung (block) Block dan sistem pertahanan harus mampu bekerja sama dengan baik jika ingin mengalahkan penyerangan yang mematikan dari pihak lawan. Block yang sering digunakan dalam permainan bola voli adalah sebagai berikut.

a)       Bendungan Satu Pemain

Block jenis ini digunakan jika lawan memainkan penyerangan yang sangat cepat, cermat dan kuat, sehingga pihak bertahan tidak mempunyai kesempatan sama sekali untuk membantu teman melakukan block.

b)      Bendungan Dua Pemain

Block jenis ini digunakan jika lawan memainkan penyerangan dengan ketepatan sasaran, sehingga pihak bertahan masih mempunyai kesempatan untuk membantu teman melakukan block.

c)       Bendungan Tiga Pemain

Block jenis ini digunakan jika menghadapi lawan yang tangguh memainkan penyerangan dengan smash-smash yang tajam, keras dan menukik. Sehingga diharapkan dengan adanya block yang banyak penyerangan dapat digagalkan.

 

2. Merancang Strategi dan Taktik dalam Permainan Bola Voli

a.       Rancangan Strategi dan Taktik Penyerangan dalam Permainan Bola Voli

b.       Rancangan Strategi dan Taktik Pertahanan dalam Permainan Bolavoli

 

3. Mengevaluasi Strategi dan Taktik Penyerangan dan Pertahanan Permainan Bola Voli

 

4. Ringkasan

Strategi dan taktik penyerangan diartikan siasat untuk mematikan bola di lapangan lawan. Taktik penyerangan di terapkan melalui pola penyerangan yang di rancang timnya. Strategi dan taktik pertahanan diartikan sebagai siasat untuk menggagalkan serangan atau pengembalian bola dari tim lawan.

 

C. Menganalisis Pola Penyerangan dan Pertahanan Strategi dan Taktik dalam Permainan Bola Basket

Bolabasket adalah suatu permainan yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri atas 5 orang pemain. Jenis permainan ini bertujuan untuk mencari nilai atau poin sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke ring lawan dan mencegah lawan untuk mendapatkan poin.

 

1. Menganalisis Strategi dan Taktik dalam Permainan Bola Basket

a.       Pola Penyerangan dalam Permainan Bola Basket

Pola penyerangan dalam permainan bolabasket adalah usaha yang dijalankan untuk menerobos pertahanan lawan, sehingga dapat membuahkan hasil atau poin. Pola-pola penyerangan sebagai berikut:

1)      Gerakan Tanpa Bola (gerakan off the ball)

Taktik penyerangan tanpa bola dilakukan oleh pemain dengan upaya mencari ruang, mengacaukan pertahanan lawan, sehingga memudahkan tim untuk menerobos pertahanan lawan dan menghasilkan poin. Gerak tanpa bola dilakukan berdasarkan strategi atau pola penyerangan yang dirancang dan memerlukan koordinasi, kerjasama antar pemain, sehingga terwujud adanya saling pengertian tiap pemain.

2)      Penyerangan Kilat (fastbreak)

Dasar penyerangan kilat adalah dengan 2 atau 3 operan harus sudah melakukan tembakan. Serangan kilat merupakan usaha untuk memperoleh poin dengan cepat, pada saat lawan belum sempat/siap menempati posisi jaganya. Serangan kilat merupakan senjata yang sangat baik untuk menghancurkan pertahanan lawan.

3)      Penyerangan Kilat Berpola

Serangan kilat berpola dimulai dengan adanya situasi-situasi tertentu, misalnya; dari bola loncat, lemparan ke dalam, dll.

4)      Penyerangan Berpola (patern)

Penyerangan berpola adalah penyerangan dengan mengatur setiap pemain yang mempunyai tugas-tugas tertentu dan menguasai jalur-jalur gerakan. Pergerakan pemain dan bola ditentukan dengan pasti, sehingga tim memperoleh serangan-serangan yang teratur dan sangat menghemat tenaga. Penyerangan berpola sangat baik dilakukan bila setiap pemain sukar menembus penjagaan lawan, serta usaha-usaha untuk memperlambat permainan. Bentuk pola penyerangan adalah dengan formasi 1-3-1, 1-2-2, 1-4 dan lainnya. Pola penyerangan dapat dirancang untuk menghadapi pola pertahanan yang diterapkan oleh tim lawan.

 

b.       Pola Pertahanan dalam Permainan Bola basket

Pertahanan adalah suatu usaha yang dijalankan oleh tim bertahan dalam rangka menghalau serangan lawan. Unsur-unsur pelaksanaan pola pertahanan adalah sikap jaga, olah kaki untuk memenangkan langkah ketika melakukan pertahanan, dasar-dasar umum dalam penjagaan, posisi jaga dan pembagian daerah, dan pertahanan bersama. Macam-macam bentuk pertahanan bersama antara lain sebagai berikut. Pertahanan daerah (zone deffence)

 

5)      Pertahanan satu lawan satu (man to man)

Pertahanan satu lawan satu adalah pertahanan dengan menugaskan setiap orang untuk menjaga seorang lawan. Bentuk pola pertahanan satu lawan satu dapat disesuaikan keterampilan tim dan anggotanya seperti. a). Pertahanan satu lawan satu dengan tetap b). Pertahanan satu lawan satu dengan ganti jaga c). Pertahanan satu lawan satu dengan penolong

 

c.       Aktivitas Belajar Analisis Strategi dan Taktik Penyerangan Bolabasket

d.       Aktivitas Belajar Analisis Strategi dan Taktik Pertahanan Bola Basket

 

2. Merancang Strategi dan Taktik dalam Permainan Bola Basket

1.       Analisis Strategi dan Taktik Penyerangan dalam Permainan Bola Basket

2.       Pola Pertahanan dalam Permainan Bola Basket

 

3. Mengevaluasi Strategi dan Taktik dalam Permainan Bola Basket

 

4. Ringkasan

Bola basket adalah suatu permainan yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri atas 5 orang pemain. Bertujuan untuk mencari poin atau angka sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke ring lawan dan mencegah lawan untuk mendapatkan poin. Oleh karena itu, permainan bola basket membutuhkan strategi dan taktik penyerangan dan pertahanan, baik secara kelompok/tim maupun individu.

 

Demikianlah ringkasan materi pelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) yang nantinya akan di pelajari di kelas 12 SMA khususnya pada bab 1 yakni materi tentang Menganalisis, Merancang, dan Mengevaluasi Strategi dan Taktik Permainan Bola Besar yang dalam hal ini pada sepak bola, bola voly dan bola basket.

 

Semoga ringkasan/rangkuman materi PJOK kelas 12 Bab 1 yang telah admin sajikan diatas dapat membantu para siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar dan dapat memudahkan dalam proses memahami materi yang ada pada mapel PJOK tersebut.

Sekian dan Semoga Bermanfaat.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel