Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 BAB 1 Belajar Mendeskripsikan

Kherysuryawan.id – Ringkasan/rangkuman materi bahasa indonesia kelas 7 SMP BAB 1 Semester 1 tentang Belajar Mendeskripsikan.

Sahabat Pendidikan, pada kesempatan kali ini saya akan membuat sekaligus menyajikan ringkasan atau rangkuman materi khususnya materi yang terdapat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 SMP. Materi ini adalah materi untuk pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 yang ada pada BAB 1 Belajar Mendeskripsikan dan yang akan di pelajari pada semester 1.

 


Adapun judul-judul materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 SMP BAB 1 Belajar Mendeskripsikan, yaitu sebagai berikut :

A. Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi

B. Menentukan Isi Teks Deskripsi

C. Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi

D. Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi

 

Bagi para guru dan siswa yang membutuhkan ringkasan atau rangkuman materi yang ada pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 SMP khususnya pada BAB 1 tentang Belajar Mendeskripsikan, maka anda bisa melihat ulasannya pada postingan ini. Semua materi yang akan saya sajikan melalui postingan ini semuanya sudah di sesuaikan denga nisi yang terdapat pada buku paket Bahasa Indonesia kelas 7 kurikulum 2013 edisi revisi terbaru.

 

Dengan mempelajari materi dalam bentuk ringkasan atau rangkuman maka tentunya akan memudahkan para guru dan siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran. Selain itu isi materi pada sebuah ringkasan atau rangkuman tentunya akan memuat point-point penting saja sehingga yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran akan mudah dalam menenmukan inti materi yang sedang di pelajari.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan rankuman atau ringkasan materi Bahasa Indonesia kelas 7 SMP BAB 1 Belajar Mendeskripsikan, maka anda bisa melihatnya di bawah ini :

 

Bab 1 Belajar Mendeskripsikan

A. Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi

Teks deskripsi dapat ditemukan di buku yang berisi informasi perjalanan, dalam film atau cerpen, majalah perjalanan, dan program televisi tentang jalan-jalan.

 

1. Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi

-          Objek teks deskripsi bersifat khusus dengan ciri tertentu yang berbeda dengan umumnya.

-          Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis.

-          Isi teks deskripsi memerinci/ mengonkretkan objek

 

2. Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi

Ditinjau dari bentuknya teks deskripsi dibedakan menjadi dua kategori yaitu teks deskripsi berdiri sendiri sebagai teks dan teks deskripsi yang menjadi bagian teks lain (cerpen, novel, lagu, iklan, dll).

 

3. Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi

Teks deskripsi menggunakan sinonim kata yang bermakna khusus (legam, biru toska, putih jernih, molek, permai).

 

Kalimat Berisi Penjelasan Terperinci untuk Mengonkretkan

Contoh :



Menggunakan Pilihan Kata dengan Emosi Kuat

Contoh :



Mengidentifikasi Majas

Teks deskripsi menggunakan majas perbandingan untuk menggambarkan/ melukiskan objek.

 

Ciri Teks Deskripsi dari segi Penggunaan Bahasa

-          Menggunakan kata-kata khusus untuk mengkonkretkan ( warna dirinci merah, kuning, hijau)

-          Menggunakan kalimat rincian untuk mengongkretkan (Ibuku orang yang sangat baik. Dia berusaha menolong semua orang. Dia ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa saja.

-          Menggunakan kata sinonim dengan emosi kuat (indah diungkapkan dengan sinonim yang lebih memiliki emosi kuat yaitu elok, permai, molek, mengagumkan, memukau, menakjubkan)

-          Menggunakan majas untuk melukiskan secara konkret (pasir pantai lembut seperti bedak bayi, hamparan laut biru toska seperti permadani indah yang terbentang luas, angin pantai dengan lembut mengelus wajah kita)

-          Menggunakan kalimat rincian (Terumbu karang berwarna-warni. Ada terumbu karang oranye, abu-abu, hijau muda)

-          Menggunakan bahasa sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan apa yang dideskripsikan

-          Teks deskripsi yang memunculkan kata ganti orang (Kucingku, Ibuku, memasuki wisata ini Anda akan disambut)

 

 

B. Menentukan Isi Teks Deskripsi

1. Menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi

2. Membandingkan Isi Teks 1 dan Teks 2

 

C. Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi

1. Mencermati Struktur Teks Deskripsi

Struktur teks tanggapan deskriptif mencakup: identifikasi, deskripsi bagian, simpulan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada bagan berikut.



Identifikasi/ gambaran umum

Berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna nama, pernyataan umum tentang objek.

 

Deskripsi bagian

Berisi perincian bagian objek tetapi diperinci berdasarkan tanggapan subjektif penulis. Perincian dapat berisi apa yang dilihat (bagian-bagiannya, komposisi warna, seperti apa objek yang dilihat menurut kesan penulis). Perincian juga dapat berisi perincian apa yang didengar (mendengar suara apa saja, seperti apa suara-suara itu/penulis membandingkan dengan apa). Perincian juga dapat berisi apa yang dirasakan penulis dengan mengamati objek.

 

Jenis Pengembangan Deskripsi Bagian

Deskripsi bagian berdasarkan ruang

Berisi perincian bagian-bagian ruang objek yang dideskripsikan. Misalnya, penulis mendeskripsikan bagian pintu masuk, bagian tengah, bagian belakang). Perincian ruang juga dapat menyebut nama ruang-ruang dan ciri-cirinya

 

Deskripsi bagian berdasarkan anggota bagian- bagian objek

Berisi perincian bagian-bagian yang dideskripsikan (pantai digambarkan bawah lautnya, bibir pantai, ombak dan pasirnya, pemandangan tumbuhan dan hewan pantai).

 

Deskripsi bagian berdasarkan proses sesuatu berlangsung.

Berisi perincian bagian awal, mulai meningkat, puncak (inti), penutup. Misalnya, penulis mendeskripsikan awal pementasan, puncak adegan, mulai meluruh, dan penutup

 

Deskripsi bagian berupa pemfokusan

Berisi bagian yang paling disukai dari bagian yang dideskripsikan. Contoh: Bagian yang paling saya sukai dari perpustakaan ini adalah ruang bacanya. Desain unik dengan cat cerah memberikan kenyamanan yang luar biasa pada pengunjung.

 

 

2. Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi

2.1 Penggunaan Kalimat Perincian untuk Mengonkretkan

Contoh :



2.2 Penggunaan Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra

Teks deskripsi berisi kalimat yang seolah-olah dapat dilihat, didengar, dan dirasakan.

Contoh :



2.3 Penggunaan Kata dengan Kata Dasar (k, p, t, s)

Penulisan Kata Berimbuhan pada Teks Deskripsi

Contoh :



2.4 Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi

2.5 Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi

Contoh :



2.6 Penggunaan Kata Khusus

Kata umum adalah kata yang luas ruang lingkupnya dan dapat mencakup banyak hal. Kata – kata yang termasuk dalam kata umum disebut dengan hipernim. Kata khusus adalah kata yang ruang lingkup dan cakupan maknanya lebih sempit. Kata – kata yang termasuk dalam kata umum disebut dengan hipernim. Kata umum dan kata khusus sebenarnya sinonim tetapi dengan makna yang lebih khusus.

 

Kata khusus merupakan sinonim kata umum tetapi dengan tambahan makna atau lebih formal. Misalnya, kata keren dan dahsyat sinonim kata menarik tetapi ragam tidak formal.



2.7 Penggunaan Kata depan di- dan Huruf Kapital

2.8 Mendaftar Kalimat Bermajas

2.9 Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi

Teks deskripsi menggunakan kosakata secara segar dengan variasi kata yang luas.

Contoh :


 

Penggunaan Huruf Kapital, Tanda Koma, Tanda Titik pada Teks

  • Tanda koma (,) dipakai di antara unsur-unsur dalam suatu peperincian atau pembilangan. Contoh Pantai Senggigi berada di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.
 
  • Tanda koma dipakai di belakang kata penghubung antarkalimat yang terdapat pada awal kalimat (jadi, dengan demikian).
 
  • Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama diri atau nama diri geografi jika kata yang mendahuluinya menggambarkan kekhasan budaya ukiran Jepara, sarung Makasar
 
  • Huruf pertama unsur-unsur nama geografi yang diikuti nama diri geografi (Selat Lombok, Teluk Benggala, Jalan Gajah Mada)

 

Mencermati Penulisan Kata Depan pada Teks Deskripsi

Penggunaan Kata Depan di dan Awalan di-

Kata depan di berfungsi sebagai kata depan jika diikuti dengan kata keterangan tempat, arah, posisi/ letak. Sebagai kata depan di ditulis terpisah dengan kata yang mengikutinya (di pantai, di belakang, di atas, di bagian barat, di samping). Sebagai awalan di ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya. Dalam hal ini di berfungsi sebagai imbuhan pada kata kerja pasif.

 

Penulisan Kata Berawalan meN- yang Dirangkai dengan Kata yang Diawali dengan Huruf k, p, t, s

  • Fonem k, p, t, s luluh jika setelah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yang berawal dengan huruf k, p, t, s (misal: memengaruhi (meN- + pengaruh), memesona (meN- + pesona), mengarantina (meN- + karantina), dan sebagainya)
  • Fonem k, p, t, s TIDAK luluh jika setelah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yang diawali dengan kluster/ konsonan rangkap (misal: memprakarsai, mengkriminalkan, mengklasifikasi,)
  • Fonem k, p, t, s TIDAK luluh jika setelah awalan meN- diikuti oleh kata berimbuhan yang berawal dengan huruf k, p, t, s (misal: mempertaruhkan, memperluas)

 

 

D. Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi

3.1 Menyajikan Teks Deskripsi Secara Lisan dari Video yang Diamati

 

3.2 Menulis Teks Deskripsi

Tentukan subjek yang akan dideskripsikan dan buat judul Judul teks tanggapan deskriptif berisi objek yang akan dideskripsikan dengan tanggapan personal penulis.


Demikianlah informasi mengenai ringkasan/rangkuman materi bahasa indonesia untuk kelas 7 SMP BAB 1 semester 1, semoga sajian ringkasan diatas bisa membantu para guru dan siswa dalam menggunakannya sebagai bahan pembelajaran sehingga bisa memudahkan proses belajara mengajar.

Sekian dan Terimakasih, kiranya Beranfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel