Soal dan Jawaban AKM Literasi Teks Fiksi Kelas 5 & 6 SD

Kherysuryawan.id – Contoh Soal Asesmen Nasional (AN) Literasi Teks Fiksi Kelas 5 dan kelas 6 SD.

Sahabat pendidikan senang rasanya bisa kembali untuk menyajikan informasi yang bermanfaat bagi dunia pendidikan. pada kesempatan kali ini saya akan berbagi info seputar contoh soal AKM literasi teksi fiksi khususnya untuk pembelajaran di kelas 5 dan kelas 6 SD.

 


Jika pada postingan sebelumnya saya telah membagikan dan memberikan beberapa contoh soal AKM Literasi Teks Informasi untuk kelas 5 dan kelas 6 SD maka di postingan ini saya akan kembali melanjutkannya dengan membagikan beberapa contoh soal AKM literasi teks fiksi untuk kelas 5 dan kelas 6 SD.

 

Dalam asesmen nasional ada yang di sebut dengan soal litasi dan ada juga soal numerasi. Untuk soal literasi ada yang dinamakan dengan literasi teks fiksi dan ada juga yang dinamakan dengan literasi teks informasi. Soal literasi lebih kepada soal bacaan yang mengaharuskan siswa untuk memahami bacaan yang disajikan sedangkan soal numerasi lebih kepada soal perhitugan seperti soal yang ada pada mata pelajaran matematika dan IPA.

 

Dalam pelakasanaan asesmen nasional (AN) nantinya, Adapun yang akan mengikuti ujian pelaksanaan asesmen nasional (AN) yaitu setiap jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK. Tujuannya ialah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan dirancang untuk menghasilkan informasi akurat guna memperbaiki kualitas belajar-mengajar yang nantinya akan meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah.

 

Sebagai persiapan mengahadapi asesmen nasional maka dibutuhkan sebuah referensi untuk latihan agar nantinya saat pelaksanaan asesmen nasional tiba maka siswa sudah memiliki persiapan yang matang dalam menghadapinya. Melalui postingan ini saya akan membagikan contoh soal asesmen untuk kelas 5 dan kelas 6 SD yakni soal AKN model literasi teks fiksi.

 

Sebagai informasi bahwa dalam bentuk soal asesmen nasional ada beberapa type soal yang nantinya akan disajikan diantaranya yaitu soal bentuk pilihan ganda, soal pilihan ganda kompleks, soal uraian, dan soal menjodohkan. Siswa diharapkan untuk bisa memahami jenis atau model yang akan disajikan saat asesmen nasional nantinya.

 

Oleh sebab itu untuk memudahkan siswa dalam berlatih mengerjakan soal-soal asesmen maka dikesempatan ini saya akan memberikan beberapa contoh soal AKM kelas 5 & 6 SD yakni soal AKM literasi teks fiksi yang memuat bentuk soal pilihan ganda, uraian, pilihan ganda kompleks sehingga bisa memudahkan siswa dalam mengetahui model soal AKM.

 

Selain soal yang akan disajikan di artikel ini saya juga telah melengkapinya dengan kunci jawaban plus pembahasannya sehingga bisa menjadi dasar bagi siswa untuk mengetahui tentang cara menjawab soal yang baik dan benar. Adapun soal yang akan disajikan di postingan ini ialah soal yang bersumber dari laman pusmenjar dan semoga bisa membantu para siswa yang ada dikelas 5 dan kelas 6 SD sebagai bahan latihan dan belajar.

 

Baiklah berikut ini soal AKM Literasi Teks Fiksii Kelas 5 & 6 SD lengkap dengan kunci jawabannya :

 

SOAL AKM LITERASI TEKS FIKSI KELAS 5 & 6

 

# Menemukan Informasi

Mengakses dan Mencari Informasi Dalam Teks

1. Pilihan Ganda (Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya).

 

Pishi di Tengah Badai


Pishi adalah seekor ikan pari yang hidup di Samudra Hindia. Pishi dan teman-temannya sangat bahagia hidup di Samudra Hindia, bersama 500 jenis makhluk laut lainnya.

 

Pishi dan teman-temannya sedang bermain ketika kapal nelayan datang. Semua ikan berpencar menyelamatkan diri. Pishi jadi sendirian. Kemudian terjadi badai besar. Lautan menjadi gelap sehingga Pishi kehilangan arah. Ombak besar membawa Pishi ke bawah kapal nelayan. Pishi membentur kapal, perutnya terluka.

 

Pishi harus segera mengobati lukanya. Pishi berenang mendekati pantai. Di sana ada rumah sakit alam. Pishi tidak bisa berenang dengan cepat karena tubuhnya yang besar. Berat tubuh Pishi 900 kilogram dan panjangnya 10 meter.

 

Setelah jauh berenang, Pishi sangat senang melihat lampu mercusuar. Itu tandanya Pishi sudah sampai di rumah sakit alam. Ikan-ikan kecil langsung mendekati Pishi. Mereka membersihkan luka di perut Pishi. Beberapa hari kemudian, luka Pishi pun sembuh. Pishi sangat berterima kasih kepada ikan-ikan kecil yang merawatnya. 

 

Ikan-ikan kecil itu memakan parasit dan jaringan kulit mati di tubuh ikan pari. Hubungan antara Pishi dan ikan-ikan kecil adalah hubungan yang saling menguntungkan. Tubuh ikan pari menjadi bersih, ikan-ikan kecil pun menjadi kenyang.

 

Siapakah Pishi dan di mana ia tinggal?

A. Pishi adalah seekor ikan paus yang hidup di Samudra Hindia.

B. Pishi adalah seekor ikan paus yang hidup di Samudra Atlantik.

C. Pishi adalah seekor ikan pari yang hidup di Samudra Hindia.

D. Pishi adalah seekor ikan pari yang hidup di Samudra Atlantik.

 

Jawab : C

 

 

# Memahami 

a. Memahami Teks Secara Literal

1. Pilihan Ganda Kompleks (Mengidentifikasi perubahan dalam elemen intrinsik (kejadian / karakter / setting / konflik / alur cerita) pada teks sastra sesuai jenjangnya).

 

Rumah Untuk Lek Tini

 

Suatu hari penduduk kampung di Gunungkidul dikagetkan dengan musibah kebakaran yang menimpa rumah yang ditinggali oleh keluarga Lek Tini. Tanpa pikir panjang, Lek Tini yang terkejut atas peristiwa itu berupaya lari keluar rumah sambil minta tolong diikuti anggota keluarganya. Kakinya terasa berat untuk digerakkan, tetapi tetap terus berupaya sebisanya. Bahkan, hanya diserat  saja hingga akhirnya mencapai pohon asem depan rumah. Badannya menggigil duduk tersimpuh lemas tak berdaya sambil memandangi rumahnya dilalap si Jago Merah tanpa henti. Terbayang olehnya, diri dan keluarganya akan tidur tanpa atap.

 

Masyarakat yang mengetahui peristiwa itu langsung datang dan menyingsingkan lengan baju. Ada yang menyelamatkan benda-benda di rumah yang terbakar,  memadamkan api dan ada yang menggalang dana. Dalam waktu singkat terkumpul berbagai sumbangan untuk keluarga Lek Tini. Lek Tini dan keluarganya merasa sangat bahagia mendapatkan bantuan dari masyarakat kampung mereka. 

 

Tidak berhenti sampai di situ saja. Masyarakat bersama pemerintah desa menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap korban kebakaran. Mereka berharap korban secepatnya mendapat tempat tinggal yang layak dan dapat beraktivitas seperti semula.

 

 

Dengan penuh semangat, mereka bergotong royong membangun rumah sementara untuk keluarga Lek Tini. Lebih dari 50 orang berpartisipasi dalam pembangunan rumah yang dimulai sejak pagi hari. Itu sebabnya, pada sore hari, rumah sementara ini telah selesai dibangun dan siap untuk ditinggali oleh keluarga Lek Tini.

 

Bagaimana perasaan Lek Tini terhadap bantuan warga desa? Jelaskan jawabanmu!

 

Jawab : Lek Tini dan keluarganya merasa sangat bahagia mendapatkan bantuan dari masyarakat kampung mereka.

 

b. Menyusun Inferensi, Membuat Koneksi dan Prediksi Baik Teks Tunggal Maupun Teks Jamak

1. Uraian (Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya).

 

Pishi di Tengah Badai

 

Pishi adalah seekor ikan pari yang hidup di Samudra Hindia. Pishi dan teman-temannya sangat bahagia hidup di Samudra Hindia, bersama 500 jenis makhluk laut lainnya.

 

Pishi dan teman-temannya sedang bermain ketika kapal nelayan datang. Semua ikan berpencar menyelamatkan diri. Pishi jadi sendirian. Lalu terjadi badai besar, lautan menjadi gelap hingga Pishi kehilangan arah. Ombak besar membawa Pishi ke bawah kapal nelayan. Pishi membentur kapal, perutnya jadi terluka.

 

Pishi harus segera mengobati lukanya. Pishi berenang mendekati pantai. Di sana ada rumah sakit alam. Pishi tidak bisa berenang dengan cepat karena bobot tubuhnya yang besar. Berat tubuh Pishi 900 kilo dan panjangnya 10 m.

 

Setelah jauh berenang, Pishi sangat senang melihat lampu mercusuar, itu tandanya Pishi sudah sampai di rumah sakit alam. Ikan-ikan kecil langsung mendekati Pishi, mereka membersihkan luka di perut Pishi. Beberapa hari kemudian luka Pishi pun sembuh. Pishi sangat berterima kasih pada ikan-ikan kecil yang merawatnya. 

 

Ikan-ikan kecil itu memakan parasit dan jaringan kulit mati di tubuh ikan pari. Hubungan antara Pishi dan ikan-ikan kecil adalah hubungan yang saling menguntungkan. Tubuh ikan pari menjadi bersih, ikan-ikan kecil pun menjadi kenyang. 

 

Pertanyaan : Jelaskan hubungan antara ikan pari dan ikan-ikan kecil dalam wacana tersebut.

 

Jawab : Ikan-ikan kecil membersihkan tubuh ikan pari sehingga ikan-ikan kecil menjadi kenyang dan ikan pari menjadi bersih.

 

2. Uraian (Menyusun inferensi (kesimpulan) berdasarkan unsur-unsur pendukung (grafik, gambar, tabel, dll) di dalam teks sastra atau teks informasi sesuai jenjangnya).

 

'Perempuan – perempuan perkasa' karya Hartoyo Andangjaya, 1963

 

Perempuan – perempuan perkasa

Perempuan – perempuan yang membawa bakul di pagi buta,

dari manakah mereka..

Ke stasiun kereta mereka datang dari bukit-bukit desa sebelum

peluit kereta pagi terjaga..

Sebelum hari bermula dalam pesta kerja..

Perempuan – perempuan yang membawa bakul dalam kereta,

kemanakah mereka..

Di atas roda-roda baja mereka berkendara,,

Mereka berlomba dengan surya menuju gerbang kota..

Merebut hidup di pasar-pasar kota..

Perempuan – perempuan perkasa yang membawa bakul di pagi buta,

siapakah mereka..

Mereka ialah ibu-ibu berhati baja, perempuan – perempuan perkasa

akar – akar yang melata dari tanah perbukitan turun ke kota..

Mereka cinta kasih yang bergerak menghidupi desa demi desa..

( Hartoyo Andangjaya, 1963 )

 

Simpulan apa yang kamu dapat mengenai perempuan dalam puisi tersebut?

 

Jawaban : siswa menunjukkan bahwa perempuan adalah sosok yang kuat, tangguh dan pekerja keras.

 

3. Uraian (Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya).

 

'Perempuan – perempuan perkasa'

karya Hartoyo Andangjaya, 1963

 

Perempuan – perempuan perkasa

Perempuan – perempuan yang membawa bakul di pagi buta,

dari manakah mereka..

Ke stasiun kereta mereka datang dari bukit-bukit desa sebelum

peluit kereta pagi terjaga..

Sebelum hari bermula dalam pesta kerja..

Perempuan – perempuan yang membawa bakul dalam kereta,

kemanakah mereka..

Di atas roda-roda baja mereka berkendara,,

Mereka berlomba dengan surya menuju gerbang kota..

Merebut hidup di pasar-pasar kota..

Perempuan – perempuan perkasa yang membawa bakul di pagi buta,

siapakah mereka..

Mereka ialah ibu-ibu berhati baja, perempuan – perempuan perkasa

akar – akar yang melata dari tanah perbukitan turun ke kota..

Mereka cinta kasih yang bergerak menghidupi desa demi desa..

( Hartoyo Andangjaya, 1963 )

 

Apa perbedaan latar yang terdapat dalam puisi tersebut?

 

Jawab : Stasiun kereta, tanah perbukitan desa.

 

# Mengevaluasi dan Merefleksi

Merefleksi isi Wacana Untuk Pengambilan Keputusan, Menetapkan Pilihan, dan Mengaitkan isi Teks Terhadap Pengalaman Pribadi.

1. Pilihan Ganda Kompleks (Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks sastra atau teks informasi terhadap pengetahuan yang dimiliknya yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

 

'Perempuan – perempuan perkasa'

karya Hartoyo Andangjaya, 1963

 

Perempuan – perempuan perkasa

Perempuan – perempuan yang membawa bakul di pagi buta,

dari manakah mereka..

Ke stasiun kereta mereka datang dari bukit-bukit desa sebelum

peluit kereta pagi terjaga..

Sebelum hari bermula dalam pesta kerja..

Perempuan – perempuan yang membawa bakul dalam kereta,

kemanakah mereka..

Di atas roda-roda baja mereka berkendara,,

Mereka berlomba dengan surya menuju gerbang kota..

Merebut hidup di pasar-pasar kota..

Perempuan – perempuan perkasa yang membawa bakul di pagi buta,

siapakah mereka..

Mereka ialah ibu-ibu berhati baja, perempuan – perempuan perkasa

akar – akar yang melata dari tanah perbukitan turun ke kota..

Mereka cinta kasih yang bergerak menghidupi desa demi desa..

( Hartoyo Andangjaya, 1963 )

 

Jika kamu membaca puisi tersebut, sikap apa yang dapat ditiru dari tokoh dalam puisi tersebut?

A. Kerja keras.

B. Hemat. 

C. Rajin.

D. Santai

 

Jawab : A dan C

 

 

Demikianlah beberapa contoh soal AKM kelas 5 dan kelas 6 SD khususnya soal tentang literasi teks fiksi yang telah dilengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya. Semoga dengan berlatih mempelajari soal-soal diatas, maka dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami bahan pelajaran untuk persiapan menghadapi asesmen nasional di tahun ini.

Sekian dan Semoga Bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel