4 Komponen Utama Akreditasi Sekolah Tahun 2022

Kherysuryawan.id – Komponen Akreditasi Sekolah/Madrasah di tahun 2022.

Sahabat pendidikan dimanapun berada, mendengar kata akreditasi maka tentunya hal ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Biasanya yang akan diakreditasi ialah satuan pendidikan atau perguruan tinggi dan lembaga lainnya yang menginginkan sebuah pengakuan atau predikat  keberhasilan dari sebuah lembaga.

 


Tahukah anda apa itu sebenarnya akreditasi ?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) akreditasi adalah pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu; pengakuan oleh suatu jawatan tentang adanya wewenang seseorang untuk melaksanakan atau menjalankan tugasnya.

 

Lantas lembaga apa saja yang biasanya melakukan akreditasi ?

Berikut ini beberapa lembaga yang biasa melakukan akreditasi, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1.   Akreditasi pendidikan: perguruan tinggi, sekolah, madrasah, dan sejenisnya. Dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) untuk tingkat universitas, dan BAN S/M untuk sekolah atau madrasah. 

2.   Akreditasi bidang kesehatan: rumah sakit, klinik, dan fasilitas kesehatan lainnya. Dilakukan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

3.   Akreditasi bidang properti: akreditasi pengembang atau developer. Dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 

 

Akreditasi memang sangat perlu dan penting untuk di lakukan. Khusus untuk lembaga pendidikan maka biasanya yang akan melakukan akreditasi ialah sekolah-sekolah yang telah memenuhi persyaratan untuk melakukan pengajuan akreditasi. Perlu di ketahui bahwa tidak semua sekolah dapat dengan mudah melakukan akreditasi melainkan harus dapat memenuhi beberapa persyaratan yang telah di tentukan.

 

Mengapa sekolah perlu untuk melakukan akreditasi dan apa saja manfaat bagi sekolah yang telah melakukan akreditasi ?

 

Manfaat dari Akreditasi Sekolah

Sebagai sebuah proses penilaian secara menyeluruh terhadap kelayakan sekolah, akreditasi memiliki manfaat sebagai berikut :

1.   Sebagai acuan atau pedoman dalam usaha peningkatan mutu serta perencanaan pengembangan sekolah atau madrasah.

2.   Sebagai umpan balik atau feedback bagi usaha pemberdayaan serta pengembangan kinerja seluruh warga sekolah atau madrasah dalam rangka untuk menerapkan visi, misi, sasaran, strategi, tujuan dan program pada sekolah maupun madrasah tersebut.

3.   Sebagai motivasi bagi sekolah agar terus berusaha untuk meningkatkan mutu pendidikannya secara bertahap dan terencana serta kompetitif, baik pada tingkat kota/kabupaten, provinsi, nasional dan juga regional serta internasional.

4.   Sebagai bahan informasi bagi sekolah sebagai penyelenggara pendidikan agar mendapatkan dukungan dari masyarakat, pemerintah maupun swasta dalam hal dana, tenaga, moral dan profesionalisme.

5.   Sebagai pedoman bagi lembaga pendidikan terkait dalam mempertimbangkan tentang kewenangan sekolah maupun madrasah sebagai penyelenggara ujian nasional.

Penilaian akreditasi sekolah menggunakan berbagai indikator yang harus bisa dipenuhi oleh penyelenggara pendidikan. 

 

Bagi sekolah yang akan melakukan akreditasi apa saja komponen yang harus disiapkan ?

Nah, apabila sekolah anda akan melakukan akreditasi di tahun ini maka anda perlu untuk mengetahui apa-apa saja komponen yang harus di persiapkan oleh sekolah saat akan melakukan akreditasi.

 

Perlu di katahui bahwa komponen akreditasi tahun lalu dan tahun sekarang sangat berbeda. Jika di tahun-tahun sebelumnya bagi sekolah yang ingin melakukan akreditasi harus bisa menyiapkan dokumen dari 8 standar yang telah di tetapkan maka di tahun ini bukan lagi menyiapkan dokumen 8 standar tersebut melainkan telah diganti menjadi 4 komponen akreditasi bagi sekolah.

 

Apa saja 4 komponen akreditasi sekolah tersebut ?

Berikut ini 4 komponen akreditasi yang harus di persiapkan dokumennya bagi sekolah yang akan melakukan akreditasi di tahun ini :

 

4 KOMPONEN UTAMA AKREDITASI SEKOLAH TERBARU

1.       KOMPONEN MUTU LULUSAN

2.       KOMPONEN MUTU GURU

3.       KOMPONEN PROSES PEMBELAJARAN

4.       KOMPONEN MANAJEMEN SEKOLAH

 

Bagi sekolah yang akan melakukan akreditasi di tahun ini maka pihak sekolah harus dapat menyiapkan semua dokumen yang tercakup dalam 4 komponen akreditasi yang telah di sebutkan diatas. Nantinya setiap komponen tersebut memiliki sub komponen dan terdiri atas butir inti dan butir kekhususan, jadi pihak sekolah harus bisa menyiapkan semuanya itu agar bisa lancar dalam pelaksanaan akreditasi sekolah nantinya.

 

Demikianlah informasi mengenai komponen utama yang harus di pahami dan di ketahui oleh setiap sekolah yang akan melakukan akreditasi di tahun ini. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat bagi setiap sekolah yang baru akan melakukan akreditasi di sekolahnya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel