Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 BAB 1 Seputar Berita Indonesia

Kherysuryawan.id – Ringkasan/rangkuman materi pelajaran bahasa indonesia kelas 8 SMP BAB 1 tentang Berita Seputar Indonesia pada pembelajaran semester 1.

Sahabat Pendidikan, salah satu bahan belajar yang paling baik dan efektif ialah buku paket pelajaran. Namun sebagai seorang guru dan siswa untuk mempelajari buku pelajaran maka tentunya harus bisa memilih dan memilah materi yang penting untuk di pelajari dan dipahami dengan baik.

 


Untuk mengetahui dan menyusun materi-materi penting yang terdapat dalam sebuah buku pelajaran maka tentunya kita membutuhkan sebuah cara yakni dengan membuat ringkasan atau rangkuman materi dari pelajaran yang sedang di pelajari.

 

Dikesempatan kali ini saya akan memberikan ringkasan atau rangkuman materi untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi pada BAB 1 tentang Berita Seputar Indonesia. Seluruh ringkasan materi Bahasa Indonesia kelas 8 SMP BAB 1 semester 1 ini berasal dari buku siswa Bahasa Indonesia kelas 7 SMP kurikulum 2013 edisi revisi terbaru.

 

 

Adapun judul-judul materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 SMP BAB 1 Berita Seputar Indonesia, yaitu sebagai berikut :


BAB 1 : Berita Seputar Indonesia
A. Menentukan Unsur-Unsur Berita
-          Unsur-Unsur Berita
B. Meringkas dan Menyimpulkan Berita
-          Ringkasan Berita
-          Penyimpulan Isi Berita
-          Tanggapan terhadap Isi Berita
C. Menemukan Struktur dan Kaidah Berita
-          Struktur Berita
-          Kaidah-Kaidah Kebahasaan
D. Menyampaikan Informasi dalam Bentuk Berita
-          Pentingnya Berita
-          Penyampaian Berita

-          Penyuntingan Berita

 

Bagi para guru dan siswa yang membutuhkan ringkasan atau rangkuman materi yang ada pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 SMP khususnya pada BAB 1 tentang Berita Seputar Indonesia, maka anda bisa melihat ulasannya pada postingan ini.

Dengan mempelajari materi dalam bentuk ringkasan atau rangkuman maka tentunya akan memudahkan para guru dan siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran. Selain itu isi materi pada sebuah ringkasan atau rangkuman tentunya akan memuat point-point penting saja sehingga yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran akan mudah dalam menenmukan inti materi yang sedang di pelajari.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan rangkuman atau ringkasan materi Bahasa Indonesia kelas 8 SMP BAB 1 Berita Seputar Indonesia, maka berikut ini rangkuman / ringkasan materinya :

 

 

BAB 1 : Berita Seputar Indonesia

A. Menentukan Unsur-Unsur Berita

Perhatikan berita berikut !

 

Sepuluh hari menjelang Lebaran, Sabtu (15/11), Pelabuhan Penyeberangan Merak mulai dipadati truk. Truk-truk tersebut mengangkut barang nonsembilan bahan pokok (non sembako).

 

Tingginya arus truk dalam dua hari terakhir berkaitan dengan adanya larangan melintas bagi truk nonsembilan bahan pokok (non sembako) pada tanggal 21–25 November. Larangan tersebut berlaku bagi truk bersumbu lebih dari dua. Truk gandengan, truk tempelan, dan truk container

 

Penumpukan truk bersumbu dua tersebut seperti di Pelabuhan Merak menyebabkan antrean truk sekitar 100 meter dari pintu masuk kapal. Antrean terjadi di dermaga satu hingga dermaga empat. Tetapi, antrean tersebut masih dalam batas normal. Antrean belum membeludak ke luar area parkir pelabuhan. Akan akibat penumpukan truk itu, beberapa sopir truk mengaku harus menunggu sekitar dua hingga empat hari untuk bisa masuk kapal. (Sumber: Kompas dengan beberapa penyesuaian)

 

Teks tersebut ternyata memiliki unsur-unsur sebagai berikut.



Keenam pertanyaan itu terkerangka pada rumus 5W+1H. What (apa), who (siapa), where (di mana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Keenam pertanyaan tersebut merupakan cara tepat menemukan unsur-unsur berita. Keenam unsur berita itu dapat disingkat dengan ADIKSIMBA untuk memudahkan di dalam mengingatnya: Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, Bagaimana.

 

B. Meringkas dan Menyimpulkan Berita

1. Ringkasan Berita

Perhatikan kembali cuplikan teks berikut!

Pelabuhan Merak dipadati oleh truk-truk pengangkut barang nonsembako pada sepuluh hari menjelang Lebaran, Sabtu (15/11). Kondisi tersebut disebabkan adanya larangan melintas bagi truk nonsembako pada tanggal 21–25 November.

 

Teks tersebut merupakan ringkasan dari berita tentang kondisi Pelabuhan Merak menjelang Lebaran.

Teks tersebut disusun berdasarkan unsur-unsur pokoknya. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa unsur-unsur berita dapat kita pahami dengan cara mengajukan enam pertanyaan: apa, siapa, kapan, di mana, bagaimana, dan mengapa. Keenam kata tanya itulah yang dapat memadu kita di dalam menemukan unsur-unsur berita tersebut. Pentingnya mengetahui unsur-unsur berita itu akan memudahkan saat meringkas berita.

 

2. Penyimpulan Isi Berita

Adapun yang dimaksud dengan kesimpulan adalah kata-kata akhir dari suatu uraian. Di dalam kesimpulan harus memuat unsur-unsur berita dengan rumusan lebih ringkas. Dengan demikian, kesimpulan tentang isi berita harus memanfaatkan ringkasan kita sebelumnya terhadap pokok-pokok informasi. Pokok-pokok informasi tersebut dengan berpatokan pada rumus ADIKSIMBA.



 

3. Tanggapan terhadap Isi Berita

Adapun yang dimaksud dengan tanggapan adalah sambutan terhadap suatu ucapan. Isinya bisa berupa kritik atau komentar. Berkaitan dengan pemberitaan, aspek yang ditanggapi bisa berkenaan dengan isi beritanya itu sendiri dan kebahasaannya.



 

C. Menemukan Struktur dan Kaidah Berita

1. Struktur Berita

Informasi penting disebut juga pokok-pokok informasi atau unsur-unsur berita (utama). Dalam ilmu jurnalistik atau ilmu persuratkabaran, pokok-pokok informasi terangkum dalam rumus 5W + 1H. Dalam bahasa Indonesia, pokok-pokok informasi itu dapat pula disingkat dengan ADIKSIMBA (Apa, DI mana, SIapa, Mengapa, BAgaimana) .

 

 a. Apa (what) peristiwanya?

 b. Siapa (who) yang mengalami peristiwa itu?

 c. Di mana (where) terjadinya peristiwa itu?

 d. Kapan (when) terjadinya peristiwa itu?

 e. Mengapa (why) peristiwa itu terjadi?

 f. Bagaimana (how) proses peristiwanya?

Keenam pertanyaan itu lazim ditempatkan di bagian awal pemberitaan yang kemudian sering disebut sebagai unsur-unsur berita. Bagian ini disimpan pada bagian kepala berita (lead) dan tubuh berita. Adapun susunan dari unsur-unsur berita itu bisa variatif, misalnya ada yang didahului dengan penyajian "apa", ada pula yang diawali dengan "kapan". Pertanyaan "bagaimana" biasanya ditempatkan pada bagian badan berita.



 

2. Kaidah-Kaidah Kebahasaan

Di dalam teks berita, kata-kata dan kalimat-kalimat itu ternyata memiliki kaidah atau aturan tersendiri. Kaidah-kaidah tersebut dapat dijadikan sebagai ciri ataupun pembeda dengan jenis teks lainnya.

Kaidah-kaidah yang dimaksud sebagai berikut:

 

a. Penggunaan bahasa bersifat standar (baku). Hal ini untuk menjembatani pemahaman banyak kalangan. Bahasa standar lebih mudah dipahami oleh umum. Bahasa-bahasa yang bersifat populer ataupun yang kedaerahan akan dihindari oleh media-media nasional.

 

b. Penggunaan kalimat langsung sebagai variasi dari kalimat tidak langsungnya. Kalimat langsung ditandai oleh dua tanda petik ganda ("…") dan disertai keterangan penyertanya. Penggunaan kalimat langsung terkait dengan pengutipan pernyataan-pernyataan oleh narasumber berita.

 

c. Penggunaan konjungsi bahwa yang berfungsi sebagai penerang kata yang diikutinya. Hal itu terkait dengan pengubahan bentuk kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung.

 

d. Penggunaan kata kerja mental atau kata kerja yang terkait dengan kegiatan dari hasil pemikiran. Kata-kata yang dimaksud, antara lain, memikirkan, membayangkan, berasumsi, berpraduga, berkesimpulan, dan beranalogi.

 

e. Penggunaan fungsi keterangan waktu dan tempat sebagai konsekuensi dari perlunya kelengkapan suatu berita yang mencakup unsur kapan dan di mana.

 

f. Penggunaan konjungsi temporal atau penjumlahan, seperti kemudian, sejak, setelah, awalnya, akhirnya. Hal ini terkait dengan pola penyajian berita yang umumnya mengikuti pola kronologis (urutan waktu).

 



 

D. Menyampaikan Informasi dalam Bentuk Berita

1. Pentingnya Berita

Banyak manfaat yang dapat kita peroleh setelah membaca berita. Manfaat-manfaat itu pula yang dapat diartikan sebagai hasil pemaknaan terhadap suatu berita. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti memaknai adalah 'memberi makna', sedangkan makna itu sendiri adalah 'arti' atau 'maksud perkataan',

 

2. Penyampaian Berita

Adapun langkah-langkah penyampaian berita sebagai berikut.

1. Menentukan sumber berita, yakni berupa peristiwa yang menarik dan menyangkut kepentingan banyak orang.

2. Mendatangi sumber berita, yakni dengan mengamati langsung dan mewawancarai orang-orang yang berhubungan dengan peristiwa itu.

3. Mencatat fakta-fakta dengan berkerangka pada pola ADIKSIMBA

4. Mengembangkan catatan itu menjadi sebuah teks berita yang utuh, yang disajikan mulai dari bagian yang penting ke yang kurang penting.

 

3. Penyuntingan Berita

Masih ada satu tahap lagi yang harus di lalui sebelum berita itu dipublikasikan, yakni penyuntingan. Aspek-aspek yang harus diperhatikan di dalam tahap ini sebagai berikut:

 

a Kebenaran isi berita, yang ditunjang oleh keakuratan fakta-faktanya.

b. Kelengkapan isi berita, yang ditandai oleh hadirnya komponen-komponen berita yang terangkum dalam rumus ADIKSIMBA.

c. Struktur penyusunan berita, yang dimulai dari bagian yang penting ke bagian yang kurang penting.

d. Penggunaan bahasa, yang terkait dengan keefektifan kalimat, kebakuan kata, dan ketepatan ejaan dan tanda bacanya.

 

Demikianlah penyajian ringkasan/rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 8 SMP BAB 1 Berita Seputar Indonesia yang bisa saya tampilkan melalui artikel ini, semoga dapat menjadi bahan pembelajaran bagi para guru dan siswa yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel