Soal AKM Numerasi SD Kelas 1,2,3,4,5,6 Tahun 2022

Kherysuryawan.id - Latihan soal AKM Numerasi jenjang Sd Kelas 1- 6 lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya.

Halo sahabat pendidikan, Bagaimana kabar anda hari ini?

Semoga anda yang sedang berkunjung kesini senantiasa masih dalam keadaan sehat wal afiat. Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi seputar asesmen atau AKM. Kita ketahui bersama bahwa tidak lama lagi setiap satuan pendidikan akan mulai melaksanakan ujian asesmen nasional. Adapun yang akan menjadi sampel dalam pelaksanaan asesmen nasional yaitu siswa kelas 5 SD, siswa kelas 8 SMP dan siswa kelas 11 SMA/SMK.


Khusus untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) maka disini admin telah menyiapkan beberapa soal latihan AKM khususnya soal AKM Numerasi yang mana soal-soalnya lebih kepada soal perhitungan seperti pada mata pelajaran matematika maupun IPA. Soal-soal latihan AKM SD yang akan admin bagikan ini sudah di lengkapi dengan kunci jawabannya sehingga akan sangat membantu para siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan latihan dan pembelajaran.


Dalam persiapan menghadapi pelaksanaan asesmen nasional tentunya para guru dan siswa akan sangat membutuhkan sebuah referensi soal-soal latihan untuk digunakan sebagai bahan belajar maupun latihan. nah olehnya itu pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang soal asesmen sekaligus menyajikannya pada postingan ini agar bisa menjadi bahan latihan dan belajar.


Perlu diketahui bahwa dalam soal AKM ada 2 model soal yakni soal literasi dan soal numerasi. Soal AKM yang akan di tampilkan pada postingan ini yaitu berupa soal yang berjenis numerasi yang artinya bahwa soal yang disajikan lebih banyak kepada soal-soal yang membutuhkan kompetensi perhitungan seperti pada mata pelajaran matematika dan IPA.


Soal AKM ini adalah kumpulan latihan soal-soal AKM yang ada di laman pusmenjar yang sekiranya bisa membantu para siswa khususnya siswa jenjang sekolah menengah atas (SMA) agar memiliki pemahaman tentang model dan jenis soal-soal asesmen.

 

Sahabat Pendidikan perlu di ketahui bahwa dalam ujian asesmen atau AKM maka nantinya siswa akan menjawab soal-soal dalam 3 bentuk kompetensi, diantaranya yaitu :

1.       Asesmen Kompetensi Minimum (AKM),

2.       Survei Karakter

3.       Survei Lingkungan Belajar.

 

Sebagai informasi bahwasannya pelaksanaan AKM atau asesmen hampir sama dengan pelaksanaan ujian nasional (UN), hanya saja asesmen bukanlah menjadi penentu dalam kelulusan siswa. Asesmen nasional merupakan pengganti dari ujian nasional. Jika pada tahun terdahulu siswa wajib untuk mengikuti ujian nasional maka di saat sekarang ini siswa pun tetap harus mengikuti kegiatan asesmen nasional.

 

Lantas apakah soal AKM akan sama model, bentuk dan tampilannya dengan soal UN(ujian nasional) ? Perlu di ketahui bahwa pada Soal AKM ini akan sangat berbeda dengan soal UN.

Guru dan siswa harus bisa memahami bentuk soal yang akan ditampilkan pada ujian asesmen. Dengan memahami bentuk soal pada pelaksanaan AKM maka tentunya akan memudahkan kita dalam menjawab soal.

 

Pada soal Asesmen kompetensi minimum (AKM) ada 5 bentuk soal yang akan di munculkan.  

Berikut ini 5 bentuk soal AKM yang harus anda ketahui :

1.       Pilihan ganda: memilih satu jawaban benar dari tiap soal.

2.       Pilihan ganda kompleks: memilih lebih dari satu jawaban benar dalam satu soal.

3.       Menjodohkan: menjawab dengan menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya.

4.       Isian singkat: menjawab berupa bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya. 

5.       Uraian: menjawab soal berupa kalimat-kalimat untuk menjelaskan jawabannya.

 

Setelah anda memahami tentang bentuk soal AKM seperti yang telah di jelaskan diatas, maka pada kesempatan kali ini admin akan membagikan soal latihan AKM untuk jenjang SD khususnya soal AKM Model Numerasi yang bisa dijadikan sebagai bahan latihan bagi siswa SD mulai dari kelas 1, kelas 2, kelas 3, kelas 4, kelas 5 dan kelas 6.

 

Soal AKM yang akan di sajikan pada postingan ini berisi 13 soal yang terdiri atas soal pilihan ganda, soal menjodohkan, soal pilihan ganda kompleks, soal uraian dan juga soal isian singkat. Silahkan anda pelajari dengan baik agar bisa menjadi bahan belajar dan latihan yang tentunya bisa bermanfaat untuk persiapan menghadapi asesmen nasional.

 

Baiklah untuk lebih jelasnya, maka silahkan pelajari soal-soal AKM Numerasi jenjang SD yang akan di sajikan di bawah ini :


KETERANGAN DIBAWAH INI MENJADI DASAR DALAM MENGERJAKAN SOAL PADA NOMOR 1 - 6

Perhatikan keterangan pada gambar lift di bawah ini!

Lift sudah berisi 5 orang dengan jumlah berat badan 380 kg.
Di luar lift, Andi, Rosa, dan Joni akan masuk ke dalam lift yang sama

 

1. Saat lift kosong, berapa paling banyak orang dengan berat badan sama dengan Andi yang dapat masuk?

o   1

o   5

o   6

o   8

 

KUNCI JAWABAN:

(B) 5

 

2. Dua orang akan masuk ke dalam lift. Mereka akan bergabung dengan kelima orang yang sudah ada di dalam lift. Dua orang yang dapat masuk secara bersamaan ke dalam lift tersebut adalah ….

o   Andi dan Joni

o   Andi dan Rosa

o   Rosa dan Joni

 

KUNCI JAWABAN:

(A) Andi dan Joni

(C) Rosa dan Joni

 

3. Apabila ada yang bergabung dengan kelima orang yang ada di dalam lift, apakah kondisi berikut memungkinkan? Berilah tanda centang (√) pada kolom ‘Benar’ atau ‘Salah’ pada setiap pernyataan!

Pernyataan

Benar

Salah

Andi, Rosa, dan Joni dapat masuk dan menggunakan lift secara bersama-sama

 

 

Lift sudah tidak dapat diisi lagi

 

 

 

KUNCI JAWABAN:

A (Salah)

B (Salah)

 

4. Apabila Andi masuk lift dengan membawa barang seberat 6 kg dan bergabung dengan kelima orang yang di dalam lift, berapa kg kapasitas lift yang tersisa?  …………kg

 

KUNCI JAWABAN:

69

 

5. Keluarga Dewi juga ingin masuk ke dalam lift. Mereka akan bergabung dengan kelima orang di dalam lift. Keluarga Dewi terdiri atas Ayah (72 kg), Ibu (63 kg), Feri (33 kg) dan Dewi (45 kg). Mereka membawa beberapa kardus.

Pasangkanlah nama anggota keluarga Dewi dengan berat kardus paling berat yang dapat dibawa masuk! Pasangkanlah dengan mengeklik bulatan di sebelah kiri dan bulatan di sebelah kanan yang sesuai!

Anggota Keluarga

Berat Kardus

Ayah, Ibu, dan Feri

29 Kg

Ayah, Feri, dan Dewi

20 Kg

Ibu, Dewi, dan Feri

19 Kg

 

2 Kg

 

KUNCI JAWABAN:

Ayah, Ibu, dan Feri (2 Kg)

Ayah, Feri, dan Dewi (20 Kg)

Ibu, Dewi, dan Feri (29 Kg)

 

6. Jika Rosa dan Joni masuk bersamaan, kemudian bergabung dengan kelima orang di dalam lift, berapa kilogram barang  paling berat yang dapat mereka bawa? Jelaskan alasan matematismu!

 

KUNCI JAWABAN:

52 kg

karena kapasitas lift adalah 550 kg, sementara berat penumpang sudah mencapai 380+83+35=398, sehingga lift masih mampu menampung berat 550-398=52 kg.

 

KETERANGAN DIBAWAH INI MENJADI DASAR DALAM MENGERJAKAN SOAL PADA NOMOR 7 - 8


Ari mencoba mengisi gayung di rumahnya dengan air. Gayung diisi air hingga penuh. Setelah itu, air dari gayung ia masukkan ke beberapa gelas.
Perhatikan gambar berikut!

7. Pasangkan gambar di sebelah kiri dengan banyak gelas air yang tepat untuk mengisinya di sebelah kanan!

 

KUNCI JAWABAN:

1 gayung dan 2 gelas (5 gelas)

2 gayung (8 gelas)

 

8. Berapa banyak gelas yang diperlukan untuk menampung tiga setengah gayung air? 

 

KUNCI JAWABAN:

14 Gelas

 

 

KETERANGAN DIBAWAH INI MENJADI DASAR DALAM MENGERJAKAN SOAL PADA NOMOR 9 - 11


Gambar tersebut menunjukkan permen jeli tusuk dengan isi yang berbeda. Setiap tusuk terdiri dari beberapa buah permen jeli dengan warna yang sama. Satu tusuk isi 3 permen dijual dengan harga Rp2.000,00 dan satu tusuk isi 5 permen dijual dengan harga Rp3.000,00.

9. Ita membeli 2 tusuk permen jeli isi 5 dan 5 tusuk permen jeli isi 3. Ita membayar dengan 2 lembar uang sepuluh ribuan. Uang kembalian yang diterima Ita adalah ….

o   16.000,00

o   14.000,00

o   4.000,00

o   2.000,00

 

KUNCI JAWABAN:

(C) 4.000,00

 

10. Adi mempunyai uang Rp12.000,00. Ia ingin membeli permen jeli seperti pada gambar untuk 2 adiknya. Supaya kedua adiknya mendapatkan permen sama banyak, maka permen apa saja yang harus dibeli Adi? Pilihlah semua pilihan jawaban yang benar!

o   6 tusuk masing-masing isi 3 permen

o   3 tusuk masing-masing isi 5 permen dan 1 tusuk isi 3 permen

o   2 tusuk masing-masing isi 5 permen dan 3 tusuk masing-masing isi 3 permen

 

KUNCI JAWABAN:

(A) 6 tusuk masing-masing isi 3 permen

(B) 3 tusuk masing-masing isi 5 permen dan 1 tusuk isi 3 permen

 

11. Surti mempunyai uang senilai Rp20.000,00. Ia ingin menggunakan uang tersebut sebanyak-banyaknya untuk membeli permen dan membagikan kepada 6 orang temannya sama banyak. Permen apa yang harus dibeli Surti? Berikan alasanmu!

 

KUNCI JAWABAN:

Versi 1: surti dapat memberikan permen jeli yang satu tusuknya isi 5 permen kepada 6 orang temannya.

masing-masing temannya akan menerima satu tusuk dan uang surti akan bersisa 2.000 rupiah saja karena uang 20.000 rupiahnya sudah dibelanjakan 18.000 rupiah untuk membeli 6 tusuk permen jeli isi 5.

 

versi 2: surti dapat membeli 3 tusuk permen isi 5 dan 5 tusuk permen isi 3. total permen yang didapat 30 buah permen. masing-masing temannya akan mendapat 30/6 = 5 buah permen. uang surti akan bersisa 1000 rupiah saja karena sudah dibelanjakan 19000 rupiah

 

KETERANGAN DIBAWAH INI MENJADI DASAR DALAM MENGERJAKAN SOAL PADA NOMOR 12 - 13


Perhatikan gambar berikut!

Gambar tersebut merupakan papan pemutar. Cara memainkannya adalah dengan memutar papan. Setelah papan berhenti, jarum akan menunjuk salah satu bagian.

12. Setelah papan tersebut diputar, papan warna apa yang paling mungkin ditunjuk oleh jarum pada saat berhenti? Jelaskan jawabanmu!

 

KUNCI JAWABAN:

Merah karena memiliki peluang yang lebih besar dibandingkan dengan warna lain. (3/8) atau merah karena warna tersebut memiliki bagian paling besar pada papan di antara warna lain.

 

13. Salah seorang anak mencoba memutar papan dengan arah yang berbeda-beda.
Tentukan warna papan yang paling mungkin ditunjuk jarum sesuai dengan arah papan diputar!

Arah Papan Putar

Merah

Biru

Hijau

Kanan

 

 

 

Kiri

 

 

 

 

KUNCI JAWABAN:

A (Merah)

B (Merah

 

Demikianlah soal latihan AKM numerasi untuk jenjang SD yang bisa mnenjadi bahan latihan bagi siswa SD mulai kelas 1,2,3,4,5,6 sehingga nantinya saat akan melaksanakan ujian asesmen maupun kegiatan evaluasi/penilaian lainnya dapat menjadi sebuah pengetahuan yang bermanfaat bagi para siswa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel